4 Tabel Menabung Harian mulai 2ribu, 5ribu, 10ribu dll


Beben.id – Menggunakan tabel menabung harian adalah salah satu metode yang cukup efektif untuk mencapai tujuan keuangan yang diinginkan. Menabung tidak hanya sebatas kegiatan menyisihkan penghasilan bulanan, tetapi juga dapat dilakukan setiap hari menggunakan tabel tabungan harian.

Cara ini selain membantu mengumpulkan uang untuk tujuan tertentu, juga dapat membantu membentuk kebiasaan menabung jangka panjang sekaligus belajar mengatur keuangan dengan lebih baik.

Lalu, bagaimana cara membuat tabel untuk menabung harian? Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai tips dan contohnya yang dapat kamu ikuti untuk memulainya.

Cara Belajar Menabung dengan Tabel Menabung Harian

Menabung dengan menggunakan tabel tabungan harian adalah langkah yang baik untuk mengelola keuangan kamu secara efektif. Berikut ini adalah cara-cara untuk menabung dengan tabel tabungan harian tersebut.

1. Tentukan Tujuan Tabungan

Pertama-tama tentukan tujuan tabungan tersebut, misalnya membeli kendaraan, membayar biaya pendidikan, atau untuk mempersiapkan dana darurat. Tujuan yang jelas akan memberikan motivasi dan fokus pada proses menabung.

Tujuan tersebut juga dapat disesuaikan dengan target tabungan yang ingin dicapai misalnya target Rp1 juta, Rp2 juta, Rp5 juta, atau nominal lainnya sesuai dengan keinginan.

2. Hitung Penghasilan dan Pengeluaran

Lakukan evaluasi penghasilan dan pengeluaran bulanan kamu. Identifikasi pengeluaran yang tidak perlu atau dapat dikurangi agar kamu nantinya memiliki lebih banyak uang yang bisa ditabung setiap hari.

3. Tentukan Jumlah Tabungan Harian

Setelah mengetahui berapa banyak uang yang bisa kamu sisihkan setiap hari, tentukan jumlah tabungan harian yang sesuai dengan kemampuan finansial. Pastikan jumlah target harian tersebut realistis agar kamu dapat menjalankannya secara konsisten.

Baca Juga:  5 Cara Cek Saldo BRI Lewat SMS Tanpa Internet 2024

Target harian tersebut juga bisa diisi dengan nominal harian pecahan uang yang akan disisihkan untuk menabung. Misalnya Rp2 ribu, Rp5 ribu, Rp10 ribu, atau nominal lainnya.

4. Buat Tabel Tabungan Harian

Buatlah tabel dengan tanggal di sepanjang baris dan kolom untuk mencatat jumlah uang yang berhasil ditabung setiap hari. Kamu dapat menggunakan aplikasi spreadsheet atau membuat tabel sederhana di buku catatan dan menulisnya secara manual dengan penggaris dan spidol

5. Siapkan Celengan atau Wadah Uang

Setelah menyelesaikan pembuatan tabel tabungan harian, selanjutnya kamu perlu menyiapkan wadah khusus atau celengan untuk menyimpan uang agar program menabung dapat berjalan sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk wadah tersebut, cukup menggunakan wadah yang dapat aman menyimpan uang misalnya kaleng bekas susu, kotak bekas atau bahkan toples bekas yang tidak terpakai sebagai wadah tabungan.

6. Tempelkan Tabel di Celengan

Jika kamu sudah menyiapkan wadah, langkah selanjutnya adalah menempelkan tabel menabung harian ke permukaan celengan tersebut. Tabel tersebut akan menjadi pengingat dan juga panduan kamu saat menabung.

7. Catat Setiap Tabungan yang Masuk Celengan

Setiap hari, catat atau coret jumlah uang yang berhasil kamu sisihkan sesuai tabel tabungan harian yang kamu buat. Cara ini juga akan membantu kamu melacak kemajuan tabungan yang berhasil dikumpulkan dan memberikan pemahaman yang jelas tentang seberapa konsisten menabung.

Contohnya jika harus menyisihkan sebesar Rp10 ribu setiap hari, masukkan uang Rp10 ribu ke celengan kemudian coret angka Rp10 ribu di kolom tabel. Lakukan hal yang sama setiap hari sampai semua kolom tercoret.

8. Tetap Disiplin Menabung Setiap Hari

Jadikan menabung sebagai kebiasaan yang harus kamu lakukan setiap hari. Disiplinlah dalam mencatat tabungan dan berkomitmen untuk tidak menggunakannya kecuali untuk tujuan yang telah kamu tentukan sebelumnya atau disiplin sampai target nominal terpenuhi.

9. Evaluasi dan Tingkatkan

Lakukan evaluasi secara berkala terhadap tabel tabungan harian tersebut. Tinjau apakah ada cara yang lebih efektif untuk meningkatkan jumlah tabungan harian atau apakah kamu perlu menyesuaikan tujuan tabungan.

Baca Juga:  5 Cara Bayar Kartu Kredit Bank Mega 100% Mudah

Contoh Tabel Tabungan Harian

Saat ini tabel tabungan harian sebenarnya dapat dibuat dengan berbagai cara sesuai dengan kreativitas dan kemampuan penabung untuk menyisihkan uang. Berikut adalah beberapa contoh tabel untuk menabung harian yang dapat dicoba:

1. Tabel Menabung Harian 2000

Bagi yang sedang memulai, nominal Rp2 ribu adalah pilihan yang cocok khususnya bagi para pelajar atau siapa saja yang ingin belajar menabung harian. Dengan nominal Rp2 ribu, kamu bisa membuat target Rp100 ribu misalnya.

Untuk tabungan target Rp100 ribu dengan nominal Rp2 ribu, kamu bisa membuat 10 kolom mendatar dan 5 kolom menurun di mana setiap kolom ditulis 2K atau 2 saja. Coret setiap kolom setiap kali kamu memasukkan Rp2 ribu ke dalam celengan tersebut.

Berikut ini juga ada contoh tabel tabungan harian nominal Rp2 ribu dengan target Rp1 juta:

Tabel Tabungan 2000 perhari

2. Tabel Tabungan Harian 5.000 atau 10.000

Jika kamu merasa bisa mengumpulkan lebih dari Rp2 ribu untuk ditabung, kamu bisa memulainya dengan menabung harian Rp5 ribu atau Rp10 ribu. Untuk nominal tersebut kamu bisa membuat target Rp300 ribu misalnya.

Untuk target Rp300 ribu, buat tabel yang terdiri dari 30 kolom dengan masing-masing kolom ditulis 10K. Jadi setiap kamu memasukkan uang senilai Rp10 ribu, kamu bisa mencoret setiap kolomnya. Lakukan sampai semua kolom tercoret yang artinya sudah mencapai target.

Tabel Tabungan Rp 5.000 Perhari

tabel tabungan 5000 perhari

Tabel Tabungan Rp 10.000 Perhari

Tabel Tabungan 10000 Perhari

3. Tabel Tabungan Target

Selain dengan kedua cara di atas, kamu juga bisa membuat target nominal yang ingin dicapai dari tabungan harian tersebut. Contohnya kamu bisa menentukan target Rp1 juta. Untuk nominal tersebut, bagi ke dalam 30 kolom. Isi 10 kolom dengan 50K dan 20 kolom lainnya dengan 25K.

Tips Sukses Menabung Harian

Setelah mempelajari langkah-langkah dalam membuat tabel tabungan harian di atas, berikut ini ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan agar program menabung yang dilakukan dapat berhasil mencapai target.

1. Mulai dengan Jumlah Kecil

Jika kamu baru memulai, kamu bisa mulai dengan jumlah kecil terlebih dahulu misalnya Rp2 ribu, Rp5 ribu, Rp10 ribu, atau Rp20 ribu. Hal ini akan membantu kamu membiasakan diri dan menjaga konsistensi mengisi tabel menabung harian.

Baca Juga:  13 Bukti Transfer BCA Mobile & KlikBCA Baru 2024

2. Catat Pengeluaran

Penting untuk mencatat setiap pengeluaran, baik harian, mingguan, maupun bulanan. Hal ini akan membantu kamu melihat dengan jelas total pengeluaran dan membedakan kebutuhan dengan keinginan, sehingga kamu dapat mengelola keuangan secara lebih baik.

3. Manfaatkan Diskon

Manfaatkan promo diskon atau cashback untuk mendukung program menabung yang kamu lakukan. Hal ini akan membantu menghemat uang sehingga dapat menyisihkannya untuk tabungan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan diskon saat berbelanja.

4. Kurangi Belanja dan Jajan

Kurangi kegiatan berbelanja online dan jajan yang sering kali menghabiskan banyak uang. Belanja online yang impulsif dan sering jajan bisa membuat pengeluaran kamu meningkat. Mulailah mengatur pengeluaran dan membatasi membeli sesuatu yang tidak perlu.

Misalnya selama ini kamu selalu langganan beli cilok yang lewat depan rumah, kamu bisa menguranginya dengan jajan seminggu sekali saja atau sebulan sekali. Alokasikan uang tersebut untuk menabung dan lihat berapa banyak yang bisa kamu kumpulkan hanya dengan mengurangi jajan cilok.

5. Bawa Bekal Makan Siang

Bagi pelajar atau karyawan, membawa bekal makan siang setiap hari akan sangat membantu mengurangi pengeluaran. Dengan membawa bekal, kamu dapat menghemat uang makan dan menyimpannya ke dalam tabungan harian.

Tabel menabung harian 5 ribu atau target menjadi metode yang sangat menarik untuk menumbuhkan kebiasaan menabung bagi siapa saja baik anak-anak, pelajar, hingga ibu rumah tangga. Dengan cara ini, kegiatan menabung pun menjadi lebih menyenangkan

Baca Juga:

error: