5 Cara Menerima Transfer Uang dari Luar Negeri

Didukung oleh kemajuan teknologi yang sangat pesat, ada banyak sekali cara menerima transfer uang dari luar negeri yang bisa Anda pilih saat ini. Sudah tentu setiap cara yang tersedia bisa memfasilitasi Anda untuk mendapatkan uang dalam tempo yang cepat dan efisien.

Tentu saja ada banyak sekali perusahaan yang bisa memfasilitasi Anda dalam melakukan pengiriman dan penerimaan dana tersebut. Anda juga tidak memerlukan persyaratan yang berat untuk memiliki rekening internasional seperti ini.

Kebanyakan layanan keuangan internasional bukan perbankan. Melainkan hanya perusahaan finansial biasa yang bisa dipilih sesuai kebutuhan masing-masing. Batas dana yang bisa dikirimkan juga sangat minimum alias terjangkau.  Namun, mayoritas fasilitas tersebut memang berbasis online.

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Terlebih Dahulu

Ketika Anda hendak melakukan penerimaan dana dari luar negeri, tentu saja ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Dengan mempersiapkan segala sesuatunya sejak awal, proses penerimaan uang akan berjalan dengan lancar.

Tentu kondisi akan menjadi sebaliknya jika Anda tidak mempersiapkan segala sesuatu dengan baik sejak awal. Lantas, apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan tersebut? Pahami keseluruhan persiapannya pada penjelasan di bawah ini.

1. Kumpulkan Informasi yang Dibutuhkan

Ketika hendak menerima uang dari luar negeri, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah informasi. Dalam hal ini, ada beberapa informasi yang harus Anda siapkan sejak awal. Di antaranya adalah:

  • Nama dan alamat lengkap penerima dana
  • Nominal dana yang hendak dikirimkan
  • Nama dan alamat Bank penerima
  • Nomor rekening dan jenis rekening penerima
  • Nomor routing dari bank penerima
  • Kode BIC atau kode Swift
  • Referensi transfer
Baca juga:  Kode Referral Neo+ dan Cara Klaim Saldo Rewards

Jika hal tersebut Anda persiapkan sejak awal, dijamin tidak akan muncul kendala apapun di dalam proses pengiriman dana dari luar negeri tersebut.

2. Biaya Pengiriman Uang 

Hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah biaya pengiriman dana yang hendak Anda terima. Karena menggunakan layanan jasa pihak ketiga, secara otomatis ada biaya administrasi yang dibutuhkan dalam proses pengiriman dana tersebut.

Ada dua opsi yang bisa dipilih. Opsi pertama adalah biaya administrasi ditanggung oleh pengirim dana, sedangkan opsi lainnya biaya administrasi ditanggung oleh Anda sebagai penerima. Pahami hal sejak awal agar tidak terjadi perselisihan setelah dana diterima.

3. Ketahui Durasi Atau Jangka Waktu Pengiriman 

Ketika Anda menerima dana dari luar negeri, tentu ada jangka waktu yang diperlukan hingga dana tersebut sampai ke rekening. Penting sekali bagi Anda untuk memahami atau mengetahui jangka waktu pengiriman tersebut.

Tujuannya agar tidak terjadi perselisihan antara Anda dan pengirim. Umumnya, proses pengiriman dari luar negeri memakan waktu dari mulai 1 hingga 5 hari kerja. Hal ini sangat bergantung pada jenis platform pengiriman yang dipilih oleh masing-masing pihak.

Cara Menerima Transfer Uang dari Luar Negeri

Bagi Anda yang hendak menerima transfer uang dari luar negeri, ada beberapa metode yang bisa dipilih. Metode yang akan kami jelaskan disini sudah terbukti valid dan bisa menyampaikan uang Anda dalam tempo yang sangat singkat. Penggunanya sudah tersebar di seluruh dunia.

Tentu saja cara penarikannya juga sangat mudah. Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah sederhana saja untuk mendapatkan dana tersebut. Sejauh ini ada 6 metode yang akan kami rekomendasikan. Simak panduan selengkapnya berikut ini:

1. Menggunakan Western Union

Cara pertama yang bisa dipilih adalah menggunakan layanan Western Union atau WU. Untuk mendapatkan layanan satu ini, ada beberapa proses yang harus dilakukan.

  • Langkah pertama adalah mengecek proses transfer Anda di situs resmi Western Union https://wu.com.
  • Lalu langsung saja masukkan nomor pelacakan atau MTCN untuk melihat status terbaru pengiriman dana tersebut
  • Setelah mendapatkan informasi pengiriman dana, Anda bisa langsung datang ke agen WU terdekat.
  • Isi Formulir Terima Uang (FTU) dan sertakan tanda pengenal Anda.
  • Setelah ini, pihak Western Union akan membayarkan dana yang dikirimkan secara cash kepada Anda.
Baca juga:  5 Cara Bayar Kartu Kredit Mandiri cuma 1 Menit

Western Union merupakan salah satu layanan jasa pengiriman dana dengan jangka waktu tercepat. Kredibilitasnya juga tidak perlu Anda ragukan lagi.

2. Menggunakan Paypal

Cara menerima transfer uang dari luar negeri lainnya adalah menggunakan aplikasi Paypal. Paypal sendiri merupakan situs layanan jasa finansial yang sudah sangat populer. Untuk menggunakan layanan satu ini Anda harus membuat akun terlebih dahulu.

Setelah membuat akun, cara mengecek pengiriman di Paypal juga sangat mudah:

  • Pertama Anda hanya perlu login ke akun PayPal masing-masing.
  • Disini akan muncul saldo dana yang Anda miliki.
  • Setelahnya, Anda hanya tinggal mengklik opsi transfer dana dan pilih menu Rekening Bank
  • Jika Anda memiliki beberapa nomor rekening, pilih rekening bank yang dikehendaki dan klik lanjutkan.
  • Masukkan nominal dana yang hendak ditarik dan pilih opsi Transfer Sekarang.

Penggunaan Paypal sangat direkomendasikan. Selain bisa menarik dana ke rekening, Anda juga bisa mentransfer dana ke akun PayPal orang lain. Ada biaya admin yang sangat murah setiap kali Anda melakukan penarikan

3. Menggunakan Bank BCA

Cara menerima transfer uang dari luar negeri selanjutnya adalah menggunakan rekening Bank BCA. Sebagai salah satu bank terbesar di negeri ini, tentu saja BCA memberikan fasilitas penerimaan dana dari luar negeri.

Regulasi bank satu ini juga tidak terlalu ketat. Anda bisa melakukan penerimaan dengan sangat mudah. Persyaratannya juga tidak sulit untuk dipenuhi.

Baca juga:  7 Cara Bayar Angsuran Pinjaman BRI Lewat Internet Banking

Syarat utamanya adalah memiliki nomor PIN dari Mitra BCA yang dipantau oleh Operator Pengiriman Uang Internasional (OPUI). Ikuti panduan berikut untuk mencairkannya:

  • Pertama Anda hanya perlu berkomunikasi dengan pihak pengirim terkait PIN dari OPUI.
  • Bawa nomor PIN tersebut ke cabang BCA terdekat, pihak CS akan memproses permintaan Anda.
  • Isi formulir pencairan selengkap mungkin.
  • Dana akan segera masuk ke rekening dalam waktu 1×24 jam.

Ketika Anda menerima dana luar negeri via BCA, tentu saja ada beberapa potongan yang harus dibayarkan. Pertama ada biaya pengkreditan sebesar Rp35.000. Kemudian ada juga biaya pencairan tunai sebesar Rp150.000.

Jika Anda hendak mengirimkannya ke rekening lain, maka secara otomatis akan ada biaya administrasi sebesar Rp50.000. Untuk pencairan melalui BCA Valas akan dikenakan biaya administrasi sebesar USD 5.

4. Menggunakan Seven Bank

Cara menerima transfer uang dari luar negeri lainnya adalah dengan menggunakan Seven Bank. Seven Bank ini merupakan salah satu afiliasi Western Union.

Jadi jika Anda melakukan pengiriman dan penerimaan menggunakan Seven Bank, secara otomatis dana akan ditarik melalui WU di lokasi masing-masing.

Proses pencairan dana dari Seven Bank ini kurang lebih sama dengan pencairan menggunakan Western Union seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Jangan lupa untuk memberikan nomor nomor pelacakan atau MTCN di lokasi penerimaan atau WU terdekat di wilayah masing-masing. Biasanya, akan ada biaya administrasi yang dibebankan. Umumnya, proses pencairan akan memakan waktu dari 1 hingga 5 hari.

Bagaimana? Banyak sekali bukan cara menerima transfer uang dari luar negeri ini? Pastikan Anda mempersiapkan persyaratan sejak awal agar proses pencairan dana ini bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun.

error:
close