Visi Misi Bank Mandiri: Sejarah, Profil, Produk Terbaik


Beben.id – Bank Mandiri menjadi salah satu bank terbesar yang dikelola oleh pemerintah melalui BUMN. Didukung dengan visi misi Bank Mandiri yang profesional, lembaga keuangan ini mengalami kemajuan yang sangat pesat beberapa tahun terakhir ini.

Bank Mandiri memiliki nasabah dari kalangan profesional, seperti karyawan, pelaku usaha, korporasi dan sebagainya. Untuk mewujudkan visi dan misi Bank Mandiri tersebut, nasabah diberikan fasilitas dan pelayanan yang semakin mengikuti perkembangan teknologi.

Bank Mandiri merupakan lembaga keuangan yang berasal dari gabungan beberapa bank milik pemerintah. Akibat krisis ekonomi yang terjadi pada tahun 1998, empat bank pada saat itu direstrukturisasi dan disatukan menjadi Bank Mandiri.

Sejarah Singkat Bank Mandiri

Bank Mandiri mampu menjadi bank terbesar di Indonesia hingga saat ini, dengan nasabah dari berbagai kalangan profesional. Sejarah berdirinya Bank Mandiri tidak terlepas dari peristiwa krisis ekonomi pada tahun 1998 yang membuat banyak bank bangkrut dan harus ditutup.

Termasuk empat buah bank milik pemerintah, yaitu Bank Bumi Daya, Bank Ekspor Impor, Bank Dagang Negara dan Bank Pembangunan Indonesia yang kemudian dilebur menjadi satu dan dinamakan Bank Mandiri.

Kapan berdirinya Bank Mandiri secara resmi? Dalam banyak sumber disebutkan bahwa Bank Mandiri berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998. Sejak proses restrukturisasi selesai, kemudian dilakukan perekrutan karyawan dan peluncuran brand baru pada seluruh cabang Bank Mandiri.

Visi Misi Bank Mandiri

Sebagai bank milik negara dan merupakan hasil merger dari empat bank, Mandiri mampu terus berkembang hingga saat ini. Perkembangan kinerja Bank Mandiri sangat dipengaruhi oleh apa yang menjadi visi dan misinya.

Baca Juga:  9 Bank Keliling Terdekat dari Lokasi Saya Terbaru 2024

Visi misi Bank Mandiri menjadi acuan setiap gerakan dan aktivitas perbankan yang dilakukan oleh bank tersebut. Lantas, apakah visi dan misi Bank Mandiri itu?

1. Visi Bank Mandiri

Pengertian visi adalah suatu tujuan utama yang ingin dituju oleh sebuah organisasi, dan berisi ide-ide dari suatu lembaga, organisasi ataupun perusahaan. Dalam hal ini, dapat diartikan bahwa visi Bank Mandiri merupakan tujuan utama yang ingin dicapai oleh bank tersebut.

Apa visi Bank Mandiri? Visi Bank Mandiri yaitu menjadi partner di bidang finansial pilihan utama nasabah. Sudah jelas bahwa perkembangan fasilitas dan pelayanan Bank Mandiri bertujuan supaya bisa menjadi partner finansial yang profesional bagi para nasabahnya.

2. Misi Bank Mandiri

Visi selalu berdampingan dengan misi. Apa yang dimaksud dengan misi? Pengertian misi adalah suatu proses atau tahapan yang harus ditempuh oleh suatu organisasi demi tercapainya apa yang menjadi visinya.

Misi Bank Mandiri adalah menyediakan solusi bidang perbankan secara digital dengan cara yang handal dan simple yang menjadi bagian penting dari kehidupan nasabah.

Nilai-Nilai Utama dalam Kinerja Bank Mandiri

Agar visi dan misi Bank Mandiri dapat tercapai, tentunya harus dibentuk suatu nilai tertentu yang harus diikuti oleh semua SDM, mulai dari yang paling bawah hingga posisi teratas. Nilai-nilai yang berlaku pada kinerja Bank Mandiri, terdiri dari:

1. Amanah

Bank Mandiri memegang teguh kepercayaan yang diberikan oleh nasabah dalam hal finansial. Jadi, Bank Mandiri selalu berusaha untuk mengelola dana nasabah dengan cara yang profesional dan jujur.

2. Kompeten

Supaya bisa terus berkembang dan mengikuti perubahan zaman, Bank Mandiri selalu meningkatkan kemampuan serta kompetensi agar bisa meningkatkan kapabilitasnya. Kompetensi yang semakin baik tentu saja menguntungkan nasabah.

3. Harmonis

Bank Mandiri adalah bank yang melayani kebutuhan finansial seluruh lapisan masyarakat secara profesional, bukan hanya milik satu kalangan saja. Oleh sebab itu, Bank Mandiri selalu menghargai perbedaan yang terjadi pada masyarakat dan mengembangkan sikap saling peduli.

4. Loyal

Bank Mandiri berdiri untuk melayani kebutuhan finansial masyarakat Indonesia, sehingga dedikasi terbaik menjadi nilai yang harus diberikan kepada nasabah. Bank Mandiri selalu mengedepankan apa yang menjadi kepentingan masyarakat dan negara.

Baca Juga:  4 Cara Cek Bukti Transfer BRI Asli atau Palsu 2024

5. Adaptif

Untuk bisa memberikan pelayanan perbankan yang terbaik kepada masyarakat dari masa ke masa, Bank Mandiri harus mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Bank Mandiri terus melakukan inovasi secara antusias untuk menghadapi perubahan tersebut.

6. Kolaboratif

Dalam melaksanakan operasional pengelolaan finansial masyarakat, Bank Mandiri juga menjalin kerjasama yang sinergis dengan banyak pihak. Melalui kolaborasi yang baik, Bank Mandiri akan memberikan keuntungan secara maksimal kepada para stakeholder.

Produk Perbankan Terbaik dari Bank Mandiri

Apalah artinya visi misi Bank Mandiri jika tidak menawarkan suatu produk yang menguntungkan dan berguna bagi kehidupan masyarakat. Oleh sebab itu, demi melayani nasabah dan memenuhi apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, Bank Mandiri menghadirkan produk-produk terbaiknya.

Berbagai produk perbankan dan layanan terbaik Bank Mandiri yang dapat dinikmati secara optimal oleh nasabahnya, di antaranya adalah:

1. Simpanan Mandiri

Bukan hanya dapat digunakan untuk menabung saja, produk simpanan Bank Mandiri juga memberikan manfaat yang lebih luas. Produk simpanan Mandiri ini terdiri dari:

a. Tabungan Rupiah

Tabungan Rupiah Mandiri adalah jenis simpanan yang menggunakan mata uang rupiah. Setoran awal Tabungan Rupiah Mandiri yaitu sebesar Rp500.000 saja. Nasabah tabungan ini dapat melakukan transaksi pada merchant-merchant yang memiliki logo VISA di seluruh Indonesia.

b. Tabungan Rencana

Tabungan Rencana dapat juga diartikan sebagai tabungan berjangka. Tabungan jenis ini ditujukan pada nasabah yang ingin merencanakan kehidupan masa depannya. Jangka waktu tabungan rencana mencapai 20 tahun lamanya.

c. Tabungan Valas

Bank Mandiri juga menyediakan tabungan dalam bentuk mata uang asing. Nasabah dapat menukarkan valasnya ketika harganya sedang naik untuk mendapatkan keuntungan.

2. Pinjaman Bank Mandiri

Nasabah yang membutuhkan pinjaman atau kredit juga dapat mengajukannya lewat Bank Mandiri. Jenis produk pinjaman Bank Mandiri cukup beragam, yaitu Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), Kredit Multiguna, Kredit Serbaguna dan Kredit Bermotor.

Nasabah bisa memilih mana jenis produk pinjaman dari Bank Mandiri yang memang sedang dibutuhkannya.

Baca Juga:  Tabel KTA BCA 2024 Pinjaman Tunai 10 Menit Cair

3. Kartu Kredit

Visi misi Bank Mandiri yaitu menjadi partner bidang finansial bagi nasabah, diwujudkan juga dengan memberikan fasilitas untuk menunjang kebutuhan. Salah satunya adalah kartu kredit. Kartu Kredit Bank Mandiri ada enam macam, yang bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh nasabah.

Kartu Kredit kategori Swalayan misalnya dapat dipakai nasabah yang ingin mendapatkan potongan harga ketika belanja bulanan di Hypermart. Sedangkan untuk nasabah yang suka jalan-jalan, Bank Mandiri menyediakan kartu kredit kategori travel.

Kategori lainnya adalah kartu kredit world elite, kategori golf, kategori automotive dan kategori lifestyle.

4. Internet Banking Mandiri

Salah satu misi Bank Mandiri adalah menyediakan fasilitas perbankan digital bagi nasabah. Internet banking Mandiri menjadi contoh fasilitas perbankan digital yang sangat dibutuhkan oleh nasabah. Ini adalah bentuk kemajuan teknologi dalam layanan perbankan.

Dengan adanya internet banking, transaksi yang dilakukan nasabah dapat dilakukan kapanpun dan dari mana saja.

5. Call Center Mandiri

Nasabah yang memiliki saran, keluhan maupun masalah dapat disampaikan melalui layanan Call Center Mandiri di 14000. Nasabah dapat menanyakan apapun terkait produk Bank Mandiri melalui nomor tersebut.

Visi misi Bank Mandiri harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya agar bisa terwujud. Visi dan misi tersebut menjadi acuan dalam melaksanakan program kerja Bank Mandiri dalam rangka memberikan pelayanan perbankan terbaik pada masyarakat.

Baca Juga:

error: