Jam Besuk RSUD Wates 2024 Senin-Minggu dan Hari Libur

Beben.id – Pihak managemen rumah sakit pernah memperketat peraturan tentang jam besuk RSUD Wates. Pengetatan tersebut dilakukan sebagai langkah untuk mencegah penularan penyakit dari pasien kepada orang lain.

Disamping itu, pengetatan jam besuk pasien di RSUD Wates Kulon Progo juga bertujuan untuk memaksimalkan proses pengobatan pasien oleh dokter. Sebelumnnya, jam besuk di RS Wates memang termasuk bebas sehingga bisa mengganggu jam istirahat pasien.

Apalagi selama ini dapat dilihat bahwa animo masyarakat untuk datang ke rumah sakit dan menjenguk pasien rawat inap tergolong tinggi. Bahkan tidak jarang penjenguk datang berombongan dengan jumlah yang cukup banyak.

Jam Besuk RSUD Wates

Pembatasan dan pengetatan jam kunjungan pasien di RSUD Wates dibahas melalui raker oleh pihak managemen rumah sakit dengan DPRD setempat. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya penularan penyakit akibat kunjungan dari luar yang bebas.

Sesuai pembahasan dalam raker tersebut disepakati bahwa jam besuk RSUD Wates dibuka dua kali sehari, jadwalnya adalah :

  • Jam besuk siang mulai 10.30 WIB hingga 12.00 WIB.
  • Jam besuk sore mulai 16.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Sejarah dan Profil Singkat RSUD Wates

Sejak berdirinya Yogyakarta Internasional Airport di Kulon Progo, otomatis membuat daerah Wates juga menjadi semakin ramai. Sehingga fasilitas kesehatan juga dibutuhkan, tidak saja bagi masyarakat sekitar tetapi juga untuk orang-orang yang kebetulan singgah atau lewat Wates.

Baca Juga:  3 Tabel Kredit NMAX 2024 Cicilan mulai 300 Ribuan

Rumah sakit milik pemerintah yang ada di daerah Wates tersebut awalnya merupakan milik Belanda. Lokasinya berada di dekat alun-alun Wates sehingga cukup strategis. Setelah masa kemerdekaan, adanya rumah sakit tersebut tetap dipertahankan.

Tahun 1963, rumah sakit disatukan dengan Dinas Kesehatan Rakyat dan dikelola oleh Pemerintah Daerah Tk II Kulon Progo. Tahun 1994, status rumah sakit menjadi RSUD tipe C kemudian di tahun 2010 ditetapkan sebagai RSUD tipe B non pendidikan.

Rumah sakit di Kulon Progo Yogyakarta ini terus berbenah diri supaya bisa menjadi rumah sakit rujukan yang memberikan pelayanan profesional kepada masyarakat. Bukan hanya menyediakan layanan kesehatan, rumah sakit juga melaksanakan pelatihan dan pengabdian masyarakat.

Alamat dan Kontak Terbaru

  • Alamat: Jalan Tentara Pelajar Km 1 Nomor 5, Area Sawah, Beji, Kecamatan Wates, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kodepos 55651
  • Nomor Telepon:  0274 773169
  • Website: rsud.kulonprogokab.go.id
  • Instagram: @rsud.wates

Fasilitas di RSUD Wates

Sebagai rumah sakit yang memiliki visi misi memberikan pelayanan yang profesional, sudah seharusnya fasilitas medis maupun pendukungnya juga lengkap. Menjadi rumah sakit dengan klasifikasi kelas B, membuat RSUD Wates terus mengembangkan berbagai fasilitas.

Setiap orang yang membutuhkan pelayanan kesehatan di RSUD Wates bisa mengakses dan memanfaatkan berbagai fasilitas disana, diantaranya adalah :

Baca Juga:  4 Cara Cek Angsuran BAF Secara Online dan Offline

1. Instalasi Rawat Jalan dan Rawat Inap

Setiap rumah sakit biasanya memiliki layanan rawat jalan dan juga rawat inap. Pelayanan rawat jalan di RSUD Wates terdiri dari beberapa poli, baik umum maupun spesialis. Masyakarat yang membutuhkan pemeriksaan kesehatan dapat langsung datang ke rumah sakit sesuai jadwal dokter.

Sedangkan pasien yang membutuhkan perawatan intensif serta pengawasan dokter biasanya akan disarankan untuk rawat inap. Nah, jam besuk RSUD Wates berlaku bagi siapa saja yang ingin datang berkunjung ke rumah sakit untuk menengok pasien rawat inap.

2. Radiologi

Pasien dengan keluhan tertentu dan membutuhkan USG maupun rontgen akan dilayani melalui bagian radiologi RSUD Wates. Selain melayani USG dan rontgen, instalasi radiologi juga membuka layanan CT-Scan bagi pasien yang membutuhkannya.

3. Laboratorium

Satu bagian yang cukup penting pada rumah sakit adalah laboratorium. Di RSUD Wates ini pasien dapat mendapatkan pelayana  di laboratorium untuk pengujian berbagai macam tes. Beberapa jenis tes laboratorium yang dilayani misalnya pemeriksaan darah, fungsi hati, kimia klinik dan narkoba.

4. Instalasi Gawat Darurat (UGD)

Instalasi Gawat Darurat RSUD Wates adalah poli yang dapat diakses oleh masyarakat kapan saja, selama 24 jam setiap hari. Dokter jaga yang bertugas di UGD siap memberikan pemeriksaan dan tindakan yang dibutuhkan pasien gawat darurat untuk mencegah kondisi yang lebih parah.

Baca Juga:  Jam Besuk RSUD Cengkareng 2024 dan Aturan Kunjungan

5. Hemodialisa

Hemodialisa adalah tindakan cuci darah bagi pasien dengan penyakit ginjal parah yang dilakukan diluar tubuh. Tujuan hemodialisa adalah untuk menyaring kotoran ataupun racun yang ada dalam darah, yang seharusnya menjadi tugas ginjal.

Hemodialisa di RSUD Wates menggunakan peralatan canggih, supaya pasien dengan ginjal yang sudah tidak bisa berfungsi optimal masih dapat menjalani kehidupan sebagaimana mestinya. Dengan hemodialisa garam, kotoran maupun racun dalam tubuh dapat dikeluarkan.

6. Pemeriksaan Jantung

Ada yang unik dengan salah satu poli di RSUD Wates yaitu bagian pemeriksaan jantung. Rumah sakit daerah di Wates tersebut menyediakan fasilitas treadmill seperti di pusat kebugaran untuk memeriksa kondisi jantung pasien selama melakukan aktivitas fisik.

Melihat animo masyarakat yang cukup tinggi untuk mengunjungi pasien rawat inap di RSUD Wates, maka managemen merasa perlu memberlakukan jam besuk yang ketat. Jam besuk RSUD Wates dibuka setiap hari untuk sesi siang dan juga sore hari, tanpa terkecuali pada hari Minggu dan libur.

error: