Biaya Operasi Tumor Otak 2024 Pakai BPJS dan Non BPJS

Beben.id – Tumor otak yaitu salah satu jenis penyakit yang memerlukan penanganan yang serius. Salah satunya melalui tindakan operasi, untuk mengangkat tumor yang tumbuh agar tidak semakin menyebar. Maka dari itu biaya operasi tumor otak tergolong mahal, karena termasuk jenis operasi yang sulit.

Pertumbuhan jaringan yang terdapat di area otak menjadi abnormal dan tumbuh secara tidak wajar, sehingga menjadi tidak terkontrol. Walaupun demikian tumor otak selalu menjadi tumor ganas atau kanker otak yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Namun tetap saja penyakit ini tidak bisa dianggap sepele, penderita penyakit tumor otak harus segera ditangani dengan baik, sehingga tidak mengganggu kesehatan tubuh. Dengan melakukan pemeriksaan menyeluruh akan diketahui kondisi serta tingkat keparahan yang dialami.

Tentang Tumor Otak

Tumor otak merupakan benjolan pada otak yang tumbuh akibat adanya jaringan abnormal yang asalnya dari jaringan otak itu sendiri, atau bisa juga berasal dari jaringan kanker yang terdapat pada organ lain, kemudian menyebar hingga ke otak.

Seiring dengan semakin berkembangnya tumor otak, maka bisa menimbulkan beberapa gejala yang kerap kali dialami bagi penderitanya, seperti lemah otot, sakit kepala atau kejang.

Apabila penyakit tumor otak ini tidak segera ditangani dengan tindakan medis untuk dilakukan pengangkatan, maka bisa membuat sebagian atau bahkan seluruh fungsi otak menghilang. Pengangkatan ini yaitu dilakukan melalui tindakan operasi.

Namun karena biaya operasi tumor otak tergolong mahal, beberapa pengobatan alternatif lainnya juga banyak tersedia. Tapi hal ini berlaku pada jenis tumor otak jinak, atau memang lokasinya sulit dijangkau atau memiliki resiko yang besar apabila dilakukan tindakan operasi.

Pengelompokkan tumor otak berdasarkan perilakunya yaitu terbagi menjadi 4 tingkatan, contohnya yaitu dinilai dari penyebaran dan kecepatan pertumbuhannya, maka untuk tumor otak tingkat 1 dan 2 masih tergolong jinak dan tidak memiliki potensi menjadi jenis tumor ganas.

Baca Juga:  Jam Besuk RS QIM Batang Terbaru 2024 dan Layanannya

Sedangkan untuk tumor otak tingkat 3 dan 4, tumor ini biasanya memiliki potensi menjadi tumor ganas atau kanker. Maka dari itu kondisi pada tingkat ini sering disebut dengan kanker otak atau tumor otak ganas.

Gejala Tumor Otak

Gejala yang muncul untuk setiap kasus tentu berbeda, karena hal ini juga bergantung pada lokasi, ukurannya serta kecepatan dari pertumbuhan tumor (jinak atau ganas). Tapi umumnya untuk gejala awal dari tumor otak yaitu sebagai berikut:

  • Sering merasa mual dan muntah.
  • Mengalami sakit kepala yang hebat.
  • Mengalami kejang atau sentakan pada area kaki, tangan, lengan atau bahkan seluruh tubuh.
  • Mengalami kesulitan dalam berbicara.
  • Daya ingat semakin menurun.
  • Mengalami gangguan pada indera penglihatan.
  • Keseimbangan badan semakin menghilang.
  • Sering merasa kebingungan pada saat melakukan aktivitas sehari-hari.
  • Mengalami mati rasa pada salah satu sisi tubuh.

Faktor Resiko dari Tumor Otak

Penyebab pasti dari sebagian besar kasus tumor otak yang terjadi masih belum diketahui. Tapi beberapa faktor resiko ini, bisa membuat seseorang berpeluang tinggi bisa terkena tumor otak. Adapun faktor-faktor tersebut antara lain yaitu sebagai berikut:

A. Riwayat keluarga

Sebagian kecil dari kasus tumor otak juga sering dijumpai pada orang yang memiliki riwayat keluarga sebagai pengidap dari penyakit ini. Selain itu seseorang yang mempunyai riwayat keluarga dengan sindrom genetik juga bisa menjadi salah satu faktor resiko terkena tumor otak.

B. Radiasi

Penyumbang sejumlah kecil resiko seseorang bisa terkena tumor otak yaitu ada paparan radiasi. Orang-orang yang pernah menjalani CT scan, radioterapi atau rontgen kepala lebih berpeluang bisa terkena beberapa jenis tumor otak.

C. Usia

Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, maka bisa meningkatkan resiko terkena tumor otak. Karena kebanyakan pengidap penyakit ini merupakan orang tua yang sudah berusia 85 tahun sampai 89 tahun.

Walaupun demikian, pada beberapa jenis tumor otak juga sering ditemui pada anak-anak yang masih muda.

Baca Juga:  4 Pelunasan Khusus FIF dan Cara Mengajukan 2024

Estimasi Biaya Operasi Tumor Otak

Biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan operasi ini tentunya setiap rumah sakit berbeda-beda. Apabila tidak menggunakan asuransi kesehatan memang biaya operasi ini tidaklah murah, yaitu berkisar antara Rp15.000.000 sampai Rp100.000.000.

Beberapa referensi biaya untuk operasi pengangkatan tumor otak yang terdapat di rumah sakit yang ada di Indonesia, yaitu sebagai berikut:

  • Rumah Sakit Mayapada Tangerang: harga yaitu mulai dari Rp25.000.
  • Rumah Sakit Mayapada Jakarta Selatan: harga yaitu mulai dari Rp27.000.
  • MRCCC Siloam Semanggi: harga yaitu mulai dari Rp102.000.000.

Perbedaan biaya tersebut disebabkan oleh kebijakan dari masing-masing rumah sakit yang berbeda. Selain itu, apabila sebuah rumah sakit memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai, tentu biaya yang dikenakan juga semakin mahal.

Selain itu, tingkat keparahan atau kondisi yang dialami pasien juga turut mempengaruhi biaya dari pengobatan ini. Karena prosesnya lebih sulit sehingga membutuhkan penanganan yang serius dan khusus.

Namun bagi pengguna BPJS Kesehatan, biaya operasi tumor otak bisa lebih murah atau bahkan bisa gratis. Biaya tersebut nantinya akan ditanggung oleh BPJS, jadi pasien tidak perlu khawatir mengenai biaya yang harus dibayar.

Pengobatan Tumor Otak Tanpa Operasi

Pengobatan jenis ini bisa menjadi alternatif lain untuk menyembuhkan dan mengatasi penyakit tumor otak, selain menggunakan tindakan operasi. Namun cara ini hanya berlaku pada beberapa kasus, diantaranya yaitu apabila jalur operasi tidak bisa dilakukan.

Karena pada beberapa kasus, tindakan operasi justru akan menambah resiko yang besar sehingga perlu tindakan medis lainnya, atau bisa juga karena area dari tumbuhnya tumor otak sulit untuk dijangkau pada saat proses operasi.

Selain itu, cara-cara ini juga bisa digunakan jika tumor otak masih termasuk ke dalam jenis yang jinak atau belum fatal, sehingga pengobatan yang dilakukan masih cukup efektif untuk menyembuhkan penyakit ini.

Cara-cara ini juga tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan biaya operasi tumor otak. Maka dari itu, bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengobati penyakit tumor otak. Adapun beberapa jenis pengobatan tersebut diantaranya yaitu:

Baca Juga:  Biaya Operasi Hidung 2024, Pakai BPJS dan Tanpa BPJS

1. Kemoterapi

Cara yang pertama yaitu dengan pengobatan kemoterapi. Jadi pengobatan ini dilakukan dengan menggunakan bantuan dari obat-obatan dalam bentuk kapsul maupun suntikan. Manfaat dari obat-obatan ini yaitu untuk membuang sel-sel tumor yang terdapat di dalam jaringan otak.

2. Radioterapi

Cara yang kedua yaitu dengan melakukan prosedur radioterapi. Jadi prosedur ini yaitu dilakukan dengan melakukan pemberian energi radiasi agar sel tumor di dalam tubuh terbunuh. Namun prosedur ini juga memiliki beberapa efek samping yang akan dialami.

Beberapa efek samping tersebut diantaranya yaitu ada nyeri kepala, melemahnya daya tahan tubuh serta iritasi pada kulit kepala.

3. Rehabilitasi

Cara terakhir yaitu rehabilitasi. Sebenarnya cara ini dilakukan setelah pasien melakukan tindakan operasi. Jadi untuk membantu dalam proses pemulihannya, perlu dilakukan rehabilitasi. Selain itu juga bisa mencegah agar sel tumor otak tidak kembali muncul pada area sebelumnya.

Biaya operasi tumor otak memang tergolong mahal, walaupun demikian cara ini cukup efektif untuk mengangkat sel tumor yang terdapat di otak, sehingga fungsi otak tidak terganggu. Selain itu, bagi pengguna BPJS Kesehatan, biaya untuk operasi ini juga bisa lebih murah atau bahkan gratis.

Beberapa jenis pengobatan non bedah juga tersedia, tapi hanya bisa dilakukan untuk beberapa kasus saja. Jadi tidak semua jenis tumor otak bisa diobati dengan tindakan non bedah ini, yaitu ada kemoterapi, radioterapi dan rehabilitasi.

Baca Juga:

error: