6 Tanda-tanda Kredit Motor di ACC Bank atau Leasing


Beben.id – Tidak sedikit orang yang memilih untuk mengajukan kredit motor ketimbang membeli secara tunai. Proses pengajuan kredit motor memang memakan waktu yang cukup panjang, mulai dari pengajuan hingga persetujuan. Oleh karena itu, banyak yang penasaran dan mencari tanda-tanda kredit motor di ACC atau tidak.

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai tanda-tanda yang menunjukkan bahwa kredit motor telah disetujui atau di ACC. Dengan mengetahui tanda-tanda ini, Anda dapat lebih mempersiapkan diri dan mengetahui apakah pengajuan kredit motor Anda telah diterima atau belum.

Tanda-Tanda Kredit Motor di ACC atau Disetujui

1. Pemberitahuan Resmi dari Leasing atau Bank

Salah satu tanda yang menunjukkan bahwa kredit motor Anda telah disetujui adalah adanya pemberitahuan resmi dari pihak leasing atau bank. Beberapa perusahaan leasing motor yang populer diantaranya adalah Adira dan FIF, sedangkan bank seperti BCA KSM, X-TRA CIMB NIAGA, BTN iB, atau BSI OTO.

Pemberitahuan ini dapat dilakukan secara langsung melalui kunjungan ke rumah, SMS, WhatsApp, atau email. Jika Anda telah menerima pemberitahuan ini, maka dapat dipastikan bahwa pengajuan kredit motor Anda telah disetujui.

Baca Juga:  Jam Besuk RS Aisyiyah Kudus 2024 Senin - Minggu

Selain pemberitahuan, pihak penyedia kredit motor juga akan menjelaskan rincian terkait jumlah pinjaman, tenor, suku bunga, angsuran, dan ketentuan lainnya.

2. Panggilan untuk Menandatangani Perjanjian Kredit Motor

Jika pengajuan kredit motor Anda telah diterima, Anda akan mendapatkan panggilan untuk menandatangani perjanjian kredit motor. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memberikan nomor telepon yang aktif agar pihak leasing atau bank dapat dengan mudah menghubungi Anda.

Panggilan ini merupakan tanda bahwa pengajuan kredit motor Anda telah disetujui sebelumnya. Pihak leasing membutuhkan waktu untuk menganalisis pengajuan kredit motor yang diterima, biasanya dalam waktu 2×24 jam sejak proses survei dilakukan.

3. Pencairan Dana dari Leasing atau Bank

Tanda lain bahwa kredit motor Anda telah disetujui adalah pencairan dana pinjaman. Dana pinjaman ini akan dikirim ke dealer motor yang bersangkutan. Anda akan mendapatkan pemberitahuan jika pembayaran telah dilakukan oleh perusahaan leasing tersebut.

Jika Anda mengajukan kredit motor melalui bank, tanda bahwa pengajuan Anda disetujui adalah masuknya dana pencairan ke nomor rekening bank. Anda dapat memeriksa atau menanyakan langsung kepada petugas bank terkait dana yang masuk.

Tips agar Kredit Motor Bisa Cepat di ACC

Terdapat beberapa tips yang dapat Anda terapkan agar pengajuan kredit motor Anda cepat disetujui oleh leasing atau bank. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

Baca Juga:  2 Biaya Operasi Kelenjar Getah Bening BPJS/Non BPJS

1. Melengkapi Syarat Administrasi

Pastikan Anda melengkapi semua syarat administrasi yang diminta oleh leasing atau bank. Syarat kredit motor dapat berbeda-beda tergantung kebijakan masing-masing lembaga. Beberapa dokumen yang umumnya dibutuhkan antara lain:

  • Fotokopi kartu identitas atau KTP
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Slip gaji
  • Bukti mutasi rekening 3 bulan terakhir

Usahakan untuk menghubungi petugas terkait jika ada yang belum dipahami. Mereka akan membantu Anda mengenai cara mengetahui kredit motor di ACC atau tidak.

2. Berada di Luar Daftar Blacklist

Pastikan Anda tidak masuk dalam daftar blacklist dari leasing atau bank. Riwayat kredit yang ada di daftar blacklist sangat berpengaruh pada proses pengajuan kredit motor.

Jika Anda sering telat membayar angsuran atau tidak membayar sama sekali, kemungkinan besar nama Anda akan masuk dalam daftar blacklist. Untuk menghindari hal ini, pastikan Anda membayar angsuran dengan tepat waktu.

3. Ajukan Uang Muka yang Lebih Besar

Jika Anda mengajukan kredit motor, sebaiknya ajukan uang muka yang lebih besar dari harga motor. Hal ini akan mempercepat persetujuan pengajuan kredit karena Anda dianggap mampu untuk membayar angsuran nantinya.

Ajukan uang muka sekitar 30% atau lebih dari harga motor yang Anda inginkan. Hal ini akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan persetujuan kredit motor.

Kesimpulan

Dalam mengajukan kredit motor, penting bagi Anda untuk mengetahui tanda-tanda bahwa pengajuan kredit Anda telah disetujui atau di ACC. Dengan mengetahui tanda-tanda ini, Anda dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dan mengetahui apakah pengajuan kredit motor Anda telah diterima atau belum.

Baca Juga:  Jam Besuk RS Ananda Bekasi Terbaru 2024 Senin-Minggu

Beberapa tanda bahwa kredit motor Anda telah disetujui antara lain adanya pemberitahuan resmi dari leasing atau bank, panggilan untuk menandatangani perjanjian kredit motor, dan pencairan dana dari leasing atau bank.

Agar pengajuan kredit motor Anda cepat disetujui, pastikan Anda melengkapi semua syarat administrasi, berada di luar daftar blacklist, dan ajukan uang muka yang lebih besar. Dengan mengikuti tips-tips ini, peluang Anda untuk mendapatkan persetujuan kredit motor akan semakin besar.

Jadi, jika Anda ingin mengetahui apakah pengajuan kredit motor Anda telah disetujui atau belum, perhatikan tanda-tanda yang telah dijelaskan di atas. Semoga berhasil!

Baca Juga:

error: