Tabel Angsuran Bina Artha 2024: Pinjaman, Cara Pengajuan

Beben.id – Agar bisa mendapatkan program pinjaman yang tepat, masyarakat tentu harus melakukan pertimbangan dengan baik. Tabel angsuran Bina Artha menginformasikan rincian mekanisme pembayaran secara lengkap sehingga masyarakat dapat memahaminya dengan baik.

Hal ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum mengajukan pinjaman. Meskipun ada banyak layanan pinjaman online, namun masyarakat lebih fokus pada Bina Artha yang menawarkan beragam produk unggulan dengan berbagai kemudahan.

Tentang Bina Artha Ventura

Bina Artha adalah perusahaan modal ventura yang menawarkan produk pinjaman berupa modal untuk pelaku usaha berskala mikro. Untuk para pebisnis yang membutuhkan modal usaha juga bisa mengajukan pinjaman.

Ada banyak sekali produk dan layanan yang ditawarkan, sehingga tidak heran apabila Bina Artha banyak dipilih. Syarat dan ketentuan yang ditetapkan cukup mudah, sehingga pemohon bisa melengkapinya dengan cepat.

Berbagai produk mampu memberikan keuntungan bagi para nasabah sehingga dapat memenuhi kebutuhannya secara optimal.

Melalui informasi tabel angsuran Bina Artha, pemohon bisa mengetahui kisaran biaya pinjaman yang bisa didapatkan dan besarnya jumlah angsuran yang harus dibayarkan kembali.

Jenis Produk Pinjaman Bina Artha

Sebelum menyimak tabel angsuran Bina Artha Ventura, kamu tentu harus memahami apa saja produk keuangan yang tersedia. Hal ini akan membantu calon debitur untuk dapat menentukan produk dan jumlah pinjaman yang akan dipilih.

Penawaran produk yang dihadirkan Bina Artha berfokus terhadap pengembangan usaha yang dimiliki debitur dalam bentuk pembiayaan modal. Apa saja jenis produk yang ditawarkan, berikut informasinya:

1. Individual Lending (Perorangan)

Produk pinjaman bersifat individu ini dihadirkan untuk pelaku usaha kecil dan mikro. Pengajuan pinjaman ini mensyaratkan agunan berupa barang diantaranya seperti peralatan usaha dan rumah tangga. Besarnya pinjaman modal usaha mulai dari Rp8 juta – Rp50 juta.

Baca Juga:  13 Bukti Transfer BCA Mobile & KlikBCA Baru 2024

Persyaratan yang dibutuhkan cukup ringan sehingga calon debitur bisa mempersiapkan agunan dan syaratnya secara cepat. Tenor angsuran yang tersedia mulai dari 6 -36 bulan.

Untuk persyaratan agunan dapat bersifat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan besarnya pinjaman yang akan diajukan. Proses pencarian membutuhkan waktu sekitar 5-7 hari.

2. Group Lending (Berkelompok)

Tidak hanya menawarkan pinjaman modal untuk individu saja, ada juga produk pinjaman berkelompok. Produk ini dikhususkan untuk perempuan yang memiliki usaha mikro dan kecil.

Pihak debitur nantinya akan mengikuti pembinaan yang diberikan oleh Bina Artha secara berkelompok. Pinjaman ini bisa dilakukan tanpa agunan. Pengajuan serta pembayaran bisa dilakukan dengan cara membentuk kelompok sebanyak 12 orang.

Jumlah pinjaman yang bisa diberikan yaitu mulai dari Rp2,5 juta hingga Rp7 juta untuk pertama kali dengan tenor 32 angsuran. Nilai pinjaman dapat ditingkatkan pada pengajuan berikutnya apabila debitur dapat menunjukkan riwayat pembayaran yang baik.

Pencairan pinjaman relatif cepat, sekitar 7 hari. Produk pinjaman kelompok ini disebut juga dengan mingguan karena sistem pembayarannya dicicil sekali dalam kurun waktu 2 minggu.

Tabel Angsuran Bina Artha Ventura

Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman, kamu tentu harus memperhatikan besarnya pinjaman dan tenor angsuran yang tersedia. Informasi tabel angsuran perlu diketahui dengan detail agar bisa memberikan bahan pertimbangan yang tepat.

Pastikan untuk memilih besar angsuran yang sesuai dengan kemampuan agar pembayaran bisa berjalan lancar. Inilah tabel angsuran Bina Artha 2023 terbaru.

Tabel Angsuran Bina Artha

Syarat Pengajuan Pinjaman Bina Artha Ventura

Setiap program pinjaman tentu menetapkan syarat pengajuan yang berbeda. Persyaratan bersifat mutlak sehingga harus dipenuhi karena akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam pengajuan pinjaman.

Apabila semua syarat terpenuhi, maka pengajuan pinjaman bisa disetujui dengan lebih mudah oleh pemilik modal.

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan sudah melihat tabel angsuran Bina Artha untuk dapat menentukan besar dan lamanya tenor yang akan dipilih. Perhatikan syarat pengajuannya sebagai berikut.

Baca Juga:  Tabel Pinjaman Bank BPD DIY 2024: Syarat, Limit Kredit

1. Individual Lending (Perorangan)

Untuk pengajuan pinjaman perorangan, terdapat syarat umum dan dokumen yang harus terpenuhi. Kelengkapan menjadi bahan pertimbangan untuk disetujuinya pinjaman yang diajukan. Berikut syaratnya.

Syarat Umum

  • Perempuan atau Laki-Laki yang memiliki KTP aktif dan terdaftar pada Instansi Kependudukan.
  • Memiliki usaha mikro atau kecil yang sudah berjalan minimal 2 tahun.
  • Usia minimal 18 tahun saat pengajuan dan maksimal 63 tahun saat kredit berakhir.
  • Menyiapkan agunan ringan yang dapat terdiri dari perabotan usaha maupun rumah tangga.
  • Jenis usaha yang dijalankan termasuk dalam kategori legal dan tidak melanggar aturan yang berlaku.
  • Berdomisili di area jangkauan operasi Bina Artha.
  • Mempunyai jumlah pendapatan kotor diatas Rp4 juta.
  • Tinggal di area semi perkotaan atau kota.

Syarat Dokumen

  • Fotocopy Buku Nikah untuk debitur yang sudah menikah.
  • Fotocopy KTP yang masih aktif dan berlaku milik debitur.
  • Fotocopy Kartu Keluarga.

2. Group Lending (Berkelompok)

Pengajuan pinjaman berkelompok menetapkan syarat yang berbeda dengan perorangan. Sistem kerjanya juga sedikit berbeda sehingga harus diperhatikan dengan baik. Persyaratan apa saja yang harus dipenuhi. Berikut informasinya:

Syarat Umum

  • Pinjaman harus diajukan secara berkelompok dengan minimal anggota sebanyak 10 orang.
  • Usia debitur diantara 18-57 tahun.
  • Program ini khusus untuk perempuan.
  • Mempunya KTP aktif yang resmi terdaftar.
  • Sudah mempunyai rumah atas nama diri sendiri.
  • Ingin atau sedang membangun usaha berskala mikro.
  • Tinggal di daerah pedesaan.
  • Berdomisili di sekitar wilayah operasional Bina Artha.
  • Memiliki pendapatan harian sekitar Rp100 ribu.

Syarat Dokumen

  • Fotocopy KTP debitur.
  • Fotocopy Kartu Keluarga.

Langkah-Langkah Mengajukan Pinjaman Bina Artha

Tidak hanya perlu mengetahui rincian tabel pinjaman Bina Artha saja. Namun, tata cara pengajuan juga harus diketahui dengan baik. Hal tersebut perlu dipahami agar prosedur pengajuan pinjaman dapat dilakukan dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga:  7 Kelebihan dan Kekurangan Bank Bukopin 2024

Pengajuan pinjaman hanya bisa dilakukan di kantor Bina Artha Ventura dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan. Agar proses pengajuan pinjaman berjalan lancar. Perhatikan caranya sebagai berikut:

  • Siapkan berkas dokumen yang dibutuhkan. Pastikan semua syarat umum yang ditetapkan telah terpenuhi.
  • Datangi kantor Bina Artha sesuai domisili dengan membawa dokumen persyaratan.
  • Informasikan kepada petugas jika ingin mengajukan pinjaman.
  • Serahkan syarat dokumen yang diminta kepada petugas.
  • Isi Formulir untuk mengajukan pinjaman.
  • Petugas akan memeriksa berkas pengajuan yang diberikan.
  • Informasi penjelasan terkait jumlah dan angsuran pinjaman akan diberikan secara jelas.
  • Debitur bisa memilih Nominal Pinjaman sesuai dengan kebutuhan. Pastikan sudah memeriksa biaya angsuran yang harus dibayarkan hingga pelunasan.
  • Pengajuan pinjaman akan diproses, debitur bisa menunggu kabar selanjutnya dari pihak Bina Artha.
  • Jika pinjaman disetujui, maka debitur akan dihubungi oleh pihak Bina Artha dan diminta untuk datang ke kantor untuk Menandatangani Surat Perjanjian Kontrak Pinjaman.
  • Apabila semua proses telah selesai, pencairan akan langsung dilakukan. Debitur bisa memeriksa rekening yang dimiliki.

Lamanya proses pengajuan hingga pencairan dana membutuhkan waktu maksimal 7 hari kerja. Nominal pinjaman yang ditawarkan untuk setiap debitur bisa saja berbeda, tergantung dari hasil pertimbangan yang dilakukan pihak Bina Artha.

Informasi tabel angsuran Bina Artha dapat memberikan referensi bagi pebisnis yang ingin mengajukan pinjaman modal untuk mengembangkan usaha. Pilihlah produk pinjaman yang sesuai dan pastikan untuk memenuhi seluruh persyaratan agar proses pengajuan berjalan lancar.

Baca Juga:

error: