7 Cara Daftar BPJSTKU Akulaku 5 Menit Selesai

Limit kredit hingga jutaan rupiah merupakan tawaran menggiurkan dari Akulaku bagi siapapun yang memenuhi syarat sebagai peminjam. Salah satu syaratnya adalah mendaftarkan BPJSTKU dengan akun Akulaku. Beruntung, cara daftar BPJSTKU Akulaku sangat mudah untuk diikuti.  

BPJSTKU alias BPJS Ketenagakerjaan memang dibutuhkan agar pengguna Akulaku dapat mengajukan pinjaman. Hal ini disebut dengan otorisasi BPJSTKU yakni proses menghubungkan akun Akulaku Anda dengan BPJS Ketenagakerjaan.

7 Cara Daftar BPJSTKU Akulaku

Siapapun yang memiliki pekerjaan, sebagai karyawan perusahaan maupun pengusaha perseorangan bisa mengajukan pembuatan BPJSTKU. Jika terikat dengan perusahaan, maka sebagian iuran dibebankan ke perusahaan, sedangkan pengusaha perseorangan harus membayar sendiri.

Fungsi BPJSTKU sangat penting yakni sebagai jaminan kecelakaan kerja, jaminan pensiun, dan jaminan kematian. Kartu tersebut berisi saldo yang nantinya bisa dicairkan ketika sudah memenuhi syarat, misalnya pemilik meninggal dunia atau telah berumur 56 tahun.

Karena bernilai, wajar apabila kartu BPJSTKU kerap dijadikan syarat administrasi untuk beragam keperluan, termasuk layanan KTA online di Akulaku. Pengguna yang belum mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan akan kesulitan jika membutuhkan layanan kredit kilat dari Akulaku.

Apabila Anda sudah mengantongi kartu BPJSTKU, maka bisa langsung melakukan otorisasi akun untuk menikmati layanan di Akulaku. Berikut langkah-langkahnya:

1. Membuka Aplikasi Akulaku

Cara daftar BPJSTKU Akulaku yang pertama adalah membuka aplikasi Akulaku. Langkah ini tidak bisa dilakukan tanpa aplikasi sehingga Anda harus menginstal dan melakukan registrasi jika belum memiliki akun di Akulaku.

Data yang dibutuhkan untuk login akun Akulaku adalah nomor handphone dan password. Jika nomor handphone yang sudah terdaftar ternyata hilang, maka Anda perlu menghubungi call center Akulaku ke nomor 1500920.

Baca juga:  X8 Speeder Higgs Domino Auto JP 180B (MOD APK)

2. Memilih Menu Kredit

Setelah berhasil login, aplikasi kemudian menampilkan halaman utama yang terdiri dari banyak menu. Pada deretan menu yang ada di bar bagian bawah terdapat opsi Akulaku, Servis, Kredit dan Personal.

Langsung saja pilih menu Kredit untuk melanjutkan proses otorisasi.

3. Memilih Opsi Naikkan Limit

Berikutnya, Anda akan melihat tampilan halaman Kredit dalam aplikasi. Setelah itu, cara daftar BPJSTKU Akulaku adalah memilih menu Naikkan Limit yang berada di baris sebelah atas.

Menu tersebut sederet dengan opsi lain seperti Pesananku, Dana Cicil, dan TTD Digital.

4. Memilih Opsi Otorisasi Akun

Dengan memilih menu Naikkan Limit, Anda akan dialihkan langsung ke halaman Rincian Limit Kredit. Pada halaman tersebut tertera beberapa informasi yang meliputi jumlah limit kredit sementara, jumlah limit yang telah digunakan, dan total kenaikkan limit kredit.

Sedangkan pada kolom bagian bawah, Anda akan melihat pilihan misi untuk meningkatkan limit kredit di Akulaku. Tekan opsi paling atas yaitu Otorisasi Akun, kemudian tekan tombol Selesaikan.

5. Memilih BPJSTKU

Selanjutnya, cara daftar BPJSTKU Akulaku adalah dengan memilih BPJSTKU. Setelah Anda memilih opsi otorisasi, maka akan muncul halaman Otorisasi Akun yang menampilkan pilihan akun yang ingin dihubungkan dengan Akulaku.

Pilihan yang tersedia antara lain djp, Kredivo, BPJSTKU dan Gojek. Pada kolom tersebut, tekan opsi BPJSTKU, kemudian pilih Selesaikan.

6. Memasukkan Email dan Password BPJSTKU

Halaman baru akan ditampilkan dalam aplikasi. Pada halaman tersebut, Anda akan diminta untuk memasukkan email dan kata sandi yang digunakan untuk login ke akun BPJS Ketenagakerjaan.

Jadi, pastikan Anda mengingat kedua data tersebut agar proses berjalan lancar.

Jika sudah menuliskan data yang benar, lanjutkan dengan menekan tombol Otorisasi yang berada di bagian bawah. Setelah itu, notifikasi bertuliskan Berhasil Dikirim akan muncul pada layar.

7. Menunggu Proses Verifikasi Selesai

Cara daftar BPJSTKU yang terakhir yaitu proses verifikasi yang dilakukan oleh tim Akulaku. Proses ini berlangsung selama beberapa menit. Anda boleh keluar aplikasi lalu kembali setelah beberapa saat untuk mengecek progres dari verifikasi.

Baca juga:  4 Cara Daftar Akulaku 2022 Limit Besar 10 Juta

Jika proses verifikasi sudah selesai, maka opsi BPJSTKU sudah dicentang dan bertuliskan Sudah di bagian kanannya. Artinya, otorisasi BPJS Ketenagakerjaan di Akulaku sudah sukses dilakukan.

Apa Saja Syarat Daftar BPJSTKU Akulaku?

BPJSTKU

Menghubungkan akun Akulaku dengan BPJS Ketenagakerjaan memang recommended untuk dilakukan.

Langkahnya memang sangat mudah dan cepat, namun terdapat syarat yang harus dipenuhi. Beruntung, syaratnya sangat mudah antara lain:

  • Memiliki akun di aplikasi Akulaku
  • Sudah terdaftar dalam program BPJS Ketenagakerjaan
  • Memiliki kata sandi dan alamat email yang aktif digunakan untuk masuk ke akun BPJSTKU
  • Memiliki akses ke jaringan internet yang stabil

Sederet syarat tersebut pasti bisa dipenuhi oleh semua pengguna Akulaku karena sangat sederhana. Jika Anda termasuk salah satunya, maka bisa langsung melakukan otorisasi akun BPJSTKU sekarang juga.

Manfaat Menghubungkan BPJSTKU dengan Akulaku

Mengetahui cara daftar BPJSTKU Akulaku dianggap penting bagi para pengguna aplikasi pinjaman online tersebut.

Memangnya apa alasannya? Sebab menghubungkan Akulaku dengan BPJS Ketenagakerjaan memberikan keuntungan yang cukup bagus. Keuntungan tersebut meliputi:

1. Menaikkan Limit Kredit dan Mengajukan Pinjaman

Jumlah limit kredit sangat berpengaruh pada kelancaran transaksi belanja Anda menggunakan Akulaku. Jika limit kredit berjumlah kecil, maka Anda tidak leluasa membeli barang yang diinginkan karena terbatas.

Memiliki limit kredit yang jumlahnya besar akan memberikan keleluasaan dalam berbelanja. Maka dari itu, banyak pengguna Akulaku yang selalu berusaha meningkatkan limit kredit hingga jutaan rupiah.

Salah satu cara yang efektif untuk menaikkan jumlah limit kredit adalah dengan menyambungkan BPJSTKU ke akun Akulaku Anda. Cara ini sangat simple, tapi hasilnya cukup lumayan. Nantinya, Akulaku akan memberikan tambahan limit sebanyak kurang lebih Rp50 ribu tanpa syarat.

Selain itu, dengan melakukan otorisasi BPJSTKU, Anda akan semakin dipermudah untuk mengajukan pinjaman. Sebab Akulaku menganggap Anda sebagai pengguna yang telah melengkapi dokumen penting yakni BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga:  3 Cara Mengatasi Lupa PIN Gopay Terbaru

2. Menjaga Akun Tetap Aman

Kelebihan selanjutnya adalah menjaga akun Akulaku Anda tetap aman. Dengan melakukan otorisasi BPJSTKU, setidaknya akun Anda lebih terjaga dari segala upaya kejahatan yang dilakukan seorang oknum.

Otorisasi BPJSTKU membutuhkan kata sandi dan email yang benar. Jika seseorang memasukkan data yang salah, maka akan terdeteksi mencurigakan. Lebih aman lagi jika Anda melakukan otorisasi akun Gmail. Notifikasi akan masuk jika ada aktivitas mencurigakan terjadi.

Bagaimana Jika Belum Memiliki BPJSTKU?

BPJSTKU Akulaku

Satu-satunya solusi jika belum punya BPJSTKU adalah mendaftarkan diri ke program tersebut. Pilihannya mendaftar melalui website atau aplikasi. Jika memilih menggunakan aplikasi, maka ikuti langkah berikut ini:

  • Unduh aplikasi BPJSTKU kemudian instal di handphone
  • Setelah itu, pilih menu Pendaftaran Peserta
  • Lanjutkan dengan memilih jenis kepesertaan. Terdapat 4 jenis kepesertaan dalam BPJSTKU antara lain penerima upah (ASN, karyawan swasta dan karyawan BUMN), bukan penerima upah (kegiatan usaha mandiri), pekerja jasa konstruksi dan pekerja migran
  • Kemudian masukkan alamat email untuk lanjut ke proses verifikasi. Setelah berhasil, Anda akan menerima notifikasi dari Akulaku
  • Selanjutnya, melengkapi beberapa data yang biasanya meliputi profil, nomor handphone, jenis pekerjaan, dan metode pembayaran
  • Setelah selesai melakukan registrasi online, maka saatnya Anda membayar iuran secara rutin setiap sebulan sekali.

Sudah jelas bahwa cara daftar BPJSTKU Akulaku tidaklah ribet. Anda cukup mengikuti 7 langkah mudah yang dilakukan melalui aplikasi Akulaku. Data yang dibutuhkan hanya email dan password yang Anda buat ketika mendaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga:

error:
close