3 Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Mandiri

Permasalahan lupa PIN kartu kredit Mandiri memang merupakan salah satu hal yang bisa terjadi pada siapa saja yang menggunakan layanan kartu kredit ini. Pasalnya, aktivitas transaksi hanya dapat dilakukan jika berhasil mengetikkan PIN pada alat tertentu.

Penggunaan PIN memang dirasa sangat aman karena dibandingkan dengan tanda tangan yang mudah dipalsu. Selain itu, bisa menjaga dari kasus skimming yang saat ini banyak terjadi namun tetap saja sebagai pemegang kartu kredit wajib untuk menjaga kerahasiaan PIN tersebut.

Peraturan Bank Indonesia Untuk PIN Kartu Kredit

Penggunaan PIN 6 digit ini sudah diwajibkan pada beberapa tahun yang lalu. PIN tersebut digunakan langsung pada mesin EDC serta tanda tangan sudah tidak dibutuhkan lagi.

Pastinya inovasi yang dilakukan ini untuk menjaga keamanan data transaksi yang dilakukan oleh nasabah dan mengikuti perkembangan teknologi dunia. Hal terebut dikarenakan di negara-negara lain seperti Eropa, Australia, dan Kanada sudah banyak yang menggunakan PIN untuk kode keamanan.

Oleh sebab itu, kegunaan kartu kredit ini juga bisa dilakukan pada negara-negara lain selain di Indonesia untuk transaksi yang mudah dilakukan.

Cara Memulihkan Lupa PIN Kartu Kredit Mandiri

Sebenarnya cara yang bisa dilakukan ini sangat mudah dan bagi nasabah Mandiri yang kartu kreditnya sudah aktif bisa melakukannya melalui berbagai macam cara. Contohnya saja melalui ATM, mandiri call di nomor 14000, SMS, serta mengunjungi kantor bank terdekat.

Tidak heran jika layanan sangat baik karena kepentingan nasabah menjadikan prioritas utama bagi Bank Mandiri. Agar bisa mendapatkan PIN kartu kredit kembali maka bisa melihat pada langkah di bawah ini:

Baca juga:  5 Cara Bayar Kartu Kredit Mandiri cuma 1 Menit

1. Melalui ATM Mandiri

PIN kartu kredit ternyata bisa dicoba untuk dibuat pada mesin ATM namun harus menggunakan nomor telepon yang terdaftar pada mesin Bank Mandiri. Biasanya untuk nasabah ini sudah memiliki data ini secara tepat sehingga bisa sudah tercatat pada sistem.

Oleh sebab iu, pada saat Anda berganti nomor handphone jangan lupa untuk menginformasikan terlebih dahulu kepada Bank Mandiri sehingga bisa dilakukan perubahan dari sistem.

Sedangkan, untuk melakukan cara merubah PIN kartu kredit Mandiri melalui ATM ini bisa dilakukan dengan cara di bawah ini:

  • Kirim SMS untuk meminta OTP pada pihak bank.
  • Anda bisa membuka menu Pesan pada smartphone.
  • Kemudian, lanjutkan dengan mengetikkan format sms OTPCC (spasi) 16 digit nomor kartu kredit.
  • Setelah itu, kirimkan pada nomor tujuan yaitu 3555.
  • Tunggu beberapa saat sampai Anda menerima balasan untuk kode OTP.
  • Lanjutkan dengan pembuatan PIN pada ATM dengan memasukkan kartu kredit ke ATM.
  • Setelah itu, ketikkan kode OTP yang sudah diterima melalui SMS sebelumnya.
  • Pada layar akan tampil beberapa pilihan dan Anda bisa memilih menu Buat PIN.
  • Setelah itu, masukkan kode OTP
  • Lalu Anda harus memasukkan 6 digit PIN baru yang diinginkan.
  • Lakukan konfirmasi dengan menuliskan kembali 6 digit PIN baru tersebut.
  • Maka untuk PIN tersebut sudah berhasil dibuat dan digunakan.

Untuk masuk ke dalam ATM memang tidak membutuhkan PIN karena sudah mendapatkan kode OTP sebelumnya. Perlu diingat bahwa kode OTP tersebut tidak boleh diberikan kepada sembarang orang karena bisa digunakan untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab.

Simpan dan pastikan tidak memberikan akses kepada siapapun agar kartu kredit bisa digunakan secara baik serta terbebas dari ulah orang yang tidak bertangung jawab.

Baca juga:  6 Jenis Kartu Kredit DBS (Limit, Bunga dan Syarat)

2. Melalui Mandiri Call 14000

Langkah pilihan kedua untuk mengatasi lupa PIN kartu kredit Mandiri ini biasanya dilakukan pada saat cara pertama tidak berhasil. Nomor call center Mandiri adalah 14000 yang bisa dihubungi melalui ponsel Anda dan prosesnya cukup menarik.

Pasalnya untuk membuat PIN kartu kredit baru pada bank Mandiri etap harus mendapatkan kode OTP yang berasal dari balasan pesan pada nomor tujuan 3355. Barulah nantinya utuk call center bisa melanjutkan prosesnya.

Jika masih bingung dengan penjelasan di atas maka bisa melihat pada beberapa langkah di bawah ini:

  • Buka menu Pesan pada smartphone Anda dan ketikkan format SMS OTPCC (spasi) 16 digit nomor kartu kredit.
  • Setelah itu, tunggu balasan SMS dari 3355 yang berisikan kode OTP.
  • Kemudian, pergi ke menu Panggilan dan ketikkan nomor 14000, klik Call.
  • Tunggu sampai arahan diberikan oleh mesin call center sebelum tersambung dengan call center.
  • Cara yang dilakukan adalah memasukkan nomor kartu kredit serta tanggal lahir Anda.
  • Kemudian, tekan 2 untuk dapat melakukan Pembuatan PIN kartu kredit.
  • Setelah itu, masukkan kode OTP yang berasal dari balasan SMS tadi.
  • Lalu, pada langkah selanjutnya bisa menuliskan 6 digit PIN yang diinginkan.
  • Konfirmasi 6 digit PIN baru tersebut.
  • Dengan begitu PIN bisa diubah dan didapatkan kembali.

Cara ini cukup mudah karena Anda tidak perlu terhubung langsung kepada call center. Layanan ini bisa dilakukan sendiri namun tetap saja untuk melakukan proses SMS dan panggilan ini menggunakan biaya ponsel yang wajar dan normal.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan cara di atas bisa memastikan terlebih dahulu apakah pada seluler yang digunakan sudah terdapat pulsa atau belum.

Baca juga:  7 Cara Bayar Pinjaman BRI Praktis! 5 Menit Siap

3. Melalui SMS 3355

Masih pada nomor SMS yang sama namun berbeda proses pergantian PIN kartu kredit karena lupa PIN kartu kredit Mandiri. Pasalnya untuk pembuatannya sangat mudah namun harus dipastikan bahwa kartu kredit sudah terhubung dengan email aktif dan terdaftar pada sistem Bank Mandiri.

Jika ketentuan sudah dimiliki maka bisa menggunakan cara berikut ini:

  • Gunakan nomor handphone yang sudah terdaftar pada sistem bank Mandiri.
  • Buka aplikasi Pesan pada smartphone dan ketukkan REQPIN (spasi) CC (spasi) 16 digit nomor kartu dan kirim ke nomor 3355.
  • Lalu, Anda akan mendapatkan sebuah email dari [email protected] dengan lampiran file secure-epin.pdf. serta balasan SMS untuk password membuka lampiran pada email.
  • Buka lampiran tersebut pada email menggunakan password yang sudah diberikan.
  • Kemudian, PIN akan disampaikan pada lampiran email tersebut.

Saat sudah mendapatkan balasan PIN maka bisa langsung digunakan untuk bertransaksi saat itu juga dan tidak perlu menunggu proses aktivasi kartu kredit Mandiri.  Namun, jika tidak berhasil bisa langsung menghubungi call center di nomor 14000 atau mengunjungi kantor bank terdekat.

Memang sangat mudah mendapatkan perubahan karena lupa PIN kartu kredit Mandiri asalkan memiliki sebuah akses seperti nomor yang terdaftar pada sistem. Lakukan seluruh proses di atas secara hati-hati dan pilihlah yang efektif untuk dilakukan.

Baca Juga:

error:
close