11 Cara Pinjam Uang di Tokopedia 10 Menit Cair

Membutuhkan dana dalam waktu cepat? Cara pinjam uang di Tokopedia dapat menjadi alternatif. Marketplace ini bekerja sama dengan lembaga keuangan Financial Technology (Fintech).

Pengajuan pinjaman di Tokopedia tidak memerlukan jaminan sehingga sangat fleksibel. Bukan itu saja, jika biasanya di lembaga keuangan mengharuskan ada BI checking, di aplikasi ini tidak perlu. Kemudahan yang diberikan sangat bagi yang perlu dana instan.

Alasan Memilih Tokopedia untuk Mendapatkan Pinjaman Online

Tokopedia sebagai sebagai toko online tidak mempunyai izin dari OJK untuk bergerak di bisnis keuangan. Lantas bagaimana bisa menyalurkan pinjaman? Hal ini bisa berjalan karena adanya kerja sama dengan mitra penyalur dana. Lembaga inilah yang resmi dan berizin.

Apakah pinjaman aman? Sejauh ini belum pernah ada informasi mengenai keluhan dari penerima pinjaman yang tertib dalam pembayaran. Bahkan banyak yang merasakan manfaat karena proses pengajuan yang simple, mudah dan cepat.

Perkembangan jasa keuangan yang melibatkan Tokopedia dapat berkembang karena kemudahan yang diberikan. Peminjam tidak perlu menyiapkan banyak berkas atas survey yang cukup merepotkan seperti jika dari institusi keuangan lain. Berikut kelebihannya:

1. Cepat

Terobosan Tokopedia dengan menggandeng Financial Technology atau Fintech memberi kemudahan pada konsumen dan seller yang membutuhkan dana secara cepat. Pinjaman online ini sangat praktis, cukup mengajukan di aplikasi, verifikasi, dan uang akan segera diterima.

Baca juga:  Berapa Bunga UangMe? Simulasi Pinjaman UangMe

Dengan begitu, cara pinjam uang di Tokopedia ini bisa dilakukan dengan cepat untuk yang membutuhkan dana cepat.

2. Syarat Mudah

Berbeda dengan institusi keuangan lain yang mensyaratkan BI checking dan survey, di Tokopedia tidak perlu. Penerima pinjaman juga tidak harus mempunyai kartu kredit. Semua serba simple dan gampang.

3. Terpercaya

Proses pengajuan pinjaman yang cepat, menjadikan Tokopedia sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan keuangan. Meski tidak mempunyai izin OJK, tetapi aman karena pemberi dana resmi dan berizin.

Cara Pinjam Uang di Tokopedia

Proses pengajuan pinjaman uang tentu berbeda dengan belanja online. Pengguna aplikasi harus masuk ke fitur Dana Instan agar dapat mengisi pengajuan. Langkah dan syaratnya cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan KTP dan berfoto. Berikut cara pengajuannya:

1. Mengunduh Aplikasi

Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman harus mendownload aplikasi Tokopedia di smartphone. Proses tidak dapat dilakukan melalui desktop. Dengan pengajuan melalui HP, marketplace bisa mengakses semua data yang ada.

Data dalam smartphone akan digunakan sebagai pertimbangan kelayakan pinjaman. Perlu diketahui, jika peminjam wanprestasi maka pihak Tokopedia dapat menghubungi semua kontak yang tersimpan dalam perangkat.

2. Memilih Opsi Pinjaman

Dalam aplikasi Tokopedia terdapat banyak fitur. Pilih “Pinjaman Online”. Di bagian ini ada dua opsi, Pinjaman Online dengan plafond Rp5 juta sampai Rp1 M dan Dana Instan, tenor maksimal 30 hari. Pilih opsi kedua agar proses berjalan cepat. Untuk yang pertama, perlu waktu cukup panjang.

Tokopedia sangat paham, pengguna mempunyai kebutuhan yang berbeda. Dua opsi ini disediakan untuk memudahkan calon peminjam. Untuk jumlah besar perlu waktu verifikasi yang panjang, sedang Dana Instan sangat cepat.

3. Klik Cari Pinjaman

Anda tinggal masuk ke halaman pinjaman dan mengisinya. Jumlah yang ditawarkan dari Rp500 ribu sampai Rp1,2 juta dengan tenor 14 hari dan 21 hari.

Baca juga:  8 Cara Menaikkan Limit Akulaku! Limit Besar 10 Juta

Bunga yang berlaku 1% per hari. Memang cukup besar, namun wajar mengingat tanpa jaminan dan proses cepat, kurang dari 24 jam cair.

4. Beri Izin Untuk Mengakses Data

Aplikasi akan mengakses semua data di smartphone Anda. Untuk itu perlu izin. Jika tidak disetujui, maka proses pengajuan tidak dapat berlanjut. Aplikasi akan mengakses dan melihat semua panggilan masuk dan keluar, kontak, lokasi perangkat.

5. Mengunggah KTP dan Foto

Untuk proses selanjutnya Anda diminta untuk mengunggah foto KTP asli (bukan fotocopy) pada bingkai yang tersedia. Begitu juga gambar Anda memegang KTP harus diambil dengan menggunakan ponsel dan dalam bingkai.

6.   Mengisi Data Pribadi

Berikutnya Anda harus mengisi data pribadi seperti untuk pengajuan pada umumnya. Nama, alamat, email, dan ibu kandung. Status rumah dan lama tinggal juga harus diisi. Informasi ini bersifat mandatory. Proses tidak bisa lanjut jika ada kolom terlewat.

7. Informasi Pekerjaan

Bagian ini juga harus diisi. Jika Anda karyawan, maka masukkan alamat kantor. Namun untuk wiraswasta data yang diminta berbeda.

Data usaha harus ditulis lengkap sesuai kolom yang tersedia. Semua info tersebut akan digunakan untuk pertimbangan pengajuan kredit.

8. Masukkan Kontak Darurat

Pengisian kontak ini harus detail dan benar. Perlu hati-hati karena info yang disampaikan berguna untuk analisa kelayakan pinjaman dan penagihan jika Anda wanprestasi.

Sebaiknya, diskusikan dan minta persetujuan kerabat atau keluarga yang dicantumkan agar tidak timbul masalah.

9. Lengkapi dengan Informasi Pendukung

Informasi lain yang dibutuhkan terkait dengan pekerjaan, Anda dapat mengunggah ID card, foto berseragam, atau slip gaji.

Jika pinjaman yang diajukan cukup besar, bisa menambahkan dengan NPWP, BPJS, dan kartu keluarga.

10. Proses Pengajuan Pinjaman

Setelah semua data lengkap, Anda bisa mengisi besar pinjaman yang diajukan. Tokopedia akan menentukan mitra yang mendanai, bunga pencairan dan besar pengembalian yang harus dibayar. Berikutnya isikan data bank. Nama yang tertera harus sama dengan aplikasi.

Baca juga:  Shopee Pinjam Untuk Pembeli & Penjual 5 Menit Cair

Berikutnya Anda akan mendapatkan simulasi pinjaman dan pengembalian. Jika setuju, bisa klik “Ajukan Pinjaman”. Lihat dan perhatikan baik-baik nominal yang tertulis. Dana yang akan diterima sejumlah tersebut.

11.Pencairan

Pengajuan Anda akan diproses dalam waktu 24 jam. Jika disetujui dana masuk ke rekening maksimal 2 hari setelahnya. Dilihat dari waktu memang bukan tercepat karena pinjaman online lain bisa cair dalam hitungan jam.

Cara Pembayaran dan Denda Keterlambatan

Proses pembayaran bisa dilakukan dengan transfer ke rekening virtual account Tokopedia. Caranya dengan masuk ke dashboard kemudian pilih “Riwayat Pinjaman” dan klik “Cara Pembayaran”.

Setelah muncul “Tagihan”, lakukan transfer sesuai nominal yang tertera. Denda Keterlambatan yang berlaku sangat besar, yaitu 10% dari pokok. Tentu sangat memberatkan sekali.

Jika Anda mendapatkan pinjaman, perhatikan hal tersebut baik-baik. Jangan sampai terlambat untuk melunasi.

Tips Agar Pinjaman Disetujui

Meski cara pinjam uang di Tokopedia terbilang mudah namun banyak pengajuan yang ditolak.

Agar hal ini tidak terjadi pada Anda sebaiknya perhatikan baik-baik ketentuan dan persyaratan yang diminta. Tips berikut bisa digunakan:

  • Jangan sampai ada data yang terlewat.
  • Upload e-KTP dan foto sesuai ketentuan, baik cara pengambilan maupun penggunaan bingkai.
  • Ajukan dengan menggunakan HP dan nomor yang biasa digunakan. Jangan menggunakan perangkat dan nomor baru.
  • Verifikasi dapat dilakukan kapan saja baik dari Tokopedia maupun Fintech. Selalu aktifkan HP Anda.

Tokopedia dapat menjadi alternatif untuk mendapatkan pinjaman online. Proses dan persyaratannya pun cukup mudah. Namun, denda yang berlaku sangat tinggi jadi peminjam harus mengembalikan tepat waktu.

Cara pinjam uang di Tokopedia cukup aman. Meski tidak mempunyai izin, namun lembaga pendana yang bekerja sama resmi dan berizin dari OJK sehingga aman. Marketplace hanya berfungsi sebagai perantara, bukan penyalur dana.

error:
close