5 Cara Mengatasi Akulaku Tidak Bisa Cicilan 2022

Beben.id – Akulaku menjadi platform yang banyak digunakan oleh orang-orang, karena adanya fitur limit Akulaku. Jadi, proses pembayarannya bisa dilakukan secara dicicil. Namun, kadang ditemui juga kendala yang menyebabkan proses pembayaran barang atau produk di Akulaku tidak bisa cicilan.

Padahal tujuan menggunakan limit Akulaku agar mempermudah proses pembayaran, karena tidak perlu menggunakan kartu kredit. Selain itu juga tidak membutuhkan DP dan bisa membayar secara dicicil. Jadi walaupun belum gajian, barang atau produk diinginkan bisa tetap dibeli.

Namun apabila proses pembayaran Akulaku tidak bisa dilakukan secara dicicil, tentu hal tersebut akan membuat kesal bukan. Tapi tenang saja, berikut ini akan dijelaskan mengenai faktor-faktor apa saja yang menyebabkan hal tersebut terjadi dan cara mengatasinya.

Penyebab Akulaku Tidak Bisa Cicilan

Keunggulan dari platform Akulaku yaitu bisa membayar barang atau produk yang akan dibeli dengan cara dicicil, melalui limit Akulaku yang sudah ditentukan. Jadi, walaupun saat ini belum mempunyai uang karena mungkin belum waktunya gajian, namun barang yang diinginkan bisa dibeli saat ini juga.

Proses pembayarannya bisa dilakukan secara dicicil dengan batas tempo yang telah ditentukan. Walaupun demikian, tidak semua proses bisa berjalan dengan mulus, terkadang sering ditemui masalah yang bisa terjadi pada proses pembayarannya, yaitu barang yang dibeli tidak bisa dicicil.

Tentu kendala tersebut akan membuat kesal. Pasalnya barang atau produk yang diinginkan tidak jadi dibeli, ditambah ketika barang tersebut harus dibeli saat itu juga karena sedang ada promo menarik. Namun karena sedang tidak punya uang maka dengan berat hati harus merelakan barang tersebut.

Masalah tersebut terjadi tentunya bukan tanpa alasan, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan masalah tersebut terjadi. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang bisa menyebabkan Akulaku tidak bisa cicilan:

1. Proses pengajuan belum diterima

Kendala mengenai akulaku yang tidak bisa dicicil biasanya terjadi pada pengguna baru. Jadi masih belum lama melakukan proses pendaftaran akun Akulaku. Agar bisa menggunakan fitur pembayaran secara dicicil memang harus menunggu, hingga proses pengajuan diterima oleh pihak Akulaku.

Baca juga:  Berapa Bunga Spinjam & SpayLater? Peminjam Wajib Tahu

Apabila proses pengajuan belum diterima maka proses pembayaran dicicil belum bisa dilakukan. Proses pengajuan memang membutuhkan waktu yang tidak instan terutama bagi pengguna baru. Jadi pastikan untuk mendapatkan informasi mengenai pengajuan yang telah dilakukan.

Jika pengajuan sudah diterima, maka proses pembayaran cicilan dengan limit Akulaku yang sudah ditentukan bisa dilakukan.

2. Limit kredit untuk cicilan kurang

Setiap pengguna Akulaku akan memperoleh limit yang berbeda-beda tergantung dari aktivitas masing-masing akun. Limit Akulaku akan naik apabila pengguna aktif menggunakan jasa pinjaman online yang tersedia. Selain itu, memiliki riwayat pembayaran yang baik juga bisa membuat limit naik.

Besaran limit yang diperoleh akan menjadi modal utama yang bisa digunakan untuk mengajukan cicilan. Namun limit bisa digunakan jika barang yang akan dibeli harganya berada di bawah limit yang telah ditentukan.

Jadi apabila harga barang melebihi limit maka proses pengajuan cicilan juga akan ditolak. Maka sebelum membeli suatu produk pastikan untuk mengecek limit terlebih dahulu, apakah limit tersebut masih mencukupi untuk membeli barang atau produk tersebut.

3. Masih terdapat cicilan yang belum lunas

Salah satu faktor lain yang bisa menyebabkan Akulaku tidak bisa cicilan juga bisa disebabkan karena masih ada tunggakan. Jadi, masih ada tanggungan cicilan sebelumnya yang belum dilunasi. Hal tersebut menyebabkan limit sudah mencapai batas penggunaanya sesuai dengan total belanjaan.

Jadi, sebelum melakukan pengajuan cicilan kembali, pastikan terlebih dahulu pengajuan cicilan sebelumnya sudah dilunasi. Jangan biarkan pembayaran cicilan melebihi batas tempo yang sudah ditentukan dan menjadi menunggak.

4. Jumlah skor kredit masih rendah

Di dalam aplikasi Akulaku terdapat skor yang bisa dilihat oleh penggunanya, fungsi dari skor tersebut yaitu sebagai penentu pemakaian fitur limit kredit di Akulaku. Jadi apabila jumlah skor sudah mencukupi dengan syarat minimal yang berlaku, maka penggunaan limit kredit bisa digunakan.

Baca juga:  7 Resiko Telat Bayar Adakami! Awas DC ke Rumah

Syarat minimal jumlah skor agar bisa menggunakan fitur limit kredit yaitu sebesar 700 poin. Jika limit kredit sudah bisa digunakan, maka limit tersebut bisa dipakai untuk membayar suatu barang dengan cara dicicil.

Cara Mengatasi Akulaku Tidak Bisa Cicilan

Dengan mengetahui faktor-faktor yang bisa menyebabkan proses pembayaran di Akulaku yang tidak bisa cicilan, maka akan memudahkan untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ini merupakan cara-cara untuk mengatasinya jika menghadapi permasalahan tersebut:

1. Melakukan pembayaran cicilan tepat waktu

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa adanya cicilan yang belum lunas bisa menjadi faktor masalah ini terjadi. Maka sebelum mengajukan cicilan kembali pastikan untuk melunasi tagihan sebelumnya terlebih dahulu. Bayarlah cicilan tersebut secara tepat waktu.

Apabila pembayaran melebihi batas waktu yang telah ditentukan maka akan berakibat fatal. Pihak Akulaku juga akan melihat riwayat pembayaran yang sebelumnya, jadi pastikan untuk selalu membayar tepat waktu atau bahkan lebih baik dibayar sebelum batas tempo.

Hal tersebut akan meninggalkan riwayat pembayaran yang bagus dan meningkatkan skor kredit, sehingga pihak Akulaku akan memberikan kepercayaan untuk menggunakan limit kredit Akulaku.

2. Berbelanja dengan pembayaran secara tunai

Limit kredit yang diberikan bagi pengguna baru Akulaku memang masih diberikan dengan nominal yang kecil, bahkan terkadang masih belum bisa digunakan. Cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu bisa dengan memancingnya, yakni dengan melakukan belanja di Akulaku secara tunai atau cash.

Berbelanjalah dengan nominal di atas Rp 200 ribu di Akulaku. Dengan berbelanja di Akulaku secara rutin maka akan membuat riwayat yang bagus di sistem aplikasi. Selain itu, dengan belanja di Akulaku juga sebagai salah satu cara untuk meningkatkan skor kredit.

3. Menaikkan skor kredit

Skor kredit juga berpengaruh terhadap penggunaan limit di Akulaku. Apabila skor kredit belum memenuhi syarat minimal yaitu 700 point maka fitur ini tidak bisa digunakan. Jadi agar bisa mengaktifkan fitur limit Akulaku maka harus menaikkan skor kredit.

Baca juga:  4 Cara Pinjam Uang ke Artis Indonesia dengan Sopan

Bagi pengguna baru skor kredit yang dimiliki pasti masih sedikit, karena riwayat aktivitas di Akulaku masih belum ada. Selain itu, cara agar skor kredit naik juga bisa dengan melengkapi semua informasi secara lengkap yang terdapat di profil akun Akulaku.

Informasi yang dilengkapi salah satunya yaitu mengenai data pekerjaan termasuk juga NPWP. Setelah melengkapi informasi lengkap maka bisa melakukan cara lainnya untuk menaikkan skor kredit, seperti berbelanja di Akulaku secara cash atau tunai hingga nominal tertentu.

4. Menggunakan pinjaman KTA Asetku

Cara lain untuk bisa mengatasi masalah ini yaitu dengan mengajukan pinjaman KTA Asetku di Akulaku. Pinjaman KTA Asetku memberikan pinjaman dengan nominal antara Rp 300 ribu hingga Rp 3 juta. Keuntungan dari mengajukan pinjaman ini yaitu bisa menaikkan skor kredit secara cepat.

Namun sebelumnya juga harus dipastikan untuk meminjam sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan, karena apabila nantinya tidak bisa membayar sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan juga akan berakibat fatal.

5. Menghubungi layanan call center

Apabila cara-cara sebelumnya sudah dilakukan namun masalah tersebut masih belum teratasi, maka bisa langsung menghubungi call center dari Akulaku. Permasalahan mengenai aplikasi Akulaku yang tidak bisa melakukan cicilan akan cepat teratasi dengan baik, karena langsung diatasi oleh pihak Akulaku.

Permasalahan Akulaku tidak bisa cicilan pasti akan membuat penggunanya kesal, karena fitur unggulan ini yang paling banyak diincar oleh orang-orang. Dengan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan masalah tersebut, bisa menjadi sebuah perhatian agar bisa dihindari.

Selain itu, juga bisa mempermudah untuk mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga fitur cicilan di Akulaku masih tetap bisa digunakan untuk membeli barang yang diinginkan.

Baca Juga:

error: