9 Cara Mengatasi Lupa PIN ShopeePay 100% Ampuh

Cara mengatasi lupa pin Shopeepay bisa dilakukan dengan langkah yang praktis dan tidak memakan banyak waktu. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pengguna shopee ini mempunyai banyak pilihan selama melakukan transaksi pembayaran.

Sementara shopeepay adalah salah satu e-wallet untuk melakukan pembayaran transaksi pada aplikasi shopee supaya lebih mudah dan praktis. Demi menjaga keamanan, maka shopeepay telah menerapkan PIN maupun sidik jari. Sehingga saat mengakses shopee harus memasukkan PIN.

Cara Mudah Mengatasi Lupa Pin Shopeepay

Cara Mengatasi Lupa PIN ShopeePay

Jika mengalami lupa pin aplikasi Shopeepay, tentu saja hal ini sangatlah merepotkan, karena tidak dapat melakukan transaksi. Jika mengalami hal ini maka bisa diatasi dengan beberapa langkah mudah yang akan dijelaskan pada ulasan berikut ini:

  • Pertama-tama, pengguna dapat membuka aplikasi shopee yang sudah terinstal di smartphone.
  • Setelah itu klik bagian akun bergambar orang maupun akun saya.
  • Setelah itu klik menu Letaknya ada di bagian atas kanan.
  • Jika sudah barulah memilih profil saya.
  • Lalu klik menu ubah pin shopeepay.
  • Tanpa menunggu lama, secara otomatis pengguna akan menerima pesan SMS dari shopee berupa kode OTP.
  • Kemudian masukkan kode OTP pada halaman ubah pin shopeepay.
  • Langkah terakhir tinggal membuat PIN baru untuk pengguna shopeepay.
  • Jangan lupa untuk memasukkan kombinasi angka unik yang bersifat pribadi.
  • Proses selesai.

Bagaimana Cara Mengubah Pin Shopeepay?

Penggantian PIN akun dari Shopeepay memang dianjurkan untuk menggantinya secara berkala, paling tidak 6 bulan sekali. Hal ini bertujuan supaya dapat menjaga keamanan dari akun Shopeepay itu sendiri.

Jika ingin mengubah PIN Shopeepay maka bisa dilakukan dengan cara yang tidak terlalu sulit, seperti berikut ini:

  • Silakan pilih tab saya.
  • Kemudian pilih Shopeepay.
  • Jika sudah barulah memilih icon pengaturan.
  • Setelah itu silakan mengubah PIN Shopeepay sesuai yang diinginkan.
  • Jangan lupa untuk memasukkan kode OTP yang sudah dikirimkan melalui WhatsApp atau SMS.
  • Jika sudah memasukkan kode OTP, tinggal klik
  • Setelah itu isi dan lakukan konfirmasi PIN baru.
  • Selanjutnya tinggal klik
  • Proses selesai.
  • Pengguna tidak bisa melakukan pengubahan PIN shopeepay selama 30 menit apabila mengalami kesalahan dalam memasukkan PIN sebanyak tiga kali. Akun akan dinonaktifkan secara permanen apabila salah memasukkan PIN hingga 5 kali berturut-turut.
Baca juga:  13 Cara Mengganti No HP di Higgs Domino 2022

Cara Melihat PIN Shopeepay Saat Lupa

Shopee memang terkenal sebagai aplikasi e-commerce yang memberikan kemudahan bagi penggunanya saat bertransaksi. Salah satunya yaitu dengan kemunculan Shopeepay. Setiap pengguna pastinya harus memiliki akun Shopeepay. Setiap kali bertransaksi harus memasukkan PIN.

Fungsi PIN shopeepay itu sendiri digunakan untuk menunjang sistem keamanan. Lalu bagaimana jika pengguna tiba-tiba lupa dengan Pin Shopeepay? Tenang saja, berikut ini cara yang bisa diikuti ketika lupa pin Shopeepay, di antaranya:

1. Membuka Menu Pengaturan

Bagi pengguna shopeepay yang seringkali merasakan kesulitan dalam mengetahui pin shopeepay maka cara yang bisa dilakukan yaitu dengan membuka menu pengaturan yang ada di akun shopeepay. Untuk menu setting ini dapat ditemukan pada bagian pojok atas kanan.

Di bagian menu inilah pengguna bisa mengetahui pin Shopeepay yang dimiliki. Jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan saldo dari akun Shopeepay yang dimiliki.

2. Mengubah Pin

Jika sudah berada di menu setting, selanjutnya pengguna diminta untuk mengubah menu PIN Shopeepay yang ada di bagian tersebut. Untuk cara ini dapat dilakukan ketika ingin mengubah pin dari akun Shopeepay.

Baca juga:  11 Cara Buat Akun Pengunjung Baru Higgs Domino

Ketika ingin melihat PIN Shopeepay, maka harus mengubah PIN terlebih dahulu. Jika melakukan pengubahan PIN maka pengguna akan mengetahui pin lama dan diminta untuk mengganti pin yang baru. Silahkan membuat kode PIN yang mudah diingat agar tidak lupa pin Shopeepay.

Akan tetapi jangan sampai mudah dibobol oleh orang lain . PIN yang direkomendasikan yaitu adanya penggunaan kombinasi angka dan huruf.

3. Konfirmasi Kode OTP

Cara selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu dengan mendapatkan kode OTP. Kode OTP ini hanya diberikan satu kali, sehingga tidak bisa berubah-ubah. Setiap kali pengguna shopeepay melakukan pengubahan data, maka akan dikirimkan kode OTP.

Kode tersebut dapat dikirimkan melalui WhatsApp SMS maupun telepon secara otomatis. Setiap pengguna bisa memperoleh kode OTP jika melakukan pengubahan data.

4. Verifikasi Akun

Cara selanjutnya ketika pengguna sudah menerima kode OTP yaitu dengan melakukan verifikasi. Jika telah terverifikasi, otomatis pengguna dapat mengakses akun Shopeepay kembali. Untuk proses verifikasi akun tersebut bisa bermanfaat bagi pengguna yang lupa dengan Pin shopeepay.

Ini adalah cara yang paling mudah dalam menjaga keamanan dari akun shopeepay. Sementara verifikasi ini sudah bisa melindungi akun agar terhindar dari pembobolan akun yang tidak bermanfaat.

FAQ:

Walaupun sudah memiliki banyak pengguna, namun sebagian besar dari penggunaan Shopeepay itu sendiri tidak terlalu mengetahui seputar aplikasi yang satu ini. Sebagai pengguna, maka penting sekali informasi seperti yang ada di bawah ini:

Baca juga:  3 Cara Menghapus Akun Kredivo beserta Data Diri

1. Mengapa Harus Menggunakan PIN Shopeepay?

Penggunaan PIN Shopeepay perannya sangatlah penting, karena hampir sama seperti ATM. Keberadaan dari PIN Shopeepay ini untuk menjaga keamanan supaya tidak semua orang dapat menggunakan akun shopeepay. Sehingga secara tidak langsung hal ini digunakan untuk meminimalisir adanya penyalahgunaan. Mengingat bahwa shopeepay menyimpan data dan dana yang ada di dalamnya.

2. Berapa Digit Pin Shopeepay?

PIN shopeepay telah menetapkan 6 digit angka yang meminta penggunanya untuk memasukkan PIN tersebut ketika ingin mencairkan uang melalui shopeepay ke rekening bank. Pengguna juga bisa memanfaatkan shopeepay untuk berbelanja di aplikasi shopee. Ketika ingin berbelanja melalu shopee, maka pengguna akan diminta untuk melakukan input pin. Baik itu saat melakukan pembayaran melalui scan QR Code atau yang lainnya.

3. Bagaimana Cara Membuat Pin Shopee Supaya Selalu Aktif?

Pengguna bisa membuat pin shopeepay supaya tetap aktif dan dapat digunakan untuk menarik dana ke rekening maupun berbelanja melalui e-commerce shopee. Cara yang dilakukan yaitu dengan membuat pin shopeepay setelah proses pembuatan akun selesai. Cara yang kedua yaitu membuat pin shopeepay ketika sedang melakukan belanja.

Jika lupa pin Shopeepay maka PIN Shopeepay akan diubah secara langsung dan pengguna bisa menggunakan pin Shopeepay yang baru untuk melakukan transaksi. Jika pengguna tidak bisa melakukan pengubahan PIN Shopeepay, maka dapat mencobanya kembali satu kali 24 jam.

Baca Juga:

error: