7 Cara Menghapus Data Pinjol Pribadi 100% Ampuh

Pinjaman online semakin marak dengan banyaknya masyarakat yang membutuhkan dana pinjaman. Dibutuhkan data pribadi ketika bertransaksi dengan pinjol. Jika pilih pinjol yang legal tidak masalah, tapi apabila ilegal akan meresahkan. Bagaimana cara menghapus data pinjol?

Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa cara dilakukan dalam menghapus data pribadi. Data yang digunakan untuk pinjol dapat dihapus dengan tidak terlalu rumit.

Sebelum tahu cara untuk hapus data pinjol ini, memang sebaiknya tahu agar tidak terjebak pinjol ilegal.

Pentingnya Hapus Data Pinjol

Sepenting apa data untuk pinjaman online sehingga harus dihapus? Pertanyaan yang muncul ketika banyaknya notifikasi atau pesan lewat ponsel dirasa mengganggu. Banyaknya pesan lewat SMS memang menjadi keluhan banyak orang karena tidak tepat dan pas.

Bagi pinjol sendiri hal tersebut dimaksudkan untuk mendapatkan nasabah. Meskipun sekarang hal tersebut telah berkurang bahkan hilang karena tidak diperbolehkan. Data yang telah masuk di aplikasi pinjol memang rentan diintip pihak yang kurang bertanggung jawab.

Penagihan dan tawaran terus menerus menjadi gangguan yang harus dihilangkan dengan cara hapus data. Terlebih maraknya kasus akan pinjol ilegal yang membuat peminjam seolah diteror dengan banyak cara.

Bahkan, data orang terdekat dapat pula disadap yang tentu akan merugikan pemilik data. Semakin hari jika dibiarkan akan mengganggu dan tidak nyaman serta tidak tenang.

Anda dapat melakukan cara menghapus data pinjol agar terhindar dari pinjol yang merongrong setiap harinya.

Akses yang Dibutuhkan Pinjol

Melakukan pinjaman online boleh saja dilakukan apabila pinjol yang Anda pilih valid, legal, dan terdaftar di OJK. Jika terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan, maka lebih aman untuk kelanjutan pinjam meminjam online ini dilakukan.

Baca juga:  8 Cara Mencairkan Limit Akulaku 100% Pasti Cair

Ketika Anda setuju melakukan pinjaman secara online, maka ada data harus masuk di aplikasi pinjol tersebut. Biasanya, data yang diperlukan oleh aplikasi adalah akses lokasi, internet, nomor kontak, SMS, dan telepon.

Bukan hanya itu saja, Anda dapat pula diminta data dari e-commerce, media sosial, hingga internet banking. Menimbulkan kewaspadaan tersendiri jika hal menyangkut data sangat pribadi terlebih hal keuangan diminta oleh pihak pinjol.

Sederhananya, pihak pinjol akan hanya meminta terhubung dengan smartphone yang Anda gunakan untuk keperluan aplikasi. Jika tidak bersedia, artinya akan saat akan mendaftar atau instal saja tidak akan disetujui.

Pada akhirnya karena membutuhkan pinjaman tersebut, akses disetujui. Biasanya pinjol membutuhkan akses penting, yaitu:

  • Nomor kontak yang bersangkutan sehingga dapat dihubungi sewaktu-waktu. Sewaktu-waktu ini kadang menjadi gangguan karena tidak hanya siang hari, bahkan tengah malam sekalipun pesan masuk ke ponsel. Sangat mengganggu sekali di saat tidak tepat.
  • Informasi adanya sambungan WiFi sehingga memudahkan pinjol akses lebih banyak data pribadi. Hal ini kadang kurang disadari peminjam online.
  • Perkiraan lokasi dalam hubungannya dengan GPS, yang memungkinkan pinjol akan tahu lokasi keberadaan Anda. Lokasi akan memudahkan pihak pinjol ketika membutuhkan bertemu langsung ketika ada keterlambatan pembayaran angsuran.
  • Akses panggilan telepon yang datang tanpa kenal waktu. Kadang, telepon dilakukan di saat kurang tepat dan sangat mengganggu.
  • Akses pengambilan video atau gambar dari ponsel lebih membahayakan karena akses pribadi ini tersadap pihak pinjol.
  • Akses foto, video, file, dan media yang tentunya jika ada file penting akan membahayakan peminjam.
  • Status ponsel dan mampu membaca identitas yang merupakan data sangat pribadi.
  • Akses membaca ID dari perangkat dan informasi panggilan, hal ini serasa kegiatan diintip setiap waktu setiap saat.

Banyaknya akses yang diinginkan pihak pinjol, jadi harus lebih waspada apakah legal atau ilegal. Jika ilegal, maka data akan membahayakan karena dapat digunakan pihak tak bertanggung jawab.

Baca juga:  8 Resiko Telat Bayar EASY CASH! Telat 42 Hari

Data yang diberikan secara tidak langsung adalah privasi pribadi telah diserahkan pihak pinjol.

Tidak heran keinginan cara menghapus data pinjol agar tidak dihubungi secara terus menerus yang sekiranya malah mengganggu. Selain untuk keamanan pribadi, gangguan dan teror dapat dihentikan dengan segera.

Cara Menghapus Data Pinjol

Agar tidak terganggu dengan berbagai hal terkait pinjaman online, Anda dapat melakukan beberapa langkah mudah. Beberapa langkah dilakukan dengan cara bertahap, tergantung tingkat kesulitan. Kadang memang sulit, tapi ada pula yang mudah dilakukan.

Anda dapat melakukan trik dengan metode seperti di bawah ini:

1. Melunasi Angsuran

Apabila Anda masih memiliki tanggungan angsuran, sebaiknya lunasi dulu hingga angsuran terakhir. Jangan lupa berserta bunganya sekalian karena jika tidak maka akan ada denda yang makin lama bertambah banyak.

Dengan lunasnya angsuran, artinya Anda telah selesai urusannya dengan pihak pinjol. Sangat wajar jika ingin menghapus data yang ada di aplikasinya.

2. Menghapus Data

Cara ini lebih mudah dilakukan yaitu langsung masuk ke menu pengaturan ponsel Anda. Pilih aplikasi lalu ke aplikasi pinjaman online.

Pilih hapus data serta cache. Maka data Anda akan terhapus dengan sendirinya.

3. Menghapus Aplikasi

Cara berikutnya dengan menghapus aplikasi di perangkat yang Anda miliki. Caranya masuk ke menu pengaturan serta pilih aplikasi pinjol yang Anda miliki.

Kemudian pilih uninstall agar aplikasi hilang dari perangkat Anda. Aplikasi yang telah ter-uninstall membuat data Anda aman dari pinjol.

4. Menghubungi Call Center

Menghubungi secara langsung pihak call center pinjol dan katakan Anda telah lunas dari pinjaman. Kemudian ingin mengajukan penghapusan data pribadi di pihak pinjol.

Dengan begitu, data Anda dapat dihapus dari pihak pinjaman online yang bersangkutan.

5. Ganti SIM Card

Mengganti nomor ponsel menjadi cara ampuh ketika cara di atas gagal dilakukan dan tidak berhasil. Cara menghapus data pinjol dengan mengganti SIM card banyak dilakukan karena lebih praktis dan mudah.

Baca juga:  7 Resiko Kabur dari Pinjaman Online! Kontak di Teror

Nomor yang telah diganti akan membuat pinjol tak dapat menghubungi Anda kembali. Hal ini menyebabkan pesan atau notifikasi bahkan telepon yang datang dan mengganggu tidak bakal Anda terima kembali.

6. Menghapus Akun Media Sosial

Terhubungnya data pribadi dengan media sosial memang sedikit merepotkan. Namun, mungkin cara ini akan lebih aman yaitu dengan menghapus akun media sosial yang Anda miliki, baik itu FB, Instagram, bahkan twitter.

Penghapusan akun secara otomatis data akan hilang dan tak terlacak oleh pihak pinjol. Hanya saja, hal ini akan menyulitkan Anda jika media sosial bukan hanya untuk sekadar hal biasa.

Beda lagi jika akun untuk berbisnis, maka perlu dipikirkan ulang.

7. Lapor Pihak OJK

Melaporkan ke OJK jika dirasa Anda telah terganggu dan data pribadi disalahgunakan. Pihak OJK akan cek apakah pinjol tersebut legal atau ilegal. Dengan demikian, akan ada kejelasan dan tidak ada gangguan lagi melalui ponsel.

Sebelum melakukan pinjaman online memang sebaiknya mencari informasi sebanyak-banyaknya agar jelas. Dari sini Anda dapat melihat manfaat serta resiko yang kemungkinan akan dihadapi. Jika sudah tahu informasi, akan lebih gesit menangani dan memilih pinjol legal yang terpercaya.

Cara menghapus data pinjol bisa dilakukan jika memang sangat mengganggu. Adanya data yang telah terhapus artinya pihak pinjol tak dapat lagi melakukan notifikasi atau mengirim pesan.

Baca Juga:

error: Content is protected !!
close