7 Kelebihan dan Kekurangan Bank BCA Terbaru 2024


Beben.id – Jika ditanya tentang apa bank terbaik untuk menabung di Indonesia, maka BCA akan jadi salah satunya. Tak main-main, bank swasta terbesar di Tanah Air ini punya jumlah nasabah hampir 30 juta orang, lho! Tapi sebelum bikin rekening di BCA, yuk cari tahu dulu apa saja kelebihan dan kekurangan bank BCA.

Karena meskipun tampak luar biasa, tentu saja BCA juga ada kekurangannya. Nah, kamu bisa pertimbangkan dulu nih, apakah kekurangan tersebut akan jadi masalah buat kamu kedepannya atau justru sama sekali tak masalah. Jadi, nantinya tidak akan penyesalan jika sudah buat rekening BCA.

Profil Bank BCA

Sebelum lebih jauh membahas tentang kelebihan dan kekurangan bank BCA, ada baiknya jika kamu tahu dulu profil dari bank ini. Dikutip dari laman Wikipedia dan situs resmi bank BCA, ini dia profilnya.

PT Bank Central Asia Tbk atau disingkat BCA bukan termasuk bank BUMN/milik pemerintah, melainkan jenis bank swasta. Perusahaan ini pertama kali beroperasi pada 10 Agustus 1955.

Saat pertama kali didirikan, perusahaan ini bukan langsung bernama BCA lho, tapi namanya adalah NV Perseroan Dagang dan Industri Semarang Knitting Factory. Sebab, saat itu perusahaan ini memang tidak bergerak di perbankan, melainkan di bidang tekstil dan berlokasi di Semarang.

Pada 12 Oktober 1956, perusahaan ini pindah haluan ke bidang perbankan dan berganti nama menjadi NV Bank Asia. Setelahnya masih berganti nama lagi sampai beberapa kali sampai akhirnya menjadi Bank Central Asia di tanggal 21 Februari 1957.

Beberapa waktu kemudian, bank ini dibeli oleh Sudono Salim (salah satu petinggi dari Salim Group) dan Tan Lip Soin dari sang pemilik lama yang bernama Gunardi. Lokasinya pun dipindah ke Jakarta.

Baca Juga:  6 Cara Cek Angsuran BCA Finance Terbaru 2024

Setelah beberapa kali berganti kepemilikan dan mengalami jatuh bangun, saat ini BCA secara resmi dimiliki oleh PT Djarum, yang merupakan salah satu produsen rokok paling besar di Indonesia.

Aset BCA mencapai Rp1,22 triliun per 2021 lalu, yang membuatnya menjadi bank paling besar ketiga di Indonesia, dan menjadi bank swasta terbesar no 1 di Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan Bank BCA

Setelah lebih tahu tentang profilnya, sekarang mari cek daftar kelebihan dan kekurangan bank BCA di bawah ini. Kamu juga bisa dapat informasi tentang apa saja produk-produk yang dimiliki oleh BCA.

1. Sistem Keamanan Terbaik

Bukan tanpa alasan lho kenapa bank ini sangat populer dan menjadi yang terbesar di Indonesia. Salah satu kelebihan bank BCA yang memang layak diacungi jempol adalah menggunakan sistem keamanan terbaik dan berlapis.

Selain itu, BCA juga bekerja sama dengan OJK sehingga para nasabah tidak perlu khawatir dengan berbagai transaksi yang dilakukan melalui BCA. Semuanya dijamin aman!

2. Transaksi Nyaman

Tak hanya nyaman, bank yang sudah ada sejak 67 tahun silam ini juga mengutamakan kenyamanan para nasabahnya lho. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya fitur dan jenis layanan dari BCA.

Per tanggal 31 Maret 2022 kemarin, bank ini sudah punya 1.241 kantor cabang di seluruh Indonesia dan jumlah mesin ATM-nya ada 18.050 unit.

Jadi, para nasabah BCA bisa melakukan transaksi dimana saja di berbagai kota nih. Jenis layanannya juga bukan offline saja tapi secara digital. Kamu bisa akses dari website jika punya akun i-Banking, gunakan aplikasi dengan akun m-BCA, dan bisa juga lewat SMS banking.

3. Banyak Pilihan Produk

Masih tentang kelebihan BCA, kali ini terkait pilihan produk yang beragam. Jadi nantinya, kamu bisa pilih produk yang memang paling sesuai dengan kebutuhan. Apa saja produknya bisa kamu cek pada daftar di bawah ini ya.

Baca Juga:  Visi Misi Bank BRI: Sejarah, Profil, Produk Terbaik

a. Tahapan BCA

Produk BCA yang satu ini sangat populer karena inklusif dan praktis! Kartu ATM-nya berfungsi ganda sebagai debit card, lho. Setoran awal untuk buka rekening sekitar Rp500.000 dan setoran minimal selanjutnya Rp50.000.

b. Tahapan Xpresi

Ingin setoran awal lebih ringan? Pilih saja Tahapan Xpresi, yang jumlahnya hanya Rp50.000. Cocok banget nih untuk para kaum muda. Menariknya lagi, Tahapan Xpresi punya 50 pilihan gambar kartu ATM dan kamu bisa pilih sendiri mau yang mana.

Keunggulan lainnya adalah biaya admin murah sekitar Rp7.500. Tapi, suku bunganya juga kecil nih, yaitu 0,10% untuk saldo di atas Rp1.000.000 dan 0% jika saldo kurang dari Rp1.000.000.

c. Tahapan Berjangka

Jika ingin menabung untuk kebutuhan masa depan, maka Tahapan Berjangka cocok jadi pilihan. Jadi sistemnya adalah kamu setiap bulan harus memasukkan uang dengan jumlah yang sudah disepakati di awal. Jangka waktu pengambilan uang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

d. Tahapan Gold

Jika kamu adalah pemilik usaha/bisnis, maka Tahapan Gold adalah pilihan yang tepat. Saldo minimal yang harus tersisa di rekening adalah Rp50.000. Sementara saldo minimal rata-rata per bulan adalah Rp10.000.000.

e. TabunganKu BCA

Cukup dengan Rp20.000, kamu sudah bisa buka rekening TabunganKu BCA lho! Lalu untuk saldo minimal yang harus tersisa di rekening adalah Rp10.000.

Per harinya, kamu diberi limit tarik tunai hingga Rp7.000.000 dan untuk transfer maksimal Rp15.000.000. Tapi, kekurangan BCA pada produk ini adalah kamu tidak dilengkapi fitur i-Banking.

f. Simpanan Pelajar

Jenis tabungan ini bisa dipakai oleh PAUD/TK hingga usia maksimal 17 tahun atau sebelum kamu punya KTP. Buka rekening Simpanan Pelajar cukup dengan Rp5.000 dan tiap bulannya tidak ada biaya admin.

g. Tapres BCA

Jika tidak keberatan memiliki buku tabungan, maka kamu bisa pilih Tapres BCA yang menawarkan suku bunga tinggi. Tenang, kamu tetap bisa cek history transaksi dari mutasi rekening di aplikasi BCA.

Baca Juga:  7 Cara Bayar Pinjaman BRI Secara Online dan Offline

h. Tabungan BCA LAKU

Kalau ingin bebas biaya admin per bulan, kamu bisa pilih Tabungan BCA LAKU. Tapi, limit transaksi dan penarikan tunai per bulan hanya Rp5.000.000, dan saldo maksimal di rekening Rp20.000.000.

i. Tabungan BCA Dollar

Suka investasi dengan dollar atau sering melakukan transaksi ke luar negeri? Pilih saja Tabungan BCA Dollar. Suku bunganya mulai 0-0,30% per tahun.

4. Ada Undian Berhadiah

Ini dia salah satu alasan mengapa memilih bank BCA dilakukan oleh banyak orang. Jadi, bank ini sering mengadakan event dengan undian berhadiah lho, terutama saat sedang HUT. Jenis hadiahnya beragam mulai dari uang hingga mobil mewah.

5. Suku Bunga Rendah

Sekarang mari berpindah pada kekurangan bank BCA, yang salah satunya adalah suku bunga termasuk rendah jika dibanding bank-bank lainnya. Kalau dirata-rata, mungkin jumlahnya berkisar dari 1% saja, jadi bagi sebagian orang termasuk kurang menguntungkan nih.

6. Ada Saldo Minimal

Kekurangan dari bank BCA lainnya adalah harus tetap ada saldo di dalam rekening. Jadi tidak seperti sebagian bank lain yang saldonya bisa Rp0. Misal saldo minimal Rp50.000, maka uang di dalam rekening ini tidak bisa kamu ambil lagi.

Setelah melihat daftar kelebihan dan kekurangan bank BCA di atas, bagaimana nih dengan kamu? Apakah semakin tertarik untuk menjadi nasabahnya atau justru pilih bank lain saja? Jika disimpulkan, sebenarnya kelebihannya tetap lebih banyak ya daripada kekurangannya.

Baca Juga:

error: