5 Cara Menghapus Data di Kredit Pintar! Ampuh

Salah satu aplikasi yang menyediakan sejumlah layanan pinjaman uang online dan telah terdaftar dengan resmi di OJK adalah Kredit Pintar. Selain mengajukan pinjaman, Anda juga harus tahu bagaimana  cara menghapus data di Kredit Pintar.

Setiap mengunduh aplikasi pinjaman tentu akan ada permintaan untuk bisa mengakses kontak yang ada di ponsel. Sama halnya dengan yang selalu dilakukan oleh aplikasi pinjaman online tersebut, supaya bisa mendapatkan data Anda di ponsel.

Namun apabila data sudah terlanjur tersebar maka Anda bisa melakukan penghapusan data yang ada di sana. Apabila Anda masih memiliki utang di aplikasi tersebut sebaiknya segera lunasi terlebih dulu. Setelah semua hutang lunas maka Anda bisa langsung menghapus data di sana.

Cara Menghapus Data di Kredit Pintar dengan Mudah dan Cepat

Aplikasi pinjaman online akan meminta akses pada nomor kontak, jaringan internet, telepon, lokasi dan SMS. Bahkan ada juga pinjaman online yang meminta akses e-banking atau akun e-commerce setiap nasabahnya.

Berhati-hatilah dalam menggunakan serta menyebarkan data diri Anda. Ikuti beberapa langkah dalam  cara menghapus data di Kredit Pintar berikut ini:

1. Hubungi Call Center

Apabila pinjaman ataupun utang yang Anda ajukan di salah satu pinjaman online seperti Kredit Pintar misalnya sudah lunas, maka Anda bisa menghubungi Call Centernya di nomor (021) 50598882.

Baca juga:  Aplikasi Pinjaman Online Lentera Dana Nusantara

Kemudian ajukan penghapusan data dengan menunjukkan bukti valid dari pembayaran tagihan yang sudah lunas.

2. Menghapus Data Aplikasi Pinjaman Online

Cara yang kedua dalam menghapus data di Kredit Pintar adalah dengan menghapus data yang ada di aplikasinya dari ponsel. Caranya yaitu sebagai berikut:

  • Masuk ke Pengaturan yang ada di ponsel Anda terlebih dulu.
  • Lalu masuk ke Pengaturan Aplikasi.
  • Cari aplikasi yang dimaksud yaitu Kredit Pintar.
  • Setelah itu pilih Hapus Data dan Cache.

Jika beberapa cara di atas sudah dilakukan maka seluruh data yang ada di aplikasi Kredit Pintar tersebut akan terhapus dengan otomatis. Kemudian isi aplikasi akan kembali seperti semula seperti saat Anda baru menginstall dan membukanya.

Maka hal itu bisa meminimalisir penyebaran data diri Anda yang ada di Kredit Pintar tersebut.

3. Menghapus Aplikasi Pinjaman Online Kredit Pintar

Cara menghapus data di Kredit Pintar berikutnya yaitu dengan menghapus aplikasinya dari ponsel secara langsung. Ikuti langkahnya di bawah ini:

  • Buka Pengaturan yang ada di ponsel.
  • Klik Aplikasi.
  • Cari aplikasi Kredit Pintar yang Anda gunakan.
  • Lalu klik Uninstall.

Penghapusan aplikasi ini diharapkan agar tidak ada lagi data yang tertinggal di sana, dan Anda tidak perlu meminjam uang lagi dari aplikasi pinjaman online manapun.

4. Mengganti Nomor SIM card

Jika aplikasi pinjaman online sudah terhapus dari ponsel maka Anda juga bisa mengganti kartu SIM Card. Tujuannya supaya tidak ada notifikasi pesan apapun dari pinjaman online tersebut.

Sehingga Anda bisa menghilangkan jejak dari pinjaman online yang pernah digunakan.

5. Hubungi OJK

Anda juga bisa menghubungi OJK secara langsung, tapi setelah Anda melunasi semua hutang di aplikasi pinjaman online tersebut. Cara ini bisa dilakukan apabila ada penyalahgunaan data yang dilakukan oleh pinjaman online itu sendiri.

Pelaporan yang dilakukan melalui OJK juga sekaligus untuk mencari tahu, apakah aplikasi pinjol ini memang sudah terdaftar di sana atau tidak. Apabila terbukti ilegal maka OJK akan langsung memblokir aplikasi tersebut.

Baca juga:  7 Cara Melaporkan Pinjol yang Sebar Data! Ampuh

Tips Menghapus Data dari Kredit Pintar dengan Benar

Supaya tidak ada masalah baru lainnya memang harus ada yang dilakukan setelah Anda menggunakan suatu aplikasi pinjaman online. Berikut ini beberapa tips dalam cara menghapus data di Kredit Pintar yang bisa Anda lakukan:

1. Melunasi Seluruh Tagihan Kredit

Sebelum mulai menghapus data diri Anda di Kredit Pintar sebaiknya lunasi seluruh tagihannya terlebih dulu. Walaupun Anda tidak mau berurusan lagi dengan aplikasi tersebut tetapi Anda harus tetap melunasi seluruh hutangnya.

2. Mengirim Email ke CS

Langkah selanjutnya setelah seluruh utangnya lunas adalah dengan mengirim email ke [email protected], di sana Anda bisa mengajukan penutupan atau penghapusan akun.

Dalam hal ini Anda harus memiliki alasan yang kuat mengapa ingin mengajukan penutupan/penghapusan akun. Supaya pihak dari Kredit Pintar juga tidak ragu untuk menghapus data/akun tersebut.

Tunggu pesan balasan dari CS Kredit Pintar, jika sudah ada balasan dan akun sudah ditutup maka lanjut lagi ke tahap berikut.

3. Log Out dan Uninstall Aplikasi Kredit Pintar

Setelah itu log out dan juga uninstall akun Kredit Pintar Anda, kemudian yakinkan diri sendiri bahwa Anda tidak akan berhubungan lagi dengan pinjaman online apapun.

Sistem Data Perizinan di Aplikasi Pinjaman Online

Setiap mengunduh dan menginstall aplikasi pinjaman online di HP biasanya akan ada permintaan untuk akses pada perangkat ponsel tersebut. Jika tidak ada persetujuan maka pendaftaran akun di sana bisa gagal atau aplikasi tidak bisa dipakai.

Maka akses apapun yang diminta oleh pinjaman online tersebut harus dari persetujuan pengguna. Mau tidak mau sebagai pengguna Anda harus menyetujui akses yang diminta pihak pinjol itu sendiri. Sejumlah akses yang biasanya diminta oleh pihak pinjaman online diantaranya yaitu:

  • Lokasi
  • Penyimpanan
  • Kontak
  • SMS
  • Kamera
  • Mikrofon
  • Telepon

Ada juga persetujuan yang dibutuhkan oleh aplikasi pinjaman online dan dirasa perlu oleh mereka. Ketika Anda sebagai pengguna memberi izin pada mereka untuk mengakses data dengan mudah maka mereka juga akan mengakses berbagai hal yang Anda miliki.

Baca juga:  11 Cara Menghilangkan Jejak dari Pinjaman Online

Tiga jenis akses yang paling sering ditembus oleh para pinjaman online ini diantaranya yaitu:

1. SMS

Aplikasi akan dengan mudah membaca sekaligus mengirim SMS/MMS apapun pada Anda.

2. Telepon

Akses lainnya yang bisa digunakan adalah telepon dan juga jaringan. Termasuk dalam hal panggilan telepon, voicemail, Voip, dan daftar catatan yang ada di log telepon Anda.

Pada persetujuan akses telepon ini juga akan memudahkan mereka untuk memperoleh daftar-daftar kontak yang ada di kontak telepon Anda.

3. Kontak

Biasanya data kontak akan digunakan untuk membaca, mengedit, dan juga membuat daftar kontak. Serta semua akun milik Anda yang ada di setiap perangkat.

Sebelum menghapus data kontak yang ada pada aplikasi pinjaman online tersebut, maka Anda bisa mengingat lagi izin apa saja yang Anda berikan ketika baru mengakses aplikasi tersebut.

Jika izin yang diberikannya meliputi SMS dan kontak, maka hal itu bisa membahayakan data pribadi Anda. Namun biasanya untuk pinjaman online yang legal tidak akan menyalahgunakan data, karena bisa diberi sanksi oleh OJK.

Anda berada dalam masalah besar apabila memberi data kepada pinjaman online yang ilegal. Data bisa disalahgunakan, apalagi jika telat membayar tagihan.

Untuk itu, cara menghapus data di Kredit Pintar menjadi hal yang sangat penting apabila Anda sudah merasa terganggu. Tapi walaupun tidak merasa terganggu Anda bisa menghapus data di Kredit Pintar kapan saja, dan tagihan sudah dilunasi semua.

Baca Juga:

error:
close