6 Cara Login Akulaku dengan Email 100% Berhasil

Beben.id – Sekarang ini banyak tersedia berbagai aplikasi yang mengharuskan penggunanya untuk mendaftar terlebih dahulu. Tujuannya yaitu untuk membuat sebuah akun dari aplikasi tersebut, begitupun juga dengan Akulaku. Jika ingin menggunakannya, bisa login Akulaku dengan email yang dimiliki.

Akulaku sekarang ini menjadi salah satu platform yang banyak peminatnya, karena adanya berbagai fitur unggulan yang tersedia. Selain menyediakan layanan berupa belanja online, proses pembayarannya juga mudah dan bisa dicicil. Jadi banyak yang tertarik untuk memakai aplikasi ini.

Agar bisa menggunakan aplikasi Akulaku maka perlu melakukan login terlebih dahulu. Kebanyakan orang lebih memilih untuk login menggunakan email, karena lebih mudah dan didukung oleh berbagai fitur yang memadai. Salah satu fitur yang menjadi unggulannya yaitu fitur keamanannya.

Cara Login Akulaku dengan Email

Agar bisa menggunakan layanan Akulaku bisa melalui dua cara, yaitu menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi. Tanpa aplikasi yang dimaksud disini, yaitu bisa melalui web yang disediakan oleh Akulaku. Jadi tidak harus mendownload dan menginstall aplikasi ke perangkat.

Sebelum melakukan login di aplikasi Akulaku dengan email, alamat email yang ada harus sudah ditautkan ke akun Akulaku. Jadi email tersebut akan terhubung dan bisa masuk ke dalam layanan Akulaku. Berikut ini merupakan cara-cara untuk login Akulaku dengan email:

1. Cara login ke Akulaku menggunakan aplikasi

Cara ini membutuhkan aplikasi yang sudah terinstall di perangkat. Jadi pastikan sudah mendownloadnya melalui Play Store. Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk login:

  • Buka aplikasi Akulaku yang ada di di perangkat.
  • Halaman login aplikasi akan tampil di halaman awal.
  • Masukkan alamat email dan kata sandi.
  • Jika sudah, klik pada opsi Login.
  • Tunggu hingga proses login selesai.
  • Jika sudah selesai maka akan masuk ke dalam halaman menu aplikasi.
  • Berbagai layanan yang tersedia di Akulaku sudah bisa digunakan.
Baca juga:  3 Cara Mengubah Tanggal Jatuh Tempo Akulaku

2. Cara login ke Akulaku tanpa menggunakan aplikasi

Cara ini tidak membutuhkan aplikasi Akulaku, cukup dengan browser yang tersedia di perangkat. Biasanya orang-orang banyak menggunakan cara ini apabila membukanya lewat PC atau laptop. Untuk mengetahui caranya, berikut merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Masuk ke dalam browser yang ada di laptop atau PC.
  • Masuk ke dalam website resmi dari Akulaku, yaitu https://merchant.akulaku.com.
  • Masukkan alamat alamat email dan password dari akun Akulaku yang sudah dimiliki pada kolom yang sudah disediakan.
  • Klik pada opsi Login.
  • Tunggu hingga proses login selesai.
  • Selanjutnya akan diarahkan ke halaman berikutnya.
  • Halaman menu Akulaku akan tampil pertama kali.
  • Layanan Akulaku yang tersedia sudah bisa digunakan.

Menggunakan Akun Google untuk Login Aplikasi

Jika kamu pengguna gmail pasti sudah memiliki akun Google, yang berfungsi sebagai login utama Google. Jadi hanya dengan menggunakan satu alamat email dan kata sandi, bisa digunakan untuk masuk ke dalam berbagai produk dari Google dan juga aplikasi atau layanan dari pihak ketiga.

Termasuk untuk login Akulaku dengan email ini. Kelebihan menggunakan akun Google untuk login yaitu, kamu tidak harus mengingat nama pengguna di aplikasi dan juga kata sandinya. Jadi walaupun lupa mengenai nama pengguna atau kata sandi dari akun, kamu masih tetap bisa masuk.

Bagi yang mudah lupa, tentu sangat terbantu dengan fitur ini, karena apabila sampai lupa dengan kata sandi akun tetap masih bisa diatasi. Cara mengatasi lupa kata sandi yaitu bisa mengatur ulang kata sandi, melalui link yang nantinya akan dikirim melalui email.

Berbagai fitur yang terdapat di Google biasanya lebih memprioritaskan mengenai keamananya, karena banyaknya data-data privasi yang terdapat di dalam email. Jadi faktor keamanan sangat diperhatikan betul di dalam email.

Baca juga:  3 Cara Mengatasi Lupa PIN Gopay Terbaru

1. Peningkatan keamanan pada akun yang terhubung ke email

Teknologi untuk menjaga keamanan mengenai data-data privasi yang terdapat di dalam sebuah aplikasi selalu dikembangkan. Di Google, terdapat teknologi yang bisa mendeteksi mengenai peristiwa yang dianggap mencurigakan, sehingga bisa mengancam keamanan dari email.

Melalui Perlindungan Lintas Akun, sebuah akun aplikasi yang didaftarkan menggunakan alamat email yang sama akan memberikan notifikasi, apabila terdapat aktivitas atau peristiwa yang mencurigakan di aplikasi.

Jadi aplikasi bisa menggunakan deteksi dari keamanan email, untuk membantu menjaga keamanan akun aplikasi yang dihubungkan ke email. Sehingga data-data penting yang terdapat di aplikasi juga akan aman, terutama di aplikasi Akulaku yang berhubungan dengan keuangan.

2. Cara kerja dari Perlindungan Lintas Akun

Sebelumnya, agar fitur keamanan terhadap akun dari aplikasi bisa mendapatkan notifikasi keamanan, maka harus ada beberapa hal yang dilakukan. Jadi aplikasi tersebut harus berpartisipasi dalam kerja Perlindungan Lintas Akun dan terhubung ke alamat email.

Jika aplikasi sudah terhubung dengan alamat email yang sama dengan akun Google, maka artinya kamu telah login ke aplikasi tersebut menggunakan Akun Google dan sudah memberikan izin akses.

Notifikasi keamanan mengenai akun dari aplikasi akan dikirim apabila terjadi aktivitas yang mencurigakan seperti, akun diretas, akun dinonaktifkan atau ditangguhkan dan adanya aktivitas akun yang logout dari suatu perangkat atau browser.

Cara notifikasi tersebut bekerja untuk mengamankan suatu akun, yaitu dengan mengidentifikasi setiap aktivitas yang ada dengan lebih baik. Selain itu, apabila terdapat aktivitas yang mencurigakan bisa membuat kamu logout dari aplikasi tersebut.

Hal tersebut sebagai bentuk tindakan preventif untuk menjaga keamanan akun yang ditautkan pada email akun Google.

3. Cara mengelola Perlindungan Lintas Akun

Berbagai aplikasi yang ditautkan pada akun Google bisa dilihat dan dikelola, jadi jika ingin menghentikan akses Google pada aplikasi tersebut bisa dilakukan. Berikut ini merupakan cara untuk melihat aplikasi apa saja yang berpartisipasi di Akun Google:

  • Buka menu Setelan perangkat yang ada di HP atau perangkat.
  • Pilih pada opsi
  • Selanjutnya pilih pada Akun Google.
  • Di bagian atas, klik pada opsi Keamanan.
  • Gulirkan ke bawah dan cari opsi Login ke situs lain.
  • Lalu klik opsi Login dengan Google.
  • Pada bagian Aplikasi pihak ketiga dengan akses akun cari aplikasi yang memiliki yang terdapat tanda Perlindungan Lintas Akun.
  • Jika memiliki tanda tersebut berarti aplikasi turut berpartisipasi dalam Perlindungan Lintas Akun.
Baca juga:  Cara Pinjam Uang di UangMe 10 Menit Cair

4. Cara berhenti login menggunakan akun Google

Jika ingin menghentikan akses akun Google pada aplikasi yang ditautkan, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka menu Setelan pada perangkat HP.
  • Pilih pada opsi Google.
  • Pilihan pada opsi Kelola Akun Google Anda.
  • Pada bagian atas, klik pada opsi Keamanan.
  • Pada bagian Login ke situs lain, klik pada opsi Login dengan Google.
  • Pilih aplikasi yang ingin dihapus aksesnya.
  • Klik aplikasi tersebut kemudian pilih Hapus akses.

Login Akulaku dengan email banyak dipilih oleh orang-orang karena lebih mudah prosesnya. Salah satu caranya yaitu bisa menggunakan akun Google. Banyak kelebihan jika login menggunakan akun Google, salah satunya yaitu tidak harus mengingat nama pengguna dan kata sandi.

Selain itu, keamanan akun juga akan lebih terjamin, mengingat Akulaku memiliki data yang krusial karena berhubungan dengan keuangan. Dengan Perlindungan Lintas Akun, segala aktivitas yang mencurigakan bisa terdeteksi dengan baik.

Baca Juga:

error: