6 Kelebihan dan Kekurangan Bank BRI Terbaru 2024

Beben.id – BRI menjadi salah satu bank BUMN paling populer di Indonesia dengan jumlah nasabah mencapai 70 juta orang, baik di area kota atau pun pelosok daerah yang bahkan belum terjamah oleh bank-bank lainnya. Jika kamu tertarik menjadi nasabahnya, pahami dulu yuk apa saja kelebihan dan kekurangan bank BRI.

Bank ini punya berbagai produk keuangan yang bisa dipilih sesuai dengan yang kamu butuhkan, mulai dari kredit rumah, pinjang uang, hingga deposito dan tabungan. Apa saja produk selengkapnya dan apa keunggulan dari bank BRI bisa kamu temukan informasinya di bawah ini.

Profil Bank BRI

Sebelum melihat daftar kelebihan dan kekurangan bank BRI, baca dulu yuk profil dan sejarahnya. Jadi, sejarah dari PT. Bank Rakyat Indonesia dimulai pada 16 Desember tahun 1895. Salah satu lembaga keuangan milik pemerintah ini pertama kali beroperasi di Purwokerto, Jawa Tengah.

Sebelum Indonesia merdeka, bank ini bernama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden dengan nama pendirinya adalah Raden Bei Aria Wirjaatmadja. Barulah setelah tahun 1945, bank ini diambil alih oleh pemerintah dan berganti nama.

Mungkin tak banyak yang tahu nih, jika BRI sebenarnya pernah berhenti beroperasi lho, yaitu di tahun 1948. Setelah Perjanjian Renville, barulah BRI kembali dibuka dan sempat berganti nama menjadi Bank Rakyat Indonesia Serikat.

Saat ini, 53,19% saham BRI dimiliki oleh pemerintah dan 46,81% merupakan milik publik. Kantor pusatnya juga bukan lagi di Jawa Tengah, melainkan Jakarta. Pada tahun 2022 lalu, BRI secara resmi menambah kepemilikan saham sebanyak 65% di Danareksa Investment Management.

Baca Juga:  8 Bank Keliling Mingguan Terdekat 10 Menit Cair 2024

Kelebihan dan Kekurangan Bank BRI

1. Banyak dan Ada Dimana-mana

Jumlah kantor outlet konvensional BRI per September 2022 sudah mencapai 8.629 unit dan tersebar di berbagai kota serta kabupaten. Lalu untuk mesin ATM ada sekitar 20.864 unit yang tersebar di berbagai titik di Indonesia. BRI juga punya jenis layanan BRILink untuk membantu para nasabahnya.

2. Jenis Layanan Variatif

Setelah sejarah yang cukup panjang dan jatuh bangun yang mungkin tak terhitung jumlahnya, kini BRI berhasil menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia lho.

Bank ini secara konsisten terus berusaha meningkatkan pelayanannya, baik untuk masyarakat umum, bisnis kecil dan menengah, hingga tingkat korporat. Ini dia beberapa jenis layanan BRI yang bisa kamu nikmati:

a. Tabungan

Tak hanya satu, tapi BRI punya sekitar 10 macam produk tabungan. Masing-masing punya suku bunga, persyaratan, dan fungsi yang berbeda. Nah, kamu jadi mudah nih untuk memilih jenis tabungan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

b. Deposito

Tak hanya cocok sebagai tempat menabung bulanan, kamu pun bisa simpan uang deposito kamu di BRI. Suku bunganya kompetitif dan jangka waktu penyimpanannya bervariatif mulai dari hitungan bulan hingga tahun.

c. Kredit

Butuh dana untuk kredit rumah? Tenang, BRI juga punya jenis layanan yang satu ini. Tapi bukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) saja, masih ada beberapa pilihan kredit lain seperti Kredit Modal Kerja, Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan Kredit Tanpa Agunan.

d. Investasi

Beberapa jenis produk investasi yang disediakan BRI termasuk obligasi, reksadana, dan investasi versi Islami/syariah.

e. Layanan Internasional

Layanan jenis ini yang ada di BRI termasuk pengiriman uang keluar negeri, valas, trade finance, dan remittance.

3. Produk yang Beragam

Kelebihan bank BRI yang bikin masyarakat menyukainya adalah pilihan produk simpanan tabungan yang beragam seperti di bawah ini:

a. Tabungan Simpedes TKI

Buat kamu yang kerja di luar negeri bisa pilih Simpedes TKI agar lebih mudah kirim uang pada keluarga di rumah. Cukup lakukan secara online jadi tak harus pulang ke rumah. Setoran awalnya ringan kok, hanya Rp10.000 dan kamu akan dapat BRI card.

Baca Juga:  CVV Kartu Debit BCA, Manfaat, Perbedaan, Fungsi 2024

Syarat pembukaan rekening juga mudah cukup dengan setor fotokopi KTP, surat rekomendasi dari PPTKIS, dan isi form pembuatan rekening.

b. Tabungan BritAma dan BritAma X

Setoran awal untuk jenis tabungan BritAma sekitar Rp250.000 dan kamu akan dapat link MasterCard yang bisa dipakai transaksi di semua mesin ATM dengan logo MasterCard.

Sedangkan untuk Tabungan BritAma X didesain lebih modern dengan target pasar anak muda. Fiturnya serupa dengan BritAma yaitu link MasterCard. Bedanya, nasabah untuk BritAma X diantara 17-35 tahun saja.

c. Tabungan Simpedes

Ini dia salah satu produk BRI terpopuler yang bisa digunakan untuk menabung/menyimpan uang. Jenis tabungan ini punya sejumlah keunggulan seperti pembukaaan rekening yang mudah dan praktis, tarik dan setor uang tanpa batas waktu alias bisa kapan saja, dan biaya admin terjangkau hanya Rp5.000/bulan.

Selain tarik tunai di mesin ATM, kartu ATMnya juga sudah bisa debit lho. Jenis tabungan ini juga bisa diakses secara digital lewat m-Banking, i-Banking, serta SMS banking.

d. Simpanan BritAma Bisnis

Buat kamu yang punya bisnis/usaha bisa pilih jenis tabungan ini. Jika saldo kamu di atas Rp5.000.000/bulan, maka bebas biaya admin lho. Kelebihan BRI lainnya adalah dilengkapi AGF Automatic Grab Fund, account swipe, dan pencatatan riwayat transaksi lebih detail.

e. Tabungan Haji

Kamu bisa nabung uang di rekening jenis ini untuk beribadah ke tanah suci. Bebas biaya admin dan juga ada asuransi. Setoran awal cukup Rp50.000.

f. Tabungan BRI Junio

Mau simpan uang anak? Pilih saja BRI Junio jika si kecil berusia 0-17 tahun. Ada fitur transfer tetap yang memudahkan kamu untuk menabung dengan jumlah sama setiap bulan sesuai kesepakatan awal.

g. BritAma Valas

Kalau sering transaksi dengan mata uang asing, kamu bisa pilih BritAma Valas. Setoran awal 50 USD dan nilai tukarnya kompetitif.

h. TabunganKu

Jenis rekening ini bebas admin dengan setoran awal Rp20.000 saja. Sedangkan setoran selanjutnya minimal Rp10.000. Cocok banget nih jadi celengan buat anak muda.

Baca Juga:  17 Jenis Kartu Kredit BCA (Limit, Bunga dan Syarat)

i. Tabungan BRI Simpel

Anak muda atau pelajar yang ingin belajar mengelola keuangan atau tabungan bisa pilih BRI Simple. Setoran awal cuma Rp5.000 dan pembukaan rekening bisa secara online.

j. Tabungan BritAma Rencana

Kalau ada rencana untuk membeli rumah, mobil, atau hal lain di masa depan, maka kamu bisa nabung di BritAma Rencana. Bisa juga untuk simpan dana darurat, lho!

4. Ada Layanan Digital

Daftar kelebihan dan kekurangan bank BRI selanjutnya adalah tersedia layanan digital. Sudah pasti poin ini masuk dalam kategori kelebihan ya. Jadi, berbagai produk di atas mudah diakses karena bisa dari hp saja, untuk transaksi atau cek pun cek mutasi. Tak harus repot ke mesin ATM atau kantor cabang deh!

5. Profesional

Sudah berkecimpung di bidang keuangan selama puluhan tahun, BRI tentu memiliki pengalaman luar biasa dalam memberikan pelayanan terhadap nasabah. Hal ini terbukti dari tenaga kerja profesional yang siap membantu dan memberi pengarahan terkait produk-produk BRI.

6. Biaya Beda Bank

Buat kamu yang penasaran tentang apa kekurangan dari bank BRI, jawabannya adalah ada biaya admin jika kamu melakukan transfer beda bank. Biayanya adalah Rp6.500 per transaksi dan akan dipotongan langsung dari saldo. Tapi untuk transfer ke sesama BRI gratis, kok!

Setelah membaca dengan seksama daftar kelebihan dan kekurangan bank BRI di atas, kamu akan jadi lebih gampang deh dalam memutuskan untuk menjadi nasabahnya atau tidak. Kesimpulan dari informasi di atas adalah BRI rupanya punya lebih banyak kelebihan daripada kekurangannya.

Baca Juga:

error: