Cara Cek Bukti Transfer BTPN dan 10 Bukti Transfer Baru


Beben.id – PT Bank BTPN Tbk (Bank Tabungan Pensiunan Nasional) merupakan bank umum yang dulunya memiliki nama sebagai PT Bank Pegawai Pensiunan Militer. Nah, bagaimana caranya untuk mencetak atau menyimpan bukti transfer BTPN?

Sebenarnya sangat mudah sekali. Pasalnya, kini bank BTPN juga menyediakan layanan Mobile Banking yang tentunya akan semakin mempermudah para nasabahnya dalam melakukan transaksi digital.

Lantas, apa saja yang harus dilakukan untuk mengaktivasi layanan Mobile Banking ini? Ada berapa cara yang bisa ditempuh untuk mengecek bukti transfer suatu transaksi? Berikut ini sudah dibahas ulasan lengkap mengenainya!

Cara Cek Bukti Transfer BTPN

Untuk cara mengecek bukti transfer BTPN bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan melalui aplikasi Jenius. Seperti yang sudah dilihat sendiri, di atas sudah dibahas cara pendaftaran yang bisa kamu lakukan.

Apabila sudah berhasil, maka kamu sudah bisa mulai menggunakannya. Salah satu fitur unggulan yang bisa kamu dapatkan adalah mengecek bukti transfer atau juga mutasi rekening.

1. Cara Cek Lewat ATM

Apabila kamu tidak memiliki atau belum sempat melakukan aktivasi Jenius, maka cara yang bisa ditempuh untuk cek bukti transfer BTPN adalah dengan pergi langsung ke mesin ATM. Langkah-langkah yang harus dilakukan pun juga tidak terlalu sulit. Berikut adalah caranya:

  • Pergilah ke mesin ATM BTPN terdekat kamu
  • Masukkan kartu ATM BTPN beserta dengan 6 digit PIN-nya
  • Setelahnya akan muncul beberapa menu di layar mesin ATM, pilihlah ‘Transaksi Lainnya’
  • Kemudian pilihlah ‘Mutasi Rekening’
  • Struk mutasi rekening akan keluar dari mesin ATM. Kamu bisa menggunakannya sebagai bukti transfer
Baca Juga:  Perhitungan Bunga Deposito BRI 100 Juta Terbaru 2024

2. Cara Cek Lewat M-Banking Jenius

  • Bukalah aplikasi Jenius dan masukkan PIN
  • Halaman utama akan menampilkan beberapa menu, kamu bisa memilih ‘In & Out’
  • Maka kamu secara otomatis akan dibawa pada halaman histori yang akan menampilkan mutasi secara lengkap
  • Untuk mencari riwayat transaksi yang sudah dilakukan, kamu bisa menggunakan fitur filter
  • Kamu bisa memilih Besar Transaksi, Rentang Waktu, Kategori, dan juga Tipe Transaksi untuk penggunaan fitur filter
  • Setelahnya, kamu bisa menuju ke riwayat transaksi yang diinginkan
  • Buka rincian transfer, maka kamu akan mendapatkan tampilan bukti transfer dengan sangat lengkap mulai dari tanggal transfer, detail nominal serta ID transaksi
  • Sebagai bukti, kamu bisa melakukan screenshot atau juga rekam layar untuk menyimpan detail transaksi tersebut

Cara Aktivasi Layanan Mobile Banking BTPN

Mobile Banking atau yang biasa disebut dengan M-Banking merupakan sebuah layanan transaksi perbankan yang bisa diakses melalui smartphone kamu dengan bentuk sebuah aplikasi. Untuk Bank BTPN sendiri, kamu dapat mendaftar di aplikasi Jenius terlebih dahulu.

Nah, sebelum dapat memakai aplikasi yang memudahkan kamu dalam banyak transaksi perbankan secara digital ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktivasi akun terlebih dahulu.

Inilah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pendaftaran atau juga aktivasi akun M-Banking Jenius BTPN:

  • Pastikan koneksi internet kamu bagus agar proses pendaftaran tidak terhambat
  • Jangan lupa juga untuk menyiapkan e-KTP
  • Unduh dan install aplikasi Jenius melalui playstore atau appstore di smartphone kamu
  • Bukalah aplikasi Jenius yang berhasil terpasang di smartphone kamu
  • Setelahnya, kamu hanya perlu mengisi beberapa data diri secara riil seperti nama lengkap, nomor handphone aktif, alamat email aktif
  • Tunggulah pihak Jenius mengirimkan kode OTP pada email kamu
  • Setelah kode OTP dikirimkan pada alamat email, masukkanlah pada kolom yang disediakan
  • Unggah foto KTP kamu. Jangan lupa untuk memastikan foto KTP jelas, tidak blur, dan asli miliki kamu.
  • Unggah foto kamu bersama KTP
  • Buatlah username yang unik
  • Buatlah password yang berisi kombinasi dari huruf kecil dan huruf kapital
  • Buat juga PIN yang berisi 6 digit angka
  • Kamu bisa mengaktivasinya dengan pergi ke kantor cabang Bank BTPN terdekat atau kamu juga bisa mengaktivasi dari rumah dengan via video call.
  • Selesai, akun Jenius kamu sudah berhasil diaktivasi dan siap untuk digunakan
Baca Juga:  PIN ATM Sudah Benar Tapi Salah 100% Berhasil 2024

Fungsi Eksistensi Bukti Transfer

Di atas sudah dibahas beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pengecekan mutasi rekening dan mendapatkan bukti transfer. Lalu, sebenarnya seberapa penting eksistensi dari struk ini? Jawabannya adalah sangat penting. Berikut ini adalah beberapa rangkuman alasan yang mendasarinya:

  • Menjadi bukti atau juga akad sah untuk sebuah transaksi
  • Memuat informasi tentang pihak-pihak yang terkait dengan transaksi transfer tersebut untuk di kemudian hari dapat dibebankan tanggung jawab apabila terjadi suatu masalah
  • Menjadi sebuah media yang memuat informasi lengkap identitas pengirim, penerima, detail waktu dan juga besaran nominalnya
  • Dapat dijadikan bukti dalam sebuah persidangan terkait masalah yang bersangkutan dengan transaksi tersebut

Cara Pemberian Bukti Transfer Rekening

Bukti transfer BTPN dapat digunakan sebagai syarat sah sebuah transaksi antara penjual dengan pembeli. Nah, apabila kamu merupakan seorang pembeli, maka yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan bukti transfer kepada penjual.

Cara untuk menunjukkan bukti transfer seperti ini dapat berupa kertas cetak atau juga screenshot/rekam layar. Untuk cetak sendiri biasanya berasal dari mesin ATM. Sedangkan apabila kamu memproses transfer uang melalui smartphone, maka kamu hanya perlu melakukan screenshot.

Setelahnya, berikanlah bukti transfer tersebut untuk penjual. Untuk transaksi yang lebih valid lagi, penjual sebaiknya juga memastikan ulang rekeningnya sendiri. Apakah benar pembeli sudah melakukan transfer uang sesuai dengan bukti transfer yang diberikan.

Karena tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang ini banyak sekali penipuan berkedok bukti transfer. Semakin majunya zaman, banyak oknum tidak bertanggung jawab yang mungkin saja memalsukan struk atau bukti transfer dengan cara mengeditnya.

Daftar Pertanyaan Seputar Bukti Transfer Bank BTPN

Setelah mengenal beberapa hal mengenai bukti transfer yang cukup penting ini, kini kamu bisa melihat beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh banyak orang seputar bukti transfer ini. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan lengkap dengan jawabannya:

Baca Juga:  4 Cara Cek Bukti Transfer Bank Mandiri Terbaru 2024

1. Apa yang Harus Dilakukan Apabila Transfer pada Nomor Rekening yang Salah di Bank BTPN?

Kejadian salah transfer ini tidak terjadi satu dua kali saja. Hal tersebut cukup wajar mengingat nomor rekening yang memiliki cukup banyak digit. Apabila kamu mengalami salah transfer seperti ini, maka segera hubungi BTPN Call dengan nomor 1500-300.

Kamu juga bisa melaporkan masalah ini ke email dengan alamat [email protected]. Agar lebih cepat diproses, jangan lupa untuk menyertakan identitas kamu beserta bukti transfer agar dicek oleh staf dari pihak BTPN.

2. Apakah Bisa Transfer dari Bank BCA Ke Bank BTPN?

Tentu saja bisa. Ini juga berlaku pada bank-bank lainnya seperti BNI, Mandiri, BRI, dan banyak lainnya lagi.

3. Berapa Kode Transfer Bank BTPN?

Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, bank BTPN dapat melakukan transaksi dengan bank yang lainnya. Namun, saat melakukan transfer beda bank seperti ini tentunya harus memasukkan kode transfer.

Untuk bank BTPN sendiri memiliki kode transfer 213, barulah kamu bisa memasukkan nomor rekening tujuan.

Bukti transfer BTPN tentunya sangat penting untuk banyak sekali kondisi. Jadi, pastikan kamu selalu menyimpan baik-baik bukti transfer, terlebih pada sebuah transaksi yang cukup beresiko. Jika memang belum menyiapkan, tenang saja ada cara mendapatkannya yang mudah dilakukan.

Bukti Transfer Bank BTPN

Baca Juga:

error: