Jam Besuk RSUD Karawang: Jadwal dan Aturan


Beben.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang, yang terletak di Jalan Galuh Mas Raya No. 1, Sukaharja, Kec. Telukjambe Tim, Karawang, menyediakan berbagai fasilitas pelayanan medis, seperti rawat jalan, rawat inap, penunjang medis (laboratorium, radiologi, fisioterapi, instalasi farmasi), serta layanan unggulan seperti CT Scan 16 Slice, Hemodialisa, dan Smart IVF. Dengan fasilitas yang lengkap ini, RSUD Karawang menjadi rumah sakit unggulan di kota Karawang.

Profil RSUD Karawang

RSUD Karawang adalah rumah sakit umum daerah yang berlokasi di Telukjambe Barat, Kota Karawang. Rumah sakit ini didirikan pada tanggal 29 Mei 1952 sebagai rumah sakit untuk merawat dan mengobati penderita cacar. Pada tahun 1954, rumah sakit ini menjadi rumah sakit umum yang dipimpin oleh dr. Rd. Poedjono. Lokasi RSUD Karawang pada saat itu berada di Jalan Dr. Taruno dengan luas tanah 2,8 Ha. Pada tahun 1957, kepemimpinan rumah sakit ini beralih dari dr. Rd. Poedjono ke dr. Chung Kun Man, yang menjabat sebagai kepala rumah sakit hingga tahun 1960.

Visi RSUD Karawang adalah menjadi Rumah Sakit Umum Daerah Regional Jawa Barat yang maju dan terkemuka di tingkat nasional. Sementara itu, misi RSUD Karawang meliputi mewujudkan SDM yang profesional, sarana dan prasarana yang sesuai standar, pelayanan yang komprehensif, rumah sakit pendidikan yang berkualitas, serta peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Baca Juga:  Jam Besuk RSUD Salatiga: Jadwal dan Aturan 2024

Aturan dan Syarat Kunjungan Pasien di RSUD Karawang

Ketika berkunjung ke RSUD Karawang, terdapat beberapa aturan dan syarat yang perlu diperhatikan. Beberapa aturan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pembatasan Usia Anak: Dilarang membawa anak dengan usia di bawah 12 tahun ke dalam ruangan perawatan pasien. Hal ini dilakukan untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan pasien, serta mencegah penyebaran penyakit.

  2. Pembatasan Jumlah Pengunjung: Diwajibkan untuk bergantian dalam mengunjungi pasien, dengan membatasi satu orang pengunjung yang masuk ke ruangan perawatan pada satu waktu. Hal ini bertujuan agar pasien dapat beristirahat dengan tenang, sehingga proses penyembuhan dapat berjalan dengan baik.

  3. Waktu Kunjungan: Kunjungan hanya dapat dilakukan pada saat jam besuk yang telah ditentukan. Setelah jam besuk selesai, pengunjung diharapkan segera meninggalkan ruangan perawatan pasien. Jam besuk di RSUD Karawang terbagi menjadi dua sesi, yaitu jam besuk siang pukul 11.00 – 13.00 WIB, dan jam besuk malam pukul 17.00 – 19.00 WIB. Dalam hal ini, penting bagi pengunjung untuk memahami dan mematuhi jadwal kunjungan yang berlaku.

  4. Larangan Merokok: Merokok dilarang di lingkungan rumah sakit, termasuk di dalam ruangan perawatan pasien. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas udara dan kesehatan pasien serta pengunjung.

  5. Larangan Membawa Senjata: Pengunjung dilarang membawa senjata atau benda tajam ke dalam area rumah sakit. Hal ini untuk menjaga keamanan dan mencegah terjadinya kejadian yang tidak diinginkan.

  6. Larangan Menimbulkan Keributan: Dalam rangka menjaga ketenangan dan kenyamanan pasien, pengunjung diharapkan untuk tidak menimbulkan keributan di dalam area rumah sakit. Jika aturan ini dilanggar, pengunjung dapat diusir oleh pihak keamanan rumah sakit.

  7. Penggunaan Ruang Tunggu: Apabila jumlah pengunjung cukup banyak, diharapkan untuk menunggu di ruang tunggu yang telah disediakan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kenyamanan dan keamanan pasien, serta memastikan proses perawatan berjalan lancar.

  8. Pembuangan Sampah: Pengunjung diharapkan untuk membuang sampah pada tempatnya. Hal ini untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan rumah sakit.

Persiapan Sebelum Berkunjung ke RSUD Karawang

Sebelum melakukan kunjungan ke RSUD Karawang, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Kondisi Kesehatan: Jika Anda sedang tidak fit, sedang mengalami flu, demam, atau kondisi kesehatan lainnya, sebaiknya menunda kunjungan ke rumah sakit. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit kepada pasien lain dan menjaga kesehatan diri sendiri.

  2. Informasi Kontak RSUD Karawang: Jika Anda perlu menghubungi pihak rumah sakit, berikut adalah informasi kontak RSUD Karawang:

    • Alamat: Jl. Galuh Mas Raya No. 1, Sukaharja, Kec. Telukjambe Tim, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41361
    • Telepon: (0267) – 640 444
  3. Google Maps: Untuk mempermudah mencari lokasi RSUD Karawang, Anda dapat menggunakan Google Maps. Berikut adalah link Google Maps untuk RSUD Karawang: Google Maps

Pertanyaan Umum tentang RSUD Karawang

  1. Tipe Rumah Sakit: RSUD Karawang merupakan rumah sakit daerah tipe C di kota Karawang.

  2. Kelas Rumah Sakit: RSUD Karawang termasuk dalam kelas Rumah Sakit Umum Daerah Kelas B Non-Pendidikan di Kabupaten Karawang.

Dengan memahami aturan dan jadwal kunjungan pasien di RSUD Karawang, pengunjung dapat memberikan dukungan dan kenyamanan bagi pasien selama masa perawatan. Selain itu, penting untuk selalu mematuhi aturan yang berlaku demi menjaga kesehatan dan keamanan pasien serta lingkungan rumah sakit.

Baca Juga:  Jam Besuk RS Panti Wilasa Citarum: Jadwal dan Aturan

Baca Juga:

error: