7 Kelebihan dan Kekurangan Bank Jatim Terbaru 2024

Beben.id – Sudahkah kamu tahu tentang kelebihan dan kekurangan bank Jatim? Sebelum jadi nasabahnya, penting banget lho untuk tahu tentang hal ini. Jadi nantinya, jika ada masalah di kemudian hari yang ternyata merupakan daftar kekurangannya, maka tidak akan kaget lagi.

Kamu juga bisa pertimbangkan dengan lebih bijak nih, apakah berbagai kelebihan dari bank Jatim memang menguntungkan dan sesuai dengan yang kamu butuhkan. Buat kamu yang mungkin belum pernah tahu atau mendengar tentang bank Jatim, ada juga profilnya di bawah ini. Simak, yuk!

Profil Bank Jatim

Bank Jatim tentu bukan sembarang bank karena sudah berkecimpung di bidang perbankan selama kurang lebih 62 tahun. Selain membaca tentang kelebihan dan kekurangan bank Jatim, kamu perlu tahu juga nih profilnya agar wawasan kamu bertambah.

Bank yang didirikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur ini secara resmi dibuka pada 17 Agustus 1961. Tapi kala itu, bank ini berstatus PT (pERSEROAN Terbatas) dan dengan nama “Bank Pembangunan Daerah Djawa Timur”. Ini dia profil selengkapnya:

  • Statusnya berubah menjadi PD (Perusahaan Daerah) di tahun 1976.
  • Lalu pada 1990, statusnya kembali berubah sebagai bank devisa.
  • Pada tahun 1999, para petinggi kembali mengubah statusnya menjadi PT.
  • Pada 2007, bank Jatim mulai mengoperasikan UUS (Unit Usaha Syariah).
  • Layanan bernama Jatim Prioritas mulai diterapkan pada tahun 2015, bersama dengan produk tabungan khusus bagi para pelajar, UMKM, dan nelayan.
  • Pada tahun 2012, bank Jatim melebarkan sayap dengan memasuki Bursa Efek Indonesia dengan kode emiten BJTM.
  • Membuka kantor cabang di Kota Batam pada tahun 2017.

Saat ini bank Jatim sudah memiliki sekitar 6.250 karyawan lho, dengan kantor pusatnya di Kota Surabaya. Salah satu bukti nyata bahwa bank Jatim turun menyokong perekonomian negara terutama di Jawa Timur adalah dari pendapatannya yang mencapai Rp6 triliun lebih di tahun 2020 silam.

Baca Juga:  8 Jenis Kartu Kredit Danamon (Limit, Bunga, Syarat)

Kala itu, laba bersihnya saja mencapai Rp1.700 triliun lho, dan dengan total ekuitas mencapai Rp10.005 triliun di tahun yang sama. Bukan itu saja, bank Jatim juga pernah beberapa kali mengukir prestasi seperti berikut ini:

  • Investor Best Bank 2011
  • 2 penghargaan dalam kategori BUMD & CEO BUMD di tahun 2011
  • Infobank Award 2011
  • Annual Report Award 2011
  • Penghargaan Banking Service Excellence 2011
  • Penghargaan Prestasi Ekonomi – PWI 2011
  • Penghargaan Top BUMD & CEO BUMD 2023

Berbagai Kelebihan dan Kekurangan Bank Jatim

Meski tampak luar biasa, tentunya Bank Jatim juga punya kekurangan. Tapi jangan khawatir, daftar kelebihannya tetap lebih banyak kok. Berikut berbagai kelebihan dan kekurangan Bank Jatim yang wajib diketahui oleh setiap calon nasabah baru:

1. Mudah Tarik Tunai

Bank Jatim bisa tarik tunai di ATM apa saja? Mungkin inilah salah satu pertanyaan paling umum dari nasabah baru. Terutama untuk kamu yang tinggal di Provinsi Jawa Timur, tentu tidak akan kesulitan untuk menemukan mesin ATM berlogo bank Jatim.

Lalu, bagaimana dengan kamu yang sedang di luar provinsi? Jangan khawatir, sebab kartu ATM Bank Jatim bisa juga lho kamu gunakan di mesin ATM bank lain yang tergabung dalam satu jaringan pada ATM Bersama dan ATM Prima, seperti BCA, BNI, BRI, CIMB Niaga, Bank Mandiri Syariah, dan banyak lagi.

2. Bebas Biaya

Biasanya, transaksi yang dilakukan pada mesin ATM beda bank akan dikenakan biaya admin. Tapi saat kamu melakukan tarik tunai di ATM dengan logo Bersama atau Prima, maka tidak dikenakan biaya admin sama sekali alias 100% gratis!

Selain bisa untuk ambil uang, kamu juga bisa gunakan ATM card bank Jatim untuk cek saldo, transfer, beli pulsa, atau lakukan pembayaran seperti pajak, PDAM, listrik, dan sebagainya.

Baca Juga:  13 Kelebihan dan Kekurangan Bank Syariah 2024

3. Kartu ATM Bisa Debit

Tak harus selalu bawa uang cash karena para nasabah bank Jatim yang memegang kartu ATM bisa langsung debit, asalkan di merchant-merchant dengan logo debit BCA atau Prima debit.

Tidak semua kartu ATM bisa debit lho. Jadi poin ini termasuk kelebihan bank Jatim yang memudahkan para nasabah khususnya yang kurang suka membawa uang cash saat bepergian.

4. Jaringan Luas Sampai Luar Negeri

Jangan kamu kira jaringan bank Jatim itu terbatas hanya pada satu provinsi saja. Demi kepuasaan dan kemudahan para pelanggan, bank Jatim memperluas jaringannya hingga ke Negeri Jiran lho! Jadi, kartu ATM bank Jatim juga bisa nih kamu gunakan untuk penarikan tunai di negeri tetangga.

Ambil uang di ATM Bank Jatim maksimal berapa? Limit tarik tunai untuk per harinya adalah Rp5.000.000. Kamu bisa lakukan di seluruh terminal ATM bank-bank yang sudah tergabung dalam MEPS (Malaysian Electronic Payment System). Mesin ATM-nya berlogo BankCard. Daftar anggota MEPS adalah:

  • Bank Jatim
  • Affin Bank Berhad
  • Malayan Banking Berhad
  • Ambank Berhad
  • Hong Leong Bank Berhad
  • Rhb Bank Berhad
  • Cimb Bank Berhad
  • Eon Bank Berhad
  • Bank Rakyat
  • Bank Islam (M) Berhad

5. Pilihan Produk Beragam

Meski bukan daerah, tapi pilihan produk dari bank Jatim ada banyak lho, yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing nasabah. Berikut daftar produknya:

a. Tabunganku

Apa itu TabunganKu Bank Jatim? Kalau ingin menabung bebas biaya admin, maka Tabunganku bisa kamu jadikan pilihan. Cukup siapkan Rp20.000 dan kamu sudah bisa buka rekening.

Jika ingin setor tunai di bank, minimalnya hanya Rp10.000, sedangkan untuk tarik tunai di bank minimal Rp100.000. Adapun saldo mengendap adalah Rp20.000.

b. Tabungan SiUMI

Ini dia produk yang rekomended bagi UMKM. Produk ini menerapkan sistem bundling karena menggabungkan program menabung dan kredit.

c. Tabungan SiKLUS

Bermodal Rp50.000, kamu bisa buka rekening SiKLUS dan sudah dapat fasilitas kartu ATM serta buku tabungan. Biaya adminnya Rp7.500/bulan, dan admin ATM Rp5.000/bulan.

Baca Juga:  5 Cara Cek Sisa Angsuran KUR BRI Online dan Offline

d. SIMPEDA (Simpanan Pembangunan Daerah)

Dibanding produk sebelumnya, biaya admin SIMPEDA sedikit lebih tinggi yaitu Rp8.000 jika kamu tidak memegang kartu ATM, dan untuk fasilitas kartu ATM ada tambahan biaya Rp5.000 per bulan.

Saldo minimal yang mengendap tidak banyak yaitu Rp50.000 saja. Jika tertarik buka rekening, setoran awalnya hanya Rp50.000.

e. SiKLUS VALAS

SiKLUS VALAS adalah produk yang tepat untuk menyimpan uang dalam mata uang asing, yang bisa kamu setor tunai dan tarik di seluruh kantor cabang bank Jatim. Ada 5 jenis mata uang yang tersedia, yaitu USD, JPY, SGD, EUR, dan HKD.

6. Undian Berhadiah

Keuntungan menabung di Bank Jatim lainnya adalah kamu bisa ikut undian berhadiah. Tapi sejauh ini, hanya tersedia untuk kamu yang menggunakan produk SIMPEDA. Pesertanya bukan hanya dari Jawa Timur tapi juga bisa nasabah di tingkat nasional.

7. Pengaman Mesin ATM Lemah

Pada tahun 2019 pernah terjadi pembobolan mesin ATM Bank Jatim di Kab Trenggalek. Pihak bank yang kala itu diwakili oleh kepala cabang memang mengakui adanya kelemahan sistem pengaman. Tapi jangan khawatir, kelemahan ini kini sudah ditangani oleh pihak bank dan sistem keamanan sudah ditingkatkan

Kesimpulan dari daftar kelebihan dan kekurangan bank Jatim di atas adalah bank ini termasuk rekomended untuk menabung. Produknya banyak dan jaringannya juga luas. Adapun kelemahannya hanya satu dan saat ini pun sudah diperbaiki.

Baca Juga:

error: