KSP Utama Karya: Tabel Pinjaman, Syarat, Cara Daftar


Beben.id – Koperasi Simpan Pinjam menjadi salah satu layanan jasa keuangan yang turut berperan dalam membantu memenuhi kebutuhan pendanaan bagi masyarakat, salah satunya adalah KSP Utama Karya.

Dimana koperasi ini telah memiliki sejumlah cabang yang tersebar di berbagai kabupaten di Jawa Tengah, seperti Pekalongan, Sragen, Magelang, Cepu, Banjarnegara, dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih jauh tentang koperasi Utama Karya, yuk simak ulasannya berikut ini!

Mengenal KSP Utama Karya

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Utama Karya merupakan salah satu layanan jasa keuangan yang memiliki basis koperasi. Dimana koperasi ini menyediakan berbagai jenis pinjaman, baik untuk perorangan, pegawai atau karyawan, maupun pelaku usaha Kecil Menengah (UKM).

Tentunya, dengan kehadiran koperasi ini mampu memberikan kemudahan akses permodalan kepada masyarakat setempat, sekaligus sebagai upaya meningkatkan perekonomian di Indonesia.

Bahkan, saat ini Koperasi Simpan Pinjam Utama Karya juga menyediakan layanan pinjaman dana via online, sehingga kamu bisa mengajukan pinjaman kapanpun dan dimanapun.

Jenis Pinjaman di Koperasi Utama Karya

Perlu diketahui, Koperasi Utama Karya memiliki dua jenis pinjaman yang ditawarkan yaitu pinjaman dengan cicilan mingguan dan bulanan. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Pinjaman dengan Cicilan Mingguan

Seperti namanya, dimana pembayaran pinjaman dilakukan setiap minggu, sesuai dengan jumlah nominal pinjaman dan bunga yang telah ditetapkan.

Pinjaman jenis ini biasanya menyasar kepada pelaku usaha, seperti pedagang kaki lima, pemilik toko kelontong, warung makan, maupun pedagang pasar. Namun, perlu diingat, bahwa plafon yang ditawarkan untuk jenis pinjaman ini cukup rendah, mulai dari Rp500 ribu hingga Rp2 juta saja.

Baca Juga:  Jam Besuk di RSUD Temanggung: Jadwal dan Aturan

Meskipun begitu, pengajuannya cukup mudah dan tanpa perlu menggunakan jaminan atau agunan. Sebab, kamu cukup memberikan fotokopi  KTP dan pinjaman bisa langsung diproses.

2. Pinjaman dengan Cicilan Bulanan

Sementara itu, terdapat juga jenis pinjaman dengan cicilan bulanan. Dimana pembayaran angsuran dilakukan setiap bulan. Pinjaman ini dikhususkan untuk berbagai lapisan masyarakat yang membutuhkan dana cepat.

Plafon yang ditawarkan pun cukup besar, mulai dari Rp5 juta hingga Rp100 juta. Namun, kamu wajib menyertakan jaminan sesuai dengan nilai pinjaman, seperti BPKB kendaraan motor atau mobil maupun sertifikat tanah atau bangunan.

Keuntungan dari pinjaman dengan cicilan bulanan adalah pembayaran lebih terjangkau dalam jangka waktu yang lebih lama. Sehingga memungkinkan peminjam untuk mengatur anggaran mereka dengan lebih baik.

Syarat dan Ketentuan Pengajuan Pinjaman

Adapun persyaratan yang perlu disiapkan untuk mengajukan pinjaman ke Koperasi Simpan Pinjam Utama Karya adalah:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Buku Tabungan atau Nomor Rekening
  • Surat Nikah atau Akta (Opsional)
  • BPKB Motor atau Mobil
  • Sertifikat Tanah atau Bangunan

Sebagai catatan, untuk lampiran dokumen jaminan atau agunan, disesuaikan dengan nominal pinjaman, sehingga bisa memilih salah satu.

Tabel Pinjaman KSP Utama Karya

KSP Utama Karya

Tips Penting dalam Mengajukan Pinjaman

Sebelum mengajukan pinjaman, sebaiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu, untuk menghindari gagal bayar atau penyitaan jaminan di masa depan. Berikut ini tipsnya:

1. Pilih KSP yang Kredibel

Hal pertama yang perlu kamu pertimbangkan adalah memilih layanan jasa keuangan yang kredibel dan dapat dipercaya, serta memiliki track record yang bagus.

Pastikan institusi tersebut memiliki izin resmi dan terdaftar di otoritas keuangan yang berwenang. Jangan lupa juga untuk mencari cari informasi tentang kebijakan pinjaman, suku bunga, dan syarat yang ditetapkan.

2. Kenali Jenis Pinjaman

Pahami jenis pinjaman yang akan kamu ajukan berdasarkan pilihan jenis yang tersedia. Ketahui kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis pinjaman serta persyaratan yang dibutuhkan.

Baca Juga:  3 Cara Bayar Angsuran BAF melalui ATM BCA 2024

3. Hitung Kemampuan Bayar

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan kamu memiliki kemampuan untuk membayar cicilan secara rutin. Maka, evaluasi pendapatanmu dan bandingkan dengan jumlah cicilan yang harus dibayar setiap bulannya.

4. Periksa Skor Kredit

Periksalah skor kredit kamu sebelum mengajukan pinjaman. Skor kredit yang baik dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan pinjaman dengan suku bunga yang lebih baik.

Jika skor kredit kamu rendah, maka cari cara untuk meningkatkannya, seperti membayar tagihan tepat waktu dan mengurangi utang yang ada.

5. Sesuaikan Kebutuhan

Hal yang perlu dipertimbangkan lainnya adalah mengajukan hutang hanya untuk kebutuhan bukan demi pemenuhan barang yang bersifat konsumtif. Sebab, hutang konsumtif berpotensi mengakibatkan beban keuangan di masa depan.

Cara Mengajukan Pinjaman ke KSP Utama Karya

Bagi kamu yang sedang membutuhkan dana cepat dan tertarik untuk mengambil pinjaman di Koperasi Utama Karya, maka berikut ini kami tunjukkan langkah-langkahnya.

1. Mengunjungi Kantor Koperasi Utama Karya

Pertama, kamu bisa mengunjungi kantor KSP Utama Karya yang terdekat dengan lokasi tempat tinggal atau dengan mencari informasi melalui Google Maps untuk mendapatkan area lokasi yang lebih tepat.

2. Melengkapi Persyaratan Dokumen

Kemudian siapkan dan lengkapi sejumlah dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan syarat pengajuan pinjaman, seperti fotokopi KTP, KK, surat nikah, termasuk dokumen yang akan dijadikan sebagai jaminan.

3. Mengisi Formulir Peminjaman

Setelah tiba di kantor KSP Utama Karya, mintalah formulir peminjaman dan isi dengan lengkap dan akurat. Formulir ini biasanya mencakup informasi pribadi, informasi usaha (jika ada), jumlah pinjaman yang diajukan, tujuan penggunaan pinjaman, serta jangka waktu yang diinginkan.

4. Menunggu Proses Peninjauan

Setelah mengajukan formulir peminjaman, KSP akan melakukan proses peninjauan, meliputi verifikasi dokumen, pengecekan kelayakan kredit, dan analisis keuangan. Proses ini mungkin memerlukan waktu tertentu tergantung pada kebijakan dan prosedur KSP.

5. Pencairan Dana

Jika pengajuan pinjaman kamu disetujui, maka pihak KSP akan memberikan pemberitahuan. Dana pinjaman pun akan dicairkan sesuai dengan kebijakan KSP.

Baca Juga:  7 Cara Kredit HP Tanpa DP Adira 100% Pasti di ACC

Biasanya, dana tersebut dapat diterima dalam bentuk transfer ke rekening bank peminjam atau diberikan secara tunai di kantor KSP.

Perlu diingat bahwa saat ini Koperasi Utama Karya hanya melayani pinjaman dana melalui kantor pusat atau kantor cabang di wilayah setempat. Jadi, harap hati-hati apabila terdapat pihak yang menawarkan pinjaman online atas nama Utama Karya.

Kantor Pusat dan Cabang Koperasi Utama Karya

Diketahui, Koperasi Utama Karya memiliki kantor pusat yang terletak di Jln Jend. Sudirman nomor 26 Donoharjo, Wuryorejo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa tengah (57677).

Selain itu, Koperasi Utama Karya juga telah memiliki beberapa cabang, antara lain:

  • Menur, Nganguk, Kota Kudus, Kudus, Jawa Tengah (59311)
  • Sibung, Pangenjurutengah, Purworejo, Jawa Tengah (54114)
  • Raya Solo – Yogyakarta No.Km.8, Tegalmas, Prawatan, Kec. Jogonalan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57452
  • Mayjen Bambang Soegeng, Karang Tengah, Sumberejo, Kec. Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56172
  • Raya Boyolali-Semarang No.141, Dusun 2, Kaligentong, Kec. Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57352
  • Cublikan, Kowangan, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
  • Manggeh Anyar, Lalung, Kec. Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57716

Untuk kamu yang sedang membutuhkan dana cepat, silakan kunjungi KSP Utama Karya di wilayah setempat. Perhatikan dulu persyaratan yang dibutuhkan agar pengajuan peminjaman dana bisa cepat diterima.

Baca Juga:

error: