8 Resiko Telat Bayar EASY CASH! Telat 42 Hari

Merebaknya kasus jeratan pinjaman online seperti Easy Cash dan lainnya kian memperburuk citra aplikasi pinjaman online di Indonesia. Dari mulai telepon yang terus menagih hingga para debt collector yang datang ke rumah, ada saja resiko telat bayar Easy Cash dan semacamnya.

Pinjaman online semacam Easy Cash ini layaknya rentenir yang siap menghantui Anda kapan saja, terutama jika pembayaran pinjaman melewati tanggal jatuh tempo.

Tidak hanya Easy Cash, beberapa aplikasi pinjaman online juga menerapkan sanksi yang cukup mengganggu jika telat membayar.

Beberapa di antaranya adalah denda keterlambatan, penagihan lewat SMS terus-menerus yang mengganggu, penagihan debt collector yang datang ke rumah, hingga pesan ancaman penyebaran data pribadi jika tidak melunasi pinjaman.

Oleh sebab itu, sebaiknya kenali resiko pinjol berikut ini.

Resiko Telat Bayar Easy Cash yang Harus Siap Dihadapi

Resiko Galbay Easy Cash

Setiap pinjaman online pasti memiliki resiko tersendiri, yang secara umum dapat mempengaruhi besarnya total pinjaman sekaligus skor kredit Anda sebagai pengguna aplikasi.

Resiko tersebut tidak bisa disepelekan karena bisa berakibat fatal dan mengancam Anda sendiri.

Sama seperti pinjaman online lainnya, Easy Cash juga menerapkan prosedur tersendiri untuk mengurus para pengguna atau peminjam yang telat membayarkan cicilan atau tagihan utang yang mereka punya.

Namun, sebelumnya pihak Easy Cash akan mengirimkan SMS sebagai pengingat untuk membayarkan pinjaman.

SMS tersebut akan dikirimkan 1 hari sebelum tanggal jatuh tempo ke nomor HP yang sebelumnya sudah didaftarkan.

Jika belum melunasi atau justru terlambat melunasi, maka berikut beberapa resiko yang akan dihadapi peminjam uang di Easy Cash jika terlambat membayar utang.

Baca juga:  7 Cara Bayar Cicilan Akulaku 10 Menit Selesai

1. Desk Collection

Resiko pertama yang akan Anda hadapi jika telat membayar utang atau pinjaman adalah akan dihadapkan pada proses desk collection.

Desk collection merupakan proses penagihan sekaligus peringatan melalui sarana komunikasi.

Jadi, saat Anda terlambat membayar tagihan, pihak Easy Cash akan menghubungi Anda melalui telepon, WhatsApp, SMS, email, pengingat pada aplikasi, dan sarana komunikasi lainnya untuk mengingatkan Anda agar segera membayar pinjaman.

Meskipun terkesan ringan karena belum berhadapan langsung dengan pihak Easy Cash, resiko yang satu ini jangan pernah Anda sepelekan.

Hal ini karena Anda akan mendapatkan gangguan terus-menerus, terutama jika desk collection tersebut berupa panggilan telepon.

2. Field Collection/Debt Collector

Jika memang peringatan melalui media komunikasi tidak kunjung bisa membuat Anda membayar tagihan utang yang sudah lewat jatuh tempo, pihak Easy Cash dengan terpaksa akan melakukan field collection.

Seperti namanya, ‘field’ yang artinya ‘lapangan’, penagihan utang akan dilakukan secara langsung di lapangan melalui perantara debt collector.

Mereka akan mengunjungi rumah Anda secara langsung melalui alamat yang tertera pada KTP yang sebelumnya Anda daftarkan ketika pengajuan pinjaman.

Namun, umumnya penagihan secara langsung ini akan dilakukan jika memang pengguna hilang kontak.

Selain itu, pengguna tidak merespons apapun mengenai peringatan tagihan lewat jatuh tempo yang sebelumnya dikirimkan melalui media komunikasi.

Resiko telat bayar Easy Cash yang satu ini mungkin terdengar agak ‘ngeri’ karena umumnya Anda akan berhadapan dengan pihak Easy Cash secara langsung.

3. Denda Keterlambatan

Tidak hanya akan mendapatkan peringatan melalui media komunikasi maupun debt collector, Anda juga akan memperoleh denda keterlambatan jika memang belum membayar pada tanggal jatuh tempo.

Denda ini cukup besar, walaupun tidak lebih dari 100% sesuai dengan ketentuan OJK.

Mengapa dikatakan cukup besar? Jawabannya karena memang dihitung per hari dan nominalnya lebih besar dari bunga harian pada umumnya.

Adapun besarnya denda keterlambatan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pengguna akan dikenakan denda sebesar Rp40 ribu + 2% dari pokok pinjaman (jumlah pinjaman) jika terlambat membayar selama 1-2 hari.
  • Pengguna akan dikenakan denda lanjutan sebesar 2% dari pokok pinjaman jika memasuki keterlambatan di hari ke-3 dan seterusnya.
Baca juga:  5 Resiko Telat Bayar Lazada Paylater! DC Kerumah

Kelihatannya memang hanya 2%, namun nominal tersebut tentu bisa menjadi semakin besar jika Anda tidak kunjung melakukan pelunasan.

Selain denda tersebut, bunga pinjaman tentu akan terus mengalir dan bisa menggunung bahkan melebihi pokok pinjaman Anda.

4. Penurunan Kredit Skor

Resiko telat bayar Easy Cash berikutnya adalah menurunnya kredit skor di aplikasi tersebut. Kredit skor ini merupakan penilaian terhadap Anda, apakah terpercaya atau tidak.

Besar atau tidaknya skor kredit tersebut bergantung pada seberapa sukses Anda melakukan pengembalian dana.

Semakin cepat Anda mengembalikan dana pinjaman, maka kredit skor akan semakin bagus.

Sebaliknya, Anda akan mendapat kredit skor yang rendah jika membayar pinjaman melebihi tanggal jatuh tempo yang telah ditetapkan sebelumnya.

Telat Bayar Easy Cash

Denda Easy Cash

Kelebihan Pinjam di Easy Cash

Mungkin pemaparan resiko jika telat membayar tagihan utang di Easy Cash kurang memberi keyakinan pada Anda yang sedang memilih platform pinjaman online.

Setiap platform pinjaman online pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya, bukan?

Lalu, apa saja kelebihan pinjam uang di Easy Cash?

1. Tanpa Agunan

Faktor yang membuat pinjaman online Easy Cash ini banyak dilirik adalah prosedur pinjaman yang mudah dan cepat.

Ya, Anda tidak memerlukan jaminan atau agunan apa pun untuk bisa meminjam uang di aplikasi ini.

Namun, pengguna yang akan meminjam dana di Easy Cash harus berusia minimal 21 tahun.

Selain itu, akan ada beberapa data pribadi yang harus diisikan ke formulir, seperti nomor telepon, rekening bank untuk menerima dana pinjaman, foto pribadi, informasi pekerjaan, dan lain sebagainya.

2. Sistem Online

Kelebihan lain yang dimiliki aplikasi Easy Cash adalah semua prosesnya dilakukan secara online. Anda jadi tidak perlu datang ke kantor yang bisa menghabiskan atau menyita waktu, tenaga, dan uang.

Jika membutuhkan dana, Anda tinggal mengajukan pinjaman di mana saja dan kapan saja.

Baca juga:  8 Cara Pinjam Uang di Easy Cash 5 Menit Cair

Namun, sebaiknya siapkan dokumen-dokumen penting ketika hendak mengajukan pinjaman agar prosesnya bisa lebih cepat.

3. Tanpa Biaya Tambahan

Easy Cash telah menjelaskan rincian biaya yang akan dikenakan pada saat pengguna mengajukan pinjaman melalui aplikasi.

Untuk itu Anda tak perlu khawatir akan munculnya biaya tambahan selain yang sudah tertera dengan jelas.

Hal ini perlu dijelaskan, mengingat banyak pengguna pinjaman online yang merasa tertipu karena ada biaya ‘dadakan’ ketika di tengah jalan sedang proses pelunasan.

Oleh sebab itu, jika suatu saat terdapat oknum atas nama Easy Cash yang meminta biaya tambahan, hal itu patut dicurigai.

4. Bunga Rendah

Di antara banyaknya aplikasi pinjaman online, Anda pasti akan mencari aplikasi yang menawarkan bunga rendah, bukan?

Terlepas dari resiko yang begitu besar jika suatu saat terjadi keterlambatan membayar, bunga di Easy Cash ini cukup rendah, yaitu 1% saja.

Bunga tersebut tidak akan berubah, meskipun Anda melakukan pembayaran secara lunas sebelum tanggal jatuh tempo.

Mengetahui resiko telat bayar Easy Cash yang cukup besar tersebut seharusnya bisa menjadi hal yang perlu digaris bawahi.

Tujuannya supaya menjadi pengingat Anda nantinya untuk selalu tepat waktu membayar tagihan.

Call Center Easy Cash

  • Nomor: (021) 50200060
  • Jam Kerja: Sening – Minggu
  • Jam Kerja: 08.00 – 20.00
  • Alamat: Jl. Mega Kuningan Barat IX No.5, RW.2, Kuningan, Kuningan Tim., Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950
  • Instagram: https://www.instagram.com/easycash.id.borrower/

Rekomendasi untuk Anda:

error:
close