Jam Besuk RSUD Ambarawa Terbaru 2024 Senin-Minggu


Beben.id – Rumah Sakit Umum Daerah Ambarawa dikenal juga dengan nama RSUD Dr. Gunawan Mangunkusumo.  Rumah sakit ini telah menetapkan beberapa aturan, baik untuk pasien, tenaga kesehatan, maupun pengunjung. Jam besuk RSUD Ambarawa pun sudah diatur dengan jelas.

Rumah sakit ini telah berdiri sejak tahun 1930 pada zaman penjajahan Belanda dan saat itu berada di bawah pengelolaan Yayasan Katolik. Akan tetapi, pada tahun 1945 sudah resmi menjadi rumah sakit umum milik pemerintah. Tidak hanya itu, perkembangan fasilitas rumah sakit ini juga sangat pesat.

Saat ini, RSUD Ambarawa telah menjadi rumah sakit tipe C dengan kapasitas 124 tempat tidur. Di Kota Semarang, rumah sakit ini masuk dalam daftar pilihan utama masyarakat untuk berobat. Alasannya karena kualitas tenaga kesehatan dan pelayanan yang diberikan tergolong cepat dan memuaskan.

Jam Besuk RSUD Ambarawa

Demi menjaga kenyamanan semua pihak, Rumah Sakit Umum Daerah Ambarawa membuat beberapa aturan yang wajib untuk dipatuhi. Setiap peraturan tersebut tidak hanya ditujukan pada pasien dan tenaga kesehatan yang bertugas, melainkan kepada semua pengunjung yang datang ke rumah sakit.

Seperti yang diketahui, bahwa pengunjung memiliki latar belakang karakter yang berbeda-beda. Dalam hal ini, rumah sakit tidak menuntut hal yang banyak kecuali tidak membuat keributan dan datang sesuai jadwal. Jam besuk RSUD Ambarawa yang diberlakukan untuk pengunjung terbagi atas 2 waktu, yaitu:

  • Hari Senin – Minggu Siang Hari : Pukul 11.00 WIB – 13.00 WIB
  • Hari Senin – Minggu Sore Hari : Pukul 16.00 WIB – 18.00 WIB
Baca Juga:  5 Biaya Pasang Behel 2024 di Semua Klinik/Rumah Sakit

*Untuk hari libur tetap menyesuaikan sesi siang dan sore pada biasanya.

Setiap sesi jam besuk yang ditetapkan rumah sakit memiliki durasi waktu masing-masing 120 menit atau selama 2 jam. Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk menjenguk teman atau keluarga yang sedang menjalani perawatan. Namun, jika jam besuk selesai, pengunjung juga harus keluar.

Aturan jam besuk di rumah sakit umum daerah Ambarawa berlaku sama setiap harinya, baik jam mulai maupun selesai. Jadi, pastikan untuk memahami jadwal tersebut dan menyesuaikannya dengan waktu kunjungan. Diluar jam besuk, pengunjung tidak akan diizinkan untuk masuk dan melihat pasien.

Fasilitas dan Layanan RSUD Ambarawa

Kepercayaan masyarakat terhadap RSUD Ambarawa yang tinggi berbanding lurus dengan fasilitas serta layanan yang diberikan. Rumah sakit ini memiliki 17 dokter spesialis, 7 ruang operasi, dan 541 staf atau pekerja. Selain itu, juga terdapat beberapa fasilitas yang tersedia untuk pasien, diantaranya:

1. Pelayanan Medis dan Perawatan

Layanan pertama yang ditawarkan RSUD Ambarawa adalah medis dan perawatan. Untuk menunjang pelayanan ini, rumah sakit menyediakan beberapa fasilitas dengan kualitas terbaik. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan pasien dan memaksimalkan pengobatan serta perawatan.

Baca Juga:  Jam Besuk RS Borromeus Setiap Hari Siang dan Malam 2024

Khusus pelayanan medis dan perawatan, rumah sakit menyediakan Instalasi Gawat Darurat (IGD), Instalasi Rawat Jalan, Instalasi Rawat Inap, Rawat Intensif, dan Instalasi Rehab Medik. IGD rumah sakit ini siap memberikan pelayanan selama 24 jam yang didukung oleh banyak fasilitas penunjang.

2. Medical Checkup

RSUD Ambarawa juga menawarkan pelayanan medical check up kepada para pasien. Tindakan ini umumnya dilakukan untuk mengevaluasi kondisi kesehatan dan mencegah penyakit yang diderita menjadi lebih parah. Medical checkup atau MCU biasanya dilakukan dengan serangkaian tes.

Mulai dari pemeriksaan fungsi jantung, radiologi, laboratorium, kolesterol, gula darah, fungsi hati, fungsi ginjal, hingga pemeriksaan anamnesis. Tidak hanya itu, pasien juga dapat melakukan densitometri tulang, pemeriksaan gigi dan mulut, skrining kesehatan usus besar, kulit, serviks, serta cek urin.

3. Penunjang Medis

Setiap tindakan medis yang dilakukan di rumah sakit umum daerah Ambarawa ditunjang dengan fasilitas yang memadai. Fasilitas ini terbagi atas 5, diantaranya instalasi laboratorium, instalasi farmasi, instalasi gizi, serta Central Sterile Supply Departmen atau yang dikenal sebagai CSSD.

Pemeriksaan laboratorium akan membantu dokter untuk melakukan diagnosis terhadap penyakit pasien. Instalasi farmasi menyediakan layanan konseling obat untuk pasien sesuai dengan kondisi klinis masing-masing. Adapun layanan gizi akan membantu untuk mengetahui kondisi gizi pasien.

Baca Juga:  5 Cara Cek Nomor Kontrak Adira 100% Mudah

4. Penunjang Lain

Selain instalasi medis yang berhubungan langsung dengan kondisi kesehatan pasien, RSUD Ambarawa juga didukung oleh beberapa fasilitas penunjang lain. Mulai dari area parkir yang luas, masjid dan mushola, kantin, aula, kamar jenazah. Jadi, kenyamanan pengunjung akan lebih terjamin.

Namun, perlu diperhatikan bahwa di rumah sakit ini terdapat 2 area parkiran dengan tujuan yang berbeda. Area parkir utara disediakan khusus untuk mobil ambulans sedangkan parkir barat untuk semua kendaraan bermotor. Jadi, pastikan untuk memarkir kendaraan di tempat yang tepat.

Jam besuk RSUD Ambarawa tidak bebas setiap harinya. Para pengunjung akan dibatasi sesuai dengan peraturan yang dibuat oleh rumah sakit. Setiap hari, Anda bisa menjenguk pasien selama 2 jam setiap sesinya. Pengunjung bisa memilih untuk datang di sesi jam besuk siang hari atau sore hari.

error: