7 Cara Cek Saldo KIP di HP Tanpa Aplikasi! Praktis

Cara cek saldo KIP di HP menjadi salah satu pencarian populer beberapa waktu belakangan ini. Seperti diketahui, KIP atau Kartu Indonesia Pintar adalah salah satu bentuk realisasi dari Program Indonesia Pintar atau PIP yang dirancang oleh Presiden Joko Widodo.

Keberadaan kartu satu ini memungkinkan para pelajar dari kalangan tidak mampu untuk mendapatkan pendidikan yang kayak hingga jenjang tertinggi. Sudah tentu program satu ini disambut dengan sangat baik oleh masyarakat.

Dengan keberadaan program tersebut, masyarakat kecil benar-benar sangat terbantu dan bisa mendapatkan jaminan pendidikan yang lebih baik kedepannya. Untuk mendapatkan layanan satu ini, caranya juga tidak sulit sama sekali. Semua pelajar berhak untuk mendapatkannya.

Mengenal KIP Lebih Jauh

KIP adalah singkatan dari Kartu Indonesia Pintar. Kartu satu ini lahir dari PIP yakni Program Indonesia Pintar. KIP sendiri berisikan bantuan tunai yang diberikan kepada semua siswa sekolah berusia 6 hingga 21 tahun dan berasal dari keluarga tidak mampu.

Penerima bantuan KIP bisa melakukan pengecekan dana dengan mudah melalui website ataupun aplikasi HP. Para pelajar yang berasal dari golongan tidak mampu juga bisa melakukan pengajuan KIP secara online.

Proses pengajuannya sama sekali tidak sulit dan bisa dilakukan tanpa harus pergi ke manapun. Semuanya bisa Anda akses melalui perangkat smartphone masing-masing. Namun, tentu saja validasi dari pihak sekolah tetap dibutuhkan untuk verifikasi.

1. Tujuan Program KIP

Setiap program yang dirilis oleh pemerintah pasti memiliki tujuan. Begitu juga dengan program KIP ini. Ada beberapa tujuan yang dicanangkan oleh pemerintah sejauh ini:

  • Menghilangkan hambatan siswa untuk bersekolah dari sisi perekonomian.
  • Menghindarkan anak dari resiko putus sekolah.
  • Menarik kembali siswa yang sudah putus sekolah.
  • Membantu meringankan biaya administrasi sekolah dan memenuhi kebutuhan siswa dalam proses KBM.
  • Mewujudkan Program WAJAR DIKDAS 9 Tahun dan WAJAR 12 Tahun.
Baca juga:  5 Cara Setting X8 Speeder Higgs Domino 2022

Dengan tujuannya yang sangat detail tersebut, tidak heran kalau kemudian program satu ini sangat didukung oleh banyak pihak.

2. Prioritas Penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Senada dengan tujuan peluncurannya, tentu saja ada pihak-pihak yang diprioritaskan untuk menerima bantuan KIP ini. Berikut ini beberapa pihak yang menjadi prioritas pemerintah dalam pembagian KIP itu sendiri:

  • Penerima KPS dan BSM dengan merujuk pada SP2D 2014.
  • Anak usia 6 hingga 21 tahun dari keluarga penerima KPS/KKS yang belum menerima BSM.
  • Anak usia 6 hingga 21 tahun dari keluarga penerima Program Keluarga Harapan (PKH).
  • Anak usia¬† 6 hingga 21 tahun yang hidup di lingkungan Panti Asuhan atau Panti Sosial.
  • Santri berusia 6 hingga 21 tahun dari Ponpes yang memiliki KPS/KKS.
  • Anak usia 6 hingga 21 tahun yang terancam putus sekolah akibat kesulitan ekonomi.
  • Anak usia 6 hingga 21 tahun yang terancam putus sekolah akibat bencana alam.
  • Anak usia sekolah yang tidak lagi bersekolah.

Beberapa nama di atas merupakan prioritas utama pemerintah dalam pembagian Kartu Indonesia Pintar ini. Tentu saja dampak dari keberadaan kartu ini untuk masyarakat sangatlah positif.

Cara Cek Saldo KIP di HP dengan Aplikasi Jaga.ID

Seperti sudah kami jelaskan sebelumnya, cara pengecekan saldo KIP ini sendiri sangatlah mudah. Anda bisa melakukannya melalui berbagai media elektronik saat ini. Namun, cara termudah dalam registrasinya adalah menggunakan handphone.

Caranya juga sangat sederhana, Anda hanya perlu memasukkan nomor NISN masing-masing ke kolom yang tersedia pada aplikasi. Setelahnya, saldo KIP akan muncul secara otomatis pada layar smartphone Anda masing-masing.

Tapi tentu saja ada beberapa persyaratan yang harus Anda siapkan terlebih dahulu sejak awal. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Instal Aplikasi Jaga.id di HP Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstalkan aplikasi Jaga.id pada HP. Aplikasi Jaga.id sendiri merupakan aplikasi yang dirilis oleh pemerintah secara resmi. Aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan registrasi ataupun mengecek saldo KIP yang sudah aktif

Baca juga:  3 Cara Mengatasi Lupa PIN Gopay Terbaru

Untuk mengunduh aplikasi ini Anda hanya perlu masuk ke Play Store. Ketikan Jaga.id pada kolom pencarian yang tersedia. Lalu, pilih aplikasi dan instal pada perangkat masing-masing. Aplikasi bisa Anda dapatkan secara gratis.

2. Pilih Menu Pendidikan

Setelah aplikasi terinstal pada perangkat Anda, langsung saja buka apk tersebut. Akan muncul beberapa menu homepage dan Anda hanya perlu memilih opsi Pendidikan. Pada fase ini Anda hanya perlu memilih tingkat sekolah dan melengkapi data informasi yang diminta

Isikan secara lengkap dari mulai Kota Kabupaten (domisili sekolah) dan Nama Sekolah. Lalu langsung saja klik tombol cari sekolah. Kalau sudah muncul, Anda bisa langsung mengklik nama sekolah yang muncul tersebut.

3. Muncul Pilihan Cek Saldo KIP

Di fase ketiga ini akan muncul beberapa menu yang bisa Anda gunakan untuk mengecek saldo KIP. Beberapa menu tersebut diantaranya adalah:

  • Lihat profil sekolah
  • Lihat program sekolah
  • Lihat anggaran sekolah.

Anda hanya perlu memilih opsi Program Sekolah untuk menampilkan sisa saldo KIP. Aplikasi akan langsung memproses permintaan Anda.

4. Lengkapi Informasi

Setelah Anda masuk ke Program Sekolah, ada beberapa kolom informasi yang harus diisi. Di antaranya adalah jenjang sekolah dan kolom NISN. Anda hanya perlu memasukkan nomor NISN pada kolom kolom yang tersedia.

Lalu, setelahnya langsung saja klik tombol Cari yang ada di bagian bawah. Setelah ini, informasi detail saldo KIP akan langsung muncul pada layar telepon masing-masing.

Pada tampilan tersebut akan diperlihatkan informasi detail mengenai Sekolah, NISN, nama pelajar, nama sekolah dan kelas, nomor SK, tanggal cair KIP, serta rekening bank yang digunakan dalam proses pencairan tersebut.

Baca juga:  6 Aplikasi X8 Speeder Higgs Domino Versi Baru

Pastikan untuk melakukan cara cek saldo KIP di HP tersebut secara sistematis agar tidak terjadi kesalahan. Jika Anda merasa penggunaan aplikasi terlalu ribet, tenang saja karena pengecekan juga bisa dilakukan melalui browser.

Cara Cek Saldo KIP di HP Tanpa Aplikasi

Cara mengecek saldo KIP tanpa aplikasi juga tidak kalah mudah. Namun, tentu saja penggunaan browser dibutuhkan untuk mengakses situsnya. Kami sangat merekomendasikan Anda untuk menggunakan browser Chrome karena memiliki kompatibilitas yang jauh lebih baik.

Dengan penggunaan browser yang kompatibel, semua data yang ada pada situs bisa ditampilkan dengan baik. Lagipula caranya sama sekali tidak ribet, dijamin pemula sekalipun tidak akan kesulitan untuk melakukan hal ini.

  • Pertama Anda hanya perlu membuka browser pada perangkat smartphone masing-masing.
  • Kemudian setelahnya Anda bisa langsung mengunjungi website resmi jaga.id di https://www.jaga.id.
  • Kalau sudah terbuka, langsung saja login dengan menggunakan akun masing-masing.
  • Kalau sudah masuk ke homepage, Anda bisa memilih menu pelayanan publik. Untuk menemukannya scroll saja sebagian bawah.
  • Dari sini klik saja menu Pendidikan dan isi semua form yang tersedia dari mulai kategori, nama sekolah, domisili sekolah, dan lain-lain. Klik tombol tampilkan
  • Akan langsung muncul Nama Sekolah Anda.
  • Klik saja nama sekolah tersebut lalu sorot ke bagian bawah.
  • Pilih menu Program PIP.
  • Langsung saja tap opsi Cek Nomor KIP.
  • Akan muncul dua kolom. Masukkan nomor KTP dan NISN Anda di bagian bawahnya.
  • Lalu setelahnya klik tombol Cari.
  • Setelah ini, akan muncul data KIP Anda secara detail.

Pada halaman tersebut ditampilkan nama sekolah, nomor NISN, kelas, rekening bank pencairan dan informasi penting lainnya. Pastikan melakukan cara cek saldo KIP di HP di atas secara berurutan. Seringkali pengguna situs jaga.id menemukan masalah karena kurang hati-hati dalam mengisi form.

error: