Jam Operasional Bank BJB 2024: Istirahat & Libur


Beben.id – Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten atau yang lebih dikenal dengan sebutan BJB adalah Bank Usaha Milik Daerah yang berpusat di Bandung. Namun, saat ini telah memiliki ratusan kantor cabang. Saat ingin menyambangi bank ini, maka kamu harus mengetahui jam operasional Bank BJB.

Di era digital ini, nasabah memang bisa dengan mudah melakukan transaksi atau mengakses informasi secara online. Hanya saja, tidak sedikit nasabah yang memutuskan untuk datang langsung ke kantor cabang karena kebutuhan tertentu. Terutama mengenai aktivitas yang kurang nyaman dilakukan online.

Salah satu contohnya adalah melakukan setoran atau penarikan uang tunai dalam jumlah besar. Kegiatan tersebut tentu sulit dilakukan tanpa datang ke kantor bank cabang. Apalagi, mengenai saldo pada mesin ATM juga relatif terbatas dan terus berkurang akibat aktivitas tarik tunai yang cukup intens.

Profil Bank BJB

Bank BJB didirikan di Kota Bandung pada bulan Mei 1961 dengan status sebagai Perseroan Terbatas (PT). Dalam perkembangannya, bank ini mengalami perubahan status menjadi BUMD atau Badan Usaha Milik Daerah. Sejak Agustus 1990, Bank BJB telah menjadi bank devisa.

Saat ini, BJB telah berhasil membuka 65 Kantor Cabang (KC), 314 Kantor Cabang Pembantu (KCP), 349 Kantor Kas, 171 Payment Point, 1.529 ATM, dengan layanan Weekend Banking di 34 kantor cabang.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Banten dan Jawa Barat, BJB menghadirkan layanan perbankan yang sangat lengkap, di antaranya adalah:

  • Consumer Banking yang meliputi Tabungan, Deposito, Kredit, Giro, dan sebagainya.
  • Treasury seperti, Capital Market Product, Custody, Money Changer, hingga Exchange Trading.
  • Layanan meliputi, BJB T-Samsat, Kartu Debit, Kartu Kredit, e-Channel, dan Safe Deposit Box.
  • International Banking termasuk, Trade & Finance Services, Remittance, dan Kredit.

Jam Operasional Bank BJB

1. Jam Operasional Bank BJB Terbaru

Sebagaimana bank lain di tanah air, BJB juga menerapkan jam kerja atau operasional tertentu. Jadwalnya biasanya sama dengan waktu operasional mayoritas lembaga resmi di Indonesia.

Baca Juga:  14 Jenis Kartu Kredit Mandiri (Limit, Bunga dan Syarat)

Dilansir dari situs website resminya, jam operasional BJB Bandung dan daerah lainnya adalah setiap Senin – Jumat. Dengan jam buka pukul 08.00 dan tutup di jam 15.00.

Rincian jam kerja Bank BJB selengkapnya dapat dilihat di bawah ini:

HARI OPERASIONAL JAM OPERASIONAL JAM ISTIRAHAT
Senin 08.00 WIB – 15.00 WIB 12.00 WIB – 13.00 WIB
Selasa 08.00 WIB – 15.00 WIB 12.00 WIB – 13.00 WIB
Rabu 08.00 WIB – 15.00 WIB 12.00 WIB – 13.00 WIB
Kamis 08.00 WIB – 15.00 WIB 12.00 WIB – 13.00 WIB
Jumat 08.00 WIB – 15.00 WIB 11.30 WIB – 13.00 WIB

Hari dan jam operasional tersebut diberlakukan pada setiap kantor cabang BJB. Oleh karena itu, pastikan kamu berkunjung di cabang terdekat sesuai jadwal yang diterapkan supaya tidak merasa kecewa.

Bank BJB juga mengaplikasikan sistem nomor antrian kepada semua nasabah yang ingin menggunakan layanan offline. Jika kamu memiliki waktu senggang di pagi hari, sebaiknya datang di jam tersebut.

2. Jam Operasional BJB Selama Ramadhan

Meskipun bulan Ramadhan tahun 2023 sudah lewat, namun tidak sedikit nasabah baru BJB yang kerap mempertanyakan, apakah jam operasional bank milik PEMDA tersebut tetap sama seperti week day?

Seperti diketahui, bahwa Bank BJB menjalankan aktivitas perbankan secara normal di bulan puasa. Hanya saja, terdapat sedikit perbedaan pada jam buka dan tutup kantor cabang.

Biasanya, kantor Bank BJB akan mulai beroperasi 30 menit lebih awal dan tutup setengah jam lebih awal pula jika dibandingkan dengan hari biasa. Jadi, nasabah juga harus menyesuaikan dengan aturan tersebut.

Peraturan jam operasional BJB di bulan Ramadhan tersebut umumnya tetap sama pada setiap tahunnya. Namun, tidak menutup kemungkinan jika tahun depan akan terjadi perubahan. Untuk mengetahui informasi jam operasional Bank BJB paling akurat, kamu bisa menghubungi call center BJB.

Berikut adalah jam operasional BJB pada bulan Ramadhan:

  • Hari Kerja : Senin s/d Jumat
  • Jam Operasional : 07.30 – 14.30
  • Istirahat : 11.30 – 12.30
  • Libur : Sabtu & Minggu, hari libur nasional
Baca Juga:  3 Tempat Gadai ATM Gaji, Syarat dan Limit Pinjaman 2024

3. Jam Operasional Bank BJB Online

Di era digital saat ini, pengguna layanan perbankan dimudahkan dengan hadirnya sistem online yang relatif lebih cepat, mudah, dan praktis. Untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan kemudahan kepada para pengguna, Bank BJB juga menyediakan layanan online yang bisa diakses selama 24 jam (non-stop).

Menariknya, layanan BJB online juga sangat lengkap. Bahkan, kamu bisa membuka rekening secara online cukup dengan mengisi e-form registrasi melalui situs resmi Bank BJB.

Berikut ini adalah beberapa layanan BJB yang bisa kamu akses online:

  • Internet Banking Corporate (Transaksi perbankan perusahaan).
  • BJB E-Form (Registrasi rekening online).
  • BJB Net-Internet Banking (Akses perbankan umum BJB online).

Apakah Bank BJB Buka di Hari Sabtu dan Minggu?

Beberapa bank di Indonesia memang menyediakan layanan Weekend Banking, sehingga nasabah tetap dapat bertransaksi offline di kantor cabang pada akhir pekan, yakni pada hari Sabtu dan Minggu.

Lantas, apakah Bank BJB memiliki layanan yang sama? Ternyata, ada beberapa kantor BJB yang tetap buka pada akhir pekan, kecuali libur nasional. Di bawah ini adalah beberapa kantor cabang pembantu Bank BJB yang beroperasi di akhir pekan:

Kantor Cabang Induk Alamat Hari Buka
KC Buah Batu KC Buah Batu Jl Buahbatu No 254, Kota Bandung Sabtu, Minggu
KCP Setiabudi KC Sukajadi Jl Dr. Setiabudi No 169 E Bandung Sabtu
KCP R.E. Martadinata KC Suci Jl LLRE Laksamana Laut Raden Edi Martadinata No 106, Kota Bandung Sabtu
KCP Asia Afrika KC Utama Bandung Jl Asia Afrika No 117 Kota Bandung Sabtu
KCP Ir. H. Djuanda KC Tamansari Jl Ir. H. Juanda No 25 Kota Bandung Sabtu
KCP CiWalk KC Sukajadi Jl Cihampelas No 160 Blok FF 02 & 03 Lt 1 Kota Bandung Sabtu
KCP Sudirman Bogor KC Bogor Jl Jendral Sudirman No 58 Kota Bogor Sabtu, Minggu
KCP H.Z Mustofa KC Tasikmalaya Jl KHZ Mustofa No 150, Kota Tasikmalaya Sabtu, Minggu
KCP Gunungsari KC Cirebon JlD r. Cipto Mangunkusumo No 12A, 02/06, Kel. Pekiringan, Kec. Kesambi, Kota Cirebon Sabtu, Minggu
KCK Banten KCK Banten Jl Veteran No 6, Kota Serang Sabtu, Minggu
KK ITC BSD KC Tangerang Selatan Jl Pahlawan Seribu Kec. Serpong Utara Kota Tangerang Selatan Sabtu, Minggu
Baca Juga:  4 Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit BNI 2024

Call Center Bank BJB

Selain wajib tahu jam operasional Bank BJB, penting bagi nasabah untuk memiliki call center number atau nomor layanan panggilan BJB. Dengan begitu, ketika mengalami masalah atau membutuhkan informasi yang urgent, kamu bisa langsung menghubungi customer service.

Untuk menunjukkan profesionalitas di bidang perbankan, Bank BJB mempunyai customer service yang dapat dihubungi dimana dan kapan saja oleh nasabah. Jadi, komunikasi antara pihak bank dan customer tetap terjaga, bahkan pada hari libur, seperti akhir pekan dan libur nasional sekalipun.

Call center BJB bisa kamu hubungi di nomor 14049. Selain itu, kamu juga dapat melakukan panggilan telepon ke nomor 022 423 4868 atau fax 022 420 6099. Jika kamu tidak mempunyai pulsa atau telepon rumah, maka dapat mengirim email ke layanan Pengaduan Nasabah di [email protected].

Akan tetapi, kamu harus bersabar dalam menunggu balasan pihak BJB apabila menghubungi via email. Karena pesan hanya akan dibalas pada hari kerja.

Jam operasional Bank BJB pada hari biasa dan libur nasional memang tidak sama. Namun, kamu bisa tetap memperoleh informasi terupdate dengan menghubungi layanan call center BJB. Dengan begitu, nasabah tidak perlu merasa khawatir jika memiliki kebutuhan diluar jam operasional.

Baca Juga:

error: