3 Pinjaman BRI Syariah Jaminan Sertifikat Rumah

Beben.id – Pinjaman BRI Syariah jaminan sertifikat rumah sebenarnya masih bisa dilakukan sekarang. Namun, untuk saat ini BRI Syariah sudah berubah menjadi Bank Syariah Indonesia sehingga menjadi lembaga keuangan yang baru.

Namun, secara umum kemungkinan persyaratannya masih akan tetap sama. Karena program pinjaman yang akan dibahas ini merupakan KUR atau Kredit Usaha Rakyat yang juga merupakan bagian dari bantuan pemerintah.

Produk jenis ini umumnya memiliki biaya yang jauh lebih rendah. Jadi, apabila ingin mengajukan pinjaman BRI Syariah jaminan sertifikat rumah, ada baiknya untuk langsung menyimak beberapa pembahasan yang akan diulas berikut ini.

Sekilas Tentang Pinjaman BRI Syariah Jaminan Sertifikat Rumah

Pinjaman Syariah BRI merupakan pinjaman yang diberikan secara langsung kepada para nasabah yang mengajukan. Jenis pinjamannya bervariasi tetapi yang paling sering dimanfaatkan oleh masyarakat berjenis KUR.

Nantinya pinjaman ini bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Karena proses peminjamannya yang mudah, kemungkinan besar bisa berjalan dengan lancar dan biayanya nantinya dibebankan juga tidak terlalu tinggi.

Selain itu, konsep yang nantinya diberikan juga sesuai dengan kaidah syariah yang sudah dianut. Jadi, kedua belah pihak akan sama-sama mendapatkan untung tanpa ada kerugian dalam jumlah yang banyak.

Syarat Pinjaman

Berikut beberapa syarat pinjaman yang harus dipenuhi oleh seluruh nasabah yang ingin mengajukan kredit. Persyaratan mungkin bisa saja mengalami perubahan seiring dengan berjalannya waktu.

  • Merupakan warga negara Indonesia yang sudah berusia di atas 21 tahun.
  • Memiliki usaha yang sudah berjalan minimal enam bulan.
  • Memiliki surat keterangan usaha.
  • Tidak mendapatkan pinjaman kredit lainnya kecuali kredit konsumsi dari bank lain.

Kelebihan Pinjaman BRI Syariah

Berikut beberapa kelebihan yang bisa disebabkan apabila seseorang memutuskan untuk mengajukan pinjaman BRI Syariah. Pembahasan di bawah ini berhubungan dengan pinjaman KUR.

1. Tenor Maksimal 5 Tahun

Salah satu kelebihan yang dimiliki apabila ingin mengajukan pinjaman kepada BRI Syariah adalah tenor yang sangat panjang. Biasanya pinjaman berupa KUR akan memiliki tenor hingga maksimal 5 tahun atau 60 bulan.

Baca juga:  Cara Transfer SMS Banking BRI Ke BNI 3 Menit Beres

Dengan pinjaman yang cukup panjang ini, seseorang bisa lebih mudah untuk memaksimalkan apa yang sudah mereka dapatkan. Selain itu, nantinya proses pembayaran juga bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Jadi, tidak ada salahnya untuk selalu memperhatikan besarnya tenor yang nantinya akan diambil. Karena semakin besar tenor yang diambil, cicilan perbulannya akan semakin murah.

2. Suku Bunga Rendah

Suku bunga yang nantinya diberikan jauh lebih murah dibandingkan dengan jenis pinjaman biasa. Karena program ini memang sudah mendapatkan subsidi secara langsung dari pemerintah. Jadi, bunga yang dibebankan juga lebih sedikit.

Apalagi fungsi dari program ini memang memberikan kredit untuk usaha. Pemerintah menggerakkan usaha ini agar bisa berjalan dengan baik sehingga bisa memajukan negara secara umum.

Dengan bunga yang cukup rendah Ini, kemungkinan seseorang untuk tidak bisa membayar akan rendah. Itulah kenapa, biasanya sangat disarankan untuk mengajukan jenis pinjaman ini terlebih dahulu daripada pinjaman konsumsi yang lain.

3. Peluang Persetujuan Tinggi

Peluang untuk mendapatkan persetujuan sangat tinggi. Apalagi seseorang menggunakan jaminan atau agunan berupa surat rumah. Kemungkinan besar bisa mendapatkan dengan lebih mudah.

Itulah kenapa, banyak sekali orang yang mengajukan secara langsung di sini. Jadi, peluang untuk mendapatkan persetujuan akan semakin besar apalagi memiliki penghasilan yang cukup serta usaha yang maju.

Kombinasi antara peluang persetujuan tinggi serta bunga rendah akan membuat usaha menjadi semakin cepat berkembang. Karena, untuk mengembangkannya tidak memerlukan waktu yang terlalu lama.

4. Bisa di Semua Cabang

Selanjutnya proses pinjaman bisa dilakukan di seluruh cabang BRI yang ada di seluruh Indonesia. Biasanya BRI khususnya kantor cabang akan hadir di setiap desa maupun kecamatan.

Baca juga:  Praktis! 5 Cara Bayar Kartu Kredit BRI Terbaru

Jadi, apabila ingin mengajukan pinjaman tidak harus selalu menuju ke kota besar terlebih dahulu. Cukup ke wilayah yang paling dekat proses pengajuan pinjaman masih bisa berjalan sehingga tidak akan boros waktu dan juga tenaga.

Terkadang, orang yang bekerja di BRI itu juga akan mencari orang orang yang membutuhkan kredit di sekitarnya. Jadi, peluang untuk mendapatkan pinjaman akan semakin mudah dan juga cepat.

5. Cicilan Ringan

Karena memiliki bunga yang cukup rendah, cicilan yang nantinya dibebankan juga semakin ringan. Itulah kenapa, beberapa orang bisa mendapatkan pinjaman dalam jumlah banyak dan tidak terbebani untuk mencicilnya setiap bulan.

Dengan melakukan itu, proses cicilan akan berjalan semakin mudah dan juga ringan. Jadi, pastikan terlebih dahulu cicilan yang nantinya akan dibayar. Apabila sudah sesuai, berarti bisa langsung mengajukan.

Apabila tidak bisa membayar cicilannya, berarti bisa mengajukan tenor yang lebih panjang. Jadi, tidak ada salahnya untuk menanyakan terlebih dahulu kepada petugas agar semuanya berjalan lancar mulai dari awal hingga akhir.

6. Survei Mudah dan Cepat

Survei jadi lebih mudah untuk dilakukan. Biasanya pihak dari BRI akan melakukan survei dengan langsung datang ke lokasi rumah. Setelah itu, survei akan terus berlanjut seiring dengan berjalannya waktu.

Prosesnya akan dilakukan selama beberapa hari sebelum akhirnya ada persetujuan. Jadi, tidak perlu menunggu terlalu lama.

Cara Mengajukan Pinjaman BRI Syariah Jaminan Sertifikat Rumah

Untuk mengajukan proses pinjaman, bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini. Ikuti semuanya dengan tepat mulai dari awal hingga akhir.

1. Datang ke Bank

Untuk mengajukan pinjaman disarankan untuk langsung datang ke bank BRI terdekat. Setelah sampai ke sana utarakan keinginan jika ingin meminjam dengan sistem KUR jaminan sertifikat rumah.

Baca juga:  8 Jenis Kartu Kredit Danamon (Limit, Bunga, Syarat)

Selanjutnya petugas akan memberikan arahan secara langsung. Setelah diarahkan, tahap selanjutnya adalah dengan memberikan penjelasan yang sesuai.

2. Mengisi Berkas dan Pengajuan

Lakukan proses pengisian berkas ketika akan melakukan proses pengajuan. Dengan mengisi berkas yang sudah sesuai ini, tahap selanjutnya adalah dengan menyerahkan secara langsung ke pihak BRI.

Biasanya para petugas atau mantri dari BRI akan berkeliling. Mereka akan mengumpulkan berkas-berkas itu secara langsung sehingga lebih mudah untuk melakukan pinjaman.

3. Survei Usaha

Biasanya akan langsung ada survei usaha yang nantinya akan dilakukan. Survei ini dilakukan secara langsung dengan mendatangi rumah dan melakukan sesi foto pada usaha-usaha yang dipakai.

Setelah survei ini selesai, biasanya akan ada pemberitahuan. Petugas akan memberitahukan dalam jangka waktu tertentu apakah ada persetujuan atau tidak.

4. Persetujuan

Setelah dilakukan proses persetujuan, tahap selanjutnya adalah dengan menunggu waktu yang tepat. Biasanya petugas akan memberitahu kira-kira apa yang harus dilakukan setelah persetujuan.

5. Pencairan Dana

Tahap terakhir adalah pencairan dana. Apabila dana sudah dicairkan kemungkinan besar akan langsung masuk ke dalam rekening. Selain itu, juga bisa dalam rekening ataupun yang sesuai dengan keinginan.

Pinjaman BRI Syariah jaminan sertifikat rumah masih bisa ditemui secara langsung pada Bank Syariah Indonesia. Namun, apabila tidak menemukannya bisa langsung menuju ke bank BRI setempat karena kurang lebih persyaratannya sama.

Selain itu, kredit yang ditawarkan oleh BRI ini juga cenderung lebih terjangkau. Karena biasanya bunga tahunan yang nantinya diterapkan juga lebih rendah sehingga cocok sekali untuk siapapun yang sedang memulai usaha.

Tabel Pinjaman BRI Syariah Jaminan Sertifikat Rumah

Pinjaman BRI Syariah Jaminan Sertifikat Rumah

Baca Juga:

Artikel Terkait

error: