9 Bank Keliling Terdekat dari Lokasi Saya 2023

Beben.id – Pinjam-meminjam menjadi suatu kegiatan keuangan yang biasa dilakukan di masyarakat. Mulai dari meminjam di bank atau lembaga keuangan lainnya. Akan tetapi, saat ini terdapat beberapa bank keliling terdekat dari lokasi saya yang dapat membantu mengatasi masalah keuangan.

Kata bank keliling sendiri mengacu kepada koperasi simpan pinjam. Beberapa karyawan koperasi simpan pinjam tersebut nantinya akan melakukan keliling, untuk menawarkan pinjaman dengan sistem angsuran yang bisa di negosiasi sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Angsuran yang diberikan dapat berbagai macam. Mulai dari angsuran harian, mingguan atau bahkan bulanan. Nantinya petugas akan menarik pembayaran angsuran sesuai dengan kesepakatan yang berlaku. Dari informasi tersebut apakah sudah paham mengenai bank keliling?

Pengertian Bank Keliling

Jika masih belum mengetahui bank keliling mari simak terlebih dahulu pengertiannya. Bank keliling adalah badan usaha atau koperasi yang menyediakan layanan pinjaman kepada masyarakat dengan bentuk angsuran kredit.

Pembayaran kredit pada bank keliling terdekat dari lokasi saya bisa disepakati antara kedua belah pihak. Sehingga nasabah dapat memilih ingin melakukan pembayaran dalam bentuk harian, mingguan atau bulanan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa bank keliling adalah kredit pinjam uang yang diberikan dengan angsuran yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Pembayaran angsuran dilakukan dengan petugas mendatangi lokasi pada hari yang telah disepakati.

Daftar Bank Keliling Terdekat dari Lokasi Saya

Mungkin sebenarnya banyak bank keliling yang ternyata belum kamu ketahui. Jika memang begitu, mungkin saja beberapa daftar bank keliling berikut ini bisa menjadi solusi untuk yang sedang mengalami masalah keuangan:

1. Koperasi Nasari

Tabel Pinjaman Koperasi Nasari

Yang pertama ada Koperasi Nasari. Bank keliling ini memiliki cabang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan kantor pusat berada di kota Semarang. Koperasi ini disebut juga dengan bank keliling mingguan, karena menyediakan kredit pinjaman mingguan bagi nasabahnya.

Baca juga:  Praktis! 5 Cara Bayar Kartu Kredit BRI Terbaru

Karena memiliki cabang dan jaringan yang lumayan luas, Koperasi Nasari menjadi bank keliling yang cukup terkenal dikalangan masyarakat. Selain itu, proses pengajuan dan pencairan juga lebih mudah sehingga dipercaya oleh banyak orang.

2. Koperasi Kemuning

tabel pinjaman koperasi kemuning

Yang kedua adalah Koperasi Kemuning. Koperasi satu ini merupakan salah satu bank keliling yang sudah tidak asing terdengar oleh telinga masyarakat luas. Salah satu yang menjadi alasannya adalah karena pinjaman yang ditawarkan memiliki plafon yang tergolong besar dibandingkan dengan koperasi lainnya.

Plafon yang diberikan oleh Koperasi Kemuning adalah mulai dari satu juta rupiah hingga lima puluh juta rupiah sesuai dengan kemampuan dari nasabah. Bagi nasabah yang ingin melakukan pinjaman akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp25.000,00 per satu juta rupiah.

3. Koperasi Sentra Dana

tabel pinjaman koperasi sentra dana

Bank keliling terdekat dari lokasi saya yang mungkin saja ada adalah Koperasi Sentra Dana. Koperasi ini juga memiliki banyak cabang yang tersebar di berbagai daerah di Pulau Jawa. Yang menarik dari koperasi ini adalah pencairan cukup cepat bahkan bisa tanpa agunan.

Untuk syarat melakukan pinjaman hanya dibutuhkan identitas diri beserta rekening listrik. Plafon pinjaman yang tersedia mulai dari satu juta rupiah hingga dua setengah juta rupiah. Angsuran juga dapat dilakukan setiap minggu sekali atau satu bulan sekali.

4. Koperasi Semarak Dana

tabel pinjaman koperasi semarak dana

Ada juga koperasi yang biasa disebut dengan bank keliling, yaitu Koperasi Semarak Dana. Koperasi ini berlokasi di kabupaten Purwakarta. Jika kamu merupakan warga Purwakarta pasti pernah mendengar nama dari koperasi ini.

Bank keliling ini menyediakan dana pinjaman dengan plafon mulai dari satu juta rupiah ke atas dengan angsuran setiap minggu sekali. Syarat yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman juga sangat mudah, yaitu hanya melengkapi identitas diri yang diperlukan serta jaminan.

Baca juga:  5 Cara Bayar Kartu Kredit Mandiri cuma 1 Menit

5. Koperasi ASA

tabel pinjaman koperasi asa

Koperasi ASA merupakan bank keliling yang memberikan plafon mulai dari tiga ratus ribu hingga tiga setengah juta rupiah. Tenor yang diberikan bisa mulai dari 8 minggu hingga maksimal dua bulan. Nasabah dapat melakukan angsuran setiap seminggu sekali atau satu bulan tergantung kemampuan.

Syarat yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman di Koperasi ASA juga cukup mudah. Nasabah hanya perlu memiliki identitas diri yang resmi serta usaha atau penghasilan yang jelas. Proses pencairan juga hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

6. Koperasi Serambi Dana

tabel pinjaman koperasi serambi dana

Salah satu koperasi simpan pinjam yang disebut juga dengan bank keliling adalah Koperasi Serambi Dana. Koperasi ini memiliki cabang yang tersebar di seluruh pulau Jawa serta terkenal oleh para pedagang atau wiraswasta.

Syarat untuk melakukan pinjaman mingguan di koperasi ini cukup hanya menggunakan KTP dan KK saja. Jaminan yang diperlukan juga bisa dengan menggunakan akta nikah atau akta kelahiran saja.

7. Koperasi Jaya Abadi

tabel pinjaman koperasi jaya abadi

Bank keliling lainnya adalah Koperasi Jaya Abadi. Koperasi satu ini memang cukup dikenal di wilayah daerah pelosok. Pinjaman mingguan yang ditawarkan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti modal usaha, pendidikan dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, nasabah dapat melakukan pinjaman dengan jaminan berupa akta kelahiran atau buku nikah saja. Plafon yang diberikan mulai dari Rp750.000,00 hingga Rp3.000.000,00 dengan tenor maksimal 11 kali setiap minggu.

8. Koperasi Berkah Mulya

tabel pinjaman koperasi berkah mulya

Banyak orang yang menggunakan Koperasi Berkah Mulya untuk solusi masalah keuangan mereka. Hal ini tentu saja karena koperasi tersebut memberikan kemudahan dalam hal pengajuan pinjaman serta dapat cair lebih cepat.

Sistem pembayaran angsuran mingguan dengan tenor maksimal delapan kali cukup mempermudah nasabah. Selain itu, plafon yang tersedia bisa mulai dari lima ratus ribu hingga enam juta rupiah.

Baca juga:  Telat 7 Hari DC Bank Mandiri Datang ke Rumah

9. Koperasi Budi Luhur

Salah satu daftar bank keliling terdekat dari lokasi saya yang lainnya adalah koperasi simpan pinjam Budi Luhur. Koperasi satu ini memiliki sistem angsuran dengan maksimal hingga sepuluh minggu atau sepuluh kali.

Plafon yang diberikan juga sangat besar, yaitu mulai dari satu setengah juta rupiah hingga tiga puluh juta rupiah. Pembayaran dengan sistem angsuran setiap minggu hanya berlaku untuk plafon cicilan dengan nominal yang rendah.

Syarat Mengajukan Pinjaman di Bank Keliling

Setiap daftar bank keliling terdekat dari lokasi saya lengkap pasti memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Akan tetapi, syarat umum yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • Fotokopi identitas diri, yaitu KTP.
  • Fotokopi Kartu Keluarga atau KK.
  • Bukti untuk pembayaran listrik.
  • Bukti slip gaji.
  • Jaminan yang diperlukan.

Kelebihan dan Kekurangan Bank Keliling

Sebagai suatu koperasi yang menyediakan pinjaman, bank keliling memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa dijadikan referensi sebelum melakukan pinjaman. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari bank keliling tersebut:

Kelebihan:

  • Tidak perlu menggunakan jaminan.
  • Nilai angsuran jelas dan tetap.
  • Syarat yang diberikan cukup mudah.
  • Dapat melakukan kesepakatan dalam pembayaran angsuran.
  • Proses cukup mudah dan cepat.

Kekurangan:

  • Banyak yang tidak terdaftar dan diawasi oleh OJK.
  • Bunga yang diberikan lebih besar dari bank swasta maupun BUMN.

Setelah mengenali bank keliling terdekat dari lokasi saya di atas, mungkin bisa menjadi sebuah pertimbangan sebelum akhirnya mengajukan pinjaman di bank keliling tersebut. Pastikan untuk mengambil pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar.

Baca Juga:

Artikel Terkait

error: