Jam Besuk RSUD Ungaran dr. Gondo Suwarna Terbaru 2024

Beben.id – Setiap rumah sakit memiliki peraturan tentang jam besuk pasien sesuai dengan kebijakan masing-masing. Begitu juga dengan jam besuk RSUD Ungaran yang dibuat oleh managemen rumah sakit di Kabupaten Semarang tersebut.

Ungaran adalah ibukota Kabupaten Semarang yang letaknya cukup strategis. Tidak heran kalau fasilitas kesehatannya termasuk rumah sakit sering menjadi rujukan masyarakat di kota tersebut maupun dari wilayah sekitarnya.

Rumah sakit daerah di Ungaran tersebut dikenal juga dengan nama RS dr. Gondo Suwarno, yang memiliki sejarah panjang. Rumah sakit telah berdiri sejak masa kolonial Belanda, hal tersebut masih bisa dilihat dari bentuk bangunan gedungnya.

Jam Besuk RSUD Ungaran

Demi menjaga ketenangan dalam area rumah sakit dan supaya pasien bisa beristirahat dengan tenang, managemen rumah sakit memberlakukan jam besuk. Adapun Jam besuk RSUD Ungaran dibagi menjadi dua sesi setiap harinya, yaitu siang dan sore.

Adapun jadwal jam besuk pasien di RSUD Ungaran yaitu :

  • Siang mulai dari jam 11.00 WIB hingga pukul 13.00 dengan durasi sekitar 2 jam
  • Jam besuk sore mulai jam 16.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Jam besuk sore atau malam hari adalah 3 jam atau lebih panjang 1 jam daripada jam siang, sehingga waktunya lebih leluasa kalau ingin mengunjungi pasien rawat inap di rumah sakit.

Baca Juga:  Jam Besuk RSK Ngesti Waluyo dan Peraturan 2024

Sejarah dan Profil Singkat RSUD Ungaran

Pada awalnya sebelum menjadi rumah sakit daerah seperti saat ini, RSUD Ungaran merupakan fasilitas kesehatan yang bertempat di gedung rumah tangga milik pemerintah Belanda. Luas bangunannya sekitar 200 meter persegi dan telah mengalami beberapa kali renovasi.

Dimulai pada tahun 1910, gedung tersebut dimanfaatkan sebagai poliklinik yang dimiliki oleh Tuan Zending, sebutan untuk kaum priyayi Belanda, yang beralamat di daerah Bandarjo, Ungaran, Semarang.

Pada tahun 1979 pemerintah Indonesia melalui SK Kemenkes mengakui rumah sakit Ungaran sebagai RS dengan tipe D. Lalu pada tahun 1993, statusnya berubah menjadi rumah sakit tipe C sampai dengan saat ini.

Alamat dan Kontak Terbaru

  • Alamat: Jalan Diponegoro Nomor 125, Kecamatan Ungaran Bar,  Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kodepos 50512
  • Nomor Telepon: 024 6921006
  • Instagram: @rsudgondosuwarna

Fasilitas di RSUD Ungaran Semarang

Jika dihitung dari pertama berdiri yaitu pada tahun 1910 maka rumah sakit di Ungaran tersebut sudah berusia lebih dari dua abad. Dengan usia yang sudah cukup lama tersebut, fasilitas kesehatan apa saja yang ada di RSUD Ungaran?

Fasilitas medis dan non medis di RSUD Ungaran dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat yang membutuhkannya. Adapun fasilitas yang dimaksud diantaranya yaitu :

1. Poli Rawat Jalan

Tidak semua pasien membutuhkan perawatan di rumah sakit, cukup dengan pengobatan dari dokter saja. Oleh sebab itu, RSUD Ungaran juga menyediakan poli-poli yang digunakan untuk pemeriksaan pasien rawat jalan. Tentu saja setiap poli ada dokter yang sudah berpengalaman.

Baca Juga:  Jam Besuk RS Fatmawati Kunjungan Siang dan Malam 2024

2. Rawat Inap

Tujuan diterapkannya jam besuk RSUD Ungaran adalah untuk mengatur kunjungan pada pasien rawat inap di rumah sakit tersebut. Jika tidak ada peraturan yang jelas maka orang bisa datang kapan saja menengok pasien dan tentu hal seperti ini bisa merugikan.

Pasien tidak bisa beristirahat dengan baik untuk mempercepat kesembuhannya karena dikunjungi orang lain setiap waktu. Dengan alasan itulah maka jam besuk pasien di RSUD Ungaran harus dipatuhi oleh siapa saja.

3. Radiologi

Fasilitas radiologi di RSUD Ungaran melayani pasien selama 24 jam setiap harinya. Dibagian radiologi tersebut pasien dapat mendapatkan layanan khusus seperti USG 3D dan USG 4D bagi ibu hamil maupun lainnya. Begitu juga dengan layanan rontgen juga bisa didapatkan disini.

4. Farmasi

Untuk memudahkan pasien rawat jalan maupun rawat inap mendapatkan obat sesuai yang diresepkan dokter, RSUD Ungaran menyediakan instalasi farmasi. Pasien yang ingin menebus resep tidak harus pergi mencari-cari apotek.

Instalasi farmasi RSUD Ungaran membuka klinik Pelayanan Informasi Obat atau PIO, yang bisa diakses oleh pasien sesuai jam operasional. Pemeriksaan oleh dokter dan pemberian obat yang tepat diharapkan dapat mempercepat kesembuhan pasien.

Baca Juga:  Jam Besuk RS Hermina Bekasi Terbaru dan Layanannya 2024

5. Instalasi Gawat Darurat (UGD)

Bagaimana kalau masyarakat membutuhkan bantuan medis sesegera mungkin karena kondisi darurat? Jangan kuatir karena masyarakat bisa langsung datang ke UGD untuk memeriksakan dirinya. Layanan UGD RSUD Ungaran melayani masyarakat setiap hari selama 24 jam tanpa tutup.

6. Fisioterapi

RSUD dr. Gondo Suwarno Ungaran atau dikenal sebagai rumah sakit daerah juga memiliki fasilitas penunjang berupa klinik fisioterapi. Di klinik fisioterapi tersebut pasien dapat memeriksaan diri terkait fungsi hati atau hepar, kadar ureum dan lain sebagainya.

7. Instalasi Lainnya

Bukan hanya yang sudah disebutkan diatas saja, untuk memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna kepada masyarakat, RSUD Ungaran juga memiliki poli-poli lainnya. Contohnya poli khusus anak, bedah, instalasi bersalin dan juga tumbuh kembang anak.

Adanya pengaturan tentang jam besuk RSUD Ungaran sebenarnya dilakukan untuk kebaikan dan kepentingan pasien rawat inap disana. Dengan adanya aturan tersebut, orang dari luar tidak dapat masuk dan keluar sembarangan sehingga pasien tidak terganggu istirahat dan pengobatannya.

error: