Jam Besuk RSUD Ajibarang: Alamat, Fasilitas, Peraturan 2024

Beben.id – Sejak pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ajibarang Banyumas, Jawa Tengah mulai memberlakukan jam besuk. Adapun tujuan diberlakukannya jam besuk RSUD Ajibarang adalah untuk mengatur persebaran pengunjung agar lebih teratur.

Dengan aturan jam besuk inilah, para pasien yang sedang rawat inap pun akan merasa lebih nyaman. Pasalnya, mereka bisa fokus untuk menjalani pemulihan tanpa khawatir ada kunjungan pada waktu-waktu yang tidak bisa diprediksi.

Sementara bagi tenaga dan staf medis, pemberlakuan jam besuk bisa membuat mereka lebih fokus menjalankan tugasnya. Oleh sebab itu, kini hampir semua rumah sakit mulai memberlakukannya. Pun juga RSUD Ajibarang yang merupakan fasilitas kesehatan milik Pemkab Banyumas.

Profil Singkat RSUD Ajibarang

Sesuai dengan namanya, RSUD Ajibarang merupakan rumah sakit milik pemerintah, khususnya Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas. Sebelumnya, fasilitas kesehatan ini adalah Unit Rawat Inap Puskesmas I Ajibarang sebelum akhirnya dikembangkan menjadi RSUD.

Berlokasi di sekitar Jl. Raya Pancasan-Ajibarang, Kabupaten Banyumas, rumah sakit ini menjadi salah satu pilihan masyarakat. Pasalnya, rumah sakit ini menyediakan beberapa layanan rawat jalan dan rawat inap yang cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar.

Baca Juga:  3 Cara Cek Angsuran Home Credit Secara Online 2024

Alamat dan Kontak

  • Alamat: Jalan Raya Ajibarang – Pancasan, Kec. Ajibarang, Kab. Banyumas, Jawa Tengah, Kodepos53163
  • Nomor Telepon: (0281) 6570004
  • Website: https://rsudajibarang.banyumaskab.go.id/
  • Instagram: @rsud.ajibarang.ceria

Layanan yang Tersedia di RSUD Ajibarang

Per tahun 2021, RSUD Ajibarang pun telah mengantongi predikat sebagai rumah sakit tipe C. Dengan status ini, rumah sakit ini memiliki beberapa pelayanan kesehatan, diantaranya:

  • Poliklinik Rawat Jalan: khusus untuk spesialis penyakit dalam, obsgyn, anak, bedah, saraf, mata, paru, orthopedi, kesehatan jiwa, urologi, THT, gigi dan fisioterapi. Sementara itu, RSUD Ajibarang juga menyediakan unit hemodialisa untuk pasien gagal ginjal
  • Pelayanan Rawat Inap: terdidi dari ruang rawat kelas 1, kelas 2 dan kelas 3
  • Pelayanan Khusus: IGD 24 Jam, Intensive Care Unit (ICU), IBS, perinatologi hingga persalinan
  • Pelayanan Penunjang: persalinan, anastesi, radiologi, laboratorium, farmasi, gizi, rekam medis, sterilisasi sentral, pemulasaraan jenazah hingga ambulance.
  • Layanan Lainnya: pemasaran dan kepuasan pelanggan, pelayanan transportasi dan keamanan, cleaning service, pemeliharaan sarana dan prasarana hingga administrasi dan keuangan

Jam Besuk RSUD Ajibarang 2024

Apakah Anda berencana membesuk keluarga di RSUD Ajibarang? Jika ya! Jangan langsung datang dulu ke rumah sakit. Pasalnya, aturan jam besuk kini benar-benar diperketat. Karena itulah, sangat disarankan bagi Anda untuk mematuhi aturan tentang jam besuk Rumah Sakit Umum berikut ini:

  • Jam Siang: mulai 11.00 WIB – 13.00 WIB
  • Jam Sore: mulai pukul 16.00 – 19.30 WIB.
Baca Juga:  Jadwal Jam Besuk RS Elisabeth Semarang dan Peraturan 2024

Aturan jam besuk di atas berlaku setiap hari Senin – Minggu, termasuk hari libur nasional.

Peraturan Besuk Pasien di RSUD Ajibarang

Sebelum datang membesuk pasien di rumah sakit, ada baiknya Anda terlebih dahulu memahami peraturan. Dengan memahami peraturan rumah sakit tersebut, kedatangan Anda pun tidak akan menggangu para pasien, staf dan tenaga kesehatan lainnya.

Adapun peraturan yang wajib Anda patuhi jika membesuk kolega atau sanak family di RSUD Ajibarang antara lain:

1. Datang Sesuai Jam Kunjung

Karena sudah ditentukan, maka sangat disarankan bagi Anda untuk datang sesuai jam kunjung. Durasi jam kunjung RSUD Ajibarang cukup lama yakni 2 jam (sesi 1) dan 3,5 jam (sesi 2).

2. Menjaga Protokol Kesehatan

Para pengunjung yang datang wajib menjaga protokol kesehatan (menggunakan masker, menjaga jarak dengan pengunjung lainnya hingga mengaplikasikan hand sanitiser sebelum dan sesudah masuk di ruangan rawat inap)

3. Pembatasan Jumlah Pengunjung

Di RSUD Ajibarang, para pengunjung setiap pasien inap dibatasi maksimal 2 orang.

4. Tidak Membawa Anak Berusia Di Bawah 12 Tahun

Anda sangat disarankan untuk tidak membawa anak dibawah 12 tahu karena mereka masih rentan terhadap penyakit.

5. Tidak Membawa Senjata Tajam

Saat Anda datang pada jam besuk RSUD Ajibarang, jangan sekali-kali membawa serta senjata tajam seperti silet, gunting, pistol dan sejenisnya.

6. Tidak Merokok

Asap rokok mungkin akan mengganggu kualitas udara di rumah sakit yang membuat para pasien berpotensi mengalami gangguan pernafasan.

Baca Juga:  4 Tempat Gadai Sertifikat Tanah Tanpa Survey 2024

7. Menjaga Kebersihan Area Sekitar Rumah Sakit

Lingkungan yang sehat akan membantu proses pemulihan pasien. Oleh sebab itu, beberapa orang memutuskan untuk tidak membawa makanan dari rumah.

8. Tidak Gaduh dan Berisik

Anda sangat tidak boleh berisik atau gaduh saat di rumah sakit. Berbicaralah seperlunya dan tidak usah berteriak karena akan mengganggu pasien yang sedang beristirahat.

Kontak RSUD Ajibarang

Sebelum membesuk pasien, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengonfirmasi kehadiran langsung kepada yang bersangkutan. Jika kebetulan ia tidak bisa dihubungi, jangan khawatir! Anda bisa saja langsung menghubungi customer care RSUD Ajibarang untuk mendapatkan informasi.

Customer care RSUD Ajibarang bisa dihubungi via telepon di 0281-6570004 atau WhatApp: +62 813-9048-3929. Dengan mengonfirmasi ke pihak customare care langsung, Anda pun bisa mendapatkan informasi terkini tentang kamar pasien yang Anda ingin kunjungi hingga peraturannya.

Berdasarkan pembahasan di atas, bisa disimpulkan bahwa jam besuk RSUD Ajibarang adalah salah satu hal yang wajib Anda pertimbangkan sebelum membesuk pasien. Selain itu, pahami juga aturan-aturan lain agar kehadiran Anda tidak mengganggu pasien hingga staf medis.

error: