Jam Besuk RS Wahidin Makassar Terbaru 2024

Selama masa pandemi Covid-19, cukup banyak rumah sakit yang membatasi jumlah kunjungan terhadap pasien, termasuk RS Wahidin Sudirohudoso Makassar. Namun sekarang, jam besuk RS Wahidin sudah kembali diterapkan supaya keluarga dan lainnya dapat mengunjungi pasien.

Namun meskipun begitu jam besuk pasien di RS Wahidin tetap menggunakan peraturan yang ketat, demi kebaikan bersama. Peraturan jam besuk tersebut dimaksudkan supaya pasien tetap bisa mendapatkan haknya untuk beristirahat sehingga dapat segera sembuh.

Pada masa pandemi lalu, tepatnya tahun 2020, pihak RS Wahidin Makassar pernah memberlakukan aturan yang sangat ketat bagi siapa saja yang hendak berkunjung. Setelah pandemi selesai, apakah jam besuk di RS Wahidin Makassar masih sangat ketat?

Jam Besuk RS Wahidin Makassar

Pihak pengelola rumah sakit telah membuat peraturan terkait jam besuk RS Wahidin yaitu :

  • Pagi hari dibuka dari jam 10.00 – 12.00 WITA
  • Sore dimulai pada pukul 16.00 – 20.00 WITA

Jam besuk berlaku setiap hari Senin-Minggu termasuk hari libur atau tanggal merah.

Mengenal RS Wahidin Sudirohusodo Makassar

Sebelum membahas jam kunjungan pasien di RS Wahidin tidak ada salahnya mengenal sejarah singkat fasilitas kesehatan masyarakat di Makassar tersebut. RS Wahidin Sudirohusodo didirikan pada tahun 1994, berasal dari rumah sakit yang telah ada sebelumnya.

Baca Juga:  3 Cara Cek Angsuran OTO secara Online dan Offline

Ya, RS Wahidin merupakan rumah sakit milik pemerintah di Makassar, yang sebelumnya bernama RS Dadi. Rumah sakit tersebut ada sejak tahun 1947, dengan memanfaatkan dua bangsal milik RSJ yang sudah berdiri pada tahun 1942.

Kedua bangsal tersebut kemudian digunakan sebagai bangsal bedah serta penyakit dalam, yang sekaligus menjadi cikal bakal RSU Dadi. Rumah sakit berada di Jalan Lanto Dg Nomor 43 Pasewang, Makassar dan menjadi RS Pemda tingkat I sejak itu.

Pada tahun 1993, RSU Dadi berubah status menjadi RS tipe B dan lokasinya dipindahkan di dekat kampus Fakultas Kedokteran Unhas, di Jalan Perintis Kemerdekaan Km. 11 Kota Makassar. Satu tahun setelahnya, berubah lagi statusnya menjadi RSUP dr, Wahidin Sudirohusodo dengan tipe A.

Alamat dan Kontak Terbaru

  • Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan Km.11, Kel. Tamalanrea Jaya, Kec. Tamalanrea, Makassar, Sulawesi Selatan, Kodepos 90245
  • Telepon:  0411 583333
  • Jam Buka: UGD 24 Jam

Fasilitas di RSUP dr. Wahidin Sudirohusudo Makassar

Dengan berubahnya status sebagai rumah sakit pusat di Makassar dengan klasifikasi A, maka otomatis fasilitas kesehatan tersebut juga semakin lengkap pelayanannya. Apa saja fasilitas yang ada di RS Wahidin Makassar, inilah beberapa diantaranya.

1. Private Care Center

Yang pertama ada gedung yang dimanfaatkan sebagai private care center. Berdasarkan keputusan Menteri Kesehatan pada tahun 2006, RS Wahidin Sudirohusodo (RSWS) Makassar, menjadi lembaga pelaksana teknis milik Departemen Kesehatan

Oleh sebab itu, pada tahun 2008 pihak RSWS mulai membangun fasilitas yang dijadikan sebagai pusat-pusat untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dibidang kesehatan.  Beberapa gedung yang digunakan sebagai private center tersebut memiliki fungsi yang penting.

Baca Juga:  Jam Besuk RS Bhayangkara Semarang Terbaru Pagi dan Sore

Sebut saja gedung untuk penyakit gastrointestinal yang diberi nama Gastroentero Hepatoogi Center. Ada juga bangsal khusus untuk penyakit infeksi di RS dr. Wahidin, namanya Infection Center. Sedangkan untuk kesehatan khusus ibu dan anak, pihak RS telah menyediakan gedung khusus.

Bangsal khusus ibu dan anak di RS Wahidin Makassar diberi nama Mother and Care Center. Disamping gedung-gedung yang sudah disebutkan masih banyak lagi private care center lainnya. Untuk berkunjung kesana, perhatikan jam besuk RS Wahidin pada bagian tersebut.

2. Cardiac Center atau Pusat Jantung Terpadu

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian mendadak yang cukup sering terjadi pada orang Indonesia. Memahami masalah tersebut, maka pihak RSWS juga menyediakan bangsal khusus untuk menangani penyakit yang berkaitan dengan masalah  jantung.

Diberi nama Cardiac Center atau dapat juga disebut sebagai Pusat Jantung Terpadu, gedung ini berisi fasilitas kesehatan yang akan membantu masyarakat untuk menangani penyakit jantung secara tepat dan cepat.

Cardiac Center RS Wahidin Makassar ada sejak tahun tahun 2014  setelah dua akreditasi penting yang didapatkan. Kedua akreditasi tersebut yaitu KARS Paripurna dan JCI yang diberikan pada tanggal 7 Oktober 2014 melalui SK Kemenkes.

Sejak saat itu status RS Wahidin  Sudirohusodo menjadi RS rujukan nasional tipe A, sebagaimana yang dicantumkan dalam keputusan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dengan nomor HK.02.02/I/55112/2018.

Jenis Layanan Kesehatan di RS Wahidin Makassar

Sebagai pusat kesehatan masyarakat tipe A dan menjadi RS rujukan nasional, RS Wahidin Makasasar memiliki jenis layanan yang cukup lengkap. Lebih lengkapnya dapat dibaca disni.

Baca Juga:  5 Biaya Pasang Behel 2024 di Semua Klinik/Rumah Sakit

1. Layanan Kesehatan

Selain jam besuk RS Wahidin, yang perlu diperhatikan juga adalah apa saja jenis layanan kesehatan yang disediakan oleh rumah sakit bagi masyarakat. RSWS memiliki layanan kesehatan yang meliputi :

  1. Paru-paru dan respirasi
  2. Jantung
  3. Anak
  4. THT
  5. Saraf
  6. Gigi dan mulut
  7. Urologi
  8. Orthopedi
  9. Bedah umum
  10. Bedah anak
  11. Bedah saraf
  12. Bedah tumor
  13. Hematologi ontologi
  14. Gastro enteremopatologi
  15. Obsterti ginekologi

Waktu pelayanan pada semua jenis penyakit dimulai setiap jam 16.00 – 20.00 WITA, Senin hingga Jumat.

2. Pelayanan Medis

RS dr Wahidin Kota Makassar menyediakan juga pelayanan medis bagi masyarakat, yang terdiri dari :

  1. Rawat jalan
  2. UGD
  3. Rawat inap
  4. Bedah
  5. Intensive Care

Pelayanan medis tersebut ditunjang dengan fasilitas radiologi, farmasi, layanan gizi dan lain sebagainya.

Itulah informasi terkait jam besuk RS Wahidin terbaru yang ditetapkan oleh pihak rumah sakit bagi siapa saja yang ingin mengunjungi pasien. Jika ada informasi yang belum jelas dapat langsung ditanyakan kepada pihak RS Wahidin Makassar.

error: