2 Biaya Operasi ACL 2024 Pakai BPJS dan Non BPJS


Beben.id – Salah satu cara untuk menangani cedera ACL yaitu bisa dengan menggunakan tindakan operasi. Namun bisa dibilang biaya operasi ACL ini tergolong mahal. Hal ini disebabkan karena proses operasi ini yaitu berupa rekonstruksi untuk mengganti ligamen yang mengalami luka robek.

Penanganan bagi seseorang yang mengalami cedera ini harus segera dilakukan, karena bisa mengakibatkan terjadinya gangguan pada sistem muskuloskeletal di bagian tulang, tendon, otot, ligamen, sendi serta jaringan ikat lainnya yang turut mendukung kerja dari sendi lutut.

Cedera ACL ini biasanya terjadi dikarenakan karena adanya perubahan secara mendadak pada bagian persendian lutut. Umumnya penderita dari cedera ini yaitu terjadi ketika berolahraga, dimana sering melakukan perubahan arah gerak yang sifatnya mendadak.

Tentang Operasi ACL

Jadi operasi ACL adalah proses rekonstruksi yang dilakukan sebagai bentuk penanganan pada ligamen ACL yang robek. Ligamen ACL ini merupakan salah satu ligamen utama yang letaknya terdapat di lutut.

Umumnya cedera ini banyak terjadi pada seseorang yang gemar berolahraga, terutama seorang atlet. Ligamen ACL ini merupakan jaringan yang menjadi penghubung antara tulang kering atau tibia dengan tulang paha atau femur, yang terdapat pada bagian sendi lutut.

Ligamen ini memiliki fungsi yaitu sebagai stabilitas utama pada lutut. Jadi apabila ligamen tersebut rusak karena adanya robekan baik itu hanya separuhnya ataupun seluruhnya, hal ini akan berdampak pada gangguan dari stabilitas lutut.

Hal terburuk yang terjadi apabila kondisi ini dibiarkan begitu saja tanpa ada penanganan yang serius, bisa berpotensi menimbulkan beberapa komplikasi. Salah satu komplikasi terburuknya yaitu sendi lutut bisa mengalami osteoarthritis, dimana sendi lutut mengalami kerusakan yang sifatnya permanen.

Maka dari itu, banyak orang yang rela mengeluarkan biaya operasi ACL yang mahal, sehingga terhindar dari potensi terkena beberapa kejadian buruk yang bisa timbul akibat cedera ini.

Baca Juga:  Jam Besuk RS Bhayangkara Makassar Terbaru 2024 Setiap Hari

Beberapa penyebab dari cedera ACL ini yaitu bisa disebabkan karena:

  • Melakukan pendaratan yang tidak sempurna pada saat melompat.
  • Mendadak berhenti pada saat berlari.
  • Bertabrakan atau terkena jegal pada saat berlari, contohnya yaitu pada saat bermain sepak bola.
  • Melakukan perubahan arah gerak secara tiba-tiba.

Tujuan dari Tindakan Operasi ACL

Operasi ACL ini memiliki tujuan utama yaitu agar lutut bisa kembali dalam keadaan yang stabil. Dengan demikian, fungsi dari lutut bisa kembali normal, serta bisa melakukan berbagai aktivitas sehari-hari sebagaimana mestinya.

Selain itu, bagi seorang atlet profesional tindakan dari operasi ACL ini bisa membantunya kembali ke berbagai pertandingan dan turnamen.

Rehabilitasi juga menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam rangkaian operasi ACL ini, agar bisa didapatkan hasil yang lebih maksimal. Adapun tujuan dari dilakukannya prosedur rehabilitasi yaitu sebagai berikut:

A. Mengurangi terjadinya peradangan dan rasa nyeri

Program rehabilitasi ini bisa membantu untuk meredakan rasa nyeri yang muncul, serta membantu untuk mengurangi resiko terjadinya peradangan pasca-operasi.

B. Melindungi ACL yang baru

Dengan adanya program rehabilitasi ini, bisa memberikan pengetahuan bagi pasien, mengenai cara untuk memastikan ligamen yang telah dilakukan rekonstruksi bisa tetap aman. Sehingga masa pemulihan juga bisa lebih cepat.

C. Menguatkan bagian lutut

Setelah mengalami cedera ACL, lutut membutuhkan program untuk penguatan. Program ini bisa secara spesifik membantu untuk memulihkan kekuatan dari lutut.

D. Mengembalikan gerakan lutut

Karena cedera ACL, bisa membuat beberapa orang mengalami kesulitan untuk melakukan gerakan lurus dan menekuk. Program rehabilitasi ini membuat gerakan alami dari lutut secara perlahan bisa kembali pulih.

Kisaran Biaya Operasi ACL

Berdasarkan beberapa referensi dari beberapa rumah sakit swasta yang terdapat di Indonesia, harga untuk operasi ACL ini beragam. Jadi perbedaan tersebut tergantung dari kondisi atau tingkat keparahan dari masing-masing pasien.

Baca Juga:  Biaya Tes DNA dan Tahapan Prosedur Tes DNA 2024

Apabila operasi yang berlangsung memiliki tingkat resiko tinggi, serta proses operasinya tergolong rumit, maka biaya operasi juga akan semakin mahal. Untuk mengetahui mengenai perkiraan dari biaya yang harus dikeluarkan untuk operasi ACL yaitu sebagai berikut:

A. Pasien umum

Umumnya rumah sakit yang ada di Indonesia mematok biaya prosedur operasi ini yaitu berkisar antara Rp18.000.000 hingga Rp85.000.000 per lutut.

Namun untuk berjaga-jaga, lebih baik untuk mempersiapkan dana lebih dari jumlah biaya perkiraan. Pasalnya kebanyakan biaya tersebut hanya mencakup mengenai biaya prosedur operasi saja.

Jadi untuk biaya rawat inap, obat-obatan, konsultasi dan lain sebagainya masih belum tercantum di dalam rincian dari biaya tersebut.

B. Pasien BPJS

Bagi pengguna kartu BPJS Kesehatan milik pemerintah, maka bisa mendapatkan keringanan biaya yang harus dibayar. Jadi biaya operasi ACL bisa lebih murah jika dibandingkan dengan pasien umum.

Bahkan bisa saja pasien tidak dikenai biaya sedikitpun alias gratis. Jadi dengan adanya asuransi kesehatan ini tentu akan sangat membantu untuk proses pembayaran.

Namun hal ini juga bisa didapatkan apabila semua syarat yang terdapat pada ketentuan sudah terpenuhi. Dimana untuk syarat utamanya adalah pasien harus mempunyai surat rujukan yang didapatkan dari Fasilitas Kesehatan Tingkat 1.

Sesuai dengan keterangan yang terdapat pada kartu BPJS yang dimiliki oleh masing-masing pasien.

Mekanisme dari Operasi ACL

Tindakan operasi merupakan solusi bagi penderita cedera ACL. Adapun untuk mekanisme dari operasi ACL ini yaitu dokter bedah akan melakukan pengangkatan pada otot ligamen yang telah mengalami kerusakan, kemudian diganti menggunakan segmen tendon.

Jaringan yang digunakan sebagai pengganti ini disebut dengan cangkok. Pada saat proses operasi, ligamen yang sudah dalam kondisi robek ini akan diangkat dan diganti menggunakan sebuah pita jaringan yang biasanya memiliki fungsi sebagai penghubung dari otot ke tendon atau tulang.

Pengambilan tendon cangkok ini yaitu bisa berasal dari bagian lain lutut pasien atau bisa juga diambil dari donor orang lain yang sudah meninggal.

Baca Juga:  Jam Besuk RSUD Wates 2024 Senin-Minggu dan Hari Libur

Operasi ACL ini adalah jenis operasi arthroscopic atau minimal invasif. Jadi proses pemulihan pasien dari operasi bisa berlangsung lebih cepat. Selain itu, rasa sakit yang timbul juga lebih sedikit daripada jenis operasi terbuka.

Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan operasi ACL ini proses operasinya dilakukan dengan menggunakan sayatan lebih kecil. Sehingga kerusakan yang terjadi pada jaringan atau organ di tubuh lebih sedikit.

Dokter bedah akan membuat soket pada bagian tulang kering dan paha dengan cara dibor. Dengan demikian, maka posisi cangkok bisa ditempatkan dengan seksama. Selanjutnya yaitu akan dikuatkan ke dalam tulang menggunakan sekrup maupun perangkat lainnya.

Siapa yang Membutuhkan Operasi ACL?

Jadi operasi ACL ini diperuntukkan bagi orang-orang yang mengalami kondisi sebagai berikut:

  • Robeknya sebagian atau seluruh bagian ligamen dan tidak stabil.
  • Kualitas hidup menjadi berkurang karena adanya ligamen ACL yang putus.
  • Terdapat bagian lutut yang mengalami cedera, seperti tendon, meniscus dan tulang rawan.
  • Pekerjaan yang memerlukan mobilisasi jalan yang lebih banyak.
  • Seorang atlet.

Cedera yang terjadi pada bagian ligamen ACL harus segera dilakukan penanganan dengan baik. Salah satunya yaitu dengan melakukan tindakan operasi. Walaupun biaya operasi ACL mahal, namun bagi pemilik kartu BPJS Kesehatan biaya yang harus dibayar bisa lebih ringan.

Prosedur dari operasi ACL ini yaitu dengan melakukan rekonstruksi menggunakan tendon cangkok, yang kemudian dikuatkan pada tulang menggunakan sekrup atau alat lainnya. Setelah proses operasi berlangsung, akan ada program rehabilitasi untuk membantu proses pemulihan.

Baca Juga:

error: