Jam Besuk RS Bethesda Yogyakarta Terbaru 2024 Senin-Minggu


Beben.id – Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta dikenal sebagai rumah sakit yang selesai dibangun pada tahun 1899 dan menjadi milik Yayasan Kristen Kesehatan Masyarakat atau YAKKUM. Sama halnya dengan rumah sakit lain yang memiliki peraturan tersendiri, jam besuk RS Bethesda Yogyakarta juga dibatasi.

Pada awalnya, rumah sakit ini bernama Rumah Sakit Petronella yang digagas oleh Dr. J. G. Scheurer. Namun, pada zaman penjajahan, rumah sakit ini diambil alih oleh Jepang dan kemudian namanya diganti menjadi Jogjakarta Tjuo Bjoin. Akan tetapi, hal itu hanya berlaku saat Jepang berkuasa.

Setelah masa penjajahan berakhir, rumah sakit kembali dikelola Indonesia dan diberi nama Roemah Sakit Poesat. Lalu, pada tahun 1950 diresmikan dengan nama baru yaitu Rumah Sakit Bethesda. Nama itulah yang terus digunakan hingga sekarang dan dikenal oleh masyarakat sekitar.

Jam Besuk RS Bethesda Yogyakarta

Saat ada keluarga atau teman yang sakit, orang-orang umumnya datang untuk menjenguk. Namun, menjenguk orang sakit di rumah dan di rumah sakit memiliki aturan yang berbeda. Jika di rumah, waktu kunjungan tergolong lebih fleksibel karena Anda bisa datang kapan saja sesuai dengan kesempatan.

Akan tetapi, di rumah sakit hal tersebut tidak dapat dilakukan. Mengapa demikian? karena di rumah sakit terdapat banyak orang yang sedang menjalani perawatan yang tentu saja membutuhkan kenyamanan dan ketenangan. Untuk itulah, rumah sakit Bethesda Yogyakarta membuat aturan, yakni:

Baca Juga:  Biaya Operasi Hipospadia Pakai BPJS dan Tanpa BPJS

Berkunjung Hari Senin – Minggu:

  • Pagi Hari: Pukul 10.00 WIB – 11.00 WIB
  • Sore Hari: Pukul 16.00 WIB – 21.00 WIB

Aturan jam besuk RS Bethesda Yogyakarta di atas wajib untuk ditaati oleh setiap pengunjung, tanpa terkecuali. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui peraturan jam besuk sebelum mengunjungi pasien. Tujuannya agar saat datang bisa langsung masuk dan melihat orang yang sakit.

Adapun jika berkunjung di luar jam yang telah ditentukan rumah sakit, maka Anda tidak bisa masuk. Dengan kata lain, kunjungan akan sia-sia dan harus menunggu jam besuk sesuai aturan. Jadi, sebaiknya persiapkan diri terlebih dahulu dan perhatikan jadwal yang ditetapkan oleh rumah sakit.

Tata Tertib RS Bethesda Yogyakarta

Ada beberapa tata tertib yang dimiliki oleh Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta yang wajib diketahui. Tata tertib ini untuk pengunjung maupun pendamping pasien yang ada di dalam kamar. Jika Anda memiliki keluarga atau kerabat yang dirawat di rumah sakit tersebut, pastikan untuk mengetahuinya.

1. Pasien yang Perlu Dijaga

Saat dirawat di RS Bethesda Yogyakarta, pasien bisa ditunggu dan tidak ditunggu. Hal tersebut tergantung pada kondisi pasien dan arahan dari dokter yang menangani. Jika kondisi pasien cukup membutuhkan ketenangan yang tinggi, biasanya tidak dianjurkan untuk mendapatkan penunggu.

Baca Juga:  Jam Besuk RS Charitas Palembang Terbaru Setiap Hari Pagi/Siang

Sebaliknya, jika kondisi pasien cenderung membutuhkan penjagaan kerabat, maka disarankan untuk memiliki penunggu. Namun, aturan terkait penunggu tersebut juga sudah ditetapkan oleh rumah sakit. Di bawah ini, terdapat 3 aturan yang berhubungan dengan penunggu pasien.

  • Jumlah penunggu yang diizinkan hanya 1 orang
  • Penunggu harus dalam keadaan sehat, baik jasmani maupun rohani
  • Penunggu harus turut serta menjaga kebersihan dan ketertiban rumah sakit

Aturan tersebut menjadi sangat penting karena banyak kerabat yang seringkali memaksa untuk menunggu pasien dengan jumlah yang banyak. Jadi, pihak rumah sakit menerbitkan aturan dengan membatasi penunggu hanya bisa satu orang saja demi kenyamanan bersama.

2. Larangan Untuk Pendamping Pasien

Pendamping atau pengunjung pasien tidak dapat melakukan berbagai hal secara bebas saat berada di ruang rawat. Hal ini diatur oleh pihak rumah sakit demi menjaga kenyamanan pasien serta ketertiban lingkungan sekitar. Apalagi, biasanya saat berkunjung, pendamping cenderung emosional.

Tidak hanya itu, sebagian pengunjung juga selalu berinisiatif untuk membawa berbagai perlengkapan atau makanan yang sebenarnya tidak dianjurkan oleh rumah sakit. Oleh karena itu, pihak RS Bethesda Yogyakarta telah membuat aturan untuk pendamping pasien bahwa dilarang untuk:

  • Memotret, merekam, atau mendokumentasikan tindakan medis atau keperawatan apapun tanpa izin tertulis dari pihak rumah sakit
  • Membawa senjata, narkoba, atau bahan berbahaya lainnya di area rumah sakit
  • Membuat onar atau keributan di area rumah sakit
  • Merokok di area rumah sakit
  • Pengunjung yang berusia di bawah 12 tahun tidak boleh menjenguk pasien
  • Mengambil, memindahkan, atau melepas barang inventaris yang ada di ruang rawat tanpa izin dari petugas
  • Penunggu dilarang memasuki ruang perawatan saat tindakan medis sedang dilakukan
  • Kehilangan uang maupun barang berharga bukan tanggung jawab rumah sakit
  • Membawa alat elektronik yang menggunakan tenaga listrik
  • Mencuci pakaian di dalam kamar mandi di ruang rawat
  • Menjemur pakaian di ruang perawatan
  • Membawa barang berharga, seperti emas dan berlian saat mengunjungi pasien
Baca Juga:  Jam Besuk RSU Budi Rahayu Senin-Minggu dan Jadwal Dokter

Setiap orang yang ingin berkunjung wajib untuk mematuhi aturan jam besuk RS Bethesda Yogyakarta. Rumah sakit ini memberikan waktu pada siang hingga malam hari kepada para pengunjung untuk membesuk pasien. Adapun waktu besuk terbatas pada jam-jam tertentu.

error: