8 Bank Keliling Mingguan Terdekat 10 Menit Cair

Bank keliling mingguan adalah istilah yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk petugas koperasi simpan pinjam yang melakukan keliling di daerah, untuk menawarkan produk pinjaman. Biasanya pinjaman tersebut dapat diangsur setiap satu minggu sekali.

Banyak koperasi di Indonesia yang menyediakan produk pinjaman dengan angsuran yang dapat disepakati oleh kedua belah pihak. Bahkan biasanya petugas koperasi yang akan datang ke lokasi untuk melayani proses pengajuan hingga pembayaran angsuran.

Namun tidak semua orang tahu koperasi mana saja yang menyediakan produk pinjaman keliling setiap minggu. Untuk itu, artikel kali ini akan menjelaskan mengenai pinjaman bank keliling mingguan. Mari simak lebih lengkap berikut ini:

Apa itu Bank Keliling Mingguan?

Bank keliling memiliki perbedaan yang mencolok dengan pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lainnya. Bank ini menyediakan pinjaman dengan tenor yang cukup singkat. Akan tetapi, proses pencairan dari pinjaman ini lebih cepat dibandingkan bank lainnya.

Biasanya yang menyediakan pinjaman dengan jenis bank keliling ini adalah koperasi simpan pinjam. Mereka memiliki petugas khusus yang berkeliling menawarkan produk pinjaman kepada orang yang membutuhkan solusi dalam masalah keuangan.

Orang yang ditargetkan adalah para pelaku UMKM yang membutuhkan modal dengan waktu yang singkat tetapi jumlah tidak begitu besar. Jika pinjaman telah disetujui maka nantinya petugas akan menarik pembayaran setiap minggu sesuai dengan hari yang telah disepakati.

Syarat Melakukan Pinjaman Bank Keliling

Bank keliling menjadi pilihan banyak orang karena proses pencairan serta pembayaran cukup mudah. Selain itu, persyaratan yang mereka ajukan juga lebih sederhana dibandingkan dengan bank atau lembaga pembiayaan multiguna lainnya.

Oleh karena itu, bank keliling menjadi salah satu solusi bagi yang membutuhkan dana dengan jangka waktu yang cepat. Untuk mengajukan pinjaman di bank keliling, nasabah hanya perlu mempersiapkan beberapa syarat berikut ini:

  • Memiliki usaha atau sudah bekerja.
  • Fotokopi KTP diri sendiri atau pasangan yang sah.
  • Fotokopi Kartu Keluarga atau KK.
  • Melampirkan slip gaji atau surat keterangan penghasilan yang didapatkan dari pengurus perangkat desa.
  • Bukti untuk rekening listrik.
Baca juga:  Praktis! 4 Cara Bayar Kartu Kredit Permata Bank

Daftar Bank Keliling

Ada banyak daftar bank keliling yang bisa ditemui di berbagai wilayah Indonesia. Bank keliling tersebut adalah koperasi simpan pinjam yang memiliki reputasi baik dan terpercaya di masyarakat. Berikut ini adalah daftar selengkapnya:

1. Koperasi Kemuning

Tabel Pinjaman Koperasi Kemuning

Yang pertama ada Koperasi Kemuning. Koperasi ini merupakan bank keliling yang cukup populer dikalangan para pedagang dan masyarakat menengah ke bawah. Mereka menyediakan produk pinjaman untuk berbagai keperluan usaha maupun pribadi.

Plafon pinjaman yang disediakan beragam, mulai dari Rp1.000.000,00 hingga Rp50.000.000,00 dengan biaya administrasi yang dibebankan kepada peminjam sebesar Rp25.000,00 per satu juta rupiah. Tenor yang diberikan juga cukup panjang, yaitu 60 hingga 100 hari.

2. Koperasi Sentra Dana

Koperasi Sentra Dana

Bank keliling mingguan yang kedua adalah Koperasi Sentra Dana. Koperasi satu ini memiliki cabang yang tersebar di Pulau Jawa. Produk pinjaman yang mereka tawarkan bahkan tanpa harus menggunakan agunan atau jaminan.

Plafon pinjaman yang mereka tawarkan mulai dari satu juta rupiah hingga dua setengah juta rupiah. Tenor yang diberikan cukup lama, yakni maksimal 11 minggu dengan angsuran setiap satu minggu sekali.

3. Koperasi ASA

Koperasi ASA

Yang ketiga ada Koperasi ASA. Bank keliling satu ini menyediakan pinjaman mulai dari Rp300.000,00 hingga mencapai Rp3.500.000,00. Tenor yang diberikan juga maksimal mencapai 8 minggu. Untuk mengajukan pinjaman di bank keliling ini, nasabah harus memiliki jaminan berupa BPKB atau alat elektronik.

4. Koperasi Budi Luhur

Koperasi Budi Luhur

Selanjutnya, ada juga bank keliling dari koperasi simpan pinjam Budi Luhur. Ada produk pinjaman yang tersedia dengan angsuran mencapai 10 minggu serta plafon yang mencapai maksimal hingga Rp30.000.000,00.

Baca juga:  9 Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BRI di ATM Terdekat

Karena waktu tenor yang diberikan cukup singkat maka besar pinjaman yang dibebankan juga relatif besar. Oleh karena itu, pastikan untuk benar-benar memilih jumlah pinjaman sesuai dengan kemampuan.

5. Koperasi Jaya Abadi

Tabel Pinjaman Koperasi Jaya Abadi

Selanjutnya, ada juga Koperasi Jaya Abadi yang biasa disebut dengan bank keliling. Hal ini tentu saja karena mereka menawarkan produk pinjaman dengan keliling serta dapat diangsur setiap satu minggu sekali.

Plafon pinjaman yang mereka sediakan adalah maksimal Rp3.000.000,00 dengan angsuran sebanyak 11 kali. Karena waktu tenor yang cukup singkat maka semakin besar jumlah dana yang dipinjam semakin besar pula angsuran yang harus dikeluarkan.

6. KSP Berkah Mulya

KSP Berkah Mulya

Salah bank keliling mingguan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah KSP Berkah Mulya. Mereka menyediakan plafon pinjaman mulai dari lima ratus ribu rupiah hingga enam juta rupiah dengan tenor angsuran mencapai 8 minggu.

Mengapa KSP Berkah Mulya diminati oleh banyak orang? Salah satu alasannya adalah karena KSP Berkah Mulya memiliki proses pencairan yang lebih cepat, yaitu hanya satu hari kerja saja.

7. KSP Serambi Dana

Tabel Pinjaman KSP Serambi Dana

Pinjaman dari KSP Serambi Dana biasanya ditawarkan untuk para pelaku usaha. Akan tetapi, ada pula produk pinjaman yang diberikan kepada nasabah yang ingin membutuhkan dana darurat untuk keperluan pribadi mereka.

Plafon pinjaman yang ada di KSP Serambi Dana mulai dari Rp1.000.000,00 hingga Rp3.000.000,00 dengan angsuran dibayarkan setiap minggu. Nasabah dapat melakukan negosiasi perihal berapa kali angsuran serta hari apa untuk melakukan pembayaran.

8. Koperasi Semarak Dana

Tabel Pinjaman Koperasi Semarak Dana

Yang terakhir ada pula Koperasi Semarak Dana. Koperasi satu ini merupakan salah satu bank keliling yang menawarkan dana darurat dengan proses relatif cepat dengan cabang di berbagai wilayah sehingga mudah untuk ditemukan.

Baca juga:  Praktis! 4 Cara Bayar Kartu Kredit CIMB Niaga

Plafon pinjaman yang mereka sediakan adalah mulai dari satu juta rupiah hingga mencapai tiga juta rupiah. Pembayaran angsuran yang ditetapkan juga maksimal mencapai 11 kali setiap minggu.

Kelebihan dan Kekurangan Bank Keliling Mingguan

Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman ke bank keliling, alangkah baiknya untuk mencari tahu informasi lebih lanjut seputar bank keliling tersebut. Salah satunya adalah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh bank keliling berikut ini:

Kelebihan

Sebagai salah satu penyedia dana darurat, bank keliling memiliki kelebihan sehingga menjadi pilihan masyarakat untuk mengatasi masalah keuangan mereka. Lalu apa sajakah kelebihan dari bank keliling? Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki:

  • Pencarian jauh lebih cepat dibandingkan dengan bank lainnya, bahkan bisa tidak lebih dari satu hari.
  • Tidak perlu adanya proses BI Checking.
  • Tanpa harus memberikan jaminan.
  • Pembayaran angsuran tidak perlu harus mendatangi kantor karena nantinya ada petugas yang langsung mengambil sesuai dengan kesepakatan.
  • Lebih mudah menemukan petugas pinjaman.
  • Syarat yang ditetapkan sangat mudah.

Kekurangan

Dari berbagai kelebihan yang dimiliki, bank keliling tentu saja memiliki kekurangan. Berikut ini adalah kekurangan yang ada dalam bank keliling sehingga dapat menjadi pertimbangan sebelum mengajukan pinjaman:

  • Bunga pinjaman biasanya jauh lebih tinggi.
  • Potongan biaya administrasi lebih besar.
  • Plafon pinjaman cenderung lebih kecil.
  • Ada yang menerapkan denda harian.
  • Terkadang ada petugas yang melakukan penagihan dengan kasar.

Setelah mengetahui informasi mengenai bank keliling mingguan di atas? Apakah kamu masih tetap ingin mengajukan pinjaman kepada bank keliling?

Jika iya, pastikan kembali untuk mengajukan jumlah pinjaman sesuai dengan kemampuan membayar sehingga tidak akan mengalami kesulitan finansial di kemudian hari.

Baca Juga:

error: