5 Cara Menghapus Data Kontak dari Pinjaman Online

Promosi pinjaman online melalui SMS blast seringkali membuat frustasi. Apalagi jika SMS penawaran pinjaman datang di waktu yang tidak tepat dengan kontak kita, pasti sangat mengganggu. Lalu bagaimana cara menghapus data kontak dari pinjaman online?

Menghapus data dari pinjaman online sangat populer di kalangan pengguna ponsel ketika kontak dimasukkan ke dalam sistem SMS blast. Jika Anda terpaksa dan sudah menggunakan layanan pinjaman online, Anda perlu waspada dan berhati-hati. Simak cara-caranya berikut ini.

Hal Penting Sebelum Menghapus Data Kontak dari Pinjaman Online

Karena aplikasi pinjaman online membutuhkan akses data yang besar, ini setara dengan mengirim semua data di smartphone Anda ke aplikasi pinjaman online dan menjadi hal yang terkadang tidak disadari oleh banyak orang.

Untuk itu tak heran jika banyak pengguna yang menghapus kontaknya karena sudah terpanggil saat mengajukan pinjaman online. Sebelum melakukan cara menghapus data kontak dari pinjaman online, ada hal yang perlu diperhatikan.

Di bawah ini adalah beberapa cara berhati-hati untuk menghapus data kontak dari pinjaman online:

  • Pastikan Anda telah membayar semua tagihan dari aplikasi pinjaman online.
  • Membayar adalah kewajiban Anda sebagai peminjam dan tidak boleh kabur.
  • Kemudian coba hubungi customer service aplikasi pinjaman online untuk meminta penghapusan data.
  • Anda kemudian dapat menghapus atau menghapus aplikasi pinjaman online untuk membuat semua data di smartphone Anda tidak dapat diakses.
  • Jika tidak berhasil, ganti dengan nomor kartu perdana yang baru. Hapus semua akun media sosial yang Anda miliki saat ini.
  • Pilihan lain adalah mengatur ulang ponsel cerdas Anda ke default pabrik.
  • Jika tidak berhasil, harap laporkan penyalahgunaan informasi pribadi Anda ke OJK dan serahkan ke pihak yang berwenang.
Baca juga:  Berapa Bunga Easycash? Wajib Tahu Sebelum Meminjam

Cara Hapus Akses Izin Data di Aplikasi Pinjaman Online

Untuk menghapus detail kontak dari pinjaman online Anda, Anda dapat menghapusnya secara efektif dengan memblokir akses ke aplikasi. Untuk menghapus izin mengakses data kontak aplikasi Pinjol dari ponsel Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama, masuk ke menu Pengaturan di ponsel cerdas Anda.
  • Gulir ke bawah dan pilih menu Aplikasi untuk mengakses aplikasi.
  • Kemudian pilih Kelola Aplikasi dan cari aplikasi pinjaman online yang ingin Anda ubah izinnya.
  • Gulir ke bagian bawah kemudian masuk ke bagian izin Anda dari tab menu Izin Aplikasi.
  • Pilih izin aplikasi satu per satu, lalu matikan semua izin untuk aplikasi tersebut.
  • Penghapusan persetujuan akses data dalam aplikasi pinjaman selesai
  • Pinjaman online yang ada di ponsel Anda tidak bisa lagi mengakses data ponsel.

Pentingnya Menghapus Data Kontak dari Pinjaman Online

Jika Anda baru mengenal pinjaman online, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum  menggunakan data Anda. Mengapa? Hal ini agar Anda tidak mengalami kerugian apapun saat Anda terlilit hutang atau mengalami penagihan hutang.

Aplikasi pinjaman online biasanya memerlukan izin untuk mengakses nomor kontak, lokasi, jaringan internet, SMS, dan telepon. Parahnya lagi, ada pinjaman online yang mengharuskan nasabah mengakses media sosial, internet banking, dan e-commerce yang sebenarnya tidak mau dilakukan.

Dalam hal ini, yang perlu Anda pelajari hanyalah cara menghapus data dari pinjaman online Anda. Berikut ini alasan mengapa Anda harus tahu cara menghapus data kontak dari pinjaman online:

1. Penyalahgunaan Data

Menurut situs resmi bank, salah satu bahaya terbesar dari pinjaman online adalah penyalahgunaan informasi pribadi. Formulir aplikasi pinjaman online terlebih dahulu menyediakan tautan untuk mengunduh formulir aplikasi pinjaman online.

Baca juga:  Call Center Tunaiku 2022! Cara Menghubungi Tunaiku

Saat Anda mengajukan pinjaman online, Anda akan dimintai izin untuk mengakses data pribadi Anda yang tersimpan di smartphone Anda. Dengan izin ini, pemberi pinjaman online ilegal dapat menyalahgunakan berbagai data.

2. Resiko Pengancaman dengan Meneror

Penyalahgunaan data yang biasa dilakukan oleh pemberi pinjaman online biasanya menggunakan informasi pribadi  untuk menciptakan tekanan dan ancaman ketika ada masalah dengan pembayaran. Penekanan dan intimidasi dilakukan dengan cara meneror keluarga dan semua teman.

Akibatnya, mereka berada di bawah tekanan dan secara otomatis meminta pembayaran hutang. Berbagai serangan teror seringkali disertai dengan fitnah.

Untuk itu, disarankan untuk mengecek terlebih dahulu apakah pemberi pinjaman online Anda terdaftar di OJK sebelum mengajukan pinjaman.

3. Memperburuk Skor Kredit Pinjaman

Aplikasi atau perusahaan pinjaman online yang terdaftar di OJK hanya akan menggunakan data pribadi Anda untuk menganalisis tingkat peringkat kredit yang diajukan.

OJK melarang keras penggunaan informasi pribadi nasabah untuk tujuan selain proses analisis saat mengajukan pinjaman online. Selain itu, penggunaan data secara ilegal juga dapat membuat tingkat skor kredit Anda menurun hingga akhirnya Anda tak bisa melakukan pinjaman di bank.

4. Agar Anda Membayar Bunga Hutang yang Tinggi

Selain itu, pinjaman online ilegal juga memiliki tingkat bunga yang tinggi dan melebihi tingkat perhitungan kredit yang wajar, membuat Anda sangat rentan terhadap hutang. Untuk melakukan ini, Anda perlu melihat berbagai rincian biaya yang harus Anda bayar ketika tanggal jatuh tempo.

Ada juga beberapa pinjaman online ilegal, di mana suku bunga dan biaya yang harus Anda bayar tidak transparan dan Anda akan dikenakan klaim yang tidak beralasan. Jika Anda memiliki opsi kredit lain, jadikan kredit online sebagai opsi terakhir.

Namun, jika Anda sudah memiliki pinjaman, Anda perlu tahu cara menghapus data dari pinjaman online Anda dan menghindari teror dan pengancaman.

Hal yang Diakses Ilegal Oleh Pinjaman Online

Setelah Anda memahami cara menghapus data kontak dari pinjaman online Anda, Anda juga perlu memahami izin yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman. Bukan rahasia lagi bahwa setiap kali Anda menginstal aplikasi, ponsel cerdas Anda membuat permintaan akses tertentu.

Baca juga:  Ancaman DC Easycash Semua Kontak HP di Teror

Demikian pula, Anda perlu memahami dan mengetahui tentang lisensi untuk aplikasi pinjaman online. Artinya, aplikasi Pinjol meminta izin kepada pengguna yang mengizinkan apk mengakses data smartphone.

Jelas, jika pengguna menolak persetujuan, aplikasi yang diinstal tidak dapat digunakan secara optimal. Aplikasi pinjaman online meminta akses dari ponsel Anda, yaitu:

  • Informasi kontak untuk membaca nomor telepon.
  • Perkiraan lokasi, jaringan, lokasi berbasis GPS.
  • Menampilkan informasi koneksi WiFi.
  • Ambil foto dan video dengan kamera ponsel Anda.
  • Akses foto, media, serta file dari ponsel Anda.
  • Izin penyimpanan untuk mengubah atau menghapus konten.
  • Melakukan panggilan nomor telepon langsung.
  • Baca ID telepon dan statusnya.
  • Baca ID perangkat dan informasi panggilan.
  • Dan lain-lain

Mengingat besarnya jumlah akses data yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman online, tidak diragukan lagi bahwa ponsel dapat menjamin privasi. Hal yang sebagian besar pengguna tidak tahu adalah bahwa data ponsel adalah salah satu jaminan.

Tidak heran banyak pengguna berpengalaman menyarankan untuk menghapus detail kontak dari pinjaman online utama mereka dengan menolak izin aplikasi. Oleh karena itu, aplikasi pinjol tidak akan dapat melihat nomor kontak, lokasi, dan data lain yang dapat disalahgunakan.

Sekarang ingat izin yang Anda berikan saat pertama kali menginstal aplikasi pinjaman online. Jika Anda memberikan izin ke ponsel dan kontak Anda, saat ini Anda mengalami masalah. Oleh karenanya, Anda harus menerapkan cara menghapus data kontak dari pinjaman online.

error: Content is protected !!
close