5 Tempat Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair Limit 1 Milyar


Beben.id – Ketika sedang bermasalah dengan keuangan dan membutuhkan dana jumlah besar, menggadaikan sertifikat rumah adalah salah satu cara yang paling mudah. Namun, sayangnya menemukan tempat gadai sertifikat rumah 1 hari cair bisa dikatakan cukup sulit.

Kebanyakan membutuhkan proses yang cukup panjang bahkan mencapai beberapa hari. Karena ketika menggadaikan sertifikat rumah, pihak peminjam dana harus melakukan survei dahulu terhadap kebenaran dokumen tersebut. Tapi, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai hal tersebut.

Saat ini sudah ada banyak perusahaan atau layanan pinjaman yang mampu memproses pinjaman dalam 1 hari dengan cara gadai sertifikat rumah. Supaya kamu tidak penasaran lagi, yuk simak rekomendasi tempat gadai sertifikat rumah dan prosesnya di bawah ini.

5 Rekomendasi Tempat Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair

Gadai sertifikat rumah bisa dimana saja? Seperti yang disampaikan sebelumnya, saat ini sudah ada banyak tempat gadai sertifikat rumah yang tidak membutuhkan proses panjang untuk pencairan dana.

Nah, berikut 5 rekomendasi yang bisa kamu jadikan pilihan jika ingin menggadaikan sertifikat rumah dan mendapatkan dana dengan cepat.

1. Gadaikan Sertifikat Rumah di Pegadaian

Untuk kamu yang mau gadai sertifikat rumah dengan proses cepat dan mudah, Pegadaian bisa menjadi pilihan terbaik. Selain prosesnya yang cepat, Pegadaian juga terjamin keamanannya karena perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan milik negara.

Selain itu, untuk kamu yang khawatir dan ingin menghindari riba, kamu bisa memilih layanan Pegadaian Syariah. Jika kamu ingin menggadaikan sertifikat rumah, kamu bisa mendapatkan dana pinjaman mulai dari Rp1.000.000 hingga Rp200.000.000, dengan tenor 12-36 bulan.

Ada syarat yang harus dipenuhi jika kamu ingin menggadaikan sertifikat rumah di Pegadaian. Pertama kamu harus berusia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun selama pelunasan. Harus melengkapi dokumen pribadi seperti KTP dan KK kemudian menyetujui ketentuan jaminan.

Baca Juga:  3 Cara Bayar Angsuran BAF melalui ATM BCA 2024

Selain itu, supaya sertifikat rumah bisa digadaikan, status tanah tidak boleh bermasalah. Tanah tersebut produktif dan lokasinya mudah dijangkau atau bisa diakses minimal kendaraan roda 2. Jarak dari SUTET minimal 20 meter dan tidak termasuk daerah banjir.

Mengenai langkah-langkahnya, yaitu:

  • Pertama kamu harus datang ke kantor Pegadaian dengan membawa dokumen persyaratan dan jaminan.
  • Setelah itu, tim Pegadaian akan melakukan verifikasi berkas dan survei lokasi.
  • Lalu, kamu akan diberi tahu pengajuan disetujui atau ditolak.

2. Gadaikan Sertifikat Rumah di Jasa Multi Finance

Saat ini di Indonesia sudah ada banyak sekali jasa Multi Finance yang bisa kamu gunakan layanan pinjaman dananya. Salah satu keunggulan perusahaan Multi Finance adalah pencairan pinjaman yang jauh lebih cepat. Tetapi biasanya bunga yang ditawarkan akan sedikit lebih tinggi.

Beberapa perusahaan yang bisa dijadikan pilihan saat kamu mau gadai sertifikat rumah di antaranya Adira, FIF, BFI Finance, dan banyak lagi. Ketika menggadaikan sertifikat rumah, kamu harus memenuhi syarat nasabah seperti usia 21-60 tahun dan warga negara Indonesia.

Selain itu, syarat menggadaikan sertifikat rumah adalah karyawan yang sudah bekerja 2 tahun atau wiraswasta yang menjalankan usaha minimal 2 tahun. Beberapa syarat lain biasanya akan menyesuaikan dengan aturan perusahaan masing-masing.

Selanjutnya, rumah yang akan digadaikan sertifikatnya harus berada di kompleks pemukiman dan memiliki akses kendaraan. Kondisi rumah juga harus berupa bangunan permanen atau sudah tembok. Posisi rumah tidak oleh dekat dengan SUTET atau pemakaman.

Jenis sertifikat rumah yang digadaikan juga harus SHM atau SHGB atas nama diri sendiri, pasangan, atau keluarga. Perlu diketahui bahwa SHM ini merupakan bukti kepemilikan tertinggi atau teratas atas suatu lahan.

3. Gadaikan Sertifikat Rumah di Koperasi

Selanjutnya untuk kamu yang mencari tempat gadai sertifikat rumah 1 hari cair, koperasi bisa menjadi pilihan terbaik. Karena saat ini sudah ada banyak sekali koperasi yang menawarkan dana dengan cepat jika dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap.

Baca Juga:  Daftar Harga Kredit HP FIF Spektra Tahun 2024

Untuk menggadaikan sertifikat rumah, kamu mencari Koperasi Simpan Pinjam atau KSP yang  bisa mencairkan dana dalam 1 hari. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu melengkapi dan menyerahkan dokumen persyaratan kepada petugas yang ada di koperasi.

Setelah dokumen diserahkan, petugas akan memeriksa dokumen secara keseluruhan dan melakukan verifikasi. Jika pinjaman disetujui, maka kamu akan ditawari jumlah pinjaman sesuai dengan agunan yang bisa diberikan oleh pihak koperasi.

Salah satu keunggulan pinjaman dana di koperasi simpan pinjam adalah tidak adanya survey yang bisa mempercepat proses pencairan dana. Tetapi di sisi lain, kekurangan dari pinjaman Koperasi jenis ini adalah jumlah bunga yang cukup tinggi.

Supaya sertifikat rumah bisa digadaikan, pastikan sertifikat atas nama diri sendiri dan tidak dalam status sengketa. Selain itu, sertifikat tersebut harus sudah diurus dan diterbitkan oleh Badan Pertanahan Nasional atau BPN. Rumah dan tanah juga tidak boleh dalam kondisi tidak layak huni.

4. Gadaikan Sertifikat Rumah di Pusat Gadai Indonesia

Kamu mau gadai sertifikat rumah tapi bingung mencari tempat yang terpercaya? Pusat Gadai Indonesia bisa menjadi pilihan terbaik. Meskipun pengelolanya merupakan pihak swasta, tapi perusahaan ini sudah memiliki ratusan cabang di seluruh daerah di Indonesia.

PGI juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai keamanan sertifikat yang kamu gadaikan. Syarat gadai di sini juga sangat mudah, yaitu kamu harus punya kartu identitas barang yang akan digadaikan.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mendapat pinjaman dari PGI adalah berkunjung ke kantor unit dengan membawa sertifikat rumah.
  • Setelah itu, perusahaan akan memeriksa dokumen dan melakukan verifikasi.
  • Jika sudah, kamu akan diberi tahu dana yang bisa dipinjamkan.
  • Proses verifikasi dokumen ini akan memakan waktu kurang lebih selama 1 jam, setelah itu kamu baru akan diberi tahu apakah pinjaman disetujui.
  • Jika sudah disetujui, selanjutnya kamu akan langsung diajak untuk menandatangani kontrak perjanjian gadai.
Baca Juga:  Jam Besuk RS Hermina Banyumanik: Jadwal dan Aturan

Salah satu keunggulan dari Pusat Gadai Indonesia adalah harga gadai barang yang cukup tinggi. Jadi kamu bisa mendapatkan dana dalam jumlah yang cukup besar saat menggadaikan sertifikat rumah.

5. Gadaikan Sertifikat Rumah di Bank BPR

Terakhir, tempat yang bisa dijadikan pilihan untuk menggadaikan sertifikat rumah adalah Bank BPR. Selain proses pencairan dana yang cepat, Bank Perkreditan Rakyat juga memberikan syarat yang cukup mudah untuk memproses pinjaman.

Beberapa syarat yang harus kamu sediakan saat menggadaikan sertifikat rumah adalah KTP dan KK. Selain itu, pihak BPR biasanya juga tidak mengharuskan nasabah memiliki riwayat BI Checking yang bagus. Hal ini tentu memudahkan nasabah yang sebelumnya pernah bermasalah.

Jadi Bank Perkreditan Rakyat bisa menjadi solusi terbaik untuk kamu yang mencari tempat gadai sertifikat rumah 1 hari cair. Keberadaan BPR juga cukup banyak di Indonesia, kamu bisa menemukannya di setiap kota atau kecamatan.

Pada dasarnya gadai sertifikat rumah 1 hari cair saat ini bukan lagi hal yang mustahil. Kamu hanya perlu memilih salah satu dari kelima rekomendasi di atas. Baik Pegadaian, Perusahaan Multi Finance, Koperasi, PGI, maupun BPR, semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Baca Juga:

error: