2 Routing Number BCA untuk Transaksi Internasional


Beben.id – Routing Number BCA adalah bagian dari perkembangan di bidang perbankan yang terus beradaptasi dengan tuntutan zaman yang semakin modern. Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, semua transaksi keuangan yang melibatkan perbankan harus mengikuti perkembangan ini.

BCA sebagai bank yang terkenal dengan kualitas pelayanannya di Indonesia, selalu berusaha memberikan solusi untuk kebutuhan transaksi lintas negara. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi para pengusaha nasional dan para entrepreneur muda yang ingin melangkah ke dunia internasional.

Karena alasan inilah, minat terhadap BCA terus meningkat, karena BCA menawarkan kelengkapan dan kemudahan dalam layanan yang diberikan. BCA telah mengikuti tren global dan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan nasabah dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks.

Apa itu Routing Number BCA

Routing number, juga dikenal sebagai ABA routing number atau RTN (Routing Transit Number) adalah rangkaian angka yang digunakan untuk mengidentifikasi bank tertentu dalam sistem perbankan di Amerika Serikat.

Setiap bank di AS memiliki routing number unik, yang digunakan untuk mengarahkan dan memproses transaksi elektronik seperti transfer dana, pembayaran tagihan, dan deposit langsung.

Routing number terdiri dari sembilan digit dan biasanya dicetak di bagian bawah cek atau dokumen perbankan lainnya. Ketika seseorang melakukan transfer dana dari satu bank ke bank lain di Amerika Serikat wajib mencantumkan routing number bank penerima agar dana dapat dikirim dengan benar.

Jadi dana yang dikirim akan sampai tepat sasaran ke rekening yang dituju. Routing number juga digunakan dalam layanan otomatisasi keuangan seperti ACH (Automated Clearing House) dan wire transfer.

BCA Tidak Menggunakan Routing Number

Perlu diingat bahwa routing number sampai saat ini hanya berlaku di Amerika Serikat dan tidak diterapkan di negara lain. Setiap negara memiliki sistem identifikasi bank masing-masing untuk transaksi internasional.

Baca Juga:  Daftar Harga Kredit Motor BCA 2024 (Syarat, Biaya, Bunga)

Untuk melakukan transaksi internasional melalui BCA, kamu tidak perlu menggunakan routing number BCA untuk Western Union. Pasalnya, BCA sudah menggunakan kode bank internasional yang dikenal sebagai SWIFT code atau BIC (Bank Identifier Code).

SWIFT code BCA adalah CENAIDJA. Kode ini digunakan untuk mengidentifikasi secara global bahwa transaksi yang dilakukan melibatkan BCA di Indonesia. Jadi, untuk transaksi internasional dengan BCA, kamu perlu menggunakan SWIFT code CENAIDJA sebagai pengganti routing number.

Apa Perbedaan Routing Number dan Swift Code?

Dengan fungsinya yang hampir sama, mungkin kamu penasaran apa perbedaan routing number dan Swift Code Beberapa perbedaan antara routing number dan SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication) adalah sebagai berikut:

1. Cakupan Geografis

Routing number digunakan dalam sistem perbankan di AS untuk mengidentifikasi bank tertentu dalam proses transfer dana dan transaksi elektronik domestik. Sementara itu, SWIFT digunakan secara internasional sebagai kode unik untuk identifikasi bank dalam transaksi lintas negara.

Routing number terbatas pada Amerika Serikat dan hanya digunakan dalam sistem perbankan domestik di negara tersebut. SWIFT, di sisi lain digunakan secara global dan mencakup ribuan bank di berbagai negara di seluruh dunia.

2. Jumlah Digit Numerik

Routing number terdiri dari 9 digit dan digunakan dalam format domestik di AS. Sedangkan SWIFT menggunakan kode alfanumerik yang disebut kode SWIFT atau BIC (Bank Identifier Code) yang terdiri dari 8 atau 11 karakter. Kode ini memberikan informasi rinci tentang bank yang terlibat dalam transaksi

Kode routing number biasanya menggunakan kombinasi angka dan huruf. Sementara SWIFT code hanya berupa rangkaian kode.

3. Penggunaan

Routing number digunakan untuk transaksi perbankan domestik di AS, seperti transfer antarbank, pembayaran tagihan, dan deposit langsung. Sedangkan SWIFT digunakan untuk transaksi lintas negara, termasuk transfer internasional, komunikasi antarbank, dan klarifikasi informasi keuangan.

Meskipun memiliki perbedaan dalam fungsi, cakupan, format, dan penggunaan, baik routing number maupun SWIFT penting dalam memfasilitasi transfer dana dan transaksi perbankan secara efisien di tingkat domestik dan internasional.

Routing Number BCA untuk Paypal

Saat ini kamu sudah bisa menyambungkan Routing Number dengan PayPal dengan mudah. Routing number tersebut akan berfungsi sebagai identifikasi BCA ketika PayPal mengirim uang ke rekeningmu dan juga sebagai syarat untuk menghubungkan akun PayPal dengan rekening bank BCA.

Baca Juga:  3 Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Mandiri

Untuk menghubungkan bank BCA dengan PayPal, kamu perlu menggunakan routing number untuk PayPal yang terdiri dari 7 digit angka, yaitu 0140012. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan routing number bank BCA di PayPal:

  • Buka aplikasi PayPal dan masukkan password atau gunakan fitur sidik jari untuk masuk ke akun Paypal.
  • Di laman utama, klik menu “Setting” yang terdapat di pojok kanan atas.
  • Setelah itu, pilih pada menu “Bank dan Cards” di laman tersebut.
  • Klik ikon bertanda plus (+) yang terdapat di sudut kanan atas.
  • Pilih “Bank Account
  • Setelah itu pilih menu “Go To Our Website” untuk membuka laman penambahan rekening bank di situs paypal.com.
  • Setelah kamu berhasil membuka situs PayPal, kamu bisa menyambungkan rekening bank BCA
  • Masukkan informasi yang diminta seperti kode bank, nama bank, dan nomor rekeningmu. Karena kamu menggunakan BCA, maka pilihlah bank BCA dan input kode
  • Klik “Hubungkan Bank Anda
  • Tunggu hingga proses selesai.

Dengan langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah menghubungkan rekening bank BCA dengan akun PayPal dan mulai melakukan transaksi dengan nyaman dan aman.

Biaya Transfer BCA ke Bank Luar Negeri

Menggunakan kode SWIFT untuk transfer antar bank menjadi opsi yang mudah dan praktis dibandingkan dengan menggunakan PayPal atau layanan Western Union.

Terutama jika kamu tidak terlalu akrab dengan sistem internet banking atau tidak memiliki kartu kredit yang menjadi persyaratan untuk memiliki akun PayPal. Hanya dengan memiliki kode SWIFT dan nomor rekening, kamu sudah dapat menerima dana tanpa kesulitan.

Namun, perlu diingat bahwa terdapat biaya yang dikenakan oleh bank untuk setiap transfer internasional yang dilakukan atau diterima. Besarannya berbeda-beda tergantung pada bank dan negara tujuan.

Biaya tersebut juga akan diterapkan dengan menggunakan kurs mata uang asal, sehingga penting untuk menghitungnya dengan benar. Saat ini banyak kasus jumlah dana yang diterima berkurang karena pihak pengirim belum menghitung biaya transfer.

Baca Juga:  3 Pinjaman BRI Syariah Jaminan Sertifikat Rumah

Untuk setiap dana yang ditransfer dari luar negeri melalui BCA, kamu nanti akan dikenakan biaya administrasi senilai $5 atau jika dirupiahkan sekitar Rp70 ribu.

Biaya tersebut kemungkinan masih dapat ditambah dengan biaya korespondensi dari bank pengirim, yang besarnya juga lebih tinggi daripada biaya administrasi, yaitu sekitar $30 hingga $70 atau berkisar antara Rp400.000 hingga Rp1 juta.

Cara Menggunakan SWIFT Code BCA

Untuk menggunakan SWIFT Code BCA dalam transaksi internasional,  kamu bisa memberikan SWIFT Code BCA jika seseorang atau perusahaan ingin mengirim uang ke rekening BCA-mu dari luar negeri, SWIFT Code ini akan memastikan dana yang dikirimkan akan masuk ke rekening BCA dengan tepat.

SWIFT Code BCA ini nantinya akan dicantumkan dalam formulir transfer atau instruksi pembayaran pengirim untuk memastikan dana yang dikirimkan ditujukan ke bank BCA. Selain SWIFT Code, ada beberapa informasi tambahan yang mungkin diperlukan saat melakukan transaksi internasional.

Informasi tersebut antara lain adalah nomor rekening bank, nama lengkap penerima, dan alamat bank. Pastikan kamu memberikan semua informasi yang diperlukan dengan benar untuk memastikan proses transaksi berjalan lancar.

SWIFT Code BCA memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi internasional dengan mudah dan aman tanpa harus menggunakan routing number BCA. Jika terdapat pertanyaan lebih lanjut, kamu bisa menghubungi BCA secara langsung untuk mendapatkan bantuan yang lebih spesifik dan akurat.

Baca Juga:

error: