5 Cara Cek Saldo BRI Lewat SMS Tanpa Internet

SMS banking adalah sebuah layanan perbankan yang hadir dalam ponsel nasabah dan dapat digunakan tanpa perlu menggunakan internet. Dengan begitu, untuk bisa mengetahui jumlah saldo dalam rekening, Anda wajib memahami bagaimana cara cek saldo BRI lewat SMS.

Bahkan, dengan menggunakan SMS banking hanya perlu mengeluarkan pulsa yang kecil dan saldo pun sudah bisa diketahui dengan mudah. Cara kerja SMS banking ini adalah menggunakan jaringan provider sehingga bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Kelebihan Menggunakan SMS Banking BRI

Meskipun banyak nasabah yang merasa bahwa SMS banking ini terbilang kuno atau jadul, tetapi ternyata layanan yang satu ini lebih efisien dibandingkan dengan mobile banking yang membutuhkan internet dalam penggunaannya.

Seperti layanan banking pada umumnya, Anda pun akan dimudahkan dengan menggunakan SMS banking. Walaupun terkesan tertinggal, nyatanya masih ada yang berminat menggunakan layanan ini. Untuk mengetahui bagaimana kelebihan SMS banking ini, mari simak ulasannya di bawah ini.

1. Mudah

Tidak seperti internet banking yang membutuhkan internet dalam penggunaannya, SMS banking hanya menggunakan pulsa yang minim untuk melakukan semua jenis transaksi yang diinginkan.

Hal ini memudahkan nasabah jika hendak mengecek saldo atau transfer uang meski tanpa internet sekalipun. Tanpa ada batasan waktu dan tempat, SMS banking tetap bisa dinikmati dengan lancar.

Sehingga sangat cocok untuk nasabah yang tinggal di daerah yang jarang internet. Anda hanya perlu siap sedia pulsa saja yang tentunya lebih murah dibandingkan paket internet.

2. Efisien

Selain mudah, dalam penggunaan SMS banking juga dapat digunakan secara efisien karena Anda bisa sekaligus menjaga mutasi yang dilakukan jika sewaktu-waktu hendak menghapusnya. Pasalnya, SMS banking ini lebih mudah dihapus dibandingkan internet banking lainnya.

Bahkan, SMS banking lebih aman karena tidak memerlukan internet yang rawan akan hacker dan terjadinya pembobolan mobile banking. Tentunya Anda tidak ingin mengalami kerugian finansial seperti itu, bukan? Inilah kenapa SMS banking sangat disarankan.

Baca juga:  3 Cara Menghabiskan Saldo BRI Dibawah 50Ribu

3. Menggunakan Semua Jenis SIM Card

Untuk cek saldo BRI lewat HP, SMS banking sangat disarankan karena bisa diakses dengan menggunakan semua jenis SIM Card yang ada. Asalkan Anda telah terhubung dengan provider yang bersangkutan dan transaksi pun bisa berjalan lancar tanpa adanya hambatan sama sekali.

Dalam penggunaannya pun Anda bisa lebih leluasa karena tidak terhambat oleh waktu dan tempat. Karena pastinya semua jenis provider akan tersambung dengan jaringan ponsel Anda, jadi cek saldo pun bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Untuk bisa cek saldo BRI lewat SMS Telkomsel, maka Anda harus memiliki pulsa yang cukup dan tentunya mengetahui bagaimana cara cek saldo BRI lewat SMS. Namun, jangan khawatir karena selanjutnya ini kami akan memberikan cara-caranya untuk Anda.

Cara Cek Saldo BRI Lewat SMS

Agar lebih mudah cek saldo tanpa perlu datang ke ATM, Bank BRI memberikan layanan berupa SMS banking yang bisa Anda akses kapan saja dan dimana saja. Penggunaan SMS banking ini dinilai lebih baik dibandingkan internet banking atau mobile banking.

Mulai dari segi pembayaran hingga cara kerjanya, SMS banking lebih fleksibel dan efisien. Untuk mengetahui bagaimana cara cek saldo BRI lewat SMS, mari ketahui langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Daftar SMS Banking BRI

  • Masukan kartu ATM BRI yang dimiliki.
  • Lalu masukan nomor PIN rekening BRI.
  • Klik menu Transaksi Lain.
  • Kemudian pilih menu Lainnya.
  • Klik menu Registrasi.
  • Pada bagian ini Anda tekan menu SMS Banking.
  • Lalu isi nomor telepon yang masih aktif dan sering digunakan.
  • Jika nomor tersebut sudah benar, selanjutnya klik menu Benar.
  • Kemudian buat PIN SMS Banking. Pastikan untuk membuatnya serumit mungkin yang hanya diketahui oleh Anda dan sulit dimengerti oleh orang lain untuk mencegah transaksi ilegal.
  • Tunggu struk muncul dan simpan jika sudah selesai melakukan semua registrasi.
  • Konfirmasi ke customer service BRI agar penggunaan SMS banking bisa digunakan sepenuhnya. Jangan lupa juga untuk membawa KTP.
Baca juga:  4 Cara Bayar Angsuran Pinjaman BRI Lewat ATM

2. Cara Cek Saldo Melalui SMS Banking

  • Jika pihak BRI sudah mengaktifkan layanan SMS banking rekening Anda, maka langkah selanjutnya Anda bisa langsung buka aplikasi Pesan.
  • Lalu masukan nomor tujuan ke nomor telepon 3300.
  • Kirim SMS menggunakan format SALDO + spasi + PIN.
  • Kemudian tekan Kirim.
  • Tunggu balasan SMS yang akan diterima berupa informasi saldo.

Selain digunakan sebagai cara cek saldo BRI lewat SMS, penggunaan SMS banking ini bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi lainnya. Adapun beberapa jenis transaksi yang bisa Anda nikmati menggunakan SMS banking adalah sebagai berikut.

Fasilitas SMS Banking BRI

Tidak usah takut ketinggalan dari layanan mobile banking lainnya, pasalnya dengan menggunakan SMS banking pun Anda tetap bisa melakukan berbagai jenis transaksi seperti yang akan kami bahas di bawah ini.

1. Transfer Uang

Setelah SMS banking aktif, Anda bisa melakukan transaksi seperti transfer uang ke rekening lain dengan mudah. Fitur ini memberikan kemudahan khusus untuk nasabah Bank BRI dengan menggunakan cara yang sederhana.

Anda cukup ketik TRT + nomor rekening + nomor rekening tujuan + jumlah nominal yang akan dikirimkan. Tentunya, cara tersebut tidak kalah mudahnya dengan layanan banking lain.

2. Membayar Tagihan

Tidak hanya digunakan sebagai cara cek saldo lewat sms, SMS banking juga bisa membantu Anda untuk melakukan berbagai jenis pembayaran tagihan. Bagaimana caranya?

Misalnya Anda hendak membayar tagihan kartu kredit, maka caranya adalah ketik BYR KK + nomor rekening + 16 digit nomor kartu + total tagihan.

Baca juga:  7 Cara Bayar Angsuran Pinjaman BRI Lewat Internet Banking

3. Beli Pulsa

Membeli pulsa kini bisa dilakukan dengan satu ketikan saja. Anda dapat mengisi pulsa dengan saldo minimal Rp25 ribu. Sehingga jika dibawah ini Anda tidak bisa menggunakan SMS banking jika ingin isi saldo pulsa. Cukup ketik ISI + nomor rekening + nomor HP + nilai pulsa yang ingin dibeli.

4. Transfer Dana

Transfer dana ini hampir mirip dengan transfer uang, hanya saja rekening tujuannya bukan rekening bank BRI. Sehingga Anda harus berhati-hati karena keduanya memiliki sistem yang berbeda.

Jika Anda hendak mengirim dana antar bank, caranya cukup ketik TRB + nomor rekening + kode bank tujuan + nomor rekening tujuan + jumlah uang yang akan dikirim.

5. Merubah PIN

Tidak sampai disana, ternyata SMS banking juga dapat digunakan untuk mengubah PIN rekening yang Anda miliki. Namun dalam penggunaannya Anda harus lebih berhati-hati dan mengingat setiap kode angka yang dimasukan agar nantinya PIN yang telah disetting tidak lupa.

Jika dilihat dari bagaimana cara cek saldo BRI lewat SMS hingga fasilitas yang disediakan oleh layanan ini, maka dapat disimpulkan bahwa SMS banking juga memiliki manfaat yang tidak kalah lengkapnya dari mobile banking. Jadi tidak ada salahnya untuk menggunakan layanan yang satu ini.

Baca Juga:

Artikel Terkait

error: