Jam Besuk RSUD Karawang: Alamat, Fasilitas, Peraturan 2024


Beben.id – Mengetahui informasi jam besuk RSUD Karawang adalah poin penting yang harus Anda ketahui jika ingin membesuk keluarga maupun orang terdekat yang sedang dirawat di RS tersebut. Selain itu, wajib bagi para pengunjung untuk memahami bahwa ada batasan tertentu saat hendak mengunjungi pasien.

Batasan tersebut berhubungan dengan adanya tata tertib rumah sakit pada saat memasuki jam besuk pasien. Apabila ini pertama kalinya Anda berkunjung ke RSUD Karawang, maka cobalah luangkan waktu sejenak untuk membaca informasi penting di bawah ini!

Sejarah Singkat RSUD Karawang

RSUD Karawang didirikan pada 29 Mei 1952, awalnya sebagai rumah sakit cacar. Pada tahun 1954, menjadi rumah sakit umum dengan dr. Rd. Poedjono sebagai kepala. Di era 1960-1974, dipimpin oleh dr. J. Suteja, kemudian dr. Rahmat Soeriaatmadja.

Kerjasama dengan RSCM dan Fakultas Kedokteran UI Jakarta menguatkan layanan. Pada 1974-1994, dr. H. Sambas Kartaatmadja dan dr. H. Hanna Permana Subanegara memimpin. Status RSUD Karawang ditingkatkan menjadi Kelas C pada 1983.

Kerjasama dengan institusi pendidikan kesehatan seperti FK Unpad Bandung memperkuat tenaga medis. Relokasi RSUD dimulai pada 2001 untuk meningkatkan infrastruktur. Pada 2006-2011, kepemimpinan berpindah dari dr. H. Hanna Permana S. MARS ke dr. H. Djoni Darmadjaja, Sp.MARS.

Baca Juga:  5 Cara Cek Angsuran Adira secara Online dan Offline

Kemudian jabatan tersebut diserahkan kepada dr. Hj. Wuwuh Utami Ningtyas, M.Kes. Hal tersebut menjadikan RSUD Karawang bertransformasi menjadi Rumah Sakit Kelas B Non Pendidikan pada 1997. Pada tahun 2009, menerapkan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Lokasi dan Nomor Kontak

  • Alamat: Jalan Galuh Mas Raya Nomor 1, Sukaharja, Telukjambe Timur, Karawang, Jawa Barat, Kodepos 41361
  • Nomor Telepon: (0267) 640555

Jam Besuk RSUD Karawang

Jadwal besuk RSUD Karawang dibuka setiap hari untuk dua sesi yang telah ditetapkan. Kebijakan ini bertujuan untuk memberikan waktu yang cukup bagi pasien untuk beristirahat dan mendapatkan perawatan medis. Berikut jadwal lengkapnya:

  • Senin-Minggu Sesi 1: 11.00 WIB – 13.00 WIB
  • Senin-Minggu Sesi 2: 17.00 WIB – 19.00 WIB

Jenis Layanan yang Ada

RSUD Karawang menyediakan beragam layanan kesehatan yang mencakup diagnosis, perawatan, dan rehabilitasi. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai setiap layanan yang tersedia:

1. Instalasi Gawat Darurat (IGD)

IGD RSUD Karawang merupakan unit pelayanan medis darurat 24/7 yang siap memberikan penanganan cepat dan tepat untuk kondisi medis mendesak seperti cedera akut, serangan jantung, dan kecelakaan. Tim medis terlatih di IGD siap memberikan pertolongan pertama dan stabilisasi pasien.

2. Rehabilitasi Medik

Layanan rehabilitasi medik di RSUD Karawang bertujuan untuk membantu pemulihan pasien setelah mengalami cedera atau kondisi medis seperti stroke, cedera tulang belakang, atau kecelakaan. Terapi fisik ini termasuk terapi bicara, yang mana dapat diberikan sesuai kebutuhan pasien.

Baca Juga:  5 Cara Bayar Pegadaian di Indomaret Terdekat 2024

3. Terapi Okupasi

Terapi okupasi adalah layanan yang membantu pasien untuk meningkatkan kemampuan melakukan aktivitas sehari-hari, seperti mandi, berpakaian, atau berkomunikasi. Setelah mengalami gangguan fisik atau mental, tim terapis okupasi akan bekerja sama dengan pasien untuk merehabilitasinya.

4. Laboratorium

Laboratorium RSUD Karawang dilengkapi dengan peralatan modern untuk melakukan berbagai jenis tes diagnostik, seperti tes darah lengkap, analisis urin, pemeriksaan kimia darah, dan lainnya. Tes laboratorium ini membantu dalam diagnosis penyakit, pemantauan kondisi kesehatan, dan evaluasi respons.

5. Poliklinik Umum

Poliklinik Umum RSUD Karawang menyediakan pemeriksaan dan pengobatan untuk berbagai keluhan medis non-kedaruratan, seperti flu, demam, gangguan pencernaan, atau hipertensi. Dokter umum di poliklinik memberikan pelayanan primer dan merujuk pasien ke spesialis jika diperlukan.

6. Spesialis Penyakit Dalam

Spesialis penyakit dalam di RSUD Karawang menangani diagnosis dan pengobatan penyakit-penyakit sistemik seperti diabetes, hipertensi, gangguan kardiopulmoner, atau penyakit autoimun. Tim medis melakukan evaluasi, meresepkan pengobatan, dan memberikan edukasi kepada pasien.

7. Spesialis Bedah

Spesialis bedah di RSUD Karawang memiliki keahlian dalam melakukan berbagai jenis tindakan bedah. Mulai dari operasi minor seperti pengangkatan kista hingga operasi mayor seperti pengangkatan organ internal atau prosedur rekonstruktif.

Peraturan Saat Berkunjung di RSUD Karawang

Jika sudah memasuki wilayah rumah sakit, maka menandakan bahwa akan terdapat seperangkat aturan yang mengikat Anda untuk mematuhinya demi kenyamanan bersama. Hal ini tidak terkecuali dengan beberapa aturan jam besuk RSUD Karawang berikut:

  • Perhatikan usia pengunjung, terutama tidak membawa anak di bawah usia 12 tahun.
  • Berkunjung secara bergantian agar kondisi tetap tenang dan kondusif.
  • Sesuaikan dengan jam kunjungan agar tidak bentrok dengan pengunjung lainnya.
  • Tidak boleh merokok dan membawa senjata tajam di lingkungan rumah sakit.
  • Jangan membuat keributan karena bisa mengganggu pasien.
  • Jangan menunggu di depan ruangan pasien karena sudah disediakan ruang tunggu khusus.
  • Tidak diperbolehkan membawa alat tidur berupa tikar, matras, dan sejenisnya.
  • Buanglah sampah pada tempatnya demi menjaga lingkungan tetap bersih.
  • Jangan melakukan kunjungan apabila sedang sakit.
Baca Juga:  Jam Besuk RS PKU Gamping Terbaru 2024 Setiap Harinya

Informasi mengenai jam besuk RSUD Karawang ini bertujuan agar Anda bisa lebih memahami tentang jadwal berkunjung serta aturan yang harus dipatuhi. Melalui kerjasama antara pasien, pengunjung, dan tenaga medis, diharapkan proses pemulihan pasien dapat berjalan dengan lancar dan optimal.

error: