11 Kelebihan dan Kekurangan Bank BJB Terbaru 2024


Beben.id – Alasan utama kenapa setiap calon nasabah sebaiknya tahu kelebihan dan kekurangan bank BJB adalah agar tidak salah pilih bank dan suatu saat menimbulkan penyesalan. Jika sebelumnya kamu sudah tahu apa saja kekurangannya, maka setelah jadi nasabah kamu tidak akan kaget lagi jika hal tersebut terjadi.

Begitu juga dengan daftar kelebihannya nih, kamu akan punya gambaran lebih jelas tentang keuntungan apa saja yang didapat jika menjadi nasabahnya. Buat kamu yang mungkin belum tahu profil Bank BJB, ada informasinya juga lho di bawah ini.

Profil Bank BJB

Tidak lengkap rasanya ya jika hendak membahas kelebihan dan kekurangan bank BJB tapi kamu justru belum tahu profil dari bank ini. Bank BJB termasuk jenis apa? Jawabannya adalah bank daerah atau BUMD (Bank Umum Milik Daerah), tepatnya milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Banten.

BJB sendiri adalah singkatan dari Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat, yang sudah mulai beroperasi sejak tahun 1961 tapi baru disahkan pada tahun 1999 di Kota Bandung. Bank berusia hampir 62 tahun ini punya kode saham BJBR dengan rincian kepemilikan saham sebagai berikut:

  • Sebanyak 38,18% adalah milik Pemda Provinsi Jawa Barat
  • Sekitar 5,29% merupakan milik Pemda Provinsi Banten
  • 24,03% milik Pemda Kota-Kabupaten se-Jawa Barat
  • 7,87% milik Pemda Kota-Kabupaten se-Banten
  • 24,64% milik publik

Sebelumnya, bank ini pernah dikenal dengan nama Bank Jabar Banten, dan latar belakang dari pendiriannya erat hubungannya dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 33/1960.

Isi dari peraturan ini sendiri adalah penentuan perusahaan milik Belanda yang ada di Indonesia dan kemudian dinasionalisasi.

Baca Juga:  4 Cara Bayar Angsuran Pinjaman BRI Lewat ATM

Jadi awalnya, Bank BJB ini memang merupakan milik pemerintah Belanda dan saat itu namanya juga menggunakan bahasa Belanda, yaitu “De Eerste Nederlandsche Indische Shareholding N.V”. Tapi kala itu, perusahaan ini merupakan sebuah bank hipotek.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Bank BJB

Setiap sektor perbankan termasuk BJB tentunya terus mengembangkan sayap agar menjadi yang terbaik bagi masyarakat. Tapi, tetap saja ada nih ada kekurangan menurut sebagian orang. Daftar kelebihan dan kekurangan Bank BJB adalah berikut ini:

1. Customer Service Ramah

Layanan pelanggan atau customer service tentu punya peran penting ya bagi setiap bisnis, termasuk di dunia perbankan. Nah, Bank BJB sendiri punya customer service yang ramah dan profesional untuk memberi informasi atau membantu kendala yang dialami para nasabah.

Customer service BJB tersedia secara offline di kantor cabang dan secara online via telepon 24 jam di nomor 14049. Jika tak ingin kena pulsa dan sedang tidak bisa datang ke kantor cabang, maka bisa juga nih hubungi customer service secara gratisan via email di alamat [email protected].

CS ini juga bisa jadi tempat untuk kamu melaporkan tindakan penipuan online atau memberi kritik dan saran yang membangun. Jika kamu sedang di keadaan yang genting, seperti kartu ATM tertelan, maka lebih disarankan menghubungi CS via telepon karena lebih fast respon.

2. Staf Kantor Cepat Tanggap

Tak hanya customer service online, tapi para staf kantor cabang bank BJB juga sangat profesional. Mereka sudah dilatih sedemikian rupa agar membantu nasabah secara cepat dan tanggap. Inilah kelebihan bank BJB yang bisa memuaskan para nasabah.

3. Antrian Terkoordinasi

Tak perlu cemas dengan antrian saat datang ke kantor cabang Bank BJB, karena dijamin terkoordinasi dengan baik. Bahkan saat jumlah nasabah yang datang sedang banyak, semuanya tetap antri secara baik lho. Selain itu, juga ada fasilitas memadai seperti ruangan ber-AC dan kursi.

Jika kamu hendak membayar angsuran misal, maka form pembayaran sudah disiapkan di meja khusus lengkap dengan pulpen. Jadi saat nanti kamu sudah di depan CS, proses pembayaran akan lebih cepat.

Baca Juga:  Jam Operasional Bank Jateng 2024: Istirahat & Libur

4. Kantor Cabang Tersebar

Kelebihan lain Bank BJB adalah jumlah kantor cabang yang banyak dan tersebar di berbagai kota. Saat ini, sudah ada 65 kantor cabang, 349 kantor kas, 5 kantor wilayah, 314 kantor cabang pembantu, dan 171 payment point.

Jadi jika kamu ingin menjadi nasabah baru, maka bisa buka rekening BJB di kota mana saja. Lantas, berapa biaya buka rekening bank BJB? Setoran awalnya cukup Rp50.000 saja lho.

5. Buka di Akhir Pekan

Guna memberikan pelayanan terbaik dan kepuasan untuk para nasabah, kantor cabang BJB ada yang buka di akhir pekan lho, atau biasa disebut weekend banking. Jumlahnya ada 34 unit dan dimana saja lokasinya bisa kamu cek di bawah ini:

  • Jalan Dr. Setiabudi No.169 E Bandung (telp. 022-2009-813)
  • Jalan K.H Wahid Hasyim No.311, Kota Bandung (telp. 022-6126-592)
  • Jalan Wastukencana No. 21, Kelurahan Taman Sari, Kecamatan Bandung Wetan (022-4207-566)
  • Jalan L.L.RE Martadinata No. 106, Kota Bandung (telp. 022-4236-883)
  • Jalan Jend. Sudirman No.58 C Bogor (telp. 0251-8362-643)
  • Jalan Asia Afrika No.117 Kota Bandung (telp. 022-4235-073)
  • Jalan Veteran No.6 Kota Serang (0254-200-190)
  • Jalan Cihampelas No.160, Lantai 1 Blok FF 02 & 03, Kota Bandung (telp. 022-8206-2403)
  • Jalan Buahbatu No.254, Kota Bandung (telp. 022-7304-586, 022-7309-547)
  • Jalan KHZ Mustofa No. 150, Kota Tasikmalaya (0265-320-164)
  • Jalan Malabar 2 No. 17 A, Kelurahan Babakan, Kota Bogor
  • Jalan Dr. Ciptomangunkusumo, RT02/06, No.12 A, Kelurahan Pekiringan, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon (telp. 0231-220-341)

6. Mesin ATM Ribuan

Masih tentang kelebihan dari Bank BJB, kali ini terkait fasilitas mesin ATM. Kamu bisa tarik tunai, kirim uang, atau lakukan jenis transaksi lainnya secara gampang karena ada sekitar 1.529 mesin ATM yang tersebar di berbagai kota.

7. Akses Internet Banking

Tak kalah maju dari bank-bank lain, Bank BJB juga menawarkan fitur internet banking untuk para nasabah agar lebih cepat dan mudah dalam melakukan aktivitas perbankan. Menurut sebagian pengguna, i-Banking dari BJB termasuk jarang gangguan lho.

Baca Juga:  7 Kelebihan dan Kekurangan Bank BCA Terbaru 2024

8. Tanpa Saldo Minimal

Ini dia salah satu keuntungan jadi nasabah Bank BJB yang belum tentu bisa kamu dapat dari bank lain. Kamu bisa tarik seluruh uang kamu hingga Rp0 karena tidak ada aturan mengendapkan saldo. Jika saldo kamu kosong, tidak ada denda penalti juga lho.

9. Provider Telepon Terbatas

Poin yang ini merupakan kekurangan bank BJB. Jadi jika kamu ingin menggunakan layanan digital seperti SMS banking dan internet banking, maka nomor HP yang bisa didaftarkan hanya bisa dari  3 provider, yaitu XL, Telkomsel, dan Indosat.

10. Gagal Transaksi Digital

Buat kamu yang tinggal di Pulau Jawa tidak perlu cemas karena kekurangan yang satu ini banyak dirasakan oleh nasabah bank BJB yang ada di luar pulau. Jadi saat menggunakan internet banking kerap ada kendala atau gagal transaksi.

11. Admin Besar

Satu lagi kekurangan BJB adalah biaya admin bulanan yang tergolong besar jika dibanding bank-bank lain. Berikut ini daftarnya:

  • Classic Rp16.000
  • Silver Rp10.000
  • Gold Rp19.000
  • Gold Visa Rp19.000
  • Platinum Visa Rp21.000

Kesimpulan dari penjabaran kelebihan dan kekurangan bank BJB di atas adalah bank ini cukup recomended untuk kamu yang tinggal di Pulau Jawa. Sebab, kelebihannya lebih banyak nih dari kekurangannya. Jadi gimana, apakah kamu tertarik untuk menjadi nasabahnya?

Baca Juga:

error: