Jam Besuk RS Kariadi Semarang: Jadwal dan Aturan


Beben.id – Anda memiliki keluarga atau teman yang sedang dirawat di Rumah Sakit Kariadi Semarang? Mengetahui jadwal jam besuk yang berlaku di rumah sakit ini sangat penting. Setiap rumah sakit memiliki aturan dan jadwal jam besuknya sendiri demi kenyamanan, keamanan, dan kesembuhan pasien. Dalam artikel ini, kita akan membahas jadwal jam besuk RS Kariadi Semarang, tata tertib yang berlaku, serta informasi penting lainnya yang perlu Anda ketahui sebelum mengunjungi pasien.

Profil RSUP Dr. Kariadi Semarang

RSUP Dr. Kariadi Semarang adalah rumah sakit terbesar di Semarang dan berfungsi sebagai rumah sakit rujukan untuk Jawa Tengah. Rumah sakit ini didirikan pada tanggal 9 September 1925 dengan nama Centrale Buzgerlijke Ziekewsichting (CBZ) dan kemudian berganti nama menjadi “Purusara” pada masa penjajahan Jepang. Saat ini, RSUP Dr. Kariadi merupakan rumah sakit pendidikan kelas A yang berperan sebagai fasilitas pendidikan bagi tenaga medis dari FK UNDIP dan institusi pendidikan lainnya.

Dengan luas lahan 193.410 m2 dan luas bangunan 82.754 m2, RSUP Dr. Kariadi Semarang menawarkan berbagai fasilitas dan pelayanan medis terbaik. Rumah sakit ini juga memiliki beberapa paviliun dan ruangan perawatan yang nyaman seperti Ruang Rajawali, Ruang Merak, Ruang Kepodang, Ruang Kenari, Ruang Geriatri, dan Ruang Elang.

Tata Tertib Umum

Sebelum mengunjungi pasien di RS Kariadi Semarang, ada beberapa tata tertib umum yang perlu diperhatikan:

  1. Menjaga ketertiban dan kebersihan: Setiap pengunjung diharapkan menjaga kebersihan dan ketertiban di lingkungan RSUP Dr. Kariadi.
  2. Kondisi kesehatan dan protokol kesehatan: Pastikan Anda dalam kondisi sehat jasmani dan rohani. Juga, pastikan Anda sudah melakukan vaksinasi Covid-19 minimal dua kali dan melakukan skrining dengan pemeriksaan Rapid Diagnostic Test Antigen serta QR Code Peduli Lindungi sebelum memasuki area rumah sakit.
  3. Barang berharga: Dilarang membawa barang berharga seperti perhiasan, perlengkapan tidur, ember, dan barang lain yang tidak dapat masuk ke dalam almari pasien. Rumah Sakit tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan barang-barang tersebut.
  4. Barang elektronik: Dilarang membawa dan menggunakan barang elektronik seperti kipas angin, hairdryer, kompor listrik, pemanas air, rice cooker, dan sejenisnya di dalam rumah sakit. Hal ini untuk mencegah potensi kebakaran atau kehilangan. Rumah Sakit tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan barang-barang tersebut.
  5. Keamanan: Dilarang membawa senjata tajam, senjata api, atau barang lain yang dapat membahayakan orang lain di lingkungan rumah sakit.
  6. Kebiasaan buruk: Dilarang merokok, mengkonsumsi narkoba, atau minuman beralkohol di dalam rumah sakit.
  7. Pengambilan gambar: Dilarang mengambil foto atau video pasien atau pegawai rumah sakit tanpa seizin petugas RSUP Dr. Kariadi. Juga, dilarang menyebarluaskan gambar tersebut ke media sosial tanpa izin yang sah.
  8. Batasan usia: Anak di bawah 14 tahun tidak diperbolehkan masuk ke dalam ruang perawatan pasien.

Tata Tertib Khusus

Selain tata tertib umum, terdapat juga tata tertib khusus yang perlu diperhatikan oleh pasien, penunggu pasien, pengantar pasien, pengunjung pasien, dan tamu rumah sakit. Berikut adalah tata tertib khusus yang harus dipatuhi:

Baca Juga:  7 Biaya Cabut Gigi 2024 di Semua Klinik dan Rumah Sakit

Tata Tertib Bagi Pasien

  1. Rawat Jalan/Poliklinik: Setiap pasien rawat jalan atau poliklinik diizinkan didampingi oleh satu orang pengantar, kecuali pasien dengan keterbatasan fisik yang membutuhkan bantuan dua orang pengantar.
  2. Rawat Inap: Satu penunggu diperbolehkan menunggui pasien rawat inap, kecuali pasien anak, pasien kritis, pasien gawat, dan pasien pasca operasi 24 jam pertama yang dapat ditunggui oleh maksimal dua penunggu.
  3. Keterbatasan keluar ruang perawatan: Pasien dilarang keluar ruang perawatan tanpa seizin dokter atau perawat.

Tata Tertib Bagi Penunggu Pasien

  1. Penunggu Pasien Rawat Inap: Jumlah maksimal penunggu pasien adalah satu orang, kecuali untuk pasien kondisi kritis, pasien pasca operasi, atau pasien anak-anak yang dapat ditunggui oleh dua orang penunggu. Penunggu pasien akan diberikan kartu tunggu yang diberikan di ruang rawat inap.
  2. Penunggu Pasien yang menjalani tindakan operasi: Jumlah penunggu pasien yang menjalani tindakan operasi adalah maksimal satu orang. Namun, penunggu pasien tidak diperkenankan masuk ke ruang operasi selama tindakan operasi berlangsung.

Tata Tertib Bagi Pengunjung Pasien

  1. Pintu Masuk Pengunjung Pasien: Pengunjung pasien rawat inap masuk dan keluar area rumah sakit melalui pintu Fasilitas Umum (Fasum). Pengunjung pasien rawat inap di Instalasi Eksekutif masuk dan keluar melalui pintu masuk Instalasi Eksekutif (Gedung Garuda).
  2. Jam Berkunjung: Waktu berkunjung pasien rawat inap adalah pukul 17.00 – 19.00 WIB.
  3. Jumlah Pengunjung: Jumlah maksimal pengunjung untuk setiap pasien adalah dua orang. Namun, jumlah orang yang masuk ke ruang perawatan pasien pada saat yang bersamaan tidak boleh lebih dari tiga orang, yaitu maksimal satu penunggu dan dua pengunjung.
  4. Batasan Usia: Anak di bawah usia 14 tahun tidak diizinkan masuk ke ruang perawatan, kecuali mengunjungi pasien dalam keadaan kritis yang memiliki hubungan keluarga sampai derajat kedua dan mendapat izin dari dokter atau perawat ruangan.
  5. Waktu Berkunjung: Pengunjung dilarang berkunjung di luar waktu berkunjung yang telah ditentukan, kecuali mendapat persetujuan dari dokter atau perawat ruangan.
  6. Karangan Bunga: Pengunjung dilarang membawa karangan bunga ke ruang perawatan untuk mencegah penyebaran infeksi kepada pasien.
  7. Toilet: Pengunjung dilarang menggunakan kamar mandi atau toilet pasien.

Tata Tertib Bagi Pengantar Pasien

  1. Jumlah Pengantar Pasien: Jumlah maksimal pengantar pasien adalah satu orang, kecuali untuk pasien dengan keterbatasan gerak, pasien lanjut usia, atau pasien anak-anak yang dapat didampingi oleh dua pengantar.
  2. Pengembalian Prasarana: Setelah pasien selesai menjalani pelayanan kesehatan, pengantar pasien harus mengembalikan prasarana rumah sakit seperti kursi roda atau tempat tidur yang dipinjam untuk keperluan pasien.

Tata Tertib Bagi Tamu Rumah Sakit

  1. Pintu Masuk: Tamu tidak diperbolehkan memasuki ruang kerja pegawai kecuali mendapat izin dari pimpinan ruangan terkait.
  2. Area Kunjungan: Tamu hanya diperbolehkan mengunjungi area atau ruangan sesuai dengan keperluannya.

Jam Besuk RS Kariadi Semarang

Berikut adalah jadwal jam besuk RS Kariadi Semarang:

  • Hari Senin hingga Jumat: 17.00 – 19.00 WIB
  • Hari Libur: 11.00 – 12.00 WIB dan 17.00 – 18.30 WIB

Perlu diingat bahwa anak di bawah 14 tahun tidak diizinkan masuk ke ruang perawatan, kecuali mengunjungi pasien dalam keadaan kritis yang memiliki hubungan keluarga sampai derajat kedua dan telah mendapat izin dari dokter atau perawat ruangan.

Baca Juga:  Jam Besuk di RS Ortopedi Solo: Jadwal dan Aturan

Informasi Kontak dan Alamat RS Kariadi Semarang

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut atau memiliki pertanyaan, berikut adalah informasi kontak dan alamat RS Kariadi Semarang:

  • Alamat: Jl. Dr. Sutomo No. 16 Semarang, Jawa Tengah – Indonesia, Kode Pos: 50244
  • Telepon: +62 24 8413476
  • Website: www.rskariadi.co.id

Jangan ragu untuk menghubungi RS Kariadi Semarang melalui kontak yang telah disediakan jika Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan.

Baca Juga:  4 Pelunasan Khusus FIF dan Cara Mengajukan 2024

Kesimpulan

Menjenguk pasien di RS Kariadi Semarang adalah tindakan terpuji yang dapat memberikan dampak positif terhadap kesehatan mental pasien. Namun, penting untuk mematuhi tata tertib dan jadwal jam besuk yang berlaku agar proses kunjungan berjalan dengan lancar dan tetap mengutamakan kenyamanan, keamanan, dan kesembuhan pasien. Dengan memahami tata tertib dan informasi yang telah disampaikan dalam artikel ini, Anda dapat menjalankan kunjungan dengan baik dan memberikan dukungan kepada saudara atau teman yang sedang dirawat di RS Kariadi Semarang.

Baca Juga:

error: