3 Tempat Gadai ATM Gaji, Syarat dan Limit Pinjaman 2024


Beben.id – Jika selama ini kamu cuma tahu kalau mau meminjam uang dengan sistem gadai membutuhkan jaminan barang tertentu, maka sekarang ternyata ATM Gaji juga bisa menjadi produk jaminannya. Tapi memang tempat gadai ATM Gaji belum banyak tersedia, syaratnya juga sedikit berbeda dari gadai biasanya.

Untuk bisa mendapatkan lembaga keuangan yang memiliki produk gadai dengan agunan ATM gaji, kamu harus benar-benar bisa memilih lembaga tepat. Sebagai informasi awal, coba pahami informasi berikut ini.

Nilai Plus Gadai ATM Gaji

Kalau dibandingkan dengan sistem agunan barang lain untuk mendapatkan pinjaman, menggadaikan ATM gaji punya nilai plus tersendiri. Oleh sebab itu, bisa dijadikan salah satu alternatif solusi ketika kamu butuh uang dalam jumlah banyak di waktu singkat.

1. Proses Mudah dan Cepat

Soal prosesnya tergolong mudah, asalkan kamu sudah memenuhi semua persyaratan yang diminta. Kemudian mengikuti prosedur pengajuannya. Tidak sampai 14 hari usai pengajuan, jika memenuhi kriteria maka dana pinjaman sudah bisa didapat.

2. Syarat tidak Ribet

Untuk bisa mengajukan pinjaman ke tempat gadai ATM gaji, syaratnya tidaklah sulit. Kamu tinggal melengkapi semua dokumen berikut ini sebelum mengajukannya.

  • Rekening tabungan gaji dan ATM nya
  • Fotokopi buku tabungan 1 bulan terakhir
  • Fotokopi KTP calon nasabah, jika sudah memiliki pasangan maka fotokopi KTP pasangan juga dipersiapkan
  • Fotokopi akta nikah bagi yang sudah menikah
  • Pas foto 4×6 4 lembar
  • Materai Rp10.000 2 lembar

3. Bunga Relatif Stabil

Soal bunga dari pinjaman menggunakan sistem gadai ini relatif rendah, maksimalnya ada di angka 7% setiap tahunnya.

Baca Juga:  Kode Cabang BCA 0998 Daerah Mana? Lihat Disini 2024

Siapa Saja yang Bisa Mengajukan Gadai ATM Gaji?

Mengingat ada kata ATM gaji, maka pihak yang bisa mengajukan gadai ATM gaji ini tentunya orang yang memiliki penghasilan tetap dan pendistribusian gajinya melalui ATM di bank tertentu. Apakah kamu masuk dalam daftar di bawah ini?

1. Karyawan Tetap Perusahaan

Karyawan pada sebuah perusahaan yang masuk kategori tetap dan bisa dipertanggungjawabkan melalui surat keterangan kerja bisa mengajukan pinjaman ini.

Asalkan, untuk mendapatkan gaji dari perusahaan karyawan tersebut menggunakan rekening khusus yang dibuat menerima gaji.

2. PNS

Pegawai Negeri Sipil (PNS) juga merupakan pihak yang boleh mengajukan pinjaman ini. Caranya bisa memperlihatkan SK resmi berupa salinannya, kemudian menyertakan pula rekening tabungan untuk penerimaan gaji.

3. Profesi Tertentu

Para penyandang profesi tertentu yang juga memiliki gaji tetap, juga bisa mengajukan pinjaman. Orang yang masuk kategori ini misalnya dokter, perawat, dan lainnya

Cara Pengajuan Gadai

Untuk mengajukan pinjaman dengan sistem menggadaikan ATM gaji, ada beberapa langkah perlu dilakukan diantaranya adalah:

  • Melengkapi semua persyaratan sesuai yang diminta oleh petugas tempat gadai ATM gaji pilihan kamu.
  • Datangi tempat tersebut, lalu serahkan berkas pengajuan yang sudah lengkap
  • Ambil formulir pengajuan yang tersedia, lalu isi dengan teliti dan pastikan semua informasi yang diberikan sudah benar.
  • Serahkan formulir kepada petugas untuk ditindaklanjuti
  • Petugas akan melakukan verifikasi
  • Jika kamu lolos dari proses verifikasi, tinggal konfirmasi kapan dana bisa dicairkan
  • Dana akan ditransfer langsung ke rekening nasabah sesuai data rekening yang diberikan kepada pihak penyedia gadai. Pastikan rekeningnya berbeda dengan rekening gaji

Ada penyedia pinjaman yang langsung bisa mencairkan dana pinjaman kepada nasabah di hari yang sama dengan pengajuan. Ada juga yang butuh beberapa hari, sampai kamu dihubungi dan dikonfirmasi tentang pinjaman yang disetujui.

Berapa Limit Pinjaman Menggunakan ATM Gaji dan Biaya Tambahannya?

Soal limit dari pinjaman yang bisa diajukan tentu tergantung pada ketersediaan dana dari penyedia pinjaman. Hal ini juga dilihat dari pekerjaan dan gaji yang diperoleh calon nasabah.

Baca Juga:  Kode Bank Permata ke DANA Panduan Top Up 2024

Ada tempat gadai yang memberikan limit mulai dari Rp1 juta hingga ratusan juta, namun ada juga yang lebih dari itu. Namun, tetap akan ada biaya tambahan di awal pinjaman biasanya disebut biaya administrasi dengan besaran berkisar 5-10 persen dari nilai pinjaman yang diajukan.

Ada juga yang menambahkan biaya untuk penggunaan pinjaman dengan besaran yang akan disesuaikan dengan besaran nilai pinjaman yang diajukan.

Tapi kamu jangan tergiur dengan limit yang besar, harus tetap memperhatikan kesanggupan untuk membayar cicilannya selama tenor berjalan.

Dimana Tempat Gadai ATM Gaji?

Ada banyak tempat gadai ATM gaji yang bisa dipilih, tergantung lokasi domisili dan ketersediaan fitur pinjaman dengan sistem gadai ini.

1. Koperasi Simpan Pinjam

Jika di perusahaan tempat kamu bekerja memiliki koperasi, maka biasanya tersedia produk pinjaman menggunakan ATM gaji untuk memudahkan prosedur pengajuan dan pengiriman dana yang disetujui.

Seandainya di kantor tidak tersedia koperasi, kamu bisa melakukannya di koperasi terdekat dari tempat tinggalmu. Biasanya pihak koperasi akan lebih mudah menerima pengajuan ketika calon nasabah memiliki KTP dengan domisili di kota yang sama dengan penyedia pinjaman

2. Pegadaian

Pada sejumlah pegadaian mandiri juga disediakan sistem gadai ini. Dimana nasabahnya diberi kesempatan untuk mengajukan pinjaman berbekal rekening tabungan, yang digunakan untuk menerima gaji.

3. Lembaga Penyedia Pinjaman Legal

Beberapa lembaga penyedia pinjaman, juga menyediakan salah satu produk pinjaman yaitu menggunakan rekening gaji dari nasabahnya. Asalkan semua syarat dipenuhi, ada yang prosesnya bisa selesai hingga dana cair hanya dalam hitungan menit atau beberapa jam saja.

Beberapa rekomendasi yang saat ini tersedia diantaranya adalah:

  • Daya Group yang berlokasi di daerah Kelapa Gading Jakarta Utara
  • Koperasi Simpan Pinjam yang tersebar di seluruh Indonesia
  • Sejumlah BPR yang berlokasi di kota besar Indonesia

Tips Mengajukan Pinjaman Menggunakan ATM Gaji

Memang pengajuan pinjaman ke tempat gadai ATM gaji mudah dilakukan, namun ternyata tidak menjamin disetujui dengan cepat. Nah, jika kamu ingin potensi disetujui lebih besar maka bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

1. Lengkapi Syarat Selengkap Mungkin

Pastikan untuk melengkapi semua syarat yang dibutuhkan, baik itu syarat umum yang disampaikan oleh sebagian besar penyedia pinjaman. Ini juga termasuk syarat tambahan yang bersifat khusus di beberapa tempat gadai tertentu.

Baca Juga:  5 Cara Bayar Kartu Kredit Mandiri 100% Mudah 2024

Biasanya syarat khusus ini perlu dilengkapi ketika pihak penyedia pinjaman butuh dokumen validasi lebih banyak sebelum memutuskan untuk menyetujui pinjaman tersebut.

2. Bawa Dokumen Asli dari Persyaratan

Jangan lupa untuk membawa dokumen asli dari syarat-syarat yang diminta. Tujuannya supaya ketika proses verifikasi berlangsung, kamu tidak perlu bolak balik mengambil dokumen asli tersebut. Misalnya, KTP dan KK asli, SK pegawai asli, dan dokumen lainnya.

3. Pilih Tempat Gadai yang Berpengalaman

Saat ini ada beberapa lokasi gadai yang menyediakan pengajuan pinjaman dengan menggadaikan ATM gaji.

4. Ajukan Nilai Pinjaman yang Masuk Akal

Ajukanlah nilai pinjaman yang masuk akal sesuai dengan kebutuhan kamu dan bisa dicicil dengan rutin dari sumber pendapatan yang jelas. Dengan begitu, pihak penyedia pinjaman bisa lebih nyaman bertransaksi dengan peminjam

5. Ikuti Proses dengan Sabar

Semua prosedurnya tidak ribet, jadi kamu hanya perlu mengikuti semua prosedur dari awal sampai selesai dengan sabar dan lengkapi semua dokumen jika ada yang kurang. Kemudian jawab semua pertanyaan dengan jelas, akurat, dan benar.

Memang tidak semua orang bisa mengajukan pinjaman di tempat gadai ATM gaji. Jika kamu salah satu yang memenuhi syarat dan memang sedang butuh uang, bisa mencoba cara yang sudah dijelaskan.

Baca Juga:

error: