4 Biaya Operasi Caesar 2024 Pakai BPJS dan Non BPJS

Beben.id – Proses persalinan memang sangat penting bagi setiap ibu yang mengandung. Untuk prosesnya sendiri bisa berjalan secara normal atau pervaginam dan secara operasi caesar. Pada pilihan kedua pasti akan membuat cemas karena biaya operasi caesar takut membebani keuangan keluarga.

Akan tetapi, ternyata jika dipersiapkan dengan baik maka bisa mendapatkan fasilitas operasi caesar secara gratis melalui BPJS. Apakah BPJS akan menanggung secara keseluruhan? Dan apa saja fasilitas yang akan didapatkan jika menjalani operasi caesar ini?

Yuk simak beberapa biaya yang bisa diketahui untuk melakukan operasi caesar serta fasilitasnya. Dengan begitu, para ibu yang sedang mempersiapkan persalinan bisa berjalan dengan lancar.

Biaya Operasi Caesar di Rumah Sakit

Di dalam rumah sakit akan terdapat beberapa kelas untuk perawatannya. Biasanya hal ini didasarkan pada fasilitas rawat inapnya karena untuk operasi caesar harus menjalani pemeriksaan intensif selama beberapa hari baik untuk ibu maupun bayinya.

Agar lebih mengenal kelas rawat inapnya beserta dengan fasilitasnya maka bisa melihat pada beberapa poin di bawah ini:

1. Biaya Operasi Caesar Kelas 3

Operasi caesar pertama bisa dilakukan pada rumah sakit dengan perawatan kelas 3. Biasanya untuk rumah sakit ini merupakan salah satu rumah sakit pemerintah dengan tipe RS C dan RS D. Biaya yang dikeluarkan juga tidak begitu besar karena cukup dengan Rp4.000.000 saja.

Akan tetapi, biaya ini pastinya belum mencakup biaya lainnya seperti biaya kamar rawat inap, obat-obatan, dan tindakan medis lainnya yang dibutuhkan setelah operasi caesar.

Jika ingin melahirkan dengan operasi caesar pada kelas 3 di rumah sakit maka bisa menyiapkan biaya sekitar Rp5.000.000 sampai dengan Rp10.000.000. Untuk rumah sakit ini bisa saja memiliki antrian yang panjang karena merupakan rujukan dari BPJS.

Baca Juga:  7 Cara Cek Tagihan FIF Online dan Offline 2024

2. Biaya Operasi Caesar Kelas 2

Bukan dari kelas yang paling rendah sehingga biayanya juga bisa dikatakan di atas sebelumnya. Saat ingin melakukan operasi caesar pada rumah sakit kelas 2 ini maka dapat menyiapkan biaya sebesar Rp15.000.000 sampai dengan Rp38.000.000.

Ruangan rawat inap yang digunakan juga bisa dihuni oleh 2 – 3 orang pasien. Ada beberapa rumah sakit yang menawarkan paket lahiran operasi caesar dengan fasilitas kelas 2 yang mana membutuhkan biaya sebesar Rp16.500.000 yang sudah termasuk dengan pemeriksaan laboratorium.

Akan tetapi, biaya yang disebutkan bisa saja belum termasuk untuk biaya lainnya. Biaya lainnya yang bisa dikeluarkan adalah rawat inap, obat-obatan, dan biaya tindakan medis lainnya.

Siapkan untuk biaya fasilitas kamar inap yang biasanya dimulai dari Rp500.000 per harinya. Untuk fasilitas kamar yang didapatkan adalah televisi, kamar mandi dalam, kursi penunggu, dan diisi oleh 3 orang yang memiliki kondisi sama.

Untuk perawatan ini biasanya akan berlangsung sekitar 4 hari sesuai dengan waktu pemulihan yang dilakukan oleh pasien. Namun, bisa disiapkan untuk dana lebih banyak lagi karena bisa saja untuk keseluruhannya menghabiskan biaya Rp25.000.000.

3. Biaya Operasi Caesar Kelas 1

Bisa dibilang sebagai kelas yang tinggi karena untuk sekalinya melakukan operasi bisa memakan biaya sebesar Rp25.000.000 sampai dengan Rp30.000.000. Dan lagi-lagi, biaya operasi ini hanya untuk tindakan operasi saja dan bukan termasuk pada biaya medis lainnya.

Memang angkanya bisa dibilang mahal meskipun begitu pasien akan mendapatkan layanan yang lebih baik. Pasien yang telah melakukan operasi caesar ini biasanya akan ditempatkan pada satu ruangan dengan isi 2 pasien saja.

Ada juga rumah sakit yang memberikan harga paket operasi caesar untuk 5 hari perawatan dengan harga Rp30.000.000. Harga tersebut sudah termasuk untuk biaya lainnya seperti fasilitas standar, obat, kunjungan dokter, maupun pemeriksaan laboratorium.

Baca Juga:  Jam Besuk RS Mardi Rahayu Kudus Terbaru 2024

Akan tetapi, ada beberapa rumah sakit yang menyiapkan perawatan kelas 1 hanya untuk satu orang pasien saja. Dengan begitu pasien akan lebih nyaman berada di kamar dan perawatannya harus sekitar 3 hari saja.

Dan untuk biaya yang dikeluarkan jenis rumah sakit ini sekitar Rp34.000.000 – Rp37.000.000.

Jika ingin menambah biaya non-medis lainnya biasanya juga harus disiapkan sendiri. Untuk biaya non-medis seperti foto bayi, dokumentasi caesar, makan pendamping dan biaya medis yaitu biaya skrining bayi, obat-obatan, pemeriksaan laboratorium, tindakan medis lainnya.

4. Biaya Operasi Caesar VIP dan VVIP

Saat ibu yang sedang melahirkan ingin mendapatkan fasilitas yang baik maka bisa menggunakan ruangan VIP dan VVIP. Yang menyediakan ruangan ini biasanya adalah rumah sakit swasta dengan pelayanan yang cukup lengkap.

Biaya umumnya sendiri kisarannya adalah Rp30.000.000 sampai dengan Rp70.000.000 loh. Dan tentunya akan disesuaikan dengan paket fasilitas yang dipilih. Jika ingin mengetahuinya lebih lanjut maka bisa melihat pada poin-poin di bawah ini:

  • Kamar VIP dengan harga mulai dari Rp870.000 yang dibatas untuk 1 pasien per ruangan dengan kamar besar, sofabed, kamar mandi dalam, televisi, kulkas, dan lainnya.
  • Kamar VVIP B dengan harga mulai dari Rp220.000 dengan fasilitas yang sama seperti poin pertama namun ruangannya lebih luas lagi dengan fasilitas tambahan seperti meja makan di dekat jendela.
  • Kamar VVIP A dengan harga mulai dari Rp620.000 yang memiliki fasilitas lebih mewah seperti kitchen set dengan penyimpanan makanan selama menginap di rumah sakit.
  • Suite dengan harga mulai dari Rp120.000 yang dilengkapi dengan fasilitas menarik seperti ruang tamu, meja tamu, dan ruangannya lebih luas lagi.

Untuk perkiraan biaya di atas bisa mendapatkan perawatan 4 hari 3 malam dengan fasilitas-fasilitas menarik. Contohnya saja fasilitas yang didapatkan seperti jasa dokter kandungan, jasa pendamping dokter anak, jasa dokter anestesi, dan keperluan lainnya.

Baca Juga:  5 Biaya Pasang Behel 2024 di Semua Klinik/Rumah Sakit

Akan tetapi, biayanya sendiri tidak mengcover beberapa keperluan lainnya seperti biaya administrasi, konsultasi tambahan, obat-obatan, alat kesehatan, dan lainnya.

Berapa Biaya Operasi Caesar BPJS yang Dicover?

Ternyata, operasi caesar juga bisa ditanggung oleh BPJS jika pasien memiliki indikasi medis yang mana sudah memenuhi prosedur operasi caesar ini sendiri. Akan tetapi, biayanya sendiri akan disesuaikan dengan rumah sakit yang dituju dengan disesuaikan pada tindakan operasinya sendiri.

Ada nominal biaya yang akan dicover BPJS untuk operasi caesar ini, yaitu:

  • Operasi Caesar Ringan: kelas 3 Rp5.257.900; kelas 2 Rp6.285.500; kelas 1 Rp7.333.000.
  • Operasi Caesar Sedang: kelas 3 Rp5.780.000; kelas 2 Rp6.936.000; kelas 1 Rp8.092.000.
  • Operasi Caesar Berat: kelas 3 Rp7.915.300; kelas 2 Rp9.498.300; kelas 1 Rp11.081.400.

Dan berdasarkan pada peraturan BPJS untuk pasien yang menggunakan layanannya maka tidak boleh ditarik selisih biaya. Sehingga pasien dengan perawatan BPJS tidak bisa naik kelas perawatan yang lebih tinggi.

Melihat beberapa biaya operasi caesar yang sudah diinformasikan di atas maka harus dipersiapkan secara matang dan jauh-jauh hari. Apakah ingin menggunakan perawatan BPJS atau perawatan umum dengan fasilitas yang diinginkan?

Pastinya setiap kelebihan dan kekurangan terdapat pada masing-masing kelas yang ingin didapatkan pada saat perawatan. Oleh sebab itu, pilihlah mana ruangan yang bisa membuat nyaman pada saat pasca operasi caesar.

Baca Juga:

error: