Jam Besuk di RS Ortopedi Solo: Jadwal dan Aturan


Beben.id – Rumah Sakit Ortopedi Solo yang terletak di Jalan A. Yani No.157, Mendungan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, merupakan salah satu rumah sakit unggulan di kota Solo. Dikenal dengan pelayanan yang prima dan fasilitas unggulannya, RS Ortopedi Solo menawarkan berbagai sub spesialisasi yang mencakup Spine, Rekonstruksi, Pedotrik, Onkologi, serta Hand & Microsurgery. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai jam besuk di RS Ortopedi Solo, mari kita pelajari sedikit profil rumah sakit ini.

Profil RS Ortopedi Solo

Rumah Sakit Ortopedi Solo didirikan oleh Prof. DR. R. Soeharso dan telah beroperasi sejak tahun 1945. Sejarah pendiriannya berawal dari Rehabilitasi Centrum (RC) yang merupakan bagian dari pelayanan RC yang dimotori oleh Prof. DR. R. Soeharso. Selanjutnya, LOP berubah nama menjadi RS Orthopaedi dan Prothese, dan kemudian menjadi RS Ortopedi Prof. DR. R. Soeharso Surakarta1.

Rumah Sakit Ortopedi Solo memiliki visi untuk menjadi Rumah Sakit Ortopedi Unggulan dengan Pelayanan Prima. Misi RS Ortopedi Solo adalah mewujudkan pelayanan sub spesialisasi ortopedi traumatologi terintegrasi pendidikan dan penelitian secara paripurna, mewujudkan manajemen rumah sakit dengan kaidah bisnis yang sehat, efektif, efisien, dan akuntabel, mewujudkan sumber daya manusia yang profesional, inovatif, dan kreatif, serta mewujudkan jejaring pelayanan yang berkelanjutan.

Baca Juga:  Biaya Operasi Kalazion 2024 Pakai BPJS dan Non BPJS

Syarat dan Peraturan Jam Besuk

Untuk menjaga kenyamanan dan kesembuhan pasien, RS Ortopedi Solo memiliki beberapa peraturan jam besuk yang perlu diikuti oleh pengunjung. Berikut adalah syarat dan peraturan jam besuk di RS Ortopedi Solo:

  1. Dilarang membawa anak di bawah 12 tahun: Pengunjung di RS Ortopedi Solo dilarang membawa anak dengan usia di bawah 12 tahun ke dalam ruangan perawatan pasien1.
  2. Bergantian dalam kunjungan: Setiap pengunjung diharapkan bergantian dalam memasuki ruangan perawatan pasien. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada semua pengunjung untuk berkunjung dan memberikan kesempatan kepada pasien untuk beristirahat dengan tenang.
  3. Membatasi waktu kunjungan: Pengunjung diharapkan meninggalkan pasien ketika jam besuk telah berakhir. Hal ini penting untuk menjaga ketenangan pasien dan memastikan proses kesembuhan yang optimal.

Etika dan Larangan Saat Berkunjung

Selain syarat dan peraturan jam besuk, terdapat juga etika dan larangan saat berkunjung di RS Ortopedi Solo yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa etika dan larangan yang harus diikuti oleh pengunjung:

  1. Larangan merokok: Di lingkungan RS Ortopedi Solo, pengunjung dilarang merokok demi menjaga kualitas udara yang sehat.
  2. Larangan membawa senjata tajam: Pengunjung tidak diperkenankan membawa senjata tajam ke dalam rumah sakit untuk menjaga keamanan semua pihak.
  3. Larangan menimbulkan keributan: Pengunjung diharapkan menjaga ketenangan di dalam rumah sakit dan tidak menimbulkan keributan yang dapat mengganggu pasien dan petugas medis.
  4. Tunggu di ruang tunggu: Jika jumlah pengunjung cukup banyak, diharapkan untuk menunggu di ruang tunggu yang telah disediakan.
  5. Tidak membawa peralatan tidur: Pengunjung tidak diperkenankan membawa peralatan tidur seperti kasur atau tikar, serta tidak boleh menggunakan tempat tidur pasien.
  6. Membuang sampah pada tempatnya: Untuk menjaga kebersihan rumah sakit, pengunjung diharapkan membuang sampah pada tempatnya.

Keuntungan dari Mengikuti Peraturan Jam Besuk

Mengikuti peraturan jam besuk di RS Ortopedi Solo memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  1. Ketenangan pasien: Dengan menjaga ketenangan di dalam ruangan perawatan, pasien dapat beristirahat dengan tenang dan fokus pada proses kesembuhan.
  2. Kesehatan pasien: Dengan membatasi kunjungan dan tidak membawa anak kecil, risiko penularan penyakit atau infeksi dapat diminimalkan, sehingga proses kesembuhan pasien dapat berlangsung dengan baik.
  3. Kualitas pelayanan: Dengan menjaga kedisiplinan dalam jam besuk, pihak rumah sakit dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pasien dan memastikan ketersediaan waktu dan sumber daya yang optimal.

Jam Besuk di RS Ortopedi Solo

Jam besuk di RS Ortopedi Solo dilakukan setiap hari, termasuk hari Senin hingga Minggu. Jam besuk pada siang hari dimulai pukul 11.00 WIB hingga 13.00 WIB, sedangkan jam besuk pada malam hari dimulai pukul 17.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Baca Juga:  Biaya Operasi Patah Tulang 2024 Pakai BPJS/Non BPJS

Informasi Kontak dan Lokasi RS Ortopedi Solo

Untuk informasi lebih lanjut mengenai RS Ortopedi Solo, Anda dapat menghubungi pihak rumah sakit melalui kontak berikut:

  • Alamat: Jl. A. Yani No.157, Mendungan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57162
  • Fax: 021 – 7144 58
  • Website: www.rso.go.id

Anda juga dapat melihat lokasi RS Ortopedi Solo melalui peta Google Maps berikut:

Baca Juga:  Jam Besuk RS Hermina Banyumanik: Jadwal dan Aturan

FAQ: Pertanyaan Umum Mengenai RS Ortopedi Solo

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan mengenai RS Ortopedi Solo:

  1. Apakah RS Ortopedi Solo menerima BPJS? Iya, RS Ortopedi Solo menerima pasien BPJS. Syaratnya adalah pengunjung harus membawa kartu JKN dan surat rujukan dari puskesmas.
  2. Apa tipe rumah sakit RS Ortopedi Solo? RS Ortopedi Solo merupakan rumah sakit tipe A di kota Surakarta.

Dengan memahami dan mematuhi syarat, peraturan, dan etika yang berlaku di RS Ortopedi Solo, pengunjung dapat memberikan dukungan dan kenyamanan bagi pasien yang sedang menjalani perawatan. Mari kita jaga kebersihan, ketenangan, dan kedisiplinan di rumah sakit demi kesembuhan yang optimal.

Baca Juga:

error: