6 Cara Cek Saldo Asuransi Takaful Mudah Praktis

Menjadi salah satu asuransi berbasis syariah yang terkenal di Indonesia, Takaful adalah perusahaan yang menjadi primadonanya sebagian besar masyarakat. Apakah Anda adalah salah satu nasabah dari Takaful, tapi bingung bagaimana cara cek saldo asuransi Takaful?

Tenang saja, jangan terlalu membingungkan cara cek saldo asuransi karena panduan ini akan membantu Anda mengetahui berapa saldo secara detail. Banyak cara yang bisa dimanfaatkan untuk mengecek sisa saldo. Penasaran apa saja cara yang bisa digunakan?

Mengenal Asuransi Takaful

Asuransi Takaful dikelola oleh PT Asuransi Takaful Keluarga dan banyak yang meminati produk asuransi dari Takaful karena memang semua operasionalisasinya menggunakan prinsip syariah. Selain itu, premi yang disediakan oleh Takaful juga terjangkau.

Anda bisa memilih sendiri premi yang dirasa sesuai dengan anggaran. Adapun 3 pilihan produk asuransi yang dimiliki oleh Takaful sendiri adalah:

1. Takaful Personal

Produk pertama yang bisa digunakan adalah Takaful Personal yang sesuai dengan namanya, tentu saja akan memberi perlindungan pada diri Anda sendiri. Produk ini akan melindungi investasi Anda sehingga menjamin berbagai kebutuhan Anda mulai dari pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Menariknya dari produk asuransi ini adalah Anda bisa menjalin koneksi dengan semua anggota Takaful agar bisa menjalin persaudaraan yang baik.

2. Takaful Korporat

Produk kedua yang bisa Anda gunakan adalah Takaful Korporat, sebuah asuransi jiwa yang melindungi kesehatan diri sendiri dengan menjamin semua biaya perawatan atau kecelakaan. Takaful korporat ini ditujukan untuk pegawai, karyawan, maupun anggota dari organisasi hingga relawan.

3. Takaful Bancassurance

Produk terakhir yang bisa digunakan adalah Takaful Bancassurance. Produk asuransi satu ini ditujukan untuk melindungi perusahaan perbankan yang ingin membangun hubungan harmonis pada semua nasabahnya.

Baca juga:  3 Cara Cek Saldo Asuransi CAR Online dan Offline

Dengan Takaful Bancassurance, diharapkan pihak perusahaan bisa menjadi lebih fokus dalam memberikan layanan terbaik untuk nasabahnya. Tiga produk asuransi dari Takaful ini terbukti telah sukses dalam memberikan proteksi bagi seluruh nasabah.

Cara Cek Saldo Asuransi Takaful

Anda tidak perlu bingung untuk cek saldo Asuransi Takaful karena caranya cukup mudah diikuti. Berikut beberapa cara untuk cek saldo Asuransi Takaful, yaitu:

1. Melalui Email

Cara pertama yang bisa Anda manfaatkan untuk mengecek saldo di asuransi Takaful adalah dengan menggunakan email, berikut panduannya:

  • Bukalah akun email Anda dan masukkan username serta password.
  • Setelah masuk email, maka pilihlah opsi + untuk bisa mengirimkan pesan ke customer care Takaful Asuransi.
  • Selanjutnya, untuk kolom Penerima, Anda bisa menuliskan alamat email [email protected].
  • Lalu di kolom Subjek, tuliskan “Cek Informasi Saldo”.
  • Pada bagian badan email, sampaikan saja bahwa Anda hendak mengetahui informasi saldo.
  • Setelah itu, klik opsi Lampiran untuk menyertakan foto kartu asuransi Anda dan identitas pendukung seperti KTP.
  • Selanjutnya, kirim saja pesan tersebut ke email yang sudah dituliskan dan tunggu sampai Customer Service Takaful membalas pesan Anda dan menginformasikan sisa saldo yang dimiliki.

2. Menghubungi Call Center

Cara cek saldo asuransi Takaful yang kedua adalah dengan menghubungi pihak call center perusahaan. Jika Anda ingin menggunakan cara ini, maka pastikan bahwa pulsa yang dimiliki cukup untuk melakukan panggilan.

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan kartu asuransi supaya agen call center Takaful mudah melakukan pengecekan. Berikut panduan untuk mengecek saldo melalui call center:

  • Tekanlah menu Telepon yang ada di ponsel Anda.
  • Selanjutnya, tekanlah nomor 79190005 dari ponsel Anda. Jika domisili Anda tidak di Jabodetabek, maka tambahkan kode 021.
  • Selanjutnya, tekan opsi Call dan tunggu sampai panggilan Anda ini terhubung ke pihak customer service.
  • Apabila agen call center Takaful sudah menjawab panggilan Anda, sampaikan saja keperluan Anda dan jangan lupa sebutkan nomor polis Anda.
  • Tunggu sampai agen call center melakukan kroscek terkait informasi polis Anda.
Baca juga:  4 Cara Cek Saldo AXA Mandiri Online dan Offline

3. Melalui Layanan WhatsApp

Ternyata, untuk bisa mengecek jumlah saldo asuransi di Takaful, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pesan instan WhatsApp. WhatsApp sendiri adalah primadonanya aplikasi perpesanan di era ini sehingga siapapun pasti punya WhatsApp.

Cara cek saldo asuransi Takaful dengan WhatsApp sendiri amatlah mudah, yakni:

  • Simpanlah nomor Customer Care Takaful 08118206531 di ponsel Anda.
  • Selanjutnya, buka aplikasi WhatsApp dan update kontak Anda sampai muncul nomor Customer Care Takaful yang sudah Anda simpan sebelumnya.
  • Jika nomornya sudah muncul, maka Anda bisa segera chat dan sampaikan ID polis Anda. Tulis pesan ke nomor tersebut bahwa Anda ingin tahu sisa saldo yang dimiliki.
  • Kirimkan pesan tersebut dan tunggulah sampai pesan dibalas.

Menariknya dengan menghubungi nomor WhatsApp asuransi Takaful adalah bisa dilakukan dengan gratis. Apalagi WhatsApp adalah aplikasi yang sangat familiar sehingga rasanya tidak akan sulit memanfaatkannya untuk cek saldo asuransi di Takaful.

4. Melalui SMS

Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan SMS lho untuk mengecek saldo asuransi di Takaful. Cara cek saldo asuransi Takaful dengan SMS sangat mudah. Pastikan jika pulsa Anda ini cukup ya untuk mengirim SMS mengingat saat ini jarang sekali ada orang yang masih menggunakan SMS.

Berikut panduan kirim SMS ke nomor customer care Takaful:

  • Pilihlah menu SMS pada ponsel Anda.
  • Setelah itu, tekan opsi yang Tulis.
  • Pada kolom Penerima, Anda bisa tekan 08118206531.
  • Tuliskan ID Polis Anda dan sampaikan bahwa Anda ingin mengecek informasi saldo.
  • Selanjutnya, Anda bisa kirimkan pesan tersebut ke nomor yang ada di kolom Penerima.
  • Tunggu sampai SMS Anda mendapatkan balasan dari customer care Takaful.
Baca juga:  5 Cara Cek Saldo Allianz Mudah Cuma 3 Menit

Jika Anda menggunakan cara ini, maka kekurangannya adalah Anda tidak bisa cek informasi apapun selain apa yang Anda tanyakan karena memang karakter dari SMS sangat terbatas. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan pulsa.

5. Melalui Kantor Asuransi Takaful

Perusahaan Takaful sudah memiliki banyak sekali cabang yang tersebar di mana-mana. Anda juga bisa mengunjungi kantor asuransi Takaful terdekat yang ada di kota Anda.

Anda bisa cek lokasi kantor cabang asuransi Takaful di Google Maps. Jika sudah sampai di kantor cabangnya, maka ambil saja antrian ke customer service dan sampaikan kebutuhan Anda. Jangan lupa bawa kartu identitas dan kartu asuransi Anda untuk memudahkan pengecekan.

6. Melalui Agen Asuransi

Cara cek saldo asuransi Takaful yang terakhir adalah dengan bertanya kepada agen yang membantu Anda terdaftar jadi nasabah di Takaful. Jika Anda menjadi nasabah karena bantuan agen asuransi, maka Anda bisa lho tanyakan informasi saldo ini kepada agen yang telah membantu Anda.

Pastikan bahwa Anda menunjukkan ID polis ke agen asuransi yang membantu Anda, mengingat mereka juga tidak hanya menangani satu agen saja, namun bisa mencapai puluhan. Dengan memberikan ID polis asuransi, maka agen lebih mudah mengecek informasi saldo asuransi Anda.

Mudah bukan cara cek saldo asuransi Takaful? Anda bisa memanfaatkan layanan call center, email, SMS, WhatsApp, agen asuransi, hingga datang ke kantor cabangnya langsung. Lakukan cek saldo asuransi secara berkala agar Anda selalu mengetahuinya.

Baca Juga: 

error:
close