Biaya Operasi Kanker Payudara Pakai BPJS dan Non BPJS


Beben.id – Kanker payudara yaitu jenis tumor ganas yang menyerang pada bagian sel-sel organ payudara. Apabila kondisi sudah semakin parah, maka tumor tersebut harus segera diangkat melalui tindakan operasi. Sehingga informasi mengenai biaya operasi kanker payudara menjadi hal yang penting.

Jika tidak segera diangkat, bisa menyebabkan sel-sel kanker menyebar ke seluruh bagian tubuh lainnya, sehingga akan membahayakan kesehatan. Bahkan apabila tingkat stadium menunjukkan kondisi yang lebih parah, sel-sel abnormal ini bisa menyebar melalui kelenjar getah bening.

Jadi apabila muncul beberapa gejala seperti munculnya benjolan di area payudara, perubahan serta pembengkakan yang sebelumnya tidak ada, maka harus segera diperiksakan ke dokter untuk menghindari kondisi yang lebih parah.

Tentang Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang terbentuk di bagian jaringan payudara. Sel-sel yang terdapat di jaringan payudara ini tumbuh menjadi tidak terkendali, bahkan mengambil alih jaringan dari payudara di sekitarnya yang sehat.

Pada awalnya kanker payudara ini sama seperti sel-sel normal lainnya yang terdapat di dalam tubuh. Namun perilaku dari sel tersebut berbeda dengan sel lainnya. Umumnya sel kanker akan membelah lebih cepat hingga susah untuk dikontrol.

Sehingga bisa menyebar ke seluruh bagian jaringan yang terdapat di sekitarnya. Bahkan tidak hanya menyerang pada organ payudara saja, tapi bisa berkembang ke organ-organ lain yang ada di dalam tubuh.

Terbentuknya kanker payudara ini yaitu pada kelenjar yang menjadi penghasil susu (lobulus), atau saluran yang membawa air susu atau duktus dari kelenjar ke bagian puting payudara. Selain itu, kanker ini juga bisa terbentuk pada jaringan ikat atau lemak yang terdapat di payudara.

Walaupun kanker payudara lebih banyak diderita oleh wanita, namun tidak menutup kemungkinan pria juga akan terserang jenis kanker ini.

Baca Juga:  Jam Besuk RS Sekar Kamulyan Cigugur dan Prosedurnya 2024

Solusi diri pengobatan kanker ini yaitu melalui tindakan operasi. Biaya operasi kanker payudara juga sangat bervariasi tergantung dari kebijakan rumah sakit, namun bisa dibilang harganya tergolong mahal karena tindakan ini merupakan jenis operasi yang sulit.

Gejala dan Penyebab Kanker Payudara

Pada tahap awal kanker payudara ini masih sulit untuk dideteksi karena memiliki ukuran yang kecil. Jadi benjolan baru bisa dirasakan apabila ukurannya sudah besar. Namun bukan berarti semua benjolan yang terdapat di payudara itu kanker.

Sehingga perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui dan memastikan apakah benjolan yang muncul merupakan kanker atau bukan. Apabila bisa dideteksi sedini mungkin juga bisa mencegah terjadinya penyebaran sel kanker yang lebih luas.

Penyebab dari kanker payudara ini untuk pastinya masih belum diketahui. Namun dari beberapa kasus yang terjadi sekitar 5-10% penyakit ini berasal dari genetik. Jadi bagi keluarga yang memiliki riwayat kanker payudara, maka keturunannya memiliki potensi lebih besar terkena jenis kanker ini.

Selain itu, sejumlah faktor juga turut mendorong resiko terkena penyakit ini. faktor-faktor ini dibagi menjadi dua jenis yaitu faktor yang bisa dikontrol dan yang tidak bisa dikontrol.

Faktor yang bisa dikontrol yaitu ada kebiasaan merokok, berat badan berlebih (obesitas) dan diet tinggi lemak. Sedangkan faktor yang tidak bisa dikontrol yaitu riwayat keluarga, operasi ginekologi, menopause yang terlambat di atas usia 55 tahun, menstruasi terlalu muda dan lain sebagainya.

Jenis Operasi Kanker Payudara

Operasi kanker payudara sendiri terdapat beberapa jenisnya, hal ini tergantung dari tingkat keparahan atau kondisi kanker yang diidap oleh masing-masing pasien. Adapun untuk penjelasan dari masing-masing jenis operasinya yaitu sebagai berikut:

1. Lumpektomi

Lumpektomi merupakan prosedur operasi kanker payudara dengan melakukan pengangkatan bagian dari payudara yang terkena kanker. Dalam prosedur ini jaringan kecil yang sehat di sekitarnya juga sekaligus dilakukan pengangkatan.

Baca Juga:  Jam Besuk RS Fatmawati Kunjungan Siang dan Malam 2024

2. Mastektomi

Operasi mastektomi merupakan operasi yang dilakukan dengan mengangkat satu atau kedua payudaranya. Operasi ini dilakukan ketika sel kanker sudah menyebar luas pada seluruh jaringan payudara, sehingga sel kanker di tubuh bisa hilang.

3. Rekonstruksi payudara

Operasi ini dilakukan setelah dilakukan pengangkatan jaringan kanker di payudara, jadi untuk memperbaikinya perlu dilakukan rekonstruksi payudara. Biasanya dokter akan melakukan proses implan sebagai cara untuk memperbaiki kondisi payudara.

Implan payudara ini dilakukan dengan menggunakan jaringan yang ada di sekitar tubuh seperti, punggung, paha, perut dan bokong.

Biaya Operasi Kanker Payudara di Rumah Sakit

Biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan operasi kanker payudara ini bisa dibilang tergolong mahal. Terlebih lagi apabila tidak memiliki asuransi untuk membantu menutup atau meringankan biaya tersebut.

Beberapa biaya yang harus dikeluarkan meliputi biaya untuk administrasi atau pendaftaran, biaya konsultasi, biaya USG, paket deteksi dini, biaya untuk rawat inap serta berbagai biaya perawatan lainnya.

Adapun untuk kisaran dari biaya operasi kanker payudara di beberapa rumah sakit di Indonesia yaitu sebagai berikut:

  • Rumah Sakit Citra Medika Lamongan: biaya yaitu mulai dari Rp6.300.000..
  • Rumah Sakit Premier Surabaya: biaya yaitu mulai dari Rp48.000.000.
  • MedicElle Clinic Surabaya: biaya yaitu mulai dari Rp25.000.000.
  • RSAL Dr. Ramelan Surabaya: biaya yaitu mulai dari Rp11.200.000.
  • Rumah Sakit Kebon Jati: biaya yaitu mulai dari Rp7.500.000.
  • Rumah Sakit Hermina: biaya yaitu mulai dari Rp6.000.000.
  • Rumah Sakit Balimed Denpasar: biaya yaitu mulai dari Rp15.800.000.

Beberapa referensi dari harga untuk melakukan operasi kanker payudara di atas tentu berbeda antara rumah sakit yang satu dengan yang lainnya. Hal ini dikarenakan perbedaan dari kebijakan masing-masing rumah sakit, serta fasilitas yang tersedia.

Walaupun tergolong mahal, namun bagi yang memiliki asuransi kesehatan seperti BPJS tentu biaya yang harus dibayar bisa lebih ringan. Selama tindakan operasi yang dilakukan tidak masuk ke dalam jenis penyakit yang tidak ditanggung BPJS, maka pasien bisa menggunakannya.

Baca Juga:  Jam Besuk RS Kariadi Semarang dan Aturan Terbaru 2024

Perawatan Pasca Operasi Kanker Payudara

Setelah dilakukan pengangkatan sel kanker melalui tindakan operasi, bukan berarti sel kanker di dalam tubuh sudah sepenuhnya hilang. Masih terdapat beberapa prosedur yang harus dilalui untuk memastikan sel kanker yang tersisa pascaoperasi hilang.

Contohnya yaitu dengan melakukan terapi radiasi lokal yang bertujuan untuk menghancurkan sel-sel kanker yang berukuran mikroskopis, yang mungkin masih tersisa pasca proses pengangkatan.

Selain itu juga ada prosedur kemoterapi yang bertujuan untuk mencegah terjadinya penyebaran sel kanker setelah melakukan operasi. Prosedur ini harus dilakukan secara berulang-ulang, sampai pasien dinyatakan sudah sembuh total dan bebas dari sel kanker di dalam tubuhnya.

Jadi pembayaran biaya operasi kanker payudara bukanlah akhir dari jumlah dari pengobatan yang harus dikeluarkan. Bahkan untuk melakukan prosedur radiasi untuk satu kali tindakan bisa mencapai biaya sebesar Rp30.000.000 hingga Rp50.000.000.

Besarnya biaya operasi kanker payudara dan juga biaya pasca operasi bisa dibilang sangat mahal. Maka dari itu pastikan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit yang bisa membahayakn tubuh.

Selain itu, memiliki asuransi kesehatan seperti BPJS tentu menjadi hal yang sangat membantu apabila mengalami kondisi demikian. Biaya yang harus dikeluarkan bisa lebih sedikit sehingga bisa meringankan beban biaya pengobatan.

Baca Juga:

error: