4 Cara Cek Tagihan PDAM Surabaya Online dan Offline

Cara cek tagihan PDAM Surabaya bisa dilakukan dengan beberapa cara. Pertama dilakukan dengan pengecekan secara online dan kedua bisa dilakukan pengecekan secara offline. Keduanya bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan agar bisa membayar tepat waktu.

Biasanya, PDAM akan memiliki kanal pembayaran yang berbeda-beda karena setiap daerah akan dikelola oleh lembaga yang tidak sama. Jadi terkadang harus melakukan pemilihan daerah layanan dengan tepat ketika melakukan pengecekan karena tidak terpusat sistemnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara cek tagihan PDAM Surabaya, ada baiknya untuk menyimak ulasan di bawah ini dengan saksama. Selanjutnya, Anda bisa mencoba cara tersebut dari cara yang menurut Anda mudah agar bisa dimanfaatkan setiap bulannya.

Sekilas Tentang Layanan PDAM Surabaya

Surabaya adalah salah satu kota besar di Jawa Timur yang memiliki akses air bersih yang cukup baik. Di kota ini, PDAM banyak digunakan bahkan hampir oleh seluruh masyarakat karena air bersih yang berasal dari sumur tidak terlalu berkualitas.

Alasannya sederhana saja karena Surabaya berada dekat sekali dengan laut sehingga rasa air tanah kemungkinan besar sedikit payau. Selain itu, air juga tidak terlalu jernih seperti di kawasan pedesaan sehingga sebagian besar masyarakat mengandalkan PDAM untuk minum dan juga mandi.

Untuk mereka yang tidak memiliki akses PDAM karena di kota ini sedang ngekos atau menyewa, biasanya mereka akan melakukan aktivitas yang bernama ngangsu. Aktivitas ini dilakukan dengan membeli air PDAM dari beberapa masyarakat yang memang sengaja mengecerkannya.

Mengingat pentingnya PDAM di kawasan Surabaya dan juga sekitarnya. Apabila terjadi masalah pada air ini bisa menyebabkan gangguan yang sangat besar di masyarakat. Biasanya gangguan yang besar itu terjadi karena beberapa hal di bawah ini.

  • Banjir
  • Ada saluran bocor
  • Pasokan air menurun
Baca juga:  Lupa Password Akulaku? Ikuti 7 Cara Ini 100% Bisa

Karena menjadi salah satu sumber untuk melakukan produksi dan juga aktivitas harian, air PDAM di Surabaya tidak boleh bermasalah dan pelayanannya juga harus sangat baik. Biasanya, setiap menjelang pembayaran akan ada tim yang melakukan pengecekan satu persatu.

Setelah itu, proses pembayaran bisa dilakukan secara online ataupun offline. Tetapi sejak pandemi pembayaran secara online lebih digalakkan apalagi lokasi dari PDAM berada di dekat atau di tengah kota. Jadi tidak semua masyarakat mau ke sana untuk melakukan pembayaran secara langsung.

Cara Cek Tagihan PDAM Surabaya

Cek tagihan PDAM Surabaya bisa dilakukan dengan beberapa cara yang akan dibahas di bawah ini:

1. Datang ke Kantor Terdekat

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek tagihan PDAM Surabaya adalah datang ke kantor PDAM Surabaya terdekat. Dengan melakukan itu, Anda bisa langsung melakukan proses pengecekan. Disarankan juga untuk sekaligus membawa uang.

Kantor berada di dekat Stasiun Gubeng baru. Jadi bisa langsung datang ke sana ketika senggang atau sudah mendekati waktu tagihan. Apabila membawa uang, bisa langsung membayar dalam jumlah yang lebih banyak karena tidak tahu berapa jumlah air yang sudah dipakai dalam 1 bulan.

2. Cek di Loket Bayar Online

Sebaiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum membayar dengan memanfaatkan layanan loket online. Loket online pembayaran tagihan ini tersedia di beberapa lokasi di dalam kampung yang ada di Surabaya.

Biasanya, konter yang menjual pulsa juga menyediakan layanan ini. Jadi proses pengecekan bisa langsung dilakukan di sana dengan menunjukkan nomor peserta atau menunjukkan struk akhir ketika melakukan pembayaran PDAM sebelumnya.

3. Cek di Marketplace

Cara cek tagihan PDAM Surabaya juga bisa dilakukan di marketplace. Pengecekan dengan memanfaatkan marketplace juga bisa dilakukan.

Baca juga:  7 Cara Cek Saldo KIP di HP Tanpa Aplikasi! Praktis

Ada banyak sekali marketplace yang ada di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Blibli atau sejenisnya yang juga melayani pembayaran tagihan secara langsung. Apabila ingin melakukan pengecekan dengan cara ini, bisa langsung membuka aplikasi lalu menuju ke menu tagihan.

Setelah masuk ke dalamnya, bisa langsung memilih bagian PDAM lalu lokasinya bisa diganti ke Surabaya. Masukkan nomor peserta PDAM untuk Surabaya lalu tekan tombol cek tagihan.

Tunggu selama beberapa saat biasanya akan langsung muncul berapa besar tagihan yang harus dibayar pada bulan itu. Selanjutnya, bisa langsung dilakukan pembayaran atau mengecek tagihan yang lain.

4. Pakai Situs PDAM Surabaya

Terakhir bisa dilakukan dengan menggunakan situs resmi dari PDAM Surabaya. Untuk melakukan proses pengecekan bisa memanfaatkan link berikut ini: http://info.pdam-sby.go.id/aplikasi/rekening/.

Setelah terbuka, bisa langsung memasukkan kepesertaan pada kolom yang sudah disediakan. Selanjutnya, bisa juga memasukkan periode tagihan agar lebih mudah.

Setelah berjalan selama beberapa saat, akan langsung muncul tagihan yang ada di sana. Anda bisa langsung melakukan pembayaran atau menyiapkan uang terlebih dahulu untuk dibayar sebelum jatuh tempo tiba.

Cara Membayar Tagihan PDAM Surabaya

Selanjutnya untuk melakukan proses pembayaran, Anda bisa mengikuti prosedur berikut. Pilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan.

1. Loket Offline di PDAM

Pertama apabila ingin melakukan pembayaran PDAM Surabaya adalah melalui offline yang sudah tersedia di kantor. Lokasi dari kantor PDAM berada di dekat Stasiun Gubeng baru sehingga bisa langsung datang ke sana untuk melakukan pembayaran.

Ketika akan melakukan pembayaran Jangan lupa untuk menyiapkan kartu kepesertaan PDAM atau bisa juga membawa struk pembayaran sebelumnya. Di sana akan tersedia nomor peserta yang nantinya digunakan untuk melakukan pengecekan sekaligus pembayaran.

2. Loket Pembayaran Online

Cara kedua bisa dilakukan dengan menggunakan loket pembayaran online. Loket pembayaran online tersedia di hampir semua kampung yang ada di Surabaya. Biasanya, ada seseorang yang membuka usaha pembayaran online untuk berbagai jenis tagihan.

Baca juga:  DANA PayLater! 9 Cara Aktivasi DANA PayLater 2022

Apabila ingin melakukan pembayaran jangan lupa juga untuk membawa kartu ataupun menyediakan nomor peserta PDAM. Dengan begitu, proses pengecekan bisa dilakukan dengan lebih mudah dan pembayaran bisa berjalan dengan cepat.

3. Marketplace

Apabila memiliki akun marketplace, baik itu berupa aplikasi atau pun website bisa digunakan untuk melakukan pembayaran. Siapkan terlebih dahulu nomor yang digunakan untuk melakukan pengecekan tagihan.

Selanjutnya apabila tagihan sudah muncul, bisa langsung dibayarkan. Pembayaran bisa dilakukan secara langsung apabila ada saldo atau bisa juga via transfer bank.

4. Mobile Banking

Cara terakhir bisa dilakukan dengan memanfaatkan Mobile Banking. Beberapa bank yang ada di Indonesia sudah menyediakan mobile banking yang di dalamnya bisa melakukan pembayaran berbagai jenis latihan termasuk PDAM.

Pentingnya Cek Tagihan PDAM

Dengan mengecek tagihan, Anda bisa menjadi tahu jumlah yang perlu dibayarkan. Selanjutnya, Anda jadi bisa menyiapkan dana dengan lebih baik.

Cara cek tagihan PDAM sudah dibahas secara lengkap di atas. Intinya apabila ingin membayar dengan mudah disarankan untuk memanfaatkan platform online seperti marketplace yang sudah banyak dipasang oleh masyarakat. Selain itu, bisa juga mengecek di loket pembayaran online.

Biasanya di setiap kampung akan memiliki beberapa loket pembayaran online yang akan membantu melunasi tagihan setiap bulannya. Jadi apabila tidak memiliki ponsel dengan fitur marketplace atau sejenisnya bisa langsung melakukan pengecekan disana dan membayar tepat waktu.

Terakhir yang tidak kalah penting biasanya ketika melakukan pengecekan tagihan akan ada informasi penting terkait dengan jenis layanan. Jadi Anda akan mengetahui kira-kira jenis layanan PDAM apa yang diberlakukan karena layanan untuk masyarakat biasa dan bisnis kemungkinan akan berbeda.

Dari beberapa cara cek tagihan PDAM Surabaya, Anda bisa memilih salah satunya sesuai keinginan. Sebenarnya, tidak ada yang terlalu berbeda dari semua metode tersebut. Oleh karena itu, Anda bebas memanfaatkan cara tersebut untuk mengetahui tagihan.

error:
close