Biaya Operasi Lipoma 2024 Pakai BPJS dan Tanpa BPJS


Beben.id – Di bagian tubuh terdapat benjolan namun tidak terasa sakit? Ternyata, benjolan tersebut dinamakan lipoma. Benjolan tersebut bisa semakin besar jika tidak ditangani dengan baik. Biaya operasi lipoma ini ternyata cukup besar seperti operasi lainnya.

Dan memang salah satu cara yang ampuh untuk menghilangkan lipoma ini adalah dengan tindakan operasi. Meskipun ada cara lainnya untuk menghilangkan benjolan di tubuh ini. Namun, kenali juga apa yang dimaksud lipoma, bagaimana gejalanya, dan berapa biaya operasinya?

Mengenal Lipoma

Banyak yang mengira bahwa benjolan ini sangat mengganggu penampilan sehingga ingin menghilangkannya. Dan ternyata lipoma adalah benjolan karena tumbuhnya lemak pada jaringan kulit dan lapisan otot yang akan tumbuh secara lambat.

Orang yang mengalami lipoma ini biasanya sudah memiliki umur paruh baya yaitu sekitar 40 – 60 tahun. Benjolan ini terasa lunak tidak akan terasa sakit saat dipencet maupun dipegang.

Disebut juga sebagai tumor jinak dan bisa tumbuh lebih besar lagi. Umumnya, lipoma tidak berbahaya bagi tubuh sehingga tidak perlu dikhawatirkan selama tidak menimbulkan rasa sakit. Akan tetapi, jika sudah sangat mengganggu baru bisa dilakukan tindakan medis agar bisa menghilangkan lipoma ini.

Biaya Operasi Lipoma di Indonesia Terbaru

Jika ingin menghilangkan lipoma memang salah satu caranya adalah dengan melakukan operasi. Dan untuk biasanya sendiri bergantung pada banyak faktor seperti ukuran lipoma, kebijakan rumah sakit, dan lainnya. Agar lebih jelas maka bisa melihat informasi di bawah ini:

1. Biaya Operasi untuk Pasien Umum di Rumah Sakit

Lipoma atau daging tumbuh ini bisa dilakukan tindakan bedah dengan biaya operasi yang bisa dikatakan cukup mahal. Terlebih bagi yang tidak memiliki asuransi kesehatan apapun maka harus membayarkan secara mandiri.

Baca Juga:  Biaya Operasi Usus Buntu Pakai BPJS dan Tanpa BPJS

Kisaran biaya operasinya jika lipoma ini masih memiliki ukuran yang kecil bisa dimulai dari Rp800.000. Sedangkan, jika sudah besar dan harus segera diangkat maka biaya operasinya mulai dari Rp8.000.000 sampai dengan Rp20.000.000 loh.

Dan beberapa rumah sakit memiliki kebijakan masing-masing sehingga biaya operasi rumah sakit satu dan lainnya bisa berbeda. Contohnya saja untuk biaya operasi lipoma di beberapa rumah sakit di Indonesia, yaitu:

  • Biaya operasi di Rumah Sakit Bedah Surabaya mulai dari Rp 10.000.000.
  • Biaya operasi di Rumah Sakit Premier Surabaya mulai dari Rp 4.000.000 sampai dengan Rp10.000.000.
  • Biaya operasi di Rumah Sakit St. Carolus Jakarta mulai dari Rp 15.000.000.
  • Biaya operasi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta mulai dari Rp 9.000.000 sampai dengan Rp20.000.000.
  • Biaya operasi di Rumah Sakit Siloam TB Simaupang Jakarta mulai dari Rp 15.000.000.
  • Biaya operasi di Rumah Sakit Mayapada Jakarta, Bogor, dan Tangerang mulai dari Rp 15.000.000 sampai dengan Rp20.000.000.
  • Biaya operasi di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta mulai dari Rp 20.000.000.
  • Biaya operasi di Rumah Sakit Mitra Sejati Medan mulai dari Rp 7.700.000.
  • Biaya operasi di Rumah Sakit Telogorejo Semarang mulai dari Rp 30.000.000.

Melihat harga operasi lipoma yang selangit sampai dengan puluhan juta memang membuat beban finansial tersendiri. Akan tetapi, biaya tersebut pastinya sudah dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas kesehatan yang mendukung.

Besaran biaya operasi akan tergantung pada tindakan medis apa yang dipilih oleh pasien. Dan juga, bisa dipengaruhi dengan seberapa besar ukuran lipoma serta keparahan dari benjolan tersebut.

2. Biaya Operasi di Puskesmas

Jika ingin mendapatkan fasilitas yang biasa saja namun bisa menghilangkan lipoma maka bisa melakukan operasi kecil di Puskesmas terdekat. Pastinya untuk biaya operasinya sendiri lebih murah dibandingkan dengan operasi yang dilakukan di rumah sakit.

Lipoma bisa dilakukan dengan operasi bedah kecil layaknya ekstirpasi dan mata ikan. Dan pastinya, Puskesmas masing-masing daerah memiliki kebijakan biaya tersendiri. Biasanya akan dimulai dengan harga Rp800.000 atau tergantung dengan kebijakan Puskesmas masing-masing.

Baca Juga:  Jam Besuk RSK Ngesti Waluyo dan Peraturan 2024

3. Biaya Operasi untuk Pasien BPJS

Cobalah periksakan lipoma Anda menggunakan layanan BPJS karena kabar terbaru adalah peserta BPJS bisa mendapatkan layanan ini. Operasi lipoma merupakan salah satu jenis operasi kesehatan dan bukan sama sekali operasi estetika atau kecantikan.

Oleh sebab itu, jika ingin memeriksakan lipoma menggunakan BPJS bisa melalui langkah-langkah di bawah ini:

  • Periksakan lipoma ke Fasilitas Kesehatan Tingkat 1 yang terdaftar dan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan bisa klinik atau dokter.
  • Kemudian, pastikan BPJS Kesehatan aktif dan tidak ada tunggakan pembayaran karena ini adalah syarat administrasi.
  • Selanjutnya, jika ingin menggunakan BPJS Kesehatan di Puskesmas juga bisa dilakukan secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya.

Memang untuk peserta BPJS bisa merasakan operasi tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun.Dan untuk layanan kesehatan lainnya seperti pra operasi, saat operasi, dan pasca operasi ditanggung oleh BPJS. Layanan tersebut seperti rawat inap jika dibutuhkan, obat-obatan, konsultasi dokter, dan lainnya.

Prosedur Operasi Lipoma di Rumah Sakit

Operasi lipoma memang bisa dilakukan di rumah sakit dan Puskesmas. Akan tetapi, tindakan umum untuk menghilangkan lipoma ini lebih baik dilakukan oleh dokter spesialis dengan fasilitas yang baik. Dan prosedur yang dilakukan di rumah sakit yaitu:

  • Kulit pada area lipoma akan dibersihkan menggunakan cairan antiseptik sehingga mengurangi adanya resiko infeksi saat pembedahan.
  • Anestesi lokal akan diberikan kepada pasien sehingga daerah di sekitar tempat operasi menjadi baal.
  • Lalu, sayarat kecil berkisar 3 – 4 mm akan dibuat oleh doter pada daerah yang memiliki benjolan lipoma. Namun, sayatan tersebut disesuaikan dengan ukuran lipoma.
  • Benjolan tersebut akan diangkat dan bagian yang disayat akan dijahit kembali oleh dokter.

Proses operasi lipoma ini tidak berlangsung lama dan jika sudah selesai dokter akan meminta pasien agar beristirahat sampai bius regional tersebut kembali normal. Dan biaya operasi lipoma tergantung dari kondisi masing-masing pasien.

Baca Juga:  Jam Besuk RS Panti Wilasa Citarum Semarang Update 2024

Prosedur Pengangkatan Lipoma Selain Operasi

Jika dirasa operasi sangat menakutkan dan tidak berani untuk melakukan operasi maka untuk menghilangkan lipoma masih ada jalan lain, yaitu:

1. Terapi Steroid

Cara pertama adalah dengan dilakukannya injeksi steroid pada benjolan lipoma sehingga bisa hilang. Dan biasanya terapi ini akan membuat benjolan menjadi lebih kecil meskipun tidak hilang sampai akar-akarnya.

2. Sedot Lemak

Sedot lemak dilakukan dengan cara menyedot isi dari lipoma menggunakan alat khusus. Dengan prosedur ini harus dilakukan bius lokal pada pasien karena dibuat sayatan kecil di benjolan lipoma tersebut.

Biasanya cara ini adalah cara yang paling umum dilakukan sehingga banyak lipoma dengan benjolan besar direkomendasikan untuk sedot lemak. Hal ini dikarenakan prosedur ini minim resiko dan dirasa sangat praktis.

Dengan adanya beberapa tindakan lainnya selain operasi namun lebih baik melakukan operasi jika tidak ingin lipoma tumbuh kembali. Baik terapi steroid maupun sedot lemak tidak akan membuat lipoma hilang berbeda dengan operasi yang mengangkat seluruh jaringan lipoma ini.

Melihat perbedaannya maka jika ingin melakukan operasi harus menyiapkan biaya operasi lipoma yang bisa dikatakan cukup mahal. Oleh karena itu sangat penting memiliki asuransi layanan kesehatan minimal BPJS Kesehatan atau lainnya.

Baca Juga:

error: