3 Tabel Pinjaman BMT: Cara Daftar, Syarat, Angsuran

Beben.id – Tabel pinjaman BMT bisa menjadi salah satu solusi bagi para pelaku usaha UMKM yang membutuhkan dana untuk menambahkan modal. Dengan mengajukan pinjaman tersebut, mereka bisa saja bertahan dari pandemi yang sedang melanda.

Saat ini ada banyak pinjaman yang tersedia untuk masyarakat. Salah satunya adalah pinjaman BMT. Tabel pinjaman BMT 2022 menjadi yang paling laku dicari karena berbagai kelebihan yang dimiliki. Salah satunya adalah persyaratannya yang mudah.

Selain itu, pinjaman BMT juga menyediakan sistem syariah sehingga cocok bagi yang ingin menghindari pinjaman dari bank konvensional. Lalu apa sebenarnya pinjaman BMT itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini:

Apa itu Pinjaman BMT?

BMT sendiri merupakan singkatan dari Baitul Maal wat Tamwil atau diartikan sebagai Balai Usaha Mandiri Terpadu yang menyediakan pinjaman kredit dengan sistem syariah.

Misi dari lembaga ini adalah untuk menunjang investasi dan usaha kecil agar mampu menunjang peningkatan taraf hidup dan serta produktivitas masyarakat.

Dari pengertian tersebut dapat dikatakan juga bahwa BMT merupakan lembaga keuangan yang mendorong masyarakat untuk menabung. Selain itu, BMT juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai badan untuk menyalurkan sedekah, zakat, hibah serta wakaf.

Konsep syariah yang mereka terapkan juga dinilai meringankan karena tidak ada bunga kredit. Akan tetapi, sebagai kompensasinya, pihak BMT akan menerapkan bagi hasil dengan besaran yang sesuai kesepakatan. Namun nilai kesepakatan ini biasanya lebih kecil dibandingkan dengan bank konvensional.

Syarat Mengajukan Pinjaman BMT

Selain menyediakan layanan menabung dengan sistem syariah, lembaga keuangan BMT juga menyediakan tabel pinjaman BMT dengan persyaratan yang mudah. Berikut ini adalah persyaratan umum dan dokumen untuk mengajukan BMT:

Syarat Umum

Persyaratan umum yang ditetapkan agar bisa mengajukan pinjaman di BMT adalah sebagai berikut:

  • Telah menjadi anggota BMT.
  • Mengisi formulir pinjaman dengan melampirkan data yang resmi.
  • Menyerahkan berkas-berkas yang dibutuhkan dengan lengkap.
  • Menyerahkan agunan atau jaminan.
Baca juga:  11 Cara Menghilangkan Jejak dari Pinjaman Online

Syarat Dokumen

Selain persyaratan umum, ada juga syarat dokumen yang harus dipersiapkan jika ingin mengajukan pinjaman di BMT. Berikut ini adalah persyaratan dokumen pengajuan pinjaman BMT yang dibutuhkan:

  • Fotokopi identitas diri.
  • Fotokopi identitas pasangan bagi yang sudah menikah.
  • Fotokopi KK atau Kartu Keluarga.
  • Fotokopi surat nikah.
  • Fotokopi slip gaji.
  • Fotokopi SIUP jika diajukan untuk modal usaha.
  • Dokumen jaminan, seperti BPKB kendaraan.

Cara Mengajukan Pinjaman di BMT

Setelah mempersiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan, anggota bisa langsung mengajukan pinjaman ke kantor BMT terdekat yang telah terdaftar. Selanjutnya, temui petugas dengan membawa persyaratan yang diperlukan serta sampaikan maksud dan tujuan.

Setelah itu, petugas akan membantu untuk memproses pengajuan pinjaman yang dibutuhkan. Petugas juga akan menjelaskan informasi mengenai akan serta tenor pinjaman yang diajukan. Jika pengajuan tersebut disetujui maka anggota hanya perlu melakukan tanda tangan untuk melakukan pencairan dana.

Tabel Pinjaman BMT

Untuk memudahkan anggotanya dalam menentukan pinjaman yang dibutuhkan, lembaga BMT menyediakan tabel pinjaman BMT. Di dalam tabel tersebut terdapat jumlah angsuran dan tenor yang dapat dipilih sesuai dengan kemampuan keuangan peminjam.

Lalu apa saja tabel pinjaman yang disediakan oleh BMT? Berikut ini adalah daftar tabel pinjaman yang ada di BMT:

Tabel Pinjaman BMT Terbaru

Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman BMT

Pinjaman BMT memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang sama dengan lembaga keuangan lainnya. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan tersebut, kamu bisa mempertimbangkan kembali mengenai pinjaman yang akan diajukan.

Kelebihan Pinjaman BMT

Sebagai salah satu lembaga keuangan yang hampir mirip dengan bank, BMT menyediakan layanan tabungan dan pinjaman. Layanan pinjaman yang mereka miliki merupakan layanan yang paling banyak dipilih karena berbagai kelebihan yang dimiliki berikut ini:

Baca juga:  Berapa Bunga JULO? Simulasi Pinjaman Online JULO

1. Fleksibel

Kelebihan yang pertama adalah penyaluran dana yang dimiliki dinilai lebih fleksibel dibandingkan dengan lembaga keuangan lainnya. Mereka mampu untuk menyediakan pinjaman dan menyalurkan kepada para pengusaha kecil.

Dengan begitu, pinjaman BMT ini bisa menjadi salah satu solusi yang bagus bagi para pelaku usaha UMKM untuk mendapatkan tambahan modal bagi peningkatan usaha mereka.

2. Ada Layanan Jemput Bola

Selanjutnya, pihak BMT juga menyediakan layanan jemput bola sehingga menjadi nilai tambah tersendiri dibandingkan dengan lembaga keuangan lain. Apa yang dimaksud dengan layanan jemput bola? Layanan tersebut adalah layanan yang dilakukan dengan terjun secara langsung ke masyarakat.

Hal ini dapat dibuktikan dengan kantor cabang BMT yang tersedia di berbagai tempat strategis, seperti dekat pasar tradisional.

3. Bebas Riba

Banyak orang yang menghindari pinjaman dari bank konvensional karena adanya suku bunga yang ditetapkan. Hal tersebut tentu saja berbeda dengan syariat islam yang mengharamkan sistem bunga dalam sistem pinjaman.

Untuk mengatasi hal tersebut, lembaga keuangan BMT menyediakan pinjaman yang bebas bunga dan riba serta sesuai dengan syariat islam yang berlaku. Mereka memberikan solusi bagi umat muslim yang ingin mendapatkan pinjaman dana dengan ketentuan islam.

4. Tersedia untuk Semua Umat

Lembaga keuangan BMT memang menyediakan sistem syariah, mulai dari produk layanan menabung maupun tabel pinjaman BMT. Oleh karena itu, lembaga keuangan satu ini sangat cocok digunakan bagi masyarakat yang merupakan umat muslim.

Meskipun demikian, lembaga keuangan BMT tidak hanya menyediakan layanan keuangan khusus umat muslim saja tetapi juga untuk seluruh umat lainnya. Asalkan mereka memenuhi segala persyaratan yang berlaku maka layanan tersebut diperbolehkan.

Baca juga:  Cara Menggunakan Kredivo! Tarik Tunai, Cara Kredit

5. Memiliki Peran yang Bagus

Lembaga keuangan BMT memiliki dua peranan penting dalam kinerjanya, yaitu peran untuk meningkatkan perekonomian produktif serta fungsi sosial. Peran untuk meningkatkan perekonomian produktif tersebut dapat berjalan dengan adanya layanan pinjaman yang diberikan kepada para pelaku usaha UMKM.

Sedangkan fungsi sosial memiliki peran untuk meningkatkan kegiatan sosial yang ada di masyarakat, seperti menyalurkan dana dalam bentuk sedekat, zakat maupun infak.

Kekurangan Pinjaman BMT

Selain berbagai kelebihan yang dimiliki, lembaga keuangan BMT ternyata memiliki beberapa kekurangan yang dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum melakukan pengajuan. Lalu apa saja kekurangan yang dimiliki?

1. Perhitungan yang Sulit

Karena lembaga ini tidak menyediakan suku bunga untuk pinjaman maupun layanan tabungan, sebagai gantinya mereka menggunakan sistem bagi hasil. Akan tetapi, sistem ini membutuhkan perhitungan yang rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Hal tersebut tentu saja berbeda dengan pinjaman yang dilakukan oleh bank konvensional yang dimana suku bunga telah ditentukan sebelumnya.

2. Proses Pengajuan Lebih Rumit

Kekurangan yang kedua adalah proses pengajuan bisa jadi lebih rumit dibandingkan dengan pengajuan di lembaga keuangan lainnya. Mengapa bisa demikian? Hal ini menjadi konsekuensi karena tidak adanya suku bunga dalam produk layanan mereka sehingga resiko akan ditanggung bersama.

Dari informasi mengenai tabel pinjaman BMT di atas, dapat disimpulkan bahwa lembaga keuangan BMT merupakan solusi bagi para pelaku usaha UMKM yang ingin mendapatkan dana sebagai tambahan modal usaha mereka tanpa terbebani dengan bunga yang besar.

Selain itu, lembaga BMT juga benar-benar menerapkan sistem syariah untuk semua layanan yang mereka sediakan.

Baca Juga:

error: