Lupa PIN Kredivo? Pakai 7 Cara Ini 100% Berhasil

Kondisi lupa PIN Kredivo bisa mengakibatkan pengguna mengalami hambatan saat ingin melakukan transaksi. Akibat berbagai hal, para pengguna sering mengalami hal tersebut. Terkadang, pengguna merasa panik.

Ketika Anda mengalami lupa PIN, hal pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan cobalah untuk mencari serta menerapkan cara mengatasinya. Setelah berhasil mengganti PIN, Anda bisa kembali melakukan transaksi dengan mudah dan aman.

Apa Itu PIN Kredivo?

Menjadi salah satu aplikasi kredit online, Kredivo menerapkan sistem keamanan untuk menjamin data dan transaksi yang dilakukan pelanggan.

Hal ini yang membuat Kredivo meminta setiap pengguna membuat PIN untuk cara yang bisa digunakan untuk memverifikasi identitas pengguna.

PIN dibuat saat pengguna pertama kali melakukan registrasi akun Kredivo dan digunakan setiap saat melakukan transaksi dengan menggunakan metode pembayaran Kredivo.

Penggunaan disarankan untuk membuat PIN dengan kombinasi yang unik agar tidak mudah diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Pentingnya PIN untuk keperluan transaksi membuat pengguna harus mengingatnya dengan baik.

Namun, dalam beberapa kondisi pengguna bisa saja lupa dengan PIN yang sudah dibuat. Saat Anda mengalami lupa PIN, maka dalam sementara waktu tidak bisa menggunakan layanan Kredivo hingga PIN baru selesai dibuat.

Ketika mengalami masalah tersebut, Anda tidak perlu panik dan ketahuilah bagaimana cara mengatasi lupa pin. Dengan begitu Anda bisa segera kembali bertransaksi.

Fungsi PIN Kredivo

Ketika membuat akun Kredivo, seluruh pengguna diharuskan untuk membuat PIN. Proses pembuatan PIN tidaklah sulit, Anda hanya perlu mengikuti panduan saat pembuatan akun. Nantinya, Anda akan mendapatkan OTP untuk konfirmasi pembuatan PIN.

Baca juga:  5 Cara Setting X8 Speeder Higgs Domino 2022

Masukkan PIN yang diinginkan dan jawablah satu pertanyaan yang diberikan. Setelah berhasil, artinya PIN sudah aktif dan bisa digunakan untuk bertransaksi. PIN merupakan hal yang penting dalam Kredivo karena memiliki beberapa fungsi sebagai berikut.

  • Untuk menjaga keamanan akun.
  • Sebagai sarana verifikasi ketika bertransaksi.
  • Identifikasi pemilik akun.

Penyebab Lupa PIN Kredivo

Kredivo menawarkan layanan kredit barang yang bisa diakses secara online. Layanannya sudah cukup luas, sehingga Anda bisa melakukan transaksi di berbagai marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya.

Namun, saat lupa PIN Kredivo maka limit yang dimiliki tidak bisa digunakan. Kredivo memberikan limit yang berbeda kepada setiap pengguna tergantung dari analisa yang dilakukan. Agar terhindar dari masalah lupa pin, simak beberapa faktor yang bisa menjadi penyebabnya:

1. Akun Diretas

Faktor lain yang menyebabkan Anda tidak bisa mengakses PIN adalah akun diretas. Mungkin saja ada pihak yang mengetahui PIN Kredivo Anda dan menggunakan akses untuk mengganti informasi tersebut.

Jika hal tersebut terjadi, maka Anda akan kesulitan untuk menggunakan layanan Kredivo. Untuk itu disarankan untuk menyimpan PIN dengan baik dan jangan memberikan informasi tersebut kepada orang lain untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

2. PIN Rumit

Salah satu faktor yang membuat Anda lupa PIN adalah karena membuatnya terlalu rumit sehingga susah untuk diingat. Sebaiknya, buatlah PIN yang mudah diingat. Namun, hindari menggunakan tanggal lahir.

Jika menggunakan PIN yang sulit, Anda bisa membuat catatan di buku atau ponsel. Dengan begitu ketika aplikasi logout, Anda bisa kembali dengan mudah. Hal ini juga membuat transaksi yang diinginkan bisa dilakukan dengan cepat.

Panduan Mengatasi Lupa PIN Kredivo

Cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah lupa PIN Kredivo adalah dengan melakukan reset. Anda perlu menyiapkan KTP yang terdaftar terlebih dahulu untuk melakukan reset PIN.

Baca juga:  Berapa Bunga Kredivo? Simulasi Pinjaman Kredivo

Baca juga: Cara Mengatasi Kredivo Tidak Bisa Login

Selain itu, siapkan PIN baru yang mudah diingat untuk akses berikutnya. Langkah reset PIN Kredivo tidaklah sulit, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Kredivo melalui ponsel. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang bagus agar prosesnya lancar. Jika tidak memiliki aplikasinya, Anda bisa mendownloadnya terlebih dahulu.
  • Saat pertama membuka aplikasi Kredivo, Anda akan dihadapkan dengan halaman Login. Anda tidak perlu mengisi kolom untuk proses login dan bisa langsung menekan bagian Lupa PIN.
  • Anda akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel dan juga NIK KTP yang sebelumnya sudah terdaftar pada akun Kredivo.
  • Klik tombol kirim untuk melanjutkan proses selanjutnya. Hal ini akan membantu Anda untuk mengatasi lupa PIN.
  • Tunggu beberapa saat, Kredivo akan mengirimkan pesan melalui SMS untuk proses selanjutnya.
  • Buka pesan yang dikirimkan oleh Kredivo. Anda akan mendapatkan link yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah lupa PIN.
  • Kunjungi link tersebut untuk segera mengatasi masalah lupa PIN.
  • Masukkan PIN baru yang sudah disiapkan sebelumnya. Anda diminta untuk memasukkannya 2x sebagai proses konfirmasi. Klik Submit untuk melanjutkan prosesnya.
  • Anda akan mendapatkan informasi jika PIN Kredivo berhasil diganti. Untuk memastikannya, Anda bisa langsung mencoba login pada aplikasi Kredivo dengan menggunakan PIN baru.
  • Jika cara tersebut tidak berhasil, Anda bisa menghubungi customer service Kredivo untuk mendapatkan solusi lebih lanjut.

Cara Ganti PIN Kredivo Secara Teratur

Demi keamanan transaksi, PIN Kredivo perlu diganti secara berkala. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari akun dari tindakan peretasan.

Dengan begitu, pihak lain tidak akan mudah mengetahui PIN Kredivo yang dimiliki. Caranya cukup mudah, simak uraiannya berikut ini.

  • Buka aplikasi Kredivo yang sudah terinstall pada ponsel.
  • Pilih menu Akun yang berada di pojok kanan bawah.
  • Akses menu pengaturan dengan memilih ikon gerigi yang ada di sebelah kanan atas.
  • Pilih menu ganti PIN untuk mengubah kode akses transaksi.
  • Anda bisa memasukkan PIN lama dan buatlah PIN baru sesuai dengan keinginan.
  • Selanjutnya, masukkan nomor NIK pada kolom yang disediakan. Jawab pertanyaan unik yang diberikan. Pertanyaan yang diajukan sudah diatur saat pertama kali membuat akun Kredivo.
  • Lakukan pengecekan kembali sebelum melakukan perubahan. Jika sudah yakin dengan perubahan yang dilakukan, Anda bisa klik kirim dan PIN akan langsung terganti.
Baca juga:  4 Cara Cek Resi Acommerce Akulaku 2022 Terbaru

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat PIN

PIN Kredivo bisa diatur sesuai dengan keinginan para pengguna. Namun, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat terhindar dari tindakan peretasan.

Keamanan akun merupakan hal penting yang harus dijaga agar Anda bisa bertransaksi secara mudah dengan Kredivo. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat PIN Kredivo:

  • Hindari membuat PIN dengan angka berurutan seperti 112233, 123456, dan lain sebagainya.
  • Jangan menggunakan informasi tanggal lahir dalam format YYMMDD, DDMMYY, atau lainnya.
  • Jangan pernah memberikan informasi PIN kepada orang lain.
  • Disarankan untuk membuat PIN dengan kombinasi yang sulit diketahui orang lain namun mudah diingat.

Cara mengatasi lupa PIN Kredivo tidaklah sulit. Dengan cepat, Anda bisa mendapatkan PIN baru jika mengikuti langkah-langkahnya dengan benar.

Gunakan PIN yang mudah diingat agar terhindar dari lupa. Jangan lupa untuk mengganti PIN secara berkala untuk keamanan akun Kredivo.

Baca Juga:

error:
close