Biaya Balik Nama Motor 2024 untuk Semua Jenis Motor

Beben.id – Biaya balik nama motor punya tarif yang berbeda-beda, hal ini disesuaikan dengan kendaraan yang pengguna pakai serta aturan pajak di tiap daerah. Jika Anda tertarik untuk beli motor bekas, penting untuk mengetahui pengurusan balik nama motor untuk kepemilikan kendaraan.

Balik nama motor ini perlu diketahui untuk membuat pemilik kendaraan menjadi berpindah tangan ke Anda. Ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi untuk penerapannya. Selain itu, akan diberikan juga cara mengurus balik nama ini agar lebih mudah dilaksanakan.

Pengertian Balik Nama Motor

Sebelum diketahui biaya balik nama motor, penting untuk tahu tentang apa pengertiannya guna memahaminya dengan baik. Balik nama motor adalah sebutan yang digunakan untuk pengalihan kepemilikan dari pemilik sebelumnya ke pemilik sepeda motor yang baru.

Balik nama motor sangat diperlukan ketika Anda membeli motor bekas sebagai bukti kepemilikan yang sah. Jika tidak diganti namanya, maka secara hukum masih punya pemilik sebelumnya sehingga bisa saja suatu saat motor tersebut diklaim meski Anda sudah membayarnya.

Oleh sebab itu, pergantian nama ini penting untuk diurus. Nanti, pergantian dari pemilik lama ke pemilik baru sudah tersedia di BPKB (Buku Petunjuk Pemilik Kendaraan), STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), dan dokumen.

Hal terpenting ketika membeli motor bekas tidak hanya dilihat dari kondisi fisik kendaraan saja, tetapi juga dari kelengkapan dokumen yang dimiliki berkas tersebut agar Anda mudah untuk mengurus balik nama motor.

Lalu, berapa pengurusan balik nama motor 2023? Anda harus menyiapkannya dengan baik sebelum membeli motor sampai dengan persyaratan yang harus dipenuhi.

Biaya Balik Nama Motor 2023

Saat ini, calon pemilik kendaraan bermotor bisa tahu biaya proses balik nama motor yang perlu dipersiapkan sebelum membelinya. Informasi ini sangat penting untuk diketahui selain membayar biaya utama untuk pembelian motor bekas.

Baca Juga:  Biaya Operasi Bibir Sumbing Pakai BPJS dan Non BPJS

Untuk biayanya bisa Anda ketahui dengan mudah melalui internet karena sudah banyak tersedia. Ini sebagaimana dilansir dari situs brpd. Jakarta.go.id, ada biaya yang sudah diatur dalam Peraturan Daerah No. 9 Tahun 2010.

Biaya balik nama motor ini juga diatur di PP No. 76 Tahun 2020, berikut adalah beberapa daftarnya:

  • Biaya administrasi: Rp35.000
  • Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas: Rp35.000
  • Biaya pembuatan BPKB yang baru: Rp225.000
  • Biaya pembuatan nomor polisi baru Rp30.000
  • Biaya pembuatan STNK: Rp100.000
  • Biaya ganti plat baru atau Tanda Nomor Kendaraan Baru (TNKB): Rp60.000
  • Biaya pindah nama BBN-KB: Biayanya yaitu 10 persen dari SKPD. Meski begitu, tarif dasar yang berlaku ini biasanya 2/3 kali dari harga SKPD.
  • Biaya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang dibiayai 2%. Sedangkan untuk pemberian selanjutnya akan dinaikkan menjadi 5%.
  • Denda tergantung peraturan pajak di daerah masing-masing. Denda ini hanya dibayarkan ketika tanggungannya menunggak.

Dari biaya di atas, dapat diketahui bahwa untuk mengurus balik nama motor ini bisa berbeda-beda tergantung dari daerah dan jenis kendaraan motornya. Hal ini karena ada biaya tambahan lain yang sesuai dengan peraturan yang berlaku di daerah tersebut.

Jadi, Anda perlu mencari tahu sebelumnya dengan baik untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang berapa pajak di daerah, dsb.

Syarat Balik Nama Motor

Anda sudah tahu biaya balik nama motor dan biaya apa saja yang perlu diurus. Setelah mengetahuinya, penting juga mendapatkan informasi terkait dengan syarat balik nama motor 2023.

Ada sejumlah dokumen yang mestinya Anda persiapkan terlebih dahulu untuk bisa mengurus balik nama motor dengan cepat. Jangan lewatkan dokumen ini agar tidak bolak balik mengurusnya sambil menyiapkan dokumen. Rincian syarat balik nama motor adalah sebagai berikut:

  • E-KTP asli pemilik lama.
  • Fotokopi E-KTP pemilik baru.
  • Fotokopi dan BPKB asli
  • Fotokopi dan STNK asli
  • Materai Rp10.000
  • Bukti jual beli kendaraan contohnya adalah kwitansi transaksi
  • Bukti kondisi fisik motor dari Samsat.
Baca Juga:  Jam Besuk RS QIM Batang Terbaru 2024 dan Layanannya

Cara Mengurus Balik Nama Motor

Selain mengetahui cara menghitung biaya proses balik nama motor dan syaratnya, berikut juga akan dibagikan cara mengurusnya sesuai dengan alur yang baik dan benar. Ikuti semua tahapan tersebut agar Anda tidak bingung dalam mengurusnya.

Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Bawa seluruh dokumen yang dibutuhkan dan kendaraan yang nantinya dialihkan kepemilikan.
  • Kunjungi kantor Samsat sesuai dengan wilayah domisili dari pemilik kendaraan bermotor
  • Setelah itu, ambil nomor antrian dan tunggu sampai nomor antrian
  • Selanjutnya, petugas akan melakukan cek fisik motor yang diperlukan.
  • Pengendara nantinya bisa mendapatkan bukti keterangan berkaitan tentang kondisi kendaraan dan informasi detail tentang fisik motor.
  • Serahkan dokumen dan bukti cek fisiknya ke petugas untuk mendapatkan balik nama motor.
  • Terakhir, lakukan pembayaran berdasarkan rincian biaya balik nama motor di atas.

Manfaat Mengurus Balik Nama Kendaraan Bermotor

Kepemilikan kendaraan bermotor harus dibuktikan dengan buku kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB). Anda harus mengurusnya dengan baik untuk mendapatkan beberapa manfaat di dalamnya.

Balik nama motor harus diurus secepatnya karena dapat digunakan untuk syarat lain seperti membuat STNK dan BPKB. Berikut ini adalah manfaat dari pengurusan balik nama motor:

1. Menghindari Biaya Tambahan Pengurus Pajak

Jika ingin melakukan pengurusan pembayaran pajak kendaraan bekas, penting untuk menyiapkan berbagai dokumen. Namun, ada beberapa aturan yang membuat pemilik baru harus mengeluarkan biaya beberapa persen untuk dokumen kendaraan yang belum mendapatkan balik nama.

Hal ini tentu bisa memberatkan karena ada biaya tambahan dalam membayar pajaknya. Oleh sebab itu, lebih baik untuk segera dibuat balik namanya sehingga mengurangi biaya tambahan.

2. Mudah Mengurus Pembayaran Pajak

Manfaat kedua dari balik nama motor yaitu pembayaran pajak lebih mudah. Seperti diketahui, pembayaran pajak untuk kendaraan masih bisa dilakukan meskipun dokumen belum selesai.

Baca Juga:  Biaya Operasi Ambeien 2024, Pakai BPJS dan Tanpa BPJS

Sayangnya, Anda harus memberikan dokumen tambahan seperti fotokopi KTP dan asli dari nama pemilik lama. Tentu saja, ini membuat Anda lebih repot dibandingkan jika sudah punya balik nama motor.

3. Kendaraan Bisa Dijadikan Jaminan Bank

Kendaraan bisa menjadi jaminan ke bank dan lembaga keuangan jika kepemilikan sudah berada di tangan Anda. Sedangkan kendaraan bekas yang dibeli masih dengan nama pemilik sebelumnya hanya bisa digunakan untuk bepergian.

Anda masih belum boleh menjadikannya sebagai jaminan bank. Padahal harusnya bisa jika sudah punya balik nama motor yang menunjukkan bahwa kepemilikan sudah sah milik Anda.

4. Menumbuhkan Kenyamanan

Mengendarai sepeda motor milik sendiri tentu akan membuat Anda lebih nyaman karena tidak perlu khawatir jika ada masalah seperti kendaraan hilang, dsb. Anda bisa langsung ke kantor polisi dan melaporkan kehilangan dibuktikan dengan BPKB yang dimiliki.

Biaya balik nama motor, syarat, sampai dengan caranya sudah disebutkan secara lengkap di atas. Anda perlu menyiapkan semuanya dengan baik untuk bisa mengurusnya dengan mudah tanpa ada hal yang bermasalah di kemudian hari.

Pastikan juga kelengkapan dari surat kendaraan yang dimiliki oleh pemilik sebelumnya supaya motor tersebut dapat berpindah tangan secara legal dan bukan motor curian.

Baca Juga:

error: