5 Bukti Transfer Maybank dari ATM dan Mobile Banking


Beben.id – Maybank merupakan salah satu bank swasta yang saat ini sudah memiliki sekitar 2,4 juta nasabah. Mereka bisa mengakses bukti transfer Maybank dengan berbagai cara, tentunya untuk mengetahui siapa yang mengirimkan uang hingga mengetahui riwayat transaksi pada rekening sendiri.

Seperti halnya pada bank lain, bukti transfer sangat dibutuhkan usai melaksanakan sebuah transaksi. Dengan begitu, pemilik rekening dapat memastikan apakah transaksi yang dilakukan untuk mengirim atau menerima uang sukses tanpa kendala.

Bagaimana Cara Cek Bukti Transfer Maybank?

Maybank menyediakan setidaknya empat cara yang bisa dilakukan untuk mengecek bukti transfer. Kamu bisa pilih, mau menggunakan cara yang mana karena masing-masing punya tahapan yang berbeda. Berikut ini penjelasannya.

1. Langsung ke Kantor Maybank

Cara pertama adalah dengan langsung datang ke kantor Maybank terdekat dari lokasi kamu sekarang. Jangan lupa untuk membawa buku tabungan dan ATM yang kamu punya, sehingga customer service akan lebih mudah melakukan pengecekan.

Biasanya nasabah yang meminta informasi tentang bukti transfer, juga akan diminta menunjukkan kartu identitasnya. Jadi kamu harus memastikan membawa KTP aktif, yang sama dengan KTP saat melakukan pembukaan rekening pertama kali.

Berikan informasi selengkap-lengkapnya tentang keinginan kamu melihat bukti transfer yang sudah dilakukan melalui rekening tersebut.

2. Mutasi Rekening di Website Maybank2U.id

Selanjutnya kamu juga bisa menggunakan menu yang tersedia pada website resmi Maybank. Cara ini untuk melihat mutasi rekening dalam kurun waktu tertentu, dimana semua transaksi termasuk bukti transfer Maybank bisa dilacak dengan mudah.

  • Koneksikan perangkat HP atau komputer kamu dengan internet, untuk memastikan selama proses pengecekan mutasi rekening tidak terganggu.
  • Buka aplikasi browser pada perangkat, kemudian ketik id dan klik tombol search atau tunggu sampai kamu diarahkan ke halaman pertama website tersebut
  • Pilih menu saldo rekening kamu
  • Masukkan data periode dari transaksi yang ingin dicek, misalnya satu bulan terakhir atau opsi lain yang bisa dipilih
  • Tunggu sampai sistem dari website tersebut menampilkan mutasi rekening sesuai range waktu yang bisa kamu tentukan sendiri.
  • Cek informasi mutasi yang muncul, cari riwayat transfer yang kamu cari. Biasanya tidak akan sulit, selama kamu tahu kapan transaksi tersebut dilakukan.
  • Sesuaikan data yang muncul dengan data manual tentang kapan transaksi transfer tersebut dilakukan. Jika sesuai, maka tidak ada masalah namun jika tidak sesuai maka kamu bisa melakukan pengecekan dengan cara lain.
Baca Juga:  3 Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BJB Terbaru 2024

Cara ini akan sangat membantu ketika perlu data transfer tersebut dalam waktu singkat, prosesnya cepat dan berbeda dengan sebelumnya.

Informasi di dalam bukti transfer tersebut juga sudah benar. Pasalnya, pihak bank tentu tidak ingin menyusahkan nasabah untuk melakukan pengecekan berulang kali.

3. Melalui Rekening Koran

Ada juga cara yang tidak kalah gampang dibandingkan dua cara sebelumnya, bisa juga disebut dengan istilah mutasi rekening versi manual yang bertolak belakang dengan pengecekan bukti transfer Maybank melalui website resmi Maybank di atas.

Tapi jangan lupa untuk mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan, biasanya pihak customer service atau petugas bank akan memintanya. Seperti buku tabungan asli, ATM, kartu identitas, dan biaya pencetakan rekening koran kalau kamu rutin membutuhkannya setiap bulan.

Setelah itu, tinggal lakukan langkah berikut:

  • Persiapkan semua dokumen yang dibutuhkan, masukkan ke dalam map atau tas dan pastikan tidak tercecer.
  • Kunjungi kantor Maybank yang paling dekat dengan domisili kamu saat ini
  • Mintalah kepada petugas keamanan di pintu masuk, untuk memberikan nomor antrian ke bagian customer service
  • Setelah giliran antrian kamu tiba, sampaikan keinginan kamu untuk mencetak rekening koran kepada customer service
  • Berikan semua dokumen persyaratannya, lalu tunggu petugas memproses pencetakan dokumen tersebut
  • Petugas akan memberikan hasil cetak rekening koran kepada kamu
  • Cek data pemilik rekening, nomor rekening, dan range waktu transaksi yang sudah kamu informasikan sebelumnya
  • Kalau sudah benar, maka transaksi selesai dan kamu bisa memanfaatkan rekening koran untuk mengecek bukti transfer Maybank di rekening kamu.
Baca Juga:  3 Pinjaman BRI Syariah Jaminan Sertifikat Rumah

Keuntungan pakai cara ini adalah kamu bisa berkomunikasi langsung dengan pihak bank jika ada pertanyaan yang ingin diajukan seputar Maybank dan rekeningmu. Kemudian, kamu juga bisa menggunakan dokumen tersebut untuk berbagai keperluan.

Misalnya untuk pengajuan kartu kredit, pembuatan laporan keuangan jika rekening koran yang dicetak merupakan milik sebuah perusahaan, dan lainnya.

Sedangkan nilai minusnya adalah membutuhkan lebih banyak waktu, mulai mengambil nomor antrian. Jika ternyata nasabah yang ingin bertransaksi atau mendapatkan informasi terkait rekening mereka membludak, kamu harus menunggu lama

4. Menggunakan Aplikasi Mobile Banking Maybank

Penggunaan mobile banking milik Maybank, juga memungkinkan kamu untuk mengecek riwayat transaksi rekening kamu termasuk bukti transfer yang dilakukan.

Bagaimana Jika Bukti Transfer Tidak Bisa Diakses?

Ada kalanya bukti transfer yang ingin kamu cek, tidak bisa diakses sesuai cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. Alhasil kamu tidak bisa melihat riwayat transaksi, ketika misalnya mengalami masalah dengan bukti uang transferan dari pihak ketiga atau kepada pihak ketiga yang pernah kamu lakukan.

1. Hubungi Customer Service Maybank Melalui Customer Care

Kalau mau versi cepatnya, kamu tinggal menghubungi nomor telepon customer care di 1500611. Tunggu sampai kamu diarahkan oleh mesin penjawab telepon kepada customer service yang bertugas.

2. Komunikasi via Email dengan pihak Maybank

Selain menelpon, kamu juga dapat mengirimkan email ke customercare@maybank.co.id. Isinya adalah menginformasikan masalah yang kamu hadapi terkait bukti transfer. Lalu tinggal tunggu feedback melalui email dari pihak Maybank

3. Tunggu Beberapa Saat dan Ulang Kembali

Bisa jadi masalah bukti transfer yang tidak bisa diakses disebabkan koneksi internet yang tidak stabil. Hal ini menyebabkan proses pencarian data transaksi menjadi terganggu.

Baca Juga:  4 Cara Bayar Kartu Kredit CIMB Niaga Terbaru 2024

Cara yang bisa dilakukan adalah keluar dari aplikasi atau website tersebut. kemudian cek koneksi internet pada perangkatmu. Refresh dan coba ulang proses pengecekan yang dilakukan sebelumnya.

Cara Memastikan Bukti Transfer Maybank Asli

Selain memahami masalah pengecekan bukti transfer Bank Maybank, kamu juga perlu tahu membedakan bukti transfer asli atau palsu.

Ketika mendapatkannya dari orang lain, dimana saat ini sangat banyak penipuan di berbagai bank dengan pengiriman bukti transaksi palsu dan sudah melalui proses editing.

1. Pastikan Font Huruf yang Dipakai

Coba bandingkan font huruf pada bukti transfer asli, dengan bukti transfer dari pihak ketiga yang kamu terima.

2. Cek Kerapian Tulisan pada Bukti Transfer

Jika print out yang kamu terima ternyata tulisannya tidak rapi seperti halnya bukti transfer pada umumnya, kemungkinan indikasi palsu sangat besar. Oleh karena itu, butuh pengecekan langsung menggunakan salah satu cara di atas.

3. Pastikan Nama dan Nomor Rekening

Nama pemilik rekening dan nomor rekeningnya harus sesuai dengan milik kamu. Jika tidak atau ada pengejaan yang salah, bisa jadi itu adalah dokumen palsu.

Jangan abaikan cara untuk mengecek bukti transfer Maybank. Kamu bisa saja akan sangat membutuhkannya suatu saat nanti. Jadi jangan sia-siakan print out dari pihak bank dan simpan untuk kebutuhan.

Berikut Bukti Transfer Maybank Terbaru

       

Baca Juga:

error: